Apa Itu Website? Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Penasaran dengan apa itu website? Simak penjelasan lengkapnya di sini, mulai dari sejarah, fungsi, manfaat, hingga jenisnya.

Seperti yang kita tahu, perkembangan internet dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan dari sisi pengguna aktifnya.

Dilansir dari platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing We Are Social, pengguna internet di Indonesia mencapai angka 202,6 juta orang atau 73,7 persen dari total populasi sebesar 274,9 juta jiwa pada Januari 2021.

Tentunya akumulasi tersebut adalah hasil dari berbagai jenis perangkat yang digunakan, mulai dari mobile, tablet, hingga desktop. Dan ketika menggunakan internet, orang-orang pasti membuka serta menggunakan sebuah website.

Lantas, apa sebenarnya website itu? Mungkin masih banyak dari kamu yang belum mengetahui pengertian website secara mendalam. Oleh karena itu, berikut Ubixlo berikan penjelasan mengenai website, dimulai dari pengertian, sejarah, hingga jenis-jenisnya.

Apa itu Website?

Situs web atau website adalah kumpulan halaman yang memuat berbagai informasi dengan bentuk platform digital yang saling tergabung di sebuah domain atau URL. Halaman yang kamu baca sekarang ini juga merupakan bagian dari sebuah website.

Sebagai contoh, Ubixlo merupakan sebuah website yang beralamatkan di https://www.ubixlo.com. Nah, di sini terdapat berbagai macam informasi mengenai teknologi yang berbeda antar kategori satu dengan lainnya, yang bisa diakses langsung dari halaman beranda (homepage).

Sejarah Website

Website pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Inggris bernama Tim Berners-Lee, dan website yang terhubung dengan jaringan internet pertama kali dalam sejarah muncul pada tahun 1991.

Pada saat itu, tujuan awal dari Tim Berners merancang sebuah website adalah untuk memudahkan pekerjaan dalam penukaran informasi dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja.

Kemudian, pada tanggal 30 April 1993, CERN yang merupakan laboratorium fisika di Swiss (tempat Tim Berners bekerja) secara resmi mengumumkan perilisan website secara gratis.

Namun, jauh sebelum itu pada tahun 1990 Tim Berners juga telah menuliskan tentang tiga teknologi dasar web, antara lain:

  • HTML (HyperText Markup Language)

HTML merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web.

  • URI (Unicorn Resource Identifier)

URI merupakan sebuah alamat unik untuk membuka halaman situs. URI berfungsi untuk mengidentifikasi setiap sumber daya yang ada pada website. Saat ini URI juga lebih dikenal dengan nama URL (Uniform Resource Locator).

  • HTTP (HyperText Transfer Protocol)

HTTP merupakan protokol jaringan lapisan aplikasi (application layer) yang dikembangkan untuk membantu proses transfer antar komputer. 

Fungsi Website

Website memiliki beberapa fungsi, mulai dari keperluan pribadi hingga komersial yang disesuaikan dengan target pemasaran maupun bisnis. Nah, berikut fungsi website yang dikategorikan untuk tujuan bisnis.

1. Sebagai Blog

Blog adalah sebuah website online atau jurnal online yang berisi informasi berbentuk tulisan. Blog biasanya dikelola oleh perseorangan yang ditulis dengan gaya bahasa informal atau percakapan.

Saat ini, ada banyak blog pribadi dan profesional di luar sana yang dapat menghibur untuk dibaca dan memberikan pandangan atau ide pribadi tentang kehidupan seseorang. Selain itu, blog juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan brand perusahaan agar mendatangkan customer lebih banyak lagi.

2. Sebagai Sarana Informasi

Website yang dirancang sebagai media informasi berguna untuk menyampaikan informasi terbaru dan menarik untuk dibaca oleh customer. Selain itu, website juga dapat dijadikan sebagai sarana edukasi, pembelajaran, tutorial, tips & trik, dan masih banyak lagi.

Contoh website yang digunakan sebagai sarana informasi adalah situs pencarian berita, website company profile, dan lainnya. Untuk jenis kontennya, dapat berupa video, teks, dan gambar.

3. Sebagai Sarana Transaksi Jual Beli Toko Online

Website sebagai media untuk menampung proses transaksi jual beli online atau sering disebut dengan e-commerce.

Diluaran sana banyak orang yang menggunakan website sebagai media bisnis online karena mampu menjangkau konsumen secara lebih luas.

Di sini, e-commerce hanya sebatas perantara antara penjual dan pembeli. Contoh website e-commerce adalah Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Website

Website dibedakan menjadi beberapa jenis, berdasarkan penggolongan paling populer jenis-jenis website antara lain sebagai berikut:

1. Website Pribadi 

Dengan website kamu bisa mengeluarkan seluruh isi pikiran, mulai dari curhat, opini publik, karya sastra, hingga catatan perjalanan.

Jenis website pribadi atau lebih dikenal dengan blog ini memang tidak dibuat untuk profit. Namun, dengan isi yang menarik website ini mampu  menjadi sumber penghasilan yang tidak bisa diremehkan.

2. Website Media

Website media adalah website yang memuat beragam informasi terkini yang dirilis secara cepat dan akurat, kolom-kolom opini, hasil riset, survei terbaru, hingga wawancara dengan tokoh berpengaruh ditampilkan di website ini. Website media mendapatkan profit biasanya dari iklan

3. Website E-Commerce

Website e-commerce adalah website tempat jual beli online, yang menyediakan berbagai barang, baik baru maupun bekas, dari merek ternama hingga tanpa merek sekalipun.

Dengan kata lain, apapun website yang menyediakan fasilitas bertransaksi dapat dikategorikan ke dalam jenis website e-commerce.

4. Website Hiburan

Website hiburan adalah website yang di dalamnya berisi, film, video game, musik, komik, hingga selebriti.

Website hiburan mempunyai kemiripan dengan website media. Bedanya, website hiburan lebih mengutamakan kesenangan.

5. Website Organisasi

Website organisasi/ instansi adalah website memuat seluruh program yang ditawarkan oleh suatu instansi atau organisasi terkait.

Yang termasuk website organisasi seperti; kominfo.go.id, kemdikbud.go.id, dan masih banyak lagi.

Konten yang ditawarkan pun selain ditunjukkan kepada pegawai atau calon pegawai ditunjukan juga untuk khalayak umum.

6. Website Komunitas 

Website komunitas adalah tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin bersosialisasi melalui dunia maya. Contoh website komunitas adalah kaskus, wikipedia, dan masih banyak lagi. Konten yang dibuat pun cenderung bergantung pada partisipasi orang-orang yang ada di forum tersebut

7. Website Perusahaan

Website perusahaan adalah website yang berisi sejumlah informasi mengenai semua hal yang ingin dipresentasikan perusahaan ke publik.

Bisa dikatakan website perusahaan hampir sama dengan website e-commerce. Bedanya website perusahaan tidak menjual produk secara langsung, akan tetapi sebagai media perkenalan produk dan pencitraan sebuah brand. Contoh website perusahaan adalah website company profile.

Manfaat Website

Melihat potensi website yang dari tahun ke tahun semakin meningkat, bahkan tak sedikit orang yang menjadikan website ini sebagai aset dan sumber penghasilan. Website pun memiliki beragam manfaat, diantaranya:

1. Membangun Personal Branding

Dengan mengelola dan mengoptimalkan website, secara tidak langsung kamu juga membangun personal branding.

Yup! Kamu bisa membagikan hasil karya dan portofolio di website yang kamu kelola, baik itu dalam bentuk tulisan, foto, lukisan, gambar, desain grafis, hingga musik.

Selain itu, dengan membangun branding yang baik, hal ini akan berdampak baik pula pada produk bisnis yang dikembangkan. Jadi, apabila personal branding mulai terbentuk, maka konsumen dapat lebih mudah  untuk mengenali dan menggunakan produk kamu.

2. Untuk Memperkenalkan Produk atau Jasa

Dengan adanya website kamu dapat mengurangi biaya untuk pemasangan iklan sehingga kamu dapat lebih fokus untuk memperbaiki dan mengoptimalkan situs web.

Ditambah, dengan adanya bantuan SEO, akan lebih mudah untuk menaikkan peringkat situs kamu dalam mesin pencari.

3. Menghasilkan Traffic dan Sumber Penghasilan

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang menggunakan website. Kamu bisa menjadi blogger atau influencer dan mendapatkan banyak endorsement atau tawaran kerja sama

Selain itu, jika website kamu telah mampu mendatangkan trafik dalam jumlah banyak, kamu juga bisa mulai untuk mendaftarkan website ke Google Adsense untuk mendapatkan uang dari iklan Google.

Atau kamu juga dapat mengikuti program affiliate marketing untuk menghasilkan uang dari website. Affiliate marketing adalah teknik mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan lain di website yang kamu kelola. Kemudian kamu bisa mendapatkan komisi jika ada yang membeli lewat website kamu.


Jadi, mempunyai website memang sangatlah penting di zaman sekarang, karena selain bisa digunakan untuk keperluan pribadi, website juga sangat potensial untuk dijadikan sebagai bisnis jangka panjang. Punya pertanyaan terkait website? Jangan ragu bertanya di kolom komentar ya!

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja, Jenis, dan Manfaatnya

Sering mendengar istilah SEO tapi tidak tahu artinya? Berikut pengertian SEO, cara kerja, jenis-jenis, dan manfaatnya.

Selengkapnya

Apa Itu OEM? Perbedaannya dengan KW, Ori, dan Aftermarket

Mau beli barang OEM tapi takut KW? Eits, ketahui dulu apa itu OEM dan perbedaannya dengan KW, ori, aftermarket berikut ini.

Selengkapnya

Apa Itu Discord? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Pernah denger aplikasi Discord? Apa sih sebenarnya Discord itu? Berikut pengertian dan cara menggunakan Discord.

Selengkapnya

Apa Itu Discord? Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakan

Pernah denger aplikasi Discord? Apa sih sebenarnya Discord itu? Berikut pengertian dan cara menggunakan Discord.

Selengkapnya

Apa itu Surel? Sejarah, Penyedia Layanan, Cara Membuatnya

Penasaran apa itu surel? Berikut pengertian surel, contoh penyedia layanan surel terkenal, dan cara membuat surel di komputer.

Selengkapnya

Apa Itu URL? Contoh, Fungsi, dan Bagian-Bagiannya

Sering mendengar istilah URL tapi nggak tau artinya? Berikut penjelasan tentang URL, contoh, fungsi, hingga bagian-bagiannya.

Selengkapnya

17 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Android dan PC 2021

Ukuran video yang Anda buat terlalu besar? Kecilkan ukurannya dengan aplikasi kompres video PC dan Android terbaik berikut ini.

Selengkapnya

10 Rekomendasi Game Google Doodle Populer (2021)

Daftar rekomendasi game Google Doodle populer yang seru untuk dimainkan saat sedang dilanda rasa bosan.

Selengkapnya

11 Game Membangun Kota Terbaik untuk PC dan Laptop

Daftar rekomendasi game membangun kota impian di PC dan Laptop yang dapat dimainkan baik secara online maupun offline.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar