10 Aplikasi Download Video YouTube untuk Android dan PC

Mau download dan nonton video YouTube secara offline? Gunakanlah aplikasi download video YouTube di Android dan PC berikut ini.

Sebagai pengguna smartphone kamu pasti sering membuka YouTube dan melihat video-video yang ada di dalamnya. Bahkan saat ini orang-orang lebih sering menonton video di YouTube daripada di TV. Banyak sekali jenis konten video yang ada di YouTube, mulai dari musik, vlog pribadi, cuplikan pertandingan olahraga, beraneka macam tutorial dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk menonton video YouTube dibutuhkan kuota yang cukup dan koneksi internet yang stabil agar video tersebut lancar diputar alias tidak buffering. Apabila kamu tidak terhubung dengan internet, maka sudah barang pasti kamu tidak bisa menonton YouTube.

Apakah ada cara untuk menonton video YouTube secara offline alias tanpa koneksi internet? Jawabannya ada! Yaitu dengan cara mendownloadnya. Cara download video YouTube sendiri ada berbagai macam. Bahkan aplikasi TouTube-nya juga telah menyediakan fitur download. Namun, fitur download dari YouTube ini membuat videonya tidak bisa ditransfer ke perangkat lain.

Oleh karena itu, kamu mungkin membutuhkan aplikasi download video YouTube dari pihak ketiga yang  memberikan lebih banyak fitur dan keleluasaan.

Lantas, apa saja aplikasi YouTube downloader dari pihak ketiga yang bagus? Berikut Ubixlo rekomendasikan beberapa aplikasi download video YouTube terbaik.

Aplikasi Download Video YouTube di Android

Saat ini sebenarnya telah tersedia banyak aplikasi downloader video yang bisa kamu pilih. Saking banyaknya pasti membuat kamu bingung ingin menggunakan yang mana.

Untuk mempermudah dalam memilih, berikut kami rekomendasikan 5 aplikasi download video dari YouTube tercepat di HP android:

  1. TubeMate
  2. SnapTube
  3. VidMate
  4. VideoBuddy
  5. Dentex Youtube Downloader

1. TubeMate

Bagi kamu yang sudah menggunakan smartphone Android sejak lama pasti sudah tidak asing lagi dengan TubeMate YouTube Downloader. Pasalnya aplikasi ini cukup populer di kalangan pengguna Android bahkan sudah ada sejak era Android 2.3 Gingerbread.

Dengan aplikasi TubeMate kamu dapat memilih kualitas video yang akan di download, mulai dari 144p hingga 1080p FullHD.

Fitur Tubemate

Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi TubeMate.

  • Terdapat menu untuk menghentikan, melanjutkan atau membatalkan proses download video.
  • Mendukung format video FLV, Acc, MKV, dan MP4.
  • Terdapat fitur MP3 Media Converter yang berfungsi untuk merubah video menjadi file audio Mp3.
  • Mampu mengunduh lebih dari satu video dengan kecepatan tinggi dalam waktu bersamaan.

Meskipun TubeMate cukup populer hingga sekarang, tetapi aplikasi ini tidak ada di Play Store. Jika kamu ingin menggunakan TubeMate, maka silakan download melalui situs tubemate.net atau APKpure.

2. SnapTube

Dengan aplikasi SnapTube kamu juga dapat mengunduh video dari YouTube hanya dengan menekan tombol download yang telah disediakan.

Bahkan aplikasi SnapTube dapat mengunduh video bukan hanya dari YouTube saja, melainkan dari platform sosial media yang lain seperti Facebook, Instagram, Vevo, Twitter, DailyMotion, dan yang lainnya.

Tetapi aplikasi ini memiliki kelemahan, yaitu servernya cenderung lambat sehingga membuat proses download video menjadi lebih lama.

Fitur SnapTube

  • Dapat mengunduh video dan musik dari berbagai platform sosial media.
  • Terdapat fitur pencarian yang cepat dan mudah diakses.
  • Terdapat pilihan resolusi video dari kualitas 144p, 1080p HD, 2k HD serta format audio M4A atau Mp3.

Sayangnya aplikasi SnapTube juga tidak ada di Play Store, kamu harus mengunjungi situs resmi snaptubeapp.com untuk download aplikasinya.

3. VidMate

Selanjutnya ada VidMate yang dapat kamu gunakan untuk download video dari Youtube, Soundcloud, Vimeo, Dailymotion dan situs multimedia lainnya. Aplikasi VidMate ini memiliki fitur jauh lebih lengkap dibandingkan dengan TubeMate dan SnapTube.

Selain dapat mengunduh video, aplikasi VidMate juga dapat digunakan untuk streaming film, menonton video musik, bahkan acara TV juga bisa ditonton melalui aplikasi ini.

Fitur VidMate

  • Dapat mengunduh video atau menjadikannya sebagai file musik dengan kecepatan yang stabil.
  • Memiliki fitur download lagu Mp3 dari berbagai negara.
  • Dapat mengunduh file secara penuh dengan kualitas yang dapat dipilih.
  • Mudah digunakan karena memiliki tampilan yang user friendly.
  • Streaming dan download acara TV yang dilihat.

Sayangnya aplikasi VidMate juga tidak ada di Playstore. Tetapi jangan khawatir, karena kamu masih bisa mendapatkan aplikasi VidMate secara gratis melalui Apkpure, 9apps, Uptodown dan yang lainnya.

4. VideoBuddy

VideoBuddy merupakan aplikasi download video YouTube yang menawarkan proses download yang cepat dan stabil. Sebelum melakukan download, kamu dapat mencari video terlebih dahulu menggunakan browser yang terintegrasi langsung dengan VideoBuddy.

Cara kerja VideoBuddy yaitu mendeteksi terlebih dahulu musik atau video yang sedang diputar. Jika proses deteksi berhasil, maka akan muncul sebuah pesan disertai dengan tombol download pada bagian bawah layar.

5. Dentex Youtube Downloader

Aplikasi download video gratis yang dapat kamu coba selanjutnya adalah Dentex YouTube Downloader yang memiliki tampilan menarik sehingga membuat penggunanya tidak bosan menggunakannya.

Meskipun aplikasi ini gratis, namun tidak ada iklan yang muncul ketika digunakan. Selain itu, Dentex YouTube Downloader dapat mengunduh video dengan ukuran lebih dari 2GB dengan kualitas yang bagus tentunya.

Ukuran yang kecil membuat aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar pada smartphone Android yang memiliki RAM di bawah 2GB.

Kelebihan Dentex Youtube Downloader

  • Ukuran aplikasi relatif ringan.
  • Kecepatan download lebih cepat dan stabil.
  • Mendukung hampir semua format video.
  • Memfilter video berdasarkan kualitas, format, waktu download dan yang lainnya.

Aplikasi Download Video Youtube di PC

Jika kamu ingin download video YouTube di PC/laptop, berikut aplikasi atau software yang bisa kamu gunakan:

  1. Internet Download Manager
  2. aTube Catcher
  3. Freemake YouTube Downloader
  4. 4K Video Downloader
  5. iTube HD Video Downloader

1. Internet Download Manager

Sebagai pengguna PC/laptop pasti kamu sudah tidak asing dengan Internet Download Manager. Internet Download Manager atau lebih sering disebut dengan IDM merupakan salah satu aplikasi downloader tercepat yang banyak disukai oleh pengguna internet.

Bahkan situs resminya mengklaim kecepatan download dari IDM 5 kali lebih cepat dibanding dengan browser biasa. Sebenarnya aplikasi ini bukan hanya dikhususkan sebagai alat download video saja, melainkan berbagai jenis format file, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

Setelah ter-install, secara otomatis IDM akan terintegrasi dengan web browser yang ada di PC/laptop kamu. Jadi untuk download video dari YouTube sangat mudah. Kamu cukup buka Google Chrome atau Mozila, lalu kunjungi halaman resmi Youtube.

Silakan play video yang akan kamu download. Setelah video diputar akan ada tombol download di bagian atas video. Silahkan klik tombol tersebut untuk mengunduh videonya.

2. aTube Catcher

aTube Catcher merupakan aplikasi selanjutnya yang dapat kamu coba untuk mengunduh video dari YouTube. Video yang akan kamu download dapat dikonversi ke format lain yang dibutuhkan. Selanjutnya video yang terpilih dapat kamu ekspor ke PC/laptop.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah memiliki fitur perekaman layar yang dapat kamu gunakan dengan mudah untuk merekam layar.

Aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar pada OS Windows 7, 8 dan 10. Untuk mendapatkanya silakan kunjungi situs resmi atube.me.

3. Freemake YouTube Downloader

Jika anda ingin proses download video YouTube melalui PC/laptop lebih cepat, sebaiknya gunakan aplikasi Freemake YouTube Downloader.

Aplikasi downloader ini menawarkan banyak fitur yang sangat membantu dalam mendapatkan video, khususnya dari YouTube.

Misalnya fitur untuk memindahkan video YouTube ke cloud penyimpanan seperti Google drive atau Dropbox. Jadi hal ini dapat menjadi alternatif agar harddisk tidak cepat penuh.

Tampilan antarmuka Freemake Youtube Downloader cukup sederhana yang memungkinkan pengguna baru dapat dengan mudah menggunakannya.

4. 4K Video Downloader

Saat ini untuk resolusi 1080P dan yang lebih tinggi trek video dan audio disimpan secara terpisah oleh YouTube. Tetapi jangan cemas, karena aplikasi 4K Video Downloader mampu mengunduh serta menggabungkan trek video dan audio menjadi satu file.

Dengan begitu kamu tetap dapat mengunduh video YouTube dengan kualitas yang bagus mulai dari resolusi 1080P, 4K dan 8K.

Bahkan semua video yang ada di Playlist YouTube dapat didownload secara sekaligus oleh 4K Video Downloader.

5. iTube HD Video Downloader

Jika kamu merasa terganggu dengan kecepatan download yang kurang stabil dan adanya iklan, sebaiknya gunakan aplikasi iTube HD Video Downloader.

Cukup dengan beberapa klik saja kamu sudah bisa download video dari YouTube dan situs berbagi video yang lain. Gunakan mode turbo agar proses download beberapa video YouTube sekaligus menjadi 3 kali lebih cepat.

Daripada penasaran, langsung saja download aplikasi iTube HD Video Downloader melalui situs resmi itube.aimersoft.com.


Itulah tadi rekomendasi 10 aplikasi download video dari YouTube. Setelah video berhasil ter-download, maka secara otomatis akan tersimpan di dalam memori internal perangkat yang kamu gunakan. Selanjutnya video YouTube tersebut dapat kamu tonton kapan saja.

Apabila kamu memiliki referensi lain mengenai aplikasi download video di YouTube, maka tidak ada salahnya untuk berbagi informasi melalui kolom komentar, ya!

Tinggalkan Komentar