Apa Itu Discord? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Pernah denger aplikasi Discord? Apa sih sebenarnya Discord itu? Berikut pengertian dan cara menggunakan Discord.

Sering mendapati ajakan mabar dengan tautan link dari Discord? Tapi kamu nggak tau apa itu Discord? Jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini Ubixlo akan mengupas tuntas apa itu aplikasi Discord. Disimak ya!

Apa itu Discord?

Discord adalah sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk saling mengirim chat, gambar, audio, video, bahkan hingga share screen. Discord pertama kali dirilis ke publik pada bulan Mei tahun 2015 lalu. Aplikasi ini banyak dipakai oleh content creator gaming yang melakukan live streaming.

Asal mula Discord berasal dari Amerika. Discord hadir dari buah pemikiran Jason Citron. Sebelumnya ia pernah menciptakan sebuah platform komunikasi untuk gamer yang bernama OpenFeint, lalu kemudian menjualnya sebesar US$ 104 juta (1,5 triliun).

Citron kemudian membuat studio Hammer & Chisel dan merilis game MOBA perdananya yang bernama Fates Forover pada tahun 2014. Sayangnya, game ciptaannya itu tidak laku di pasaran.

Namun, saat proses pengembangannya ia terbesit ide untuk menciptakan layanan voice over internet protocol (VoIP) yang ramah untuk penggunanya tanpa mengganggu performa. Setelah mendapatkan banyak investor, Citron pun mulai menggarap gagasannya itu dan terciptalah Discord seperti sekarang ini.

Siapa yang Menggunakan Discord?

Pada dasarnya, Discord mempunyai fungsi yang mirip dengan Skype. Jadi, bisa dibilang ini adalah “Skype” nya untuk komunitas gamer. Discord didesain untuk membantu para pemain dapat bisa berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang terpisah dari game itu sendiri. Hal ini memungkinkan para penggunanya dapat saling berkirim pesan teks dan obrolan suara tanpa mengganggu performa bermainnya sama sekali.

Apakah Discord Hanya untuk Gamer?

Awal nya Discord hadir hanya untuk sarana komunikasi para gamers ketika sedang bermain game di PC. Namun nyatanya, saat ini Discord mulai banyak digunakan oleh berbagai macam komunitas. Di tengah wabah virus Corona, Discord juga mempunyai peranan dalam proses kegiatan belajar.

Kenapa Banyak Remaja Menyukainya?

Target pasaran Discord memang dituju ke kalangan para remaja, di mana banyak dari mereka yang suka bermain game. Hal tersebut sejalan dengan maksud dan tujuan Discord untuk memudahkan berkomunikasi dan berkoordinasi satu sama lain ketika sedang bermain game.

Selain itu Discord juga terintegrasi dengan platform streamer populer seperti Twitch dan YouTube, sehingga pengguna dapat menyinkronkan Discord ke akun ini platform ini. Kebanyakan para content creator gaming saat ini didominasi oleh anak muda.

Kenapa Harus Discord?

Berikut alasan kenapa Discord banyak diminati dan bisa dibilang lebih baik dengan aplikasi sejenis lainnya.

  1. Lintas Platform
  2. Keamanan Informasi yang Terjamin
  3. Voice Chat Tanpa Mengganggu Performa Gaming
  4. Banyak Komunitasnya
  5. Mempunyai Jutaan Pengguna

1. Lintas Platform

Ingin tetap terhubung dengan teman mabar kalian saat bermain game di platform yang berbeda? Tenang saja, Discord tersedia secara inklusif untuk kebutuhan PC maupun mobile. Kamu dapat cari Discord di Google Play store dan App Store atau mengunduhnya untuk perangkat komputer kamu di laman resminya discord.com

2. Keamanan Informasi yang Terjamin

Discord menjamin keamanan setiap orang yang menggunakannya. Server yang dimilikinya telah terenkripsi, sehingga setiap pesan yang masuk dari alamat IP masing-masing bakal terjamin keamanannya. Jadi, tidak perlu khawatir informasi pribadimu bocor.

3. Voice Chat Tanpa Mengganggu Performa Gaming

Fitur ini mungkin menjadi salah satu penyebab kenapa Discord banyak dipakai oleh para gamer di dunia. Discord memiliki sistem tersendiri ketika sedang melakukan voice chat tanpa mengganggu sistem yang berjalan di CPU sehingga frame rate ketika bermain game tetap stabil. Tentunya, hal ini akan membuat sensasi bermain game-mu lebih seru dan menyenangkan.

4. Banyak Komunitasnya

Bingung ketika pertama kali menggunakannya? Jangan khawatir, karena kamu dapat mencari komunitas di situs Discord untuk mencari komunitas game yang sedang kamu mainkan, dan bergabung ke komunitas tersebut.

5. Mempunyai Jutaan Pengguna

Dari mulai perilisannya, Discord langsung disambut baik oleh para komunitas gamer. Discord mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak dibanding dengan aplikasi serupa. Tercatat, pada tahun 2019 pengguna Discord dikatakan mencapai 56 juta. Pertahun 2020 kemaren pengguna Discord mengalami kenaikan yang cukup signifikan, yakni mencapai 100 juta pengguna, angka yang cukup fantastis, bukan?

Cara Menggunakan Discord di Smartphone

Langkah #1: Download dan install aplikasi Discord terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya di Google Play Store atau App Store.

Langkah #2: Buka Discord dan buat akun dengan menekan tombol register. Kalau kamu sudah punya akun, klik tombol login.

Langkah #3: Setelah berhasil masuk, klik ikon “+” yang berada di sidebar sebelah kiri, akan ada dua opsi yaitu create server dan join server. Jika ingin gabung dengan server yang sudah ada bisa langsung memasukan code link servernya. Jika belum ada, kamu bisa membuat server sendiri dengan pilih create server dan tulis nama server yang diinginkan. Perlu diketahui server disini merupakan istilah pada Discord jika ingin membuat ruangan virtual (room meeting).

Langkah #4: Server Discord berhasil dibuat. Tampilan utama pada laman Discord mempunyai fungsi utama untuk chatting dengan ditampilkannya daftar teman dan daftar channel. Nah, untuk menggunakan fitur voice chat atau panggilan, klik menu tiga garis horizontal yang berada di bagian kiri atas. Lalu, klik menu general yang ada di bawah bagian voiche channels. Dan klik tombol Join Voice.

Langkah #5: Setelah itu fitur voice chat telah akftif dan akan terus berjalan di background dan bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan teman mabarmu sambil bermain game.

Langkah #6: Jika ingin menambahkan teman pada grup voice klik ikon “+”, dan jika ingin mengakhiri percakapan cukup tekan tombol “x” berwarna merah yang ada di bawah.

Cara Menggunakan Discord di PC

Langkah #1: Download dan install software Discord dari situs web resminya di discord.com

Langkah #2: Buka software Discord yang sudah diinstall tadi dan login dengan akun Discord kamu.

Langkah #4: Pada halaman menu utama, klik ikon “+” yang terletak di sebelah kiri sidebar untuk membuat server baru.

Langkah #5: Perbedaan Discord PC dengan Discord HP terletak pada langkah ini, yakni Discord versi PC menyediakan beberapa template server yang bisa kamu pakai, seperti Gaming, Study Group, Friend, Komunitas, dan masih banyak lagi.

Langkah #6: Setelah pilih create server masukan nama yang dinginkan pada kolom yang tersedia setelah itu klik tombol create. Sama dengan versi smartphone, kamu akan disuguhkan tampilan menu utama yang telah dibuat.

Langkah #7: Server telah berhasil dibuat, selanjutnya untuk bisa terhubung dengan teman klik Invite People. kemudian akan muncul kotak laman kecil, klik copy untuk menyalin link Discord. Dan undang teman menggunakan link yang sudah disalin tersebut.

Cara Membuat Channel Discord

Discord mempunyai satu fitur yang dinamakan “channel”. Sederhananya, jika server merupakan tempat untuk kita chatting, maka channel ini lebih ke tempat agar kita bisa membuat satu room khusus untuk membicarakan topik tertentu. Misalnya :

  • Channel “Mabar ML” untuk game Mobile Legends.
  • Channel “Mabar PUBG” untuk game PUBG.

Discord menyediakan 2 jenis channel yang bisa kamu pilih, yang pertama Text Channel untuk membuat channel khusus grup chat saja, dan yang kedua Voice Channel untuk obrolan audio dan video.

Berikut cara membuat channel Discord:

  1. Klik icon “+” pada kolom channel.
  2. Tulis nama channel yang diinginkan.
  3. Jika sudah, klik tombol Create Channel.

Cara Menggunakan Overlay di Discord

Ketika sedang bermain game multiplayer tentunya dibutuhkan komunikasi antarpemain satu tim untuk berkoordinasi. Pastinya bakal ribet banget kalo harus bolak-balik buka aplikasi game dan pindah ke Discord hanya untuk berkomunikasi dengan teman satu tim.

Maka dari itu, Discord menyediakan fitur bernama overlay yang dapat menampilkan kotak dialog chat Discord pada game yang sedang dimainkan, contohnya PUBG, Among Us, ML, dll.

Jangan khawatir, kotak dialog Discord ini tidak akan mengganggu pandangan karena tampil dengan transparansi yang rendah.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan fitur overlay Discord:

Langkah #1: Masuk ke halaman Setting Discord dengan mengklik ikon gambar gear yang berada di samping nama profil kamu.

Langkah #2: Cari dan pilih menu Overlay.

Langkah #3: Aktifkan toggle Enable in-game overlay.

Langkah #4: Aktifkan juga fitur overlay pada setiap game yang kamu miliki dengan mengklik menu Game Activity.

Langkah #5: Klik ikon toggle overlay pada game yang ingin dimainkan sampai statusnya berubah menjadi ON


Akhir kata, Discord sangat membantu para komunitas, terutama para gamer untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Buat kamu yang suka bermain game multiplayer, wajib banget install aplikasi yang satu ini.

Sekarang sudah tahukan apa itu Discord? Tertarik untuk langsung mencobanya? Atau kamu udah pernah pakai Discord? Tulis komentarmu di kolom berikut ini ya!

Apa itu Hosting? Pengertian, Cara Kerja, dan Jenisnya

Mau tahu apa itu hosting? Berikut pengertian, cara kerja, jenis-jenis hosting, dan petunjuk cara memilih hosting terbaik.

Selengkapnya

Apa Itu Cache? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Mau tahu apa itu cache? Berikut penjelasan lengkap tentang cache meliputi pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis-jenis cache.

Selengkapnya

Apa Itu OEM? Perbedaannya dengan KW, Ori, dan Aftermarket

Mau beli barang OEM tapi takut KW? Eits, ketahui dulu apa itu OEM dan perbedaannya dengan KW, ori, aftermarket berikut ini.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar