Apa Itu Daring? Pengertian, Tipe, dan Jenis Komunikasi

Sering mendengar istilah daring akhir-akhir ini? Lalu apa itu daring? Berikut pengertian daring, tipe, dan jenis-jenis komunikasinya

Di masa pandemi seperti sekarang ini, sebagian besar masyarakat Indonesia berusaha untuk menjalani pola kehidupan baru seperti yang dianjurkan oleh pemerintah. Salah satu usaha yang diterapkan oleh pemerintah untuk menjalani kehidupan di new normal ini adalah menggunakan sistem daring.

Sistem daring ini diterapkan pada hampir seluruuh lapisan masyarakat mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ASN yang mana cara kerjanya dapat dilakukan dari rumah. Tujuannya adalah untuk memutus penyebaran pandemi virus Covid-19.

Daring sendiri dinilai sebagai solusi paling tepat untuk digunakan selama masa pandemi sehingga sebagian besar sekolah, universitas, dan industri pekerjaan menerapkan sistem ini.

Lantas, apa itu daring? Berikut Ubixlo jelaskan pengertian daring selengkapnya.

Apa Itu Daring?

Daring adalah singkatan dari “dalam jaringan” yang artinya terhubung dengan internet melalui perangkat komputer seperti PC, laptop, notebook, tablet, dan smartphone.

Secara bahasa, daring diartikan sebagai online dan mempunyai makna tertentu dalam dunia teknologi komputer dan telekomunikasi. Daring juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang saling bertukar informasi  karena sudah terhubung dengan jaringan internet.

Namun menurut Fimela, sistem pembelajaran daring merupakan sebuah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS), misalnya menggunakan Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya.

Hampir semua guru, siswa, mahasiswa, hingga dosen kini melakukan kegiatan belajar-mengajar secara daring.

Dengan adanya pandemi seperti sekarang ini, pengertian daring kemudian diperluas hingga menciptakan pengertian dan makna lain seperti komunikasi daring.

Komunikasi daring adalah interaksi dari dua orang atau lebih menggunakan perangkat yang terhubung dengan jaringan internet.

Tipe Komunikasi Daring

Secara umum terdapat dua tipe komunikasi daring, yaitu sinkron atau serempak dan komunikasi asinkron atau tidak serempak. Berikut masing-masing pembahasannya.

  1. Sinkron/Serempak
  2. Asinkron/Tidak Serempak

1. Sinkron/Serempak

Tipe komunikasi sinkron atau serempak merupakan komunikasi yang menggunakan smartphone, komputer, atau alat bantu lainnya yang umumnya digunakan sebagai media perantara. Adapun untuk komunikasi sinkron kedua orang yang ingin berkomunikasi ini memiliki waktu yang sama/real time.

2. Asinkron/Tidak Serempak

Tipe komunikasi daring asinkron adalah komunikasi daring yang dilakukan pada waktu yang tidak bersamaan. Jenis komunikasi ini tentu berbeda dengan komunikasi sinkron dimana hal yang paling jelas perbedaannya adalah terletak pada waktu yang dilakukan untuk melakukan komunikasi.

Jenis-Jenis Komunikasi Daring

Meskipun secara umum terdapat dua tipe daring, namun ternyata ada jenis komunikasi daring lainnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa jenis komunikasi daring.

  1. Komunikasi Sinkron Chat
  2. Komunikasi Sinkron Video Call
  3. Komunikasi Sinkron Call
  4. Komunikasi Asinkron Video
  5. Komunikasi Asinkron Chat
  6. Komunikasi Formal
  7. Komunikasi non Formal
  8. Komunikasi Informal
  9. Komunikasi Jaringan Kerja
  10. Komunikasi Kelompok

1. Komunikasi Sinkron Chat

Seperti namanya, jenis komunikasi ini dilakukan dengan cara berbagi obrolan atau chat yaitu dalam bentuk tulisan yang ditunjukkan terhadap lawan bicaranya.

Saat ini banyak platform yang menyediakan jasa komunikasi via chat seperti misalnya WhatsApp, Line, Telegram, SMS, dan lainnya.

2. Komunikasi Sinkron Video Call

Komunikasi sinkron video call juga menjadi salah satu bagian dari jenis-jenis komunikasi daring. Jenis komunikasi ini menggunakan cara video call untuk saling terhubung dengan pengguna lainnya sehingga kamu tetap bisa melihat wajah lawan bicara dan mengetahui keadaannya melalui layar smartphone atau layar PC.

3. Komunikasi Sinkron Call

Jenis komunikasi daring yang ketiga adalah sinkron call di mana jenis komunikasi ini merupakan komunikasi yang dapat dilakukan dengan cara telepon.

Cara melakukannya adalah dengan menelepon seseorang yang jauh yaitu dengan menggunakan fitur yang terdapat di sebuah aplikasi. Namun ternyata ada juga lho tiga jenis komunikasi sinkron yang terdapat pada satu aplikasi.

4. Komunikasi Asinkron Video

Jenis komunikasi asinkron video ini berbeda dengan komunikasi sinkron video call, yang mana kamu hanya dapat berbagi rekaman video kepada lawan bicara dan kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicaramu.

5. Komunikasi Asinkron Chat

Meski jenis komunikasi yang satu ini dilakukan menggunakan PC/komputer, smartphone dan jaringan internet, namun komunikasi asinkron chat sama seperti halnya komunikasi asinkron video di atas. Di mana pada jenis komunikasi ini, kamu dapat berbagi pesan singkat melalui beberapa platform yang ada, namun komunikasi yang terjalin hanyalah komunikasi tunda.

6. Komunikasi Formal

Komunikasi formal merupakan jenis komunikasi daring yang umum dilakukan pada saat acara formal maupun acara resmi. Adapun tujuan daripada komunikasi ini adalah untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan suatu kepentingan tertentu.

Sementara itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk jenis komunikasi formal ini, di antaranya adalah menggunakan surat perintah, video conference, maupun dapat juga menggunakan komunikasi langsung saat dalam sebuah rapat.

7. Komunikasi non Formal

Jenis komunikasi daring non formal dapat terjadi diluar acara resmi. Akan tetapi ketika berada di acara resmi, maka jenis komunikasi yang dilakukan ini hanya bersifat pribadi atau hubungan dekat.

8. Komunikasi Informal

Komunikasi informal merupakan kebalikan dari komunikasi daring formal di mana jenis komunikasi informal memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Namun pesan atau obrolan yang akan disampaikan biasanya tidak terencana.

9. Komunikasi Jaringan Kerja

Komunikasi jaringan kerja bersifat pribadi. Hal ini karena jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan saja yang mana biasanya sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi sendiri seperti email atau platform khusus.

10. Komunikasi Kelompok

Jenis komunikasi daring yang terakhir adalah komunikasi kelompok yang dilakukan secara beregu atau berkelompok. Umumnya jenis komunikasi ini terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform tertentu.


Itulah penjelasan seputar apa itu daring lengkap beserta tipe dan jenis komunikasinya. Setelah membaca artikel ini, kini kamu sudah bisa mengetahui tentang hal-hal yang berhubungan dengan daring, bukan? Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-temanmu juga ya biar mereka juga tahu!

Apa Itu Cache? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Mau tahu apa itu cache? Berikut penjelasan lengkap tentang cache meliputi pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis-jenis cache.

Selengkapnya

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

Sering mendengar istilah SEO tapi tidak tahu artinya? Berikut pengertian SEO, cara kerja, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Selengkapnya

Apa itu Internet? Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Dampaknya

Pembahasan mendalam tentang internet meliputi pengertian, sejarah perkembangan, manfaat, hingga dampak positif dan negatifnya.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar