Apa Itu Coding? Penjelasan Lengkap Beserta Contohnya

Sering denger istilah coding tapi nggak tau maksudnya? Berikut penjelasan apa itu coding dan contoh-contoh codingnya.

Coding menjadi salah satu istilah yang sering muncul akhir-akhir ini. Hal ini tidak heran mengingat kemajuan teknologi semakin cepat dan zaman semakin modern, membuat banyak orang semakin sering membicarakannya.

Namun sebenarnya apa sih coding itu? Pada kesempatan kali ini Ubixlo akan menjelaskan tentang coding dan contoh-contoh coding. Simak ya!

Apa Itu Coding?

Coding adalah sebuah aktivitas menulis, merangkai, dan mengkomunikasikan bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer. Dan bahasa yang digunakan dalam coding adalah bahasa pemrograman dengan ketentuan penulisan atau syntax tertentu.

Karena bahasa mesin hanya bisa mengenali 2 huruf saja yaitu 0 dan 1 atau biasa disebut bentuk biner, oleh karena itu diciptakanlah bahasa-bahasa pemrograman yang memudahkan kita supaya bisa berkomunikasi dengan bahasa mesin.

Bahasa Pemrograman Populer

Tiap-tiap bahasa pemrograman memiliki ketentuan penulisan dan tujuan yang berbeda-beda. Misalnya, untuk membuat website, maka bahasa pemrogramannya adalah PHP, Javascript, Phyton dan lain-lain. Sementara untuk membuat software desktop, bahasa pemrogramannya adalah C++, Java, Pascal, dan lain-lain. Sedangkan pada aplikasi Android atau iOS, bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java, Flutter, Kotlin, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sebelum memulai belajar coding, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai dan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

Berikut kami berikan daftar bahasa pemrograman terpopuler berdasarkan data yang dihimpun Github:

  • Javascript
  • Python
  • Java
  • PHP
  • C#
  • C++
  • TypeScript
  • Shell
  • C
  • Ruby

Contoh Coding

Supaya kamu lebih mengerti lagi, berikut juga kami berikan contoh coding masing-masing untuk membuat web, software desktop, dan aplikasi Android.

1. PHP

Sebelum kamu mempraktikkan coding PHP di bawah, pastikan kamu sudah menginstal XAMPP dan mengaktifkan Apache beserta MySQL-nya.

Kamu juga perlu membuat folder baru untuk mempraktikkannya, untuk caranya silahkan masuk ke folder xampp > htdocs dan buat folder baru di sana.

Setelah itu, di folder baru tersebut buatlah file baru bernama index.php. Buka file index tersebut menggunakan aplikasi code editor atau Notepad dan masukkan code di bawah, jangan lupa untuk menyimpannya kalau sudah.

<?php
echo “Hallo Ubixlo”;  
?>

Untuk melihat hasilnya, buka web browser di PC kamu dan masukkan URL http//:localhost/namafolderkamu/, misalnya pada contoh ini folder kami bernama webubixlo, maka URL-nya adalah http://localhost/webubixlo/.

2. C++

Untuk mempraktikkan codingan C++ di bawah ini, kamu harus menginstal software Dev-C++ setelah itu buat file baru dan paste kode di bawah ini lalu Compile & Run.

#include <stdio.h>
#include <iostream>
using namespace std;  

int main()
{
std::cout << “Hello Ubixlo”;
}

Untuk hasilnya bisa kamu lihat seperti pada gambar di bawah ini.

3. Kotlin

Untuk mempelajari bahasa Kotlin, kamu harus menginstal software Android Studio terlebih dahulu. Nah jika kamu sudah menginstal Android Studio dan sudah membuat project baru maka secara otomatis akan ada kode untuk hello world di bagian res > layout > activity_main.xml, di sana kamu bisa mengubah kata-katanya sesuai keinginan.

Sebagai contoh kami ubah menjadi Hallo Ubixlo, maka hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.


Nah itulah penjelasan tentang apa itu coding, beberapa bahasa pemrograman yang populer, dan juga contoh-contoh coding-nya. Jadi, bahasa pemrograman mana yang ingin kamu pelajari dan coding terlebih dulu? Tulis di kolom komentar ya!

Apa Itu Chromium? Kenali Perbedaannya dengan Chrome

Penasaran apa itu Chromium? Berikut pengertian Chromium, bahaya Chromium dan perbedaan Chromium dengan Google Chrome.

Selengkapnya

Apa Itu Daring? Pengertian, Tipe, dan Jenis Komunikasi

Sering mendengar istilah daring akhir-akhir ini? Lalu apa itu daring? Berikut pengertian daring, tipe, dan jenis-jenis komunikasinya

Selengkapnya

Apa Itu Bandwidth? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Mau tahu apa itu bandwidth? Berikut ini pengertian bandwidth, cara kerjanya, contoh, dan istilah-istilah terkait bandwidth.

Selengkapnya

Apa itu Surel? Sejarah, Penyedia Layanan, Cara Membuatnya

Penasaran apa itu surel? Berikut pengertian surel, contoh penyedia layanan surel terkenal, dan cara membuat surel di komputer.

Selengkapnya

Apa Itu Discord? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Pernah denger aplikasi Discord? Apa sih sebenarnya Discord itu? Berikut pengertian dan cara menggunakan Discord.

Selengkapnya

Apa Itu Server? Cara Kerja, Jenis-Jenis, dan Fungsinya

Sering mendengar istilah “server”? Apa itu server? Berikut pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenis dan fungsinya.

Selengkapnya

10 Game Membangun Kota Terbaik untuk Android dan iOS

Daftar rekomendasi game simulasi membangun kota impian terbaik untuk perangkat smartphone Android dan iOS.

Selengkapnya

Cara Mudah Mengubah Ukuran Pas Foto (2×3, 3×4, 4×6)

Panduan mudah mengubah ukuran pas foto menjadi 2×3, 3×4 dan 4×6 sesuai dengan standar studio foto.

Selengkapnya

10 Aplikasi Karaoke Terbaik untuk Android dan iOS Tahun 2021

Mau karaokean sambil di rumah aja? Berikut rekomendasi aplikasi karaoke gratis seperti di studio yang bisa kamu coba.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar