7 Aplikasi Streaming Film Legal Gratis dan Berbayar

Pengen nonton film-film berkualitas? Gunakan aplikasi nonton film terbaik di tahun 2021 berikut ini. Lengkap dari yang gratis hingga berbayar.

Aktivitas menonton film memang suatu hal yang menyenangkan, bagaimana tidak? Film bisa menjadi hal yang sangat addicted hingga mampu membuat kita lupa waktu.

Terlebih lagi, berbagai platform alias aplikasi untuk nonton film kian marak pada dekade ini. Dengan begitu, untuk sekedar menikmati berbagai film berkualitas pun dapat kita lakukan di rumah dengan berbekal kuota dan koneksi internet tanpa harus datang ke bioskop.

Berbagai aplikasi tersebut menyajikan beragam film apik dan epic yang sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai dari film-film pada aplikasi gratisan hingga berbayar, semuanya tersedia dalam berbagai genre.

Namun tentunya terdapat perbedaan pada aplikasi yang berbayar dengan gratisan. Dimana pada aplikasi yang gratis, biasanya kita akan disuguhkan berbagai macam iklan yang mana dapat mengganggu kenikmatan saat menyaksikan sebuah film atau serial.

Selain itu, aplikasi nonton film yang gratis pun memiliki batasan dalam menyediakan katalog film. Bahkan terkadang, masih ada film-film lawas yang disuguhkan pada aplikasi tersebut. Akan tetapi, banyak juga aplikasi gratis yang menyediakan berbagai film terbaru dan seru untuk mengisi waktu luang.

Nah, berikut ini Ubixlo sajikan beragam rekomendasi aplikasi nonton film untuk kalian, mulai dari yang gratisan hingga berbayar.

Simak daftar lengkapnya:

  1. Netflix
  2. Disney+ Hotstar
  3. iFlix
  4. Viu
  5. MAXstream
  6. Catchplay+
  7. Yidio

1. Netflix

Siapa yang tak kenal dengan platform nonton film yang satu ini? Meskipun pada awal kehadirannya Netflix tidak diizinkan oleh Kominfo dan Kemenkeu dengan alasan pajak. Namun kini kita dapat menikmati berbagai film-film bermutu dengan Netflix.

Bahkan, bisa dibilang bahwa Netflix merupakan salah satu aplikasi nonton film terbaik yang layak untuk menjadi rekomendasi pertama. Mengapa tidak? Pasalnya, sejak tulisan ini dirilis Netflix telah diunduh sebanyak lebih dari 1 Milyar pengguna Android. Tentunya jumlah tersebut belum termasuk dengan para pengguna iOS, Smart TV, dan lain sebagainya.

Selain itu, juga terdapat berbagai film keren dari berbagai genre yang berasal dari berbagai belahan dunia. Sangat menarik, bukan?

Dengan berbagai fasilitas, fitur, dan keunggulan yang diberikan, sudah menjadi keniscayaan bahwa untuk dapat menggunakan Netflix kita perlu berlangganan. Dilansir dari laman resminya, Netflix memiliki 4 jenis paket berlangganan, diantaranya:

Fasilitas/Paket dan Harga per BulanMobileBasicStandarPremium
Rp 54.000,-Rp 120.000,-Rp 153.000,-Rp 186.000,-
Jumlah Perangkat (Handphone/Tablet)1124
Jumlah Perangkat yang dapat mendownload film1124
Film dan Serial TV tak terbatas
Dapat menonton di ponsel dan tablet 
Dapat menonton  di laptop dan TV
HD
Ultra HD

2. Disney+ Hotstar

Sebagai pendatang baru, Disney+ Hotstar cukup mendapat sambutan baik oleh para penikmat film di Indonesia. Bahkan, kepopulerannya pun bisa dibilang setara dengan Netflix yang notabene “lebih dulu” ada.

Tidak berbeda jauh dengan Netflix, Disney+ Hotstar juga menyediakan berbagai jenis film dan serial TV menarik yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, dengan platform ini kalian bisa dengan bebas menyaksikan beragam film bergengsi peraih penghargaan.

Mulai dari film-film besutan Disney, Marvel Cinematic Universe, Star Wars, Pixar, hingga National Geographic dapat dijumpai disini.

Namun jika dibandingkan dengan Netflix, agaknya Disney+ Hotstar belum mampu bersaing dengan Netflix khususnya dalam hal serial TV. Pasalnya, tidak semua serial TV terkenal dapat ditonton di Disney+ Hotstar. 

Dari segi paket dan harga, Disney+ Hotstar bisa dibilang sangat terjangkau, bahkan jauh dibawah harga berlangganan Netflix. Dan kabar baiknya, untuk menikmati berbagai film dengan Disney+ Hotsar, kalian tidak dibatasi dengan jenis perangkat yang digunakan. Entah itu ponsel, tablet, laptop, maupun televisi.

Berikut detail paket langganan Disney+ Hotstar:

  • Paket Bulanan, dengan harga Rp 39.000,- /bulan
  • Paket Tahunan, dengan harga Rp 199.000,- /tahun

3. iFlix

Bagi kalian yang berlangganan Telkomsel, tentunya tak asing dengan aplikasi nonton film yang satu ini. Pasalnya, paket internet yang dijual Telkomsel sudah termasuk dengan kuota khusus untuk nonton film di iFlix.

Tidak pada Telkomsel saja, bahkan yang berlangganan Indihome pun juga mendapatkan penawaran atau akses khusus untuk menikmati beragam film dan serial TV di iFlix.

Nah bicara tentang iFlix, sebenarnya aplikasi ini juga sudah cukup “berumur” untuk sekelas aplikasi streaming film. Dikembangkan dan dirilis pada tahun 2014, iFlix mulai dikenalkan kepada masyarakat Malaysia, namun seiring waktu berjalan, pada tahun 2015, masyarakat Indonesia mulai mengenal aplikasi besutan Catcha Group ini.

Layaknya penyedia streaming film lainnya, iFlix juga menyediakan ribuan film box office dan juga serial TV yang tak kalah seru. Uniknya lagi, banyak series Indonesia yang dapat kalian jumpai disini, seperti halnya Yowis Ben: The Series, Surat Cinta Untuk Starla, dan masih banyak lagi.

Dan kabar baiknya untuk kalian para penikmat gratisan, iFlix juga menyediakan banyak series dan film yang bisa kalian tonton tentunya. Sangat menarik, bukan?

Namun, jika kalian menghendaki semua konten yang ada di iFlix, kalian harus berlangganan dengan aplikasi ini. Sama seperti Disney+ Hotstar, iFlix juga hanya menyediakan dua paket berlangganan saja.

Pertama, yaitu paket Bulanan dengan harga Rp 39.000,- per bulan dan yang kedua yaitu paket Tahunan dengan harga Rp 375.000,- per tahun.

4. Viu

Viu merupakan salah satu aplikasi streaming yang cukup terkenal dikalangan pecinta Drama Korea. Pasalnya, banyak serial drama Korea terbaru yang selalu update di aplikasi ini.

Selain serial drama Korea, tentunya Viu juga menyediakan berbagai series maupun film lain dari mancanegara. Mulai dari film-film Thailand, China, bahkan hingga India (Bollywood).

Nah, dengan beragam serial TV, drama, hingga film, kabar baiknya adalah kalian dapat menikmati semua itu tanpa biaya sepeserpun alias gratis. Ya, memang demikian adanya, dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan Viu.

Fitur gratisan tersebut bernama Freemium, dimana kita dapat menikmati seluruh konten yang ada di Viu. Namun tentunya ada konsekuensi yang akan kita hadapi, yaitu iklan.

Bagi kalian yang ingin menggunakan Viu tanpa iklan, tentunya perlu berlangganan paket Premium yang disediakan oleh Viu. Cukup dengan Rp 30.000,- per bulan, kalian sudah menjadi member premium di Viu dan dapat mengakses seluruh konten yang ada tanpa iklan.

5. MAXstream

Aplikasi untuk nonton film selanjutnya yaitu MAXstream, dimana kita tahu bahwa aplikasi ini merupakan salah satu produk dari Telkomsel. Dengan begitu, banyak paket bundle internet dari Telkomsel yang sudah termasuk dengan kuota khusus untuk MAXstream.

Bagi kalian pelanggan setia Telkomsel, tentu bisa mendapat kemudahan dalam menggunakan layanan MAXstream. Pasalnya, kalian bisa mengakses seluruh konten yang ada, mulai dari serial TV baik lokal maupun internasional, hingga film box office.

Selain itu, untuk mempermudah dan menghemat pembagian paket internet, Telkomsel juga menyediakan paket khusus untuk menikmati MAXstream. Bagusnya lagi adalah, paket MAXstream ini juga dapat digunakan untuk menikmati layanan stream film lainnya. Seperti halnya; Hooq, Viu, HBO, Starvision, hingga iFlix.

Nah, agar kalian lebih tahu seputar MAXstream, berikut kami rangkum seputar daftar harga paket MAXstream yang tersedia:

PaketDurasiKuota MAXstreamKuota Layanan LainJenis LanggananHarga
MAXstream GALA 9GB30 hari7GB2GBMAXstream GALA Subscription (HBO GO, iflix, VIU Premium, Vidio Premier Platinum, Genflix, MyPlay, Sushiroll, NOMO, various channels from Starvision and many others).Rp69,000
MAXstream GALA 24GB30 hari20GB4GBRp99,000
MAXstream GALA 40GB30 hari30GB10GBRp149,000

6. Catchplay+

Jika kalian menginginkan aplikasi streaming yang beda dan lebih dari sekedar aplikasi nonton film, Catchplay+ bisa menjadi pilihan.

Mengapa tidak? Pasalnya, di aplikasi ini tidak sekedar menyuguhkan beragam konten film, melainkan juga terdapat info menarik seputar skenario film,detail produksi, berita terbaru, cerita seputar produksi film, info tentang sutradara dan pemain film, hingga kru pembuatan film. Sangat menarik, bukan?

Sama halnya dengan Viu maupun iFlix, Catchplay+ juga memiliki layanan gratis yang bisa kita nikmati. Akan tetapi, terdapat batasan dimana kita hanya bisa menikmati 10 konten gratis di setiap bulannya.

Namun, apabila kalian ingin berlangganan sebagai member premium di Catchplay, harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal. Dimana kalian cukup mengeluarkan RP 45.000,- untuk berlangganan setiap bulan. 

Namun, harga tersebut berbeda dengan kalian yang menggunakan perangkat iOS. Untuk pengguna iOS, harga berlangganan Catchplay+ akan dikenai biaya Rp 55.000,-. Hal tersebut disebabkan karena kebijakan pembiayaan dari Apple.

7. Yidio

Yidio merupakan salah satu aplikasi nonton film yang sudah “berumur”. Pasalnya, aplikasi ini didirikan pada tanggal 1 Januari 2008 di San Francisco, California.

Nama Yidio sendiri merupakan sebuah singkatan dari Your Internet Video, sehingga kita dapat dengan mudah menemukan beragam konten video mulai dari Serial TV hingga film-film terbaru melalui platform ini.

Ya, jika dibandingkan Netflix dan juga beberapa aplikasi yang lain, Yidio agaknya memiliki kelebihan dalam hal konten Serial TV. Bagaimana tidak? Saat kita membuka halaman utama website dari aplikasi ini, hal pertama yang akan kita lihat adalah jajaran serial-serial TV terbaru yang sedang atau akan tayang.

Meskipun demikian, Yidio belum terlalu populer di Indonesia. Selain karena belum banyak yang tahu, untuk berlangganan Yidio kita perlu menggunakan kartu kredit atau metode pembayaran lain yang mendukung transaksi mata uang asing.

Apabila kalian tertarik untuk berlangganan dengan layanan Yidio, setidaknya kalian perlu menyiapkan uang sebesar $4.99 setiap bulan. Untuk konten-konten yang disuguhkan dari Yidio, dengan harga tersebut dinilai sangat worth it.


Sebenarnya masih banyak aplikasi nonton film yang lain, namun inilah aplikasi terbaik versi Ubixlo yang patut untuk kalian coba. Selain itu, ada beberapa aplikasi streaming yang “tumbang” di masa pandemi ini, salah satunya adalah Hooq.

Di mana kita tahu, bahwa Hooq sempat menjadi salah satu aplikasi nonton film andalan di tengah masyarakat kita.

Akan tetapi, jika kalian memiliki referensi lain seputar aplikasi nonton film yang lain, jangan ragu untuk berbagi kepada kami melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar