Apa Itu Cache? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Mau tahu apa itu cache? Berikut penjelasan lengkap tentang cache meliputi pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis-jenis cache.

Cache adalah proses penyimpanan informasi yang bersifat sementara yang bisa digunakan untuk waktu yang akan datang tanpa perlu mengunduh ulang informasi tersebut.

Misalnya, saat kamu membuka browser lalu kamu mengakses dan mengunjungi sebuah situs, seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya.

Kamu akan login untuk bisa mengakses situs-situs tersebut diatas dengan menggunakan email dan juga password. Dari proses yang kamu lakukan tersebut, memasukkan email dan password akan disimpan dalam cache.

Jika suatu saat kamu ingin mengakses situs-situs tersebut diatas, kamu cukup membuka browser dan mengakses link situs tersebut tanpa perlu untuk memasukkan email dan password lagi. Karena data kamu seperti email dan password sudah tersimpan dalam cache. Sehingga lebih mudah untuk kembali mengakses situs-situs tersebut. 

Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan Ubixlo tentang cache berikut ini.

Apa itu Cache?

Cache adalah lokasi penyimpanan khusus yang mengumpulkan data sementara untuk membantu situs web, browser dan aplikasi memuat lebih cepat baik itu di perankat PC, laptop maupun smartphone, dikutip dari Business Inside.

Fungsi Cache

Nah, jika kamu bertanya-tanya apa sih fungsi dari cache? secara mudahnya, cache berfungsi untuk membantu aplikasi atau browser bekerja lebih cepat dan lebih efisien karena data-data histori sudah disimpan secara lokal.

Contohnya browser pada smartphone atau pc/laptop kita, data cache yang sudah tersimpan akan membuat kamu mengakses sebuah situs web lebih cepat karena bisa mengakses data yang sudah tersimpan di penyimpanan lokal.

Manfaat Cache

Seperti yang dikutip dari Business Insider sebelumnya, cache membantu meningkatkan kinerja sistem agar lebih mudah dan efisien dalam penggunaannya.

Jika kamu pernah mengunduh sebuah file, maka cache juya masih menyimpan salinan file tersebut. Maka browser atau aplikasi tidak perlu membuang waktu, daya dan sumber lainnya untuk mendownloadnya lagi.

Hal tersebut juga memungkinkan browser atau aplikasi untuk bisa bekerja secara offline. Misalnya, ketika kamu tidak ada akses internet, browser atau aplikasi dapat mengandalkan data cache yang sudah tersimpan untuk bekerja walaupun kamu tanpa koneksi internet.

Jenis Cache

Ada tiga jenis cache yaitu, Web cache, Memori cache dan Disk Cache. Lalu apakah yang dimaksud dengan ketiga ketiga cache tersebut? Langsung saja kamu simak penjelasan dibawah ini.

  1. Web Cache
  2. Memori Cache
  3. Disk Cache

1. Web Cache

Adalah browser yang digunakan untuk peramban internet, seperti Chrome, Firefox, Opera dan lainnya. Gunanya cache pada browser adalah saat mengakses internet bisa lebih cepat dalam menampilkan halaman situs.

Selain untuk membuat lebih cepat, cache pada browser juga bisa mengurangi  konsumsi data situs yang akan dituju. Karena data situs yang dituju sudah terdownload dan tersimpan di dalam web cache.

Saat akan menuju situs yang kamu inginkan, browser akan memeriksa web cache terlebih dahulu. Jika data sudah sama, maka browser akan  menampilkan data yang tersimpan di web cache tanpa perlu mengunduhnya lagi.

2. Memori Cache

Memori cache adalah memori yang dibuat dengan menggunakan teknologi SRAM (Statistic Random Access Memory Cells) berkecepatan tinggi. Fungsi dari memori cache ini adalah mempercepat data akses ke memori utama.

Memori cache terdiri dari tiga level yang sejalan dengan perkembangan memorinya, berikut ini level-levelnya.

  • Cache Level 1 (L1): 8Kb, 64Kb dan 128Kb (terletak dalam prosesor)
  • Cache level 2 (L2): 256Kb – 2Mb (tapi lebih lambat dari L1, berada di luar prosesor)
  • Cache level 3 (L3): hanya dimiliki prosesor dengan jumlah inti (core) lebih dari satu (misal: dual-core, quad-core, octa-core, dst).

3. Disk Cache

Disk cache hampir serupa dengan memori cache, tetapi bedanya adalah memori cache dibuat dengan teknologi SRAM (Statistic Random Access Memory Cells) sedangkan disk cache dibuat dengan teknologi DRAM (Dynamic Random Access Memory) yang lebih lambat dari teknologi SRAM.


Nah, dari penjelasan kami di atas mengenai apa itu cache, fungsi cache, manfaat cache dan jenis-jenis cache apakah ada yang ingin kamu diskusikan? Jika ada, yuk tuliskan pertanyaanmu di kolom komentar dibawah ya.

Apa itu SSD? Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD

Masih bingung memilih SSD atau HDD? Berikut pembahasan lengkap tentang apa itu SSD, kelebihannya, beserta perbedaan SSD dan HDD.

Selengkapnya

Apa Itu Daring? Pengertian, Tipe, dan Jenis Komunikasi

Sering mendengar istilah daring akhir-akhir ini? Lalu apa itu daring? Berikut pengertian daring, tipe, dan jenis-jenis komunikasinya

Selengkapnya

Apa Itu Coding? Penjelasan Lengkap Beserta Contohnya

Sering denger istilah coding tapi nggak tau maksudnya? Berikut penjelasan apa itu coding dan contoh-contoh codingnya.

Selengkapnya

Apa Itu Coding? Penjelasan Lengkap Beserta Contohnya

Sering denger istilah coding tapi nggak tau maksudnya? Berikut penjelasan apa itu coding dan contoh-contoh codingnya.

Selengkapnya

Apa Itu Chromium? Kenali Perbedaannya dengan Chrome

Penasaran apa itu Chromium? Berikut pengertian Chromium, bahaya Chromium dan perbedaan Chromium dengan Google Chrome.

Selengkapnya

Apa Itu Website? Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Penasaran dengan apa itu website? Simak penjelasan lengkapnya di sini, mulai dari sejarah, fungsi, manfaat, hingga jenisnya.

Selengkapnya

Cara Membuat Instagram Music dan Mengunggahnya di IG Story

Mau bikin InstaStory dengan Instagram Music? Berikut cara membuat dan menggunakan Instagram Music di IG Story.

Selengkapnya

3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Cepat dan Mudah

Mau ngecilin foto yang ukurannya kegedean? Berikut cara mengecilkan ukuran foto di HP, laptop, dan secara online dengan mudah.

Selengkapnya

5 Cara Mengganti Password WiFi (Semua Provider)

Bingung gimana ganti password WiFi? Berikut cara mengganti password WiFi Indihome, First Media, dan TP-Link lewat HP/di laptop.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar