Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

Sering mendengar istilah SEO tapi tidak tahu artinya? Berikut pengertian SEO, cara kerja, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Ketika kamu browsing di Google dengan kata kunci tertentu, maka Google akan menampilkan daftar website yang relevan dengan kata kunci yang kamu cari tadi. Nah semakin bagus SEO sebuah website, maka akan semakin tinggi juga peringkat (ranking) nya di Google.

Lantas, sebenarnya apa sih SEO itu? Berikut Ubixlo berikan penjelasan tentang SEO mulai dari pengertian, cara kerja, hingga manfaatnya.

Apa Itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha-usaha yang dilakukan untuk membuat sebuah website memiliki peringkat yang baik (semakin atas, semakin baik) di mesin pencari/search engine seperti Google dengan memanfaatkan algoritma atau mekanisme kerja mesin pencari tersebut.

Dengan mendapatkan ranking tertinggi, maka website tersebut akan lebih dikenal oleh banyak orang dan pemilik website memiliki peluang yang lebih besar untuk memanfaatkannya. Misalnya untuk membangun brand/merek, jualan, bisnis, atau untuk sekadar memberikan informasi ke khalayak luas.

Cara Kerja SEO

Lalu, bagaimana cara kerja SEO ini? Cara kerja SEO berkaitan dengan cara kerja mesin pencari dalam merayapi website kemudian memberikan ranking terhadap website tersebut di kata kunci yang relevan.

Ada 3 proses cara kerja SEO atau mesin pencari, yaitu:

1. Crawling

Crawling adalah proses perayapan yang dilakukan mesin pencari terhadap sebuah website. Bot search engine akan menelusuri seluruh bagian dan halaman website, mulai dari konten, komponen-komponen seperti navigasi, hingga link atau URL yang ada di dalamnya.

2. Indexing

Setelah proses crawling selesai, maka selanjutnya search engine akan melakukan proses indexing. Indexing adalah proses menyimpan dan menaruh website yang sudah melewati proses crawling di entry list index.

3. Ranking

Dan proses yang terakhir adalah ranking. Ranking adalah proses mesin pencari memberikan rank/peringkat kepada website sesuai dengan tingkat relevannya konten website tersebut dengan kata kunci (keyword) yang dituju.

Jenis-Jenis SEO

SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On-Page dan SEO Off-Page. Berikut masing-masing pembahasannya:

  1. SEO On-Page
  2. SEO Off-Page

1. SEO On-Page

SEO On-Page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Bisa dibilang SEO On-Page merupakan optimasi SEO dari segi kualitas website, halaman, dan konten.

Berikut beberapa contoh optimasi SEO On-Page:

  1. Meta title
  2. Meta description
  3. Permalink
  4. Struktur konten
  5. Penggunaan heading
  6. Penggunaan gambar
  7. Desain mobile-friendly
  8. Tema yang responsif
  9. Kecepatan website
  10. Internal link

2. SEO Off-Page

SEO Off-Page adalah langkah-langkah optimasi SEO yang dilakukan dari luar website. Bisa dibilang SEO Off-Page merupakan optimasi yang mengandalkan faktor luar. Contohnya memberikan link dari website lain ke dalam website kalian.

Jadi, mengoptimasi website dan konten saja masih belum cukup. Ada berbagai macam faktor eksternal yang bisa memengaruhi SEO sebuah website. Itulah gunanya SEO Off-Page.

Salah satu teknik optimasi SEO Off-Page adalah backlink. Backlink atau link yang menuju ke website kamu merupakan salah satu indikator bahwa website atau konten kamu menjadi rujukan, referensi, atau sumber dari website lain.

Semakin banyak backlink yang diperoleh, maka akan semakin bagus juga SEO sebuah website. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa tidak semua backlink berefek baik. Hanya backlink yang berkualitas dari website yang berkualitas juga lah yang dapat meningkatkan kredibilitas website kamu di mata Google sebagai search engine.

Manfaat SEO

Berikut beberapa manfaat SEO:

1. Mendapatkan Traffik/Pengunjung Gratis

Mendapatkan traffik dan pengunjung gratis dari mesin pencari merupakan tujuan utama SEO. Maka secara otomatis hal inilah yang juga menjadi manfaat SEO. Dengan SEO, kamu bisa mendapatkan traffik gratis atau dengan biaya yang lebih hemat jika dibandingkan dengan beriklan.

2. Mendapatkan Traffik yang Tertarget

Tidak hanya gratis, kamu juga akan mendapatkan traffik yang tertarget dengan SEO. Karena pengunjung yang datang pastinya adalah orang-orang yang tertarik dengan konten dan kata kunci yang website kamu tuju.

3. Meningkatkan Konversi Bisnis

Semakin banyak traffik yang kamu dapatkan, maka secara otomatis semakin besar juga peluang konversi bisnis kamu. Tinggal bagaimana kamu pintar-pintar memanfaatkan traffik yang datang supaya menjadi konversi.

4. Menjangkau User yang lebih Luas

Dengan SEO, kamu bisa menjangkau user yang lebih luas, tidak hanya dari daerahmu sendiri, melainkan dari luar daerah bahkan luar negeri. Hal ini dikarenakan search engine bersifat global dan universal.

5. Mendapatkan Keuntungan Bisnis dalam Jangka Waktu yang Panjang

Dan manfaat SEO yang paling penting adalah kamu bisa mendapatkan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang relatif panjang. Karena jika website kamu sudah berada di posisi paling atas, kemungkinan posisinya turun menjadi lebih kecil dan ketika ada orang yang mencari produk atau jasa dengan kata kunci yang relevan, mereka pasti akan memilih website kamu.


Nah itulah penjelasan singkat tentang apa itu SEO. Bagaimana? Kamu tertarik untuk belajar SEO lebih lanjut? Jawab di kolom komentar ya!

Apa Itu Discord? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Pernah denger aplikasi Discord? Apa sih sebenarnya Discord itu? Berikut pengertian dan cara menggunakan Discord.

Selengkapnya

Apa Itu Cache? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Mau tahu apa itu cache? Berikut penjelasan lengkap tentang cache meliputi pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis-jenis cache.

Selengkapnya

Apa Itu Daring? Pengertian, Tipe, dan Jenis Komunikasi

Sering mendengar istilah daring akhir-akhir ini? Lalu apa itu daring? Berikut pengertian daring, tipe, dan jenis-jenis komunikasinya

Selengkapnya

Tinggalkan komentar