Apa Itu URL? Contoh, Fungsi, dan Bagian-Bagiannya

Sering mendengar istilah URL tapi nggak tau artinya? Berikut penjelasan tentang URL, contoh, fungsi, hingga bagian-bagiannya.

Ubixlo — Orang yang baru mengenal dunia internet mungkin masih awam dengan istilah URL. Kamu mungkin adalah salah satu di antaranya. Sehingga kamu mungkin pernah bertanya-tanya atau mencari informasi tentng apa itu URL dan apa fungsi dari URL itu sendiri.

Nah kalau begitu, maka kamu sudah berada di temat yang tepat sekarang. Karena berikut Ubixlo jelaskan apa itu URL sampai ke akar-akarnya. Simak ulasannya ya!

Apa Itu URL?

URL (Uniform Resource Locator) adalah istilah yang merujuk pada alamat untuk sebuah situs web. Untuk menuju ke sebuah situs web, maka kamu perlu memasukkan URL-nya di address bar pada browser. Contoh URL adalah https://www.ubixlo.com.

Sebagai gambaran, jika kamu ingin membuka Ubixlo, maka kamu perlu mengakses URL-nya yang beralamatkan di https://www.ubixlo.com pada browser komputer atau HP kamu.

Dan berikut beberapa contoh URL lainnya:

  • https://ubixlo.com
  • https://youtube.com
  • https://facebok.com

Bukankah domain juga bentuknya seperti itu? Lantas, apakah URL sama dengan domain? Apa hubungan antara URL, domain, dan website?

Nah untuk bisa memahami penjelasan URL ini dengan lebih mudah dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, mari kita gunakan sebuah perumpamaan sederhana.

WebsiteRumah
URLAlamat lengkap rumah
DomainNama pemilik atau nomor rumah
IP AddressKoordinat rumah pada peta

Anggap saja bahwa sebuah website itu adalah rumah. Dan untuk menuju ke rumah tersebut tanpa tersesat, kita memerlukan yang namanya alamat lengkap, itulah yang disebut dengan URL.

Sementara domain adalah nama pemilik atau nomor rumahnya. Meskipun domain juga sama-sama merujuk secara spesifik ke pemilik rumah tersebut, tetapi domain saja belum cukup untuk bisa memberikan petunjuk yang lengkap tentang lokasi rumah.

Dan IP address adalah koordinat rumah yang ada pada peta. Nah dulu, untuk mengakses sebuah website kita harus menghafal dan mengetikkan IP address-nya. Tentu saja cara ini tidak efektif karena kita perlu mengetahui dan menghafal ratusan IP address dari semua website yang dikunjungi.

Sekarang, kita cukup dengan mengetikkan domain atau URL-nya saja, yang mana jauh lebih mudah diingat dan dihafal.

Dengan menggunakan analogi website dan rumah di atas, maka bisa kita buat contoh seperti pada tabel berikut:

WebsiteUbixlo
URLhttps://www.ubixlo.com
Domainubixlo.com
IP Address172.67.167.79

Fungsi URL

URL berfungsi sebagai identifikasi alamat sebuah situs web. Dengan URL, kita sebagai pengunjung atau user bisa berpindah halaman dari satu halaman ke halaman lain dengan mudah menggunakan media hyperlink.

Tetapi fungsi URL tidak hanya itu, berikut beberapa fungsi URL yang lain:

  • Menggantikan IP address sehingga mempermudah user atau pengunjung dalam mengakses website.
  • Mempermudah penamaan file yang ada di sebuah website.
  • Mempermudah user mengingat alamat file yang pernah diakses.
  • Mempermudah identifikasi file dengan alamat yang lebih mudah diingat.

Bagian-Bagian URL

Masih menggunakan perumpamaan URL sama dengan alamat rumah di atas, maka tentunya sebuah alamat rumah memiliki bagian-bagian atau struktur yang terdiri dari:

  • Nama pemilik rumah
  • Nama jalan
  • Nama gang
  • Hingga kode pos untuk menuju ke rumah

Maka sama halnya dengan alamat rumah beserta bagian-bagiannya di atas, URL juga terdiri dari bagian-bagian. Secara umum, ada lima bagian-bagian URL yakni schema, subdomain, nama domain, ekstensi domain, dan subdirectory.

Untuk lebih lengkapnya, berikut bagian-bagian URL beserta masing-masing penjelasannya.

1. Schema

Schema adalah awalan URL atau yang dikenal dengan protokol HTTP. Berfungsi untuk mendefinisikan jenis server sekaligus sebagai pelindung data dan informasi penting lainnya. Selain sebagai pelindung data HTTP juga mampu mempercepat kinerja pada sebuah website.

Misalnya, pada contoh URL https://www.ubixlo.com maka bagian schema-nya adalah https.

2. Subdomain

Subdomain adalah bagian dari sebuah website itu sendiri, subdomain dapat digambarkan seperti ruangan dalam rumah atau dapat pula dikatakan seperti bagian tambahan dari nama domain utama.

Adapun contoh dari subdomain adalah https://forum.ubixlo.com, dengan adanya tambahan forum demikian pula akan mempermudah kamu dalam melakukan tracking dan penyimpanan pada suatu website tertentu.

3. Nama Domain

Nama domain merupakan sebuah nama asli domain utama yang digunakan sebuah website, contoh nama domain https://ubixlo.com, maka Ubixlo itulah yang dinamakan domain.

Nama domain sendiri dapat diartikan sebagai nama brand untuk sebuah nama bisnis atau bisa juga untuk nama lain, tergantung pada tujuan pemberian nama domain itu sendiri.

4. Ekstensi Domain

Ekstensi domain merupakan sebuah nama yang terletak di belakang nama domain atau bagian akhir sebuah URL. Contoh ekstensi domain yang populer antara lain .com, .co, .id, .net, .org, dan masih banyak lagi.

Setiap ekstensi memiliki arti dan tujuan tersendiri. Namun, untuk nama yang paling umum dipakai adalah ekstensi .com. Karena jenis ekstensi tersebut sudah umum digunakan untuk website komersial. Seperti Ubixlo yang juga menggunakan ekstensi domain .com.

5. Subdirectory

Subdirectory merupakan bagian ekor dari URL yang menunjukkan alamat file, dokumen, atau folder spesifik (khusus) yang ada di sebuah website. Jika diibaratkan dalam sebuah rumah, maka subdirectory ini adalah kamar khusus.

Contohnya subdirectory https://www.ubixlo.com/apa-itu-URL yang membahas khusus tentang penjelasan URL ini.

Jenis-Jenis URL

URL terbagi menjadi dua jenis, yaitu URL absolut dan URL relatif. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. URL Absolut

URL absolut adalah jenis URL dengan alamat lengkap disertai nama domain yang menuju lokasi file atau dokumen tertentu. URL absolut biasanya memiliki format domain-direktori-lokasi file/dokumen.

Contoh URL absolut:

  • https://www.ubixlo.com
  • https://www.ubixlo.com/apa-itu-url
  • https://www.ubixlo.com/about

2. URL Relatif

URL relatif adalah jenis URL yang menentukan sebuah lokasi file berdasarkan alamat yang sedang aktif saat itu. Susunan URL relatif tidak baku dan merujuk pada file yang sedang dibuka tersebut.

Contoh URL relatif:

  • apa-itu-url
  • blog.php
  • page.html

Nah, itulah penjelasan lengkap dari Ubixlo tentang apa itu URL. Bagaimana? Sekarang udah paham kan? Sebenarnya memahami URL itu mudah banget, asalkan kamu mau membaca artikel ini dari atas sampai ujung bawah pasti kamu bisa paham dengan cepat.

Karena URL itu pada dasarnya ibarat seperti alamat rumah saja, yakni alamat yang menunjukan langsung menuju ke rumah kamu, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Nah apakah kamu punya pertanyaan lainnya seputar URL? Tanyakan saja di kolom komentar ya!

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti Ubixlo di Google Berita.

Apa Itu Bandwidth? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Mau tahu apa itu bandwidth? Berikut ini pengertian bandwidth, cara kerjanya, contoh, dan istilah-istilah terkait bandwidth.

Selengkapnya

Apa itu Surel? Sejarah, Penyedia Layanan, Cara Membuatnya

Penasaran apa itu surel? Berikut pengertian surel, contoh penyedia layanan surel terkenal, dan cara membuat surel di komputer.

Selengkapnya

Apa Itu Server? Cara Kerja, Jenis-Jenis, dan Fungsinya

Sering mendengar istilah “server”? Apa itu server? Berikut pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenis dan fungsinya.

Selengkapnya

4 Cara Translate File PDF Semua Bahasa dengan Mudah

Mau baca file PDF bahasa Inggris tapi nggak ngerti bahasanya? Berikut cara translate PDF berbahasa asing disertai dengan gambar.

Selengkapnya

8 Game PS3 Terbaik Sepanjang Masa (Update 2021)

Ingin nostalgia dengan game-game jadul? Mainkan saja game PS3 terbaik sepanjang masa dengan berbagai genre berikut ini.

Selengkapnya

8 Cara Mengatasi Laptop Windows 10 yang Lemot

Sistem operasi Windows 10 di laptop kamu berjalan lambat/lemot? 8 cara di bawah ini bisa mempercepat kinerja laptop kamu.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar