10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah untuk PC dan Android

Punya rencana membangun rumah impian tapi bingung dengan desainnya? Gunakan aplikasi desain rumah berikut ini.

Ubixlo — Bagi kalian yang ingin punya rumah idaman. Pernahkah terpikir untuk merancang sendiri rumah idaman keluarga kalian?

Kalau punya dana lebih, kalian bisa menggunakan jasa arsitek. Sayangnya menyewa jasa arsitek terbilang cukup mahal. apalagi kalian yang dananya masih terbatas, pinginnya membangun rumah bertahap menyesuaikan dana yang ada.

Kabar baiknya, ada aplikasi desain rumah yang bisa mempermudah kalian dalam membuat rancangan rumah. Meskipun bukan arsitek dan tidak pernah belajar ilmu arsitektur, kalian bisa membuat rancangan rumah sendiri sesuai keinginan kalian.

Di antara kelebihan menggunakan aplikasi desain rumah adalah kemudahan dalam penggunaannya. Tampilan antarmuka aplikasinya sangat simpel sehingga gampang dipelajari, bahkan bagi kalian yang belum pernah menggunakannya.

Beberapa aplikasi desain rumah ada yang hanya bisa digunakan di komputer/laptop saja. Ada juga yang sudah support untuk android. Jadi bagi kalian yang tidak punya PC, bisa menggunakan aplikasi di android.

Berikut Ubixlo berikan beberapa rekomendasi aplikasi desain rumah yang bisa kalian coba untuk merancang desain rumah idaman.

Aplikasi Desain Rumah untuk PC

Baik kalian seorang arsitek profesional atau yang masih belajar desain rumah. Kalian membutuhkan aplikasi untuk merancang bangunan. Kalau punya PC, kalian bisa memaksimalkannya untuk merancang bangunan.

Dari segi fitur, aplikasi desain rumah untuk PC jauh lebih banyak dan lengkap. Aplikasi ini umumnya mendukung rancangan 2D dan 3D dari berbagai macam konstruksi bangunan.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kalian unduh di PC:

  1. SketchUp
  2. SmartDraw
  3. Artlantis
  4. ArchiCAD
  5. Sweet Home 3D
  6. Chief Architect Premier

1. SketchUp

SketchUp adalah aplikasi berbasis PC yang dimiliki oleh Google dan saat ini dikembangkan oleh Trimble Inc. Sehingga untuk menggunakannya harus diinstal di PC atau laptop kalian.

SketchUp punya segudang fitur yang memudahkan dalam merancang desain bangunan. Tidak heran kalau aplikasi ini menjadi primadona bagi pemula yang baru belajar desain hingga profesional.

SketchUp hadir dalam versi gratis maupun berbayar. Untuk versi berbayar bisa didapatkan dengan berlangganan tahunan. Biaya berlangganan mulai dari $55 untuk paket pelajar hingga $1199 pertahun untuk paket studio.

Meski tidak berlangganan versi berbayar, kalian masih bisa pakai yang gratis, kok. Untuk pemula yang baru belajar, bisa dibilang fiturnya sudah cukup memadai. Kalian bisa merancang desain bangunan secara online, tentunya ada beberapa fitur yang dibatasi.

2. SmartDraw

Sebenarnya SmartDraw bukan aplikasi khusus untuk desain rumah. Aplikasi ini dibuat untuk membuat berbagai elemen visual seperti tabel, diagram, slide presentasi dan tentunya denah bangunan.

Selain ringan dijalankan di PC, antarmuka aplikasi SmartDraw juga dibuat sederhana dan mudah dijalankan. Kalian hanya perlu tekan dan seret untuk membuat berbagai desain visual yang kalian butuhkan, termasuk membuat denah rumah.

Untuk bisa menggunakan SmartDraw kalian harus berlangganan sebesar $119.4 pertahun. Ya, bisa dibilang cukup sepadan dengan berbagai fitur dan kemudahan dalam penggunaannya.

Kalau mau mencoba secara gratis juga bisa, kalian bisa daftar versi trial di situs reminya. Jadi kalian tidak akan merasa menyesal bila nanti memutuskan untuk berlangganan tahunan.

3. Artlantis

Bila kalian mencari aplikasi desain rumah 3D dengan hasil terlihat nyata, bisa coba aplikasi Artlantis. Aplikasi ini menyediakan fitur lengkap untuk kebutuhan desain rumah.

Kelebihan Artlantis dibanding aplikasi lainnya adalah adanya fitur 3D berupa objek dan karakter. Jadi desain rumah kalian nanti bisa seperti nyata dengan adanya fitur ini.

Aplikasi Artlantis biasa digunakan pihak developer perumahan untuk memasarkan perumahan mereka. coba sesekali cari brosur perumahan di sekitar tempat tinggal kalian dan lihat desain bangunannnya. Desain bangunannya tampak nyata seperti foto, padahal itu dibuat menggunakan aplikasi.

Untuk menggunakan aplikasi Artlantis, kalian perlu membeli lisensi seharga 600 € atau sekitar Rp. 10.205.000. Lumayan menguras isi kantong kalau hanya untuk penggunaan pribadi.

Untuk penggunaan pribadi kalian bisa daftar versi gratisnya. Kalian nanti diberi akses selama 30 hari secara gratis. Setelah 30 hari kalian harus upgrade ke versi berbayar bila masih ingin menggunakannya.

4. ArchiCAD

Aplikasi ArchiCAD bisa dibilang untuk kalangan profesional. Antarmuka dan cara penggunaannya sedikit rumit dan detail, sehingga tidak cocok bagi pemula yang baru belajar desain rumah. Bila kalian memang serius belajar desain bangunan, tidak ada salahnya mencoba aplikasi ArchiCAD ini.

Aplikasi ArchiCAD saat ini diakuisisi oleh Graphisoft. Jadi kalau mau membeli lisensinya bisa langsung ke situs resmi Graphisoft. Lisensi yang ditawarkan mulai dari langganan bulanan atau full version untuk sekali bayar. Kalian bisa pilih langganan bulanan kalau hanya ingin menggunakannya dalam jangka waktu tertentu.

5. Sweet Home 3D

Tidak seperti beberapa aplikasi berbayar di atas, Sweet Home 3D memberikan layanan gratis untuk semua penggunanya. aplikasi ini dikembangkan oleh SourceForge.net dengan lisensi open source. Kalian bebas mengunduh aplikasi ini di situs resminya.

Meskipun aplikasi ini gratis, kalian tetap bisa membuat desain rumah idaman yang tidak kalah keren. Apalagi kalau kalian sudah biasa menggunakan aplikasi desain rumah. Kalian bisa menampilkan rancang 3D saat mendesain rumah.

6. Chief Architect Premier

Chief Architect Premier merupakan aplikasi desain rumah yang cukup populer di kalangan arsitek profesional. Dengan aplikasi ini kalian bisa membuat desain rumah 3D yang tampak nyata dan detail, baik eksterior maupun interiornya.

Untuk menginstal aplikasi ini kalian hanya perlu PC dengan RAM minimal 4 GB dan VGA 1 GB. Terbilang cukup ringan untuk aplikasi 3D dengan fitur lengkap.

Sayangnya aplikasi ini cukup mahal. Biaya yang harus kalian keluarkan untuk dapat menggunakan aplikasi ini sebesar $2,695 atau Rp. 38.586.902 pertahun. Kalau kalian ingin langganan bulanan juga bisa dengan biaya $199 atau Rp. 2.849.274 perbulan.

Pengembang aplikasi ini juga menyediakan layanan gratis selama 30 hari. kalian bisa mencoba versi gratis terlebih dahulu untuk meng-eksplore fitur-fitur yang disediakan.

Aplikasi Desain Rumah untuk Android

Bagi kalian yang tidak punya PC atau laptop, tidak perlu patah semangat. Kalian masih bisa membuat desain rumah idaman menggunakan ponsel pintar.

Kelebihan membuat desain dengan aplikasi di android adalah kemudahan dalam mobilitasnya. Dimanapun kalian berada, selama membawa ponsel pintar kalian tetap bisa merancang desain rumah menggunakan aplikasi.

Berikut ini rekomendasi aplikasi-aplikasi desain rumah yang bisa kalian coba:

  1. Houzz - Home Design and Remodel
  2. Floor Plan Creator
  3. Planner 5D
  4. Room Planner

1. Houzz – Home Design and Remodel

Aplikasi Houzz dikembangkan oleh Houzz Inc. Saat ini sudah diunduh lebih dari 10 juta perangkat. Kalian bisa mengunduh secara gratis di Playstore.

Houzz sebenarnya bukan aplikasi untuk merancang desain rumah. Aplikasi ini menyediakan berbagai ide desain rumah yang sudah ada. Kalian bisa mencari inspirasi desain interior, eksterior, dekorasi serta ide renovasi rumah. Semua sudah lengkap tersedia di aplikasinya.

2. Floor Plan Creator

Floor Plan Creator merupakan aplikasi berbasis android yang memungkinkan kalian membuat desain rumah sesuai keinginan. Kelebihan aplikasi ini tersedia mode penjelajah 3D, sehingga kalian bisa membuat desain tampak nyata dan realistis.

Dengan fitur ini kalian bisa menjelajah hasil desain rumah yang sudah selesai seakan-akan langsung melihat dari atas.

Kalian bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di Playstore, untuk versi gratis ada beberapa fitur yang dibatasi. Kalau ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kalian bisa upgrade ke versi berbayar dengan membayar lisensi sebesar $66.9.

3. Planner 5D

Planner 5D merupakan salah satu aplikasi berbasis android dengan fitur lengkap. kalian bisa lebih leluasa membuat desain rumah dengan tampilan 2D dan 3D.

Kalian bisa mulai dari dari awal dalam membuat desain rumah. Atau memanfaatkan templat yang sudah disediakan aplikasi planner 5D, sehingga mempermudah kalian dalam membuat desain rumah.

Keunggulan lain dari aplikasi Planner 5D adalah kualitas gambar tajam dan jernih, tersedia lebih dari 4000 templat yang bisa diedit serta dukungan komunitas online. Para pengguna bisa saling berbagi ide desain yang menginspirasi.

4. Room Planner

Aplikasi Room Planner merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh iCanDesign LLC. Aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mendesain ruangan secara lebih detail dan komplek.

Mulai dari tata ruang, dekorasi, dinding wallpaper, pola lantai, penempatan furnitur dan lemari, jenis ranjang, sampai pernak pernik hiasan ruang.

Room Planner tersedia versi gratis maupun berbayar. Untuk versi berbayar mulai dari harga Rp. 30.000 hingga Rp5.500.000. Aplikasi Room Planner baru tersedia di android, jadi kalian bisa menggunakannya dengan mengunduh di Playstore.


Demikian beberapa aplikasi desain rumah yang bisa anda gunakan untuk merancang rumah idaman kalian. Kalau kalian ingin fitur lengkap dengan tampilan yang menarik. Kalian bisa mencoba aplikasi SketchUp. Dijamin hasil desain kalian terlihat sangat profesional.

Bagi kalian yang lebih suka memanfaatkan layar gawai untuk membuat desain rumah. Kalian bisa mencoba salah satu dari aplikasi android diatas. Jangan lupa bagikan pengalaman membuat desain rumah idaman kalian di kolom komentar.

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti Ubixlo di Google Berita.

15 Aplikasi Kasir Gratis Terbaik untuk Android dan PC

Daftar rekomendasi aplikasi kasir gratis di Android dan PC yang cocok digunakan untuk bisnis UKM, pengusaha dan toko.

Selengkapnya

10 Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Terbaik Tahun 2021

Mau screen record layar PC? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi perekam layar PC atau laptop ringan yang bisa kamu coba.

Selengkapnya

10 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik di Android dan iOS

Mau buat logo untuk kelas, organisasi, atau komunitasmu? Berikut rekomendasi aplikasi pembuat logo keren yang bisa kamu gunakan.

Selengkapnya

4 Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan Mudah

4 cara masuk safe mode di Windows 10 untuk mendiagnostik error yang terjadi pada sistem operasi yang berjalan di komputer.

Selengkapnya

8 HP Gaming Murah dengan Performa Mumpuni (2021)

Lagi cari HP Gaming murah namun memiliki performa yang tetap mumpuni di tahun 2021? Simak rekomendasin lengkapnya berikut ini.

Selengkapnya

16 Game Penghasil Uang Terbaik untuk Android dan PC

Mau dapet uang dari main game? Berikut rekomendasi game penghasil uang langsung masuk ke rekening yang bisa kamu mainkan..

Selengkapnya

Tinggalkan komentar