Apa itu Internet? Sejarah, Fungsi, Manfaat dan Dampaknya

Pembahasan mendalam tentang internet meliputi pengertian, sejarah perkembangan, manfaat, hingga dampak positif dan negatifnya.

Siapa yang tidak pernah mendengar istilah internet sekarang ini? Hampir semua  orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa atau bahkan lansia sekalipun, sudah tidak asing lagi dengan adanya istilah tersebut.

Bahkan sekarang, hampir seluruh aktivitas kita sehari-hari sudah mengandalkan internet.

Ketika Anda mencari informasi tentang teknologi, ketika Anda mencari berita, atau bahkan ketika Anda memesan barang atau produk tertentu, internet merupakan salah satu solusi yang sangat tepat.

Kemudian, apa sebetulnya pengertian internet? Bagaimana sejarah perkembangan internet? Dampak dari adanya internet? Seperti apa penerapan teknologi ini di berbagai bidang? Mari baca penjelasan dari Ubixlo berikut ini.

Apa Itu Internet?

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektronik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang digunakan secara global yaitu Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite yang biasa disingkat dengan istilah TCP/IP.

TCP/IP ini adalah sebuah protokol pertukaran paket atau dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol yang dapat dipakai untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia.

Sementara itu, untuk istilah Internetworking yang berarti cara atau proses dalam menghubungkan rangkaian internet serta cara penerapan aturannya yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Sementara itu, berikut pengertian internet menurut para ahli:

1. Drew Heywood

Menurut Drew Heywood (1996) internet merupakan istilah teknologi yang awal munculnya pada akhir tahun 60-an adalah pada saat United States Department of Defense atau DoD memerlukan suatu standar baru di dalam melakukan komunikasi Internetworking.

Standar baru ini adalah standar yang sanggup untuk menghubungkan berbagai jenis komputer di DoD dengan komputer kontraktor militer, organisasi penelitian atau di universitas.

Jaringan ini harus aman, kuat dan juga tahan kerusakan sehingga mampu untuk dioperasikan pada kondisi minimum akibat bencana atau saat perang.

2. Oetomo

Menurut Oetomo (2002) internet merupakan sebuah singkatan  dari International Network, yang bisa didefinisikan juga sebagai suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer ini terdiri dari beberapa jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain.

3. Ramdhani

Menurut Ramdhani (2003) internet merupakan suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, organisasi, komersial, sampai perorangan.

4. Onno Purbo

Menurut Onno Purbo (2005) internet merupakan suatu media yang bisa digunakan untuk mengefisiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan lewat berbagai aplikasi semacam VoIP, E-mail, Web.

5. Supriyanto

Menurut Supriyanto (2006) internet merupakan suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan aplikasi yang berbeda-beda.

Dimana di dalam hubungan ini memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi semacam telepon dan satelit yang menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yakni protokol Transmission Control/Internet Protocol (TCP/IP).

6. Harjono

Menurut Harjono (2009) internet merupakan salah satu kumpulan dari beberapa komputer, yang bahkan dapat mencapai jutaan komputer di seluruh dunia yang saling berhubungan dan saling terkoneksi antara satu sama lainnya.

Agar nantinya komputer dapat saling terkoneksi satu sama lain, maka diperlukan media untuk saling menghubungkan antar komputer. Media yang dipakai bisa menggunakan kabel atau serat optik, satelit atau lewat sambungan telepon.

7. Sibero

Menurut Sibero (2011) internet atau kependekan dari Interconnected Network merupakan sebuah jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global.

Sejarah Perkembangan Internet

Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan dari Amerika Serikat lewat Advanced Research Projects Agency yang disingkat dengan ARPA telah merintis suatu sistem jaringan yang bernama ARPANET. ARPANET inilah yang menjadi cikal bakal  sebelum terbentuk teknologi internet.

Pada tahun 1980-an, awal mula internet digunakan oleh kalangan terbatas dan juga menjalankan fungsinya dengan menghubungkan berbagai kampus atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar dari TCP/IP ini sendiri mulai dipublikasikan ke publik pada tahun 1982. Adanya nama domain ini juga sudah mulai digunakan empat tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1984. Kemudian, National Science Foundation Network (NSFNET) ini didirikan dan mulai dikembangkan pada tahun 1986.

NSFNET inilah yang sudah mulai menggantikan peranan dari ARPANET sebagai suatu wadah riset terkait di Negara Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional pada banyak Negara akhirnya mulai untuk dikembangkan dan juga dihubungkan lewat NSFNET tersebut.

ARPANET ini lalu diturunkan pada tahun 1990. Namun memang internet hasil perkembangangannya itu sendiri selalu berkembang terus-menerus sampai sekarang ini.

Pada zaman dahulu informasi yang dapat dimiliki lewat internet hanya informasi yang berbasis teks. Dan pada tahun 1990, layanan sejenis berbasis tampilan grafis yang juga dikenal sebagai WWW atau World Wide Web yang mulai dikembangkan lagi oleh CERN.

Pada tahun 1993, InterNIC ini didirikan agar dapat melayani pendaftaran nama domain dari publik. Sekitar tahun 1994 silam internet masuk ke Negara Indonesia.

Pada waktu itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal dengan nama Paguyuban Network. Paguyuban Network ini berarti serupa dengan namanya dimana semangat kekeluargaan atau kerjasama terjadi begitu akrab diantaranya para anggota dari teknologinya.

Waktu itu RMS Ibrahim, Adisoemarta, Suryono, Putu, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Adi Indrayanto dan juga Onno Purbo merupakan nama tokoh pengembang legendaris yang telah tercatat di sejarah internet awal-awal Indonesia, tepatnya yaitu sekitar tahun 1992 hingga 1994.

Setiap tokoh pengembang tersebut telah berkontribusi dan mendedikasikan keahliannya dalam membangaun sejarah IT di Indonesia.

Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet

Setidaknya terdapat tiga jenis jaringan teknologi informasi yang telah dikenal sampai saat ini, yakni internet, intranet dan ekstranet. Berikut ini adalah perbedaan dari ketiga jenis jaringan tersebut.

Internet

Internet adalah sebuah jaringan terluas dalam sistem teknologi informasi yang dapat memungkinkan perangkat di seluruh dunia untuk saling  terhubung.

Jaringan internet ini dapat diakses oleh publik yang mengirimkan data menggunakan standar Protokol Internet (IP). Informasi yang telah tersebar di internet dapat diakses melalui jaringan World Wide Web (www) baik itu dalam bentuk teks, foto, video, musik dan lainnya.

Intranet

Intranet merupakan sebuah jaringan teknologi informasi yang lebih sempit dan privat dibandingkan dengan internet. Intranet ini memungkinkan untuk menciptakan ruang kerja digital perusahaan yang memusatkan setiap orang, alat, dokumen, percakapan dan juga proyek di dalam perusahaan.

Ekstranet

Ekstranet merupakan salah satu intranet yang bisa diakses oleh beberapa orang dari luar perusahaan, atau mungkin dibagikan oleh lebih dari satu organisasi.

Sedikit lebih luas dibandingkan dengan intranet, ekstranet dapat menciptakan jaringan pribadi orang-orang yang berkepentingan dengan perusahaan baik itu secara internal maupun eksternal untuk saling berkomunikasi.

Manfaat Internet untuk Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Internet untuk Belajar

Peran internet pada pandemi ini sangat dibutuhkan oleh siswa untuk belajar. Dengan metode belajar online ini memudahkan siswa dalam berinteraksi dan juga mempelajari pelajaran yang diinginkan secara otodidak.

Untuk media pembelajaran mulai dari Bahasa Inggris sampai matematika dan juga pelajaran lainnya dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet. Seperti e-learning, sampai kursus yang ditawarkan di berbagai media online lainnya.

Manfaat Internet untuk Bisnis

Sudah tidak asing lagi kata Belanja Online dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari para pelaku bisnis yakni penjual yang tidak harus mempunyai toko maupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainkan hanya cukup mendaftar tokonya ke media belanja online.

Dengan memakai proses online ini, pembeli dengan mudah untuk memilih barang dan toko yang diinginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang telah diinginkan.

Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan

Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat dan tepat, seringkali internet kita pakai untuk mencari hiburan misalnya: facebook, youtube atau instagram. Sarana seperti ini dapat kita gunakan secara gratis atau berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.

Dampak Internet dalam Kehidupan Sehari-hari

Di dalam internet terkadang juga ada dampak yang akan kita rasakan baik itu dampak positif atau dampak negatif, kira-kira apa saja dampaknya? Simak beberapa uraian dampak positif dan negatif dari internet:

1. Dampak Positif Internet

Berikut ini merupakan beberapa dampak positif dari penggunaan internet, diantaranya:

Memudahkan Mendapatkan Informasi

Salah satu hal yang paling menyenangkan dengan adanya internet yaitu tersebarnya banyak sekali informasi hanya dengan dalam genggaman hp atau laptop. Berbeda halnya dengan jaman dahulu yang harus ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi.

Memudahkan Proses Komunikasi

Anda sadar tidak sih sekarang mudah banget untuk reuni, hal ini dikarenakan internet dapat mempermudah Anda dalam berkomunikasi satu sama lainnya.

Memudahkan dalam Berbisnis

Perkembangan internet juga telah mempengaruhi perkembangan bisnis saat ini, sekarang ini siapa yang tidak memiliki social media? Website? Atau fasilitas internet lainnya? Hal ini adalah channel yang dapat dipakai oleh orang untuk berjualan menggunakan internet untuk bisnis online mereka.

Sebagai Sarana Hiburan

Anda tentu mengetahui ada banyak sekali fasilitas hiburan yang bisa Anda gunakan di internet baik itu fasilitas hiburan misalnya menonton video di youtube, dan lain sebagainya.

Membantu dalam Menyelesaikan Masalah dan Tugas

Hal ini juga telah dirasakan oleh pelajar, ada banyak informasi bahkan ada juga aplikasi pembelajaran yang memakai internet yang dapat diakses dengan cepat, mudah dan juga proses yang interaktif.

2. Dampak Negatif Internet

Berikut ini merupakan beberapa dampak negatif dari pemakaian internet, diantaranya:

Maraknya Isu dan Penyebaran Hoax

Hal ini juga menjadi salah satu hal yang biasa terjadi, siapa yang tidak pernah mendapatkan hoax? Kami rasa semua tentu sudah pernah mendapatkan berita bohong di internet atau biasa disebut dengan HOAX.

Nah, semoga tidak banyak lagi berita HOAX yang tersebar asalkan Anda sebagai pengguna lebih bijak dalam menggunakan internet tersebut.

Perilaku Negatif dan Konten yang Tidak Baik untuk Dilihat

Internet telah menuntun kita untuk bijak dalam menggunakannya, sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan internet dalam kegiatan yang tidak bermanfaat.

Budaya Asli Mulai Ditinggalkan

Ini yang juga biasa terjadi, bagaimanapun teknologi berkembang pesat bukan berarti Anda harus meninggalkan kebiasaan baik yang biasa Anda laksanakan sebagai mana mestinya.

Terjadinya Cyber Bullying

Hal ini terkadang suka membayangkan, sebab banyak sekali masalah Cyber bullying yang sudah terjadi di internet yang dalam hal ini dengan adanya internet dapat menyebabkan privasi menjadi akan susah sekali untuk disembunyikan.

Terciptanya Cyber Crime

Siapa yang disini sangat suka dengan belanja online? Nah, salah satu dampak negatif adanya internet yaitu dapat memungkinkan terjadinya penipuan atau biasa disebut dengan Cyber Crime yang Anda harus berhati-hati dalam menggunakan fasilitas internet yang Anda gunakan.

Internet memang sudah menjadi salah satu kebutuhan yang sangat digunakan pada saat ini, apalagi telah didukung dengan perkembangan teknologi yang terus tumbuh dan penuh dengan inovasi.

Dengan cara memanfaatkan internet dengan baik, tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang didapatkan dari internet baik itu untuk kegiatan belajar, kegiatan sehari-hari atau untuk bekerja.

Di sisi lain juga, walaupun internet memiliki dampak positif, akan tetapi Anda harus bisa selektif menggunakan internet untuk kebutuhan produktif, sebab bagaimanapun aka nada dampak negatif yang telah ditimbulkan oleh internet jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya.

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu internet, pengertian, sejarah, fungsi dan dampaknya. Yuk, lebih selektif dalam penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Mari kita jadikan internet lebih bermanfaat setelah mengetahui berbagai manfaat internet, jika Anda mempunyai masukan terkait hal ini jangan ragu untuk memberikan tanggapan pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar