17 Aplikasi Kompres Video Terbaik untuk Android dan PC 2021

Ukuran video yang Anda buat terlalu besar? Kecilkan ukurannya dengan aplikasi kompres video PC dan Android terbaik berikut ini.

Zaman sekarang, konten video sudah menjadi bagian penting dari kehidupan. Menonton serta berbagi video di berbagai platform sosial media sudah menjadi kebiasaan. Namun, ketika Anda membuat video, pasti sering kali ukuran videonya membutuhkan penyimpanan yang besar padahal durasinya cukup singkat.

Oleh karena itu, kehadiran aplikasi kompres video memiliki peran penting, sehingga dapat menghemat penyimpanan pada ponsel/PC Anda. Berikut rekomendasi aplikasi kompres video PC dan Android versi Ubixlo.

Aplikasi Kompres Video untuk Android

Hadirnya aplikasi pengecil ukuran video di Android sangat memudahkan Anda untuk mengompres video hanya melalui ponsel. Hampir semua format video sudah didukung, mulai dari format mkv, mp4, maupun format-format lainnya.

Langsung saja, berikut ini daftar aplikasi kompres video Android terbaik:

  1. YouCut
  2. VidCompact
  3. Video Dieter 2
  4. Video Compress
  5. Panda Video Compressor
  6. Video Compressor by Sunshine
  7. Smart Video Compressor and Resizer
  8. Video Compressor - Fast Compress Video & Photo

1. YouCut

Aplikasi YouCut Editor mempunyai beragam fitur yang cukup lengkap dalam editing video. Selain mengompres video dengan trimmer, aplikasi ini juga bisa mengedit lagu.

Kelebihan aplikasi ini adalah sangat cocok untuk mengompres video yang akan Anda kirim lewat WhatsApp. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis. Aplikasi ini bisa Anda install secara gratis melalui google Play Store.

2. VidCompact

VidCompact adalah aplikasi untuk memotong, mengompres, atau mengonversi video apa pun yang ada di perangkat Anda ke format MP4.

Sebagaimana disarankan oleh founder bahassemua.com, aplikasi VidCompact ini sangat mudah digunakan, terutama bagi pemula. Anda bisa memilih salah satu dari tiga opsi utama yaitu Trim and Compress, Batch Compression, dan Convert to MP4.

Fitur apapun yang Anda coba, tampilan interface pada aplikasi VidCompact membuat pengerjaan kompres video menjadi sangat mudah dikerjakan.

3. Video Dieter 2

Aplikasi kompres video selanjutnya bernama Video Dieter 2. Video Dieter 2 merupakan aplikasi yang sangat ringan, hanya 2,2 MB saja Anda sudah bisa menikmati kegunaan dari aplikasi ini. Tidak hanya ringan, aplikasi ini juga mendukung konversi 4K.

Video Dieter 2 juga memiliki beragam pilihan dalam menentukan kualitas video yang hendak Anda kompres/ekspor. Pilihan tersebut meliputi, kualitas rendah, sedang, dan tinggi.

Aplikasi ini sangat kami rekomendasi untuk Anda yang benar-benar ingin menghemat penyimpanan. Aplikasi ini merupakan aplikasi gratis. Aplikasi ini bisa Anda install secara gratis di Google Play Store.

4. Video Compress

Video Compress merupakan aplikasi sangat friendly serta mempunyai tampilan yang cukup sederhana. Tampilan sederhana serta friendly membuat Anda mudah dalam menggunakannya.

Video Compress tidak hanya digunakan sebagai kompres video. Aplikasi ini memiliki beragam fitur, mulai dari pilihan resolusi serta estimasi ukuran dari video yang dikompres, serta memiliki fitur rotasi dan pengekstrak mp3 dari video.

Tertarik menggunakannya? Silakan buka Google Play Store untuk mendownload dan menginstallnya.

5. Panda Video Compressor

Panda Video Compressor adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan terutama untuk mengurangi ukuran video tanpa menghilangkan kualitas aslinya.

Anda dapat mengunggah video ke sosial media atau mengirimkannya melalui email dengan sangat mudah. Anda juga bisa mengompres video dan film tanpa harus merasa khawatir akan kehilangan kualitas aslinya.

Selain itu, Anda juga bisa menghemat ruang pada ponsel dan cloud, serta mengurangi penggunaan kuota internet yang Anda punya. Download aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.

6. Video Compressor by Sunshine

Video Compressor by Sunshine memiliki fitur unik bernama ‘The Patty Squeeze’. Fitur ini membuat hasil video yang Anda kompres memiliki resolusi seperti aslinya. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengkompres video dalam berbagai macam format.

Video Compressor by Sunshine juga memiliki tampilan interface yang lucu dan tentu saja sangat mudah digunakan. Aplikasi ini bisa Anda install secara gratis melalui google Play Store untuk menggunakannya.

7. Smart Video Compressor and Resizer

Smart Video Compresor and Resizer merupakan aplikasi yang sangat mudah dipakai dan Anda bisa mengompres berbagai macam format video dalam waktu singkat.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengubah dimensi video, mengatur kualitas video, dan memilih kecepatan proses kompresi. Anda juga bisa memotong bagian mana pun dari video untuk dikompres menggunakan fitur canggih dari aplikasi ini.

Dapatkan aplikasi ini gratis di Google Play Store.

8. Video Compressor – Fast Compress Video & Photo

Aplikasi lainnya yang bisa Anda pakai untuk mengecilkan ukuran video adalah Video Compressor – Fast Compress Video & Photo.

Anda bisa mengompres video dari yang berkualitas rendah hingga tinggi. Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur bernama Batch Compressor yang berfungsi untuk mengompres beberapa video sekaligus.

Aplikasi Kompres Video untuk PC

Biasanya PC atau laptop sudah dilengkapi dengan fitur pengomres dari video editor bawaan. Namun, fitur kompres video bawaan tersebut kadang masih memiliki banyak kekurangan dan tidak memenuhi kebutuhan, apalagi untuk mengecilkan ukuran video beresolusi tinggi. Oleh karena itu Anda mungkin membutuhkan aplikasi kompres video PC tambahan dari pihak ketiga.

Berikut ini daftar aplikasi kompres video PC atau laptop pilihan Ubixlo:

  1. Avidemux
  2. HandBrake
  3. VidCoder
  4. Format Factory
  5. iSkysoft iMedia Converter Deluxe
  6. Windows Movie Maker
  7. Videopad - Video Editor
  8. Advanced Video Compressor
  9. Wondershare Video Converter

1. Avidemux

Avidemux adalah aplikasi yang berfungsi memotong video serta encode video. Aplikasi gratis ini dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, khususnya yang berkecimpung di dunia editing video.

Avidemux mendukung banyak format video mulai dari MP4, AVI, dan DVD. Anda juga bisa mengotomatisasi proses kompres video menggunakan opsi Project dan antrean pekerjaan, sehingga tidak perlu susah-susah untuk mengerjakannya.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang puas dan memuji kinerja aplikasi satu ini. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, maupun Linux.

2. HandBrake

Aplikasi kompres video PC berikutnya adalah HandBrake. Aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi open source. Secara signifikan, HandBrake telah teruji oleh banyak penggunanya untuk mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas.

Selain itu, aplikasi ini pun dapat mengubah format video apapun menjadi format lainnya. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac, maupun Linux. HandBrake memiliki berbagai pilihan pada Output Settings untuk menentukan hasil kompres yang sesuai dengan kebutuhan.

Aplikasi ini juga memungkinkan Andauntuk mengubah FPS video, codec, dan parameter optimasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini memiliki pengaturan kompres video untuk perangkat yang berbeda. Bahkan, Anda pun bisa menyeleksi bagian video berdasarkan tittle atau chapter.

HandBrake mendukung chapter markers, subtitle, constant quality, atau encoding average bit rate video. HandBrake pun mendukung VFR dan CFR untuk video yang hendak dikompres.

3. VidCoder

Bagi para Youtuber, pasti aplikasi Vidcoder ini sudah tidak asing lagi. Aplikasi kompres video yang satu ini memang cukup terkenal ampuh untuk mengubah ukuran atau format video menjadi sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

Aplikasi ini mampu mengecilkan ukuran video, namun tetap tidak mengurangi kualitas gambar maupun audio secara signifikan.

Apalagi, jika Anda menguasai persoalan teknis video yang baik. Namun tidak perlu khawatir jika Anda tidak menguasainya, aplikasi ini telah menyediakan berbagai opsi yang bisa digunakan secara otomatis. Seperti mengubah rate, bitrate, dan berbagai parameter yang Anda butuhkan.

4. Format Factory

Salah satu aplikasi kompres video PC yang bisa Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video yang Anda miliki adalah Format Factory. Aplikasi open source ini termasuk salah satu aplikasi yang mudah digunakan. Selain mengompres video, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengubah format video, audio, maupun gambar.

Format Factory memiliki beragam fitur yang bisa Anda pilih, termasuk pengaturan kompres video secara spesifik seperti ukuran layar, resolusi, FPS, dan berbagai pengaturan lainnya.

Namun seandainya Anda tidak mengerti mengenai hal-hal semacam itu, Anda pun bisa langsung memilih kualitas, dan ukuran video sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki pilihan mobile bila Anda ingin mengirim video tersebut melalui ponsel atau aplikasi WhatsApp, jadi tidak perlu susah-susah mencari persoalan teknis yang berkaitan dengan video mobile.

5. iSkysoft iMedia Converter Deluxe

Jika Anda mencari aplikasi kompres video secara offline, maka iSkysoft iMedia Converter Deluxe bisa menjadi salah satu rekomendasi kami.

Sudah cukup banyak yang menggunakan aplikasi ini  dan puas dengan kinerjanya. Penggunaannya yang mudah menjadi salah satu faktor banyak orang menggunakan aplikasi ini.

Selain untuk mengompres video, iSkysoft iMedia Converter Deluxe memiliki fitur mengubah format, memotong, memangkas, hingga mengubah ukuran video.

Aplikasi ini juga dapat mengompres video tanpa mengurangi kualitas video.

6. Windows Movie Maker

Bagi para pengguna Windows, pasti sudah tidak asing dengan aplikasi kompres satu ini. Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang wajib dimiliki. Apalagi,  jika Anda berkecimpung di dunia video, aplikasi ini pastilah sangat bermanfaat.

Windows Movie Maker merupakan aplikasi yang bisa Anda download secara gratis. Ukuran aplikasi ini cukup kecil, dan juga tampilannya yang sederhana dan mudah dimengerti sangat cocok digunakan oleh pemula.

Anda bisa mengatur sendiri opsi-opsi kompres yang Anda inginkan, tapi aplikasi ini pun akan memberikan rekomendasi pengaturan kompres video yang Anda miliki agar kualitasnya tetap baik.

7. Videopad – Video Editor

Selanjutnya, aplikasi lain yang kami rekomendasikan adalah VideoPad – Video Editor. Videopad memiliki beragam fitur yang tersedia.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah bisa merotasi video, zoom video, mengatur jarak antar video, memotong, hingga memperbesar suara yang terdapat di dalam video.

Selain itu, cara mengompres video dengan menggunakan aplikasi ini pun sangat mudah. Anda cukup memasukkan video yang hendak dikompres, lalu mulai encode sebelum menyimpan ulang video yang telah dikompres.

8. Advanced Video Compressor

Aplikasi kompres video terbaik untuk PC lainnya adalah Advanced Video Compressor. Aplikasi ini  bisa Anda download secara gratis.

Kelebihan aplikasi ini adalah mendukung berbagai jenis format video yang hendak dikompres menjadi format lainnya. Selain itu, ada berbagai macam opsi yang bisa Anda gunakan untuk mengompres video.

9. Wondershare Video Converter

Salah satu aplikasi yang paling ampuh untuk mengubah ukuran video ialah Wondershare Video Converter. Tidak hanya itu, aplikasi ini pun tetap bisa digunakan untuk mengkonversi video, dan proses pengeditan lainnya.

Aplikasi ini pun mendukung format video apapun untuk diubah menjadi format apapun. Selain itu, salah satu fitur andalan aplikasi ini adalah bisa membuat video biasa menjadi VR yang kini sedang menjadi tren. Itu sebabnya aplikasi ini banyak digunakan oleh para Youtuber.


Demikian aplikasi kompres video yang dapat kami rekomendasikan, jadi aplikasi mana yang Anda pilih? Atau ternyata Anda punya referensi lainnya? Jawab di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar