10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk PC dan Smartphone

10 Rekomendasi Aplikasi edit foto terbaik dengan fitur yang keren dan instagramable untuk PC dan Android.

Sekarang ini kebutuhan untuk berfoto sudah tidak bisa dihindari. Dengan bantuan smartphone, kini kita bisa mengabadikan setiap momen dalam hidup dengan cara memotretnya menjadi foto.

Namun, sayangnya tidak semua hasil jepretan kamera menghasilkan foto yang bagus, misalnya foto memiliki terlalu banyak noise, terlalu gelap, dan lain sebagainya. Padahal, momen dari foto tersebut jelas sudah tidak bisa diulang.

Apakah kamu juga sering mengalami hal serupa?

Jika kamu mengalami hal serupa, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, sekarang sudah tersedia banyak aplikasi edit foto baik untuk PC maupun smartphone yang dapat memenuhi hobi berfoto ria kamu.

Berikut Ubixlo berikan rekomendasi aplikasi edit foto PC maupun Android smartphone yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi Edit Foto PC Terbaik

  1. Adobe Photoshop
  2. Corel Draw
  3. Adobe Photoshop Elements
  4. ACDSee Photo Studio
  5. Photoscape

1. Adobe Photoshop

Aplikasi edit foto PC yang pertama adalah Adobe Photoshop. Kamu pastinya sudah sangat familiar dengan aplikasi edit foto yang satu ini, bukan?

Hal ini dikarenakan Photoshop sudah sangat mendunia dan merupakan salah satu dari software edit foto tertua. Adobe Photoshop sendiri tersedia untuk perangkat mac OS serta Windows 32-bit dan 64-bit. 

Salah satu keunggulan dari Photoshop dibandingkan aplikasi lainnya adalah kemampuan hebatnya memanipulasi foto. Photoshop membawa banyak fitur dan tools yang membuat segala bentuk manipulasi pada foto menjadi mungkin. Dari segi ketajaman warna pun, aplikasi edit foto yang satu ini sudah tidak diragukan lagi.

Hanya saja, ukuran software edit foto PC yang satu ini cukup besar dan membutuhkan spesifikasi minimum perangkat yang tergolong lumayan. Untuk versi terbarunya, kamu setidaknya harus menggunakan OS Windows 10 dengan RAM ideal 8GB. Sementara untuk OS Mac, setidaknya harus menjalankan macOS 10.14 atau yang lebih tinggi dengan processor Intel 64-bit.

Apabila perangkat PC kamu memiliki spesifikasi di bawahnya, maka jangan khawatir. Kamu tetap bisa menjalankan Photoshop, kok! Tetapi mungkin akan terasa lebih berat dan lambat.

Buat kamu yang tertarik untuk menggunakan Adobe Photoshop, bisa langsung membuka situs resminya. Di sana, tersedia dua pilihan, yaitu mencoba versi trialnya atau berlangganan. Untuk biaya berlangganannya, kamu bisa memilih mulai dari harga 134.800 per bulan hingga Rp715.100 per bulannya. 

2. Corel Draw

Selain Photoshop, aplikasi edit foto PC yang banyak digunakan selanjutnya adalah Corel Draw. Sedikit berbeda dengan Photoshop yang menggunakan banyak layer dalam penggunaannya, Corel Draw tidak demikian. Hal ini membuatnya terkesan lebih mudah digunakan bagi pemula sekali pun.

Corel Draw tersedia untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Buat kamu para pengguna Windows, Corel Draw bisa diinstal pada perangkat Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 baik versi 32-bit maupun 64-bit.

Untuk bisa menginstal dan menjalankan Corel Draw, PC kamu setidaknya harus memiliki RAM berkapasitas 2 GB dan diperkuat oleh prosesor Intel Celeron atau AMD yang setingkat Celeronke atas. Sementara buat kamu para pengguna Mac, Corel Draw bisa diinstal pada sistem operasi Mac OS 10.14, 10.13, atau 10.12, dengan revisi terbaru.

Salah satu yang menjadi keunggulan Corel Draw dibandingkan aplikasi lainnya adalah penggunaannya yang cukup mudah dan dilengkapi dengan fitur impor/ekspor yang mendukung berbagai format sesuai kebutuhan. Selain itu, Corel Draw juga merupakan salah satu aplikasi edit foto standar perusahaan selain Adobe Photoshop.

Sementara itu, kekurangan Corel Draw di antaranya adalah ukuran file dan resource-nya terlalu besar sehingga akan cukup banyak memakan RAM. Secara tidak langsung, hal ini mengharuskan kamu untuk menggunakan PC dengan spesifikasi yang mumpuni.

Buat kamu yang tertarik untuk menggunakannya, silakan download di situs resminya, yakni https://www.coreldraw.com. Kamu bisa mencobanya dengan men-download versi trial terlebih dahulu selama 15 hari.

Setelah menggunakan versi trialnya, kamu bisa berlangganan layanannya dengan membayar sebesar US $ 399,00 per tahun atau sekitar Rp 5.733.546,21 per tahunnya.

3. Adobe Photoshop Elements

Adobe Photoshop Elements merupakan salah satu aplikasi edit foto PC yang mudah digunakan. Aplikasi Adobe Photoshop Elements sendiri merupakan versi sederhana dari Adobe Photoshop CC.

Perbedaannya adalah jika Adobe Photoshop CC lebih diperuntukkan bagi para editor profesional, maka Adobe Photoshop Elements ini lebih cocok digunakan oleh para pemula.

Aplikasi adobe photoshop elements bisa dioperasikan mulai dari OS Windows 7, 8 serta 10. Untuk spesifikasi perangkatnya sendiri, kamu bisa menggunakan minimal Intel Dual Core dengan standar RAM 4GB.

Kemudian ketika kamu menjalankan Adobe Photoshop Elements terbaru, maka kamu bisa memilih menggunakan Organize atau Photo Editor.

Organize sendiri merupakan cara filtering atau penyaringan terhadap photo-photo yang bisa kamu pilih.

Sementara pilihan Photo Editor, kamu dapat mengedit gambar dan memberikan Effect-effect yang disediakan, seperti Lomography, Effect Photo lama dan lain sebagainya.

Di balik kelebihan itu, aplikasi edit foto PC Adobe Photoshop Elements sendiri memiliki kelemahan yaitu App organizer yang terpisah dan kurang terintegrasi daripada aplikasi foto lainnya. 

Kelemahan lainnya yakni impor foto yang cukup lambat serta memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar.

Buat kamu yang tertarik dengan aplikasi ini, kamu bisa mendownloadnya di situs resminya. Untuk situs resmi Adobe Photoshop Elements sendiri sama dengan situs Adobe Photoshop di atas.

4. ACDSee Photo Studio

Selain aplikasi edit foto PC yang sudah disebutkan diatas, masih ada lagi aplikasi edit foto terbaik dan cukup mudah untuk kamu gunakan.

Namanya adalah ACDSee Photo Studio. ACDSee merupakan aplikasi edit foto yang mudah digunakan dengan lebih dari 100 jenis format gambar.

Aplikasi edit foto ini masih memiliki kemiripan dengan Lightroom dan versi Photoshop lama, tetapi masih belum pada level yang sama.

Adapun kelebihan dari ACDSee photo Studio sendiri adalah adanya pengenalan wajah serta adanya geotagging atau titik lokasi pengambilan gambar.

Selain itu juga di dalam aplikasi edit foto ini terdapat alat untuk perbaikan kulit, tampilan yang dapat disesuaikan dan ditunjang dengan performa dan pengoptimalan cepat.

Di balik kelebihan yang ada, aplikasi ACDSee Photo Studio ini memiliki beberapa kelemahan diantaranya adalah alat koreksinya yang kurang efektif jika dibandingkan dengan lightroom. 

Selain itu juga di dalam aplikasi edit foto ini, walaupun dikatakan cukup mudah buat pemula, akan tetapi sebenarnya bukanlah aplikasi pengedit foto yang paling intuitif

Hal ini karena ACDSee Photo Studio memiliki tampilan yang sedikit rumit sehingga buat kamu yang masih pemula, kamu perlu melihat tutorial penggunaannya terlebih dahulu.

Aplikasi ACDSee Photo Studio sendiri dapat diunduh di situs resminya, yakni www.acdsee.com. Kamu bisa mencoba versi trialnya terlebih dahulu maupun langsung berlangganan dengan pilihan paket yang beragam.

Untuk pilihan biaya langganannya yakni sebesar US $8.90 per bulan maupun dengan pembelian lisensi sekali yakni sebesar US $ 89,95.

5. Photoscape

Buat kamu yang low-budget dan mencari aplikasi edit foto dengan ruang penyimpanan yang kecil, maka kamu bisa menggunakan Photoscape. Aplikasi edit foto PC Photoscape ini merupakan salah satu aplikasi yang ringan dan cukup mudah digunakan.

Photoscape sendiri memiliki kelebihan diantaranya adalah tampilannya yang mudah dan sederhana dalam pengoperasian sehingga cocok buat pemula.

Selain itu juga Photoscape memiliki fitur yang instan. Cukup dengan beberapa klik, kamu bisa mendapatkan foto yang cukup menarik dan siap untuk di publish. Di samping itu, aplikasi edit foto PC ini juga gratis sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.

Kemudian aplikasi photoscape sendiri juga memiliki kelemahan diantaranya adalah aplikasi ini memiliki pengelolaan yang terbatas, tidak sekompleks aplikasi Lightroom. 

Kelemahan lainnya adalah Photoscape hanya support buat Windows dan tidak support buat pengguna Linux

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mendownloadnya di situs resminya yakni http://www.photoscape.org secara gratis. Kamu juga bisa berdonasi secara sukarela dengan donasi minimal US $ 10.

Aplikasi Edit Foto Smartphone Terbaik

Buat kamu yang mencari kenyamanan dalam melakukan edit foto, kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk mengedit foto hasil jepretan kamu. Dengan menggunakan smartphone, kamu dapat mengedit foto di manapun dan kapanpun.

Dari berbagai macam aplikasi yang ada, berikut ini adalah daftar rekomendasi aplikasi edit foto smartphone terbaik:

  1. Lightroom
  2. Snapseed
  3. PhotoGrid
  4. PicsArt Photo Studio
  5. VSCO

1. Lightroom

Aplikasi yang wajib kamu miliki buat edit foto di Android adalah Lightroom. Mengapa harus Lightroom? Aplikasi Lightroom sendiri merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik buat PC dan android smartphone kamu.

Aplikasi edit foto android dan iphone ini termasuk di dalam salah satu aplikasi yang ringan dan ramah buat kamu.

Lightroom sendiri memiliki berbagai macam kelebihan yakni, aplikasi edit foto android ini cukup ramah buat pemula. Hal ini karena di dalam Lightroom terdapat fitur edit otomatis dan juga edit manual dengan berbagai macam fitur yang tersaji secara lengkap.

Selain itu juga aplikasi edit foto android Lightroom sudah support dengan format foto RAW sehingga kamu tidak perlu memformat gambar untuk menjadi jpg terlebih dahulu.

Disamping itu, Lightroom juga sudah didukung dengan penyimpanan cloud, sehingga akan memudahkan kamu dalam mengedit foto menggunakan lebih dari satu perangkat.

Dengan dukungan kemudahan interface yang mudah dipahami dan juga dukungan kamera di dalam aplikasinya akan memudahkan kamu dalam mengimport gambar, dan dan lain sebagainya.

Kemudian dibalik kelebihan dari Lightroom diatas, aplikasi edit foto android ini pun memiliki kelemahan yakni untuk dapat menikmati semua fitur Lightroom, kamu perlu merogoh kocek yang cukup lumayan.

Selain itu juga aplikasi ini masih kalah dengan aplikasi Photoshop mobile yang lebih serbaguna. Buat kamu yang tertarik untuk mencobanya, silahkan download aplikasinya di Google Play Store.

2. Snapseed

Selain Lightroom, Snapseed juga merupakan salah satu aplikasi edit foto Android yang wajib kamu miliki. Mengapa harus Snapseed?

Karena aplikasi Snapseed cukup mudah digunakan dan memiliki berbagai macam fitur yang cukup menarik. Kamu bisa menggunakan Snapseed untuk memperhalus foto yang ada.

Nah sedikit saran buat kamu, sebaiknya foto diedit terlebih dahulu dengan menggunakan Lightroom baru kemudian hasil export diperhalus dengan Snapseed.

Kelebihan Snapseed sendiri diantaranya adalah toolsnya yang cukup lengkap sehingga kamu bisa melakukan edit foto yang beragam. Walaupun kamu masih pemula, tetapi dengan sedikit sentuhan dan melihat tutorial yang ada akan membuat hasil editan kamu berasa profesional.

Kelebihan lainnya adalah banyaknya filter keren serta brush yang variatif sehingga kamu bisa memilih mana yang sesuai dan mengkreasikan dengan hasil editan kamu.

Adapun kekurangan dari aplikasi edit foto android snapseed ini diantaranya adalah tidak adanya fitur autosave di dalamnya. Kemudian kelemahan lainnya adalah proses edit manual membutuhkan skill edit yang profesional agar mendapat hasil yang luar biasa.

Buat kamu yang tertarik untuk mencobanya, kamu bisa men-download Snapseed secara gratis di play store maupun app store.

3. PhotoGrid

Selain kedua aplikasi di atas, masih ada lagi aplikasi edit foto android yang bisa kamu manfaatkan. Namanya adalah PhotoGrid.

PhotoGrid sendiri merupakan aplikasi edit foto dengan fitur utama berupa pembuat kolase,mengedit kembali gambar,stiker, poster, slide show, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi PhotoGrid akan membuat foto kamu menjadi semakin indah dan lebih cantik.

Aplikasi PhotoGrid sendiri memiliki berbagai macam kelebihan diantaranya kamu dapat membuat kolase foto dengan bingkai yang sudah ada. Kemudian kamu juga dapat menempelkan foto layaknya buku album dengan desain sesukanya.

Selain itu juga kamu dapat menambahkan tulisan dengan efek tertentu dan juga mengkolaborasikan dengan gambar yang ada. 

Dibalik kelebihan yang ada, aplikasi PhotoGrid sendiri memiliki kelemahan yakni aplikasi ini memakan ruang memori yang cukup besar. Kemudian di dalam aplikasi ini belum bisa digunakan untuk melukis di layar kosong.

Selain itu juga untuk buku format buku tempelnya masih terbatas, hanya kisaran 15 foto yang bisa kamu tempelkan.

Buat kamu yang mau mencobanya, silakan download di Google Play Store atau App Store.

4. PicsArt Photo Studio

Buat kamu yang ingin membuat kolase foto, kamu bisa menggunakan aplikasi PicsArt Photo Studio. Aplikasi ini mungkin lebih dikenal dengan nama PicsArt saja. 

Teman-teman sendiri pastinya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi PicsArt. Hal ini karena aplikasi edit foto Android ini sudah sangat familiar dengan kamu semua.

PicsArt sendiri bisa digunakan sebagai aplikasi edit foto android dan juga IOS. Jadi buat kamu pengguna apple tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakan aplikasi edit foto PicsArt ini.

Di dalam aplikasi edit foto android ini, kamu bisa membuat kolase dengan berbagai macam efek seperti filter, canvas, sketsa, buram, artistik, magis, dan lain sebagainya.

Selain it juga kamu bisa mengedit dengan memanfaatkan ribuan paket clipart, font, stiker, templat kolase dan masih banyak lagi kelebihan dari aplikasi edit foto android picsart ini.

Hanya saja dibalik kelebihan yang begitu banyaknya, aplikasi ini termasuk dalam aplikasi berbayar alias bukan gratis. 

Selain itu juga bagi kamu pengguna android tipe lama, aplikasi edit foto android ini tergolong tidak ramah. Kemudian kelemahan lainnya adalah ada beberapa fitur yang mengharuskan kamu untuk terhubung ke internet.

Kelemahan lain dari PicsArt adalah bentuk tampilan halaman depan yang terkesan tidak rapi sehingga akan membuat kamu sedikit kebingungan.

Buat kamu yang ingin mencoba aplikasi AicsArt, kamu bisa mengunjungi dan men-download-nya di play store dan app store ya.

5. VSCO

Kamu pastinya sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini bukan? Namanya adalah aplikasi VSCO. VSCO sendiri merupakan aplikasi edit foto android dan juga iOS dengan pilihan filter yang unik, elegan, dan lebih menarik.

Menariknya, aplikasi VSCO ini sudah seperti kamera digital profesional. Hal ini karena kamu bisa menyesuaikan pengaturan foto dengan memanfaatkan tampilan antarmuka layar sebagai viewfinder. 

Kamu juga bisa langsung mendapatkan hasil foto yang sesuai dengan keinginan dan tidak perlu melakukan editing secara terpisah.

Hal ini karena fitur yang disediakan oleh aplikasi edit foto android VSCO membuat kamu seolah-olah memotret dengan menggunakan pengaturan kamera DSLR.

Kemudian selain fitur tersebut, aplikasi VSCO juga memiliki kelebihan lain yaitu banyaknya filter yang beda dari aplikasi edit foto lainnya.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi yang ringan dan mudah digunakan serta pengaturan fotonya yang tergolong lengkap.

Sementara kelemahannya sendiri adalah kamu harus membeli aplikasi agar mendapatkan filter yang lebih lengkap.

Teman-teman bisa mendapatkan aplikasi VSCO ini melalui play store maupun app store dan menikmati fasilitas trial selama 7 hari. Setelah itu kamu akan dikenakan biaya langganan sebesar US $19.99 per tahunnya atau sekitar Rp 287.375,04.


Nah itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi edit foto yang bisa kamu manfaatkan. Kamu dapat memilih aplikasi yang sesuai selera. 

Buat kamu yang masih pemula maupun yang sudah profesional bisa memilih aplikasi di atas, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

Kamu juga bisa juga memadukan aplikasi agar mendapatkan hasil yang maksimal, seperti memadukan aplikasi Lightroom dengan Snapseed agar foto yang dihasilkan memiliki warna yang tajam dan juga halus.

Atau mungkin jika kamu memiliki saran buat edit foto, jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar