10 Aplikasi Pemotong Video Terbaik untuk Android

Saat ini, banyak dari kita yang sering mengunggah dan mengirim sebuah video ke sosial media. Baik itu Facebook, WhatsApp, maupun Instagram. Namun terkadang, kita hanya menghendaki bagian tertentu dalam sebuah video yang ingin di upload atau dikirim.

Nah, untuk mendukung aktivitas tersebut ada banyak aplikasi Android yang dapat membantu kalian untuk memotong bagian video yang akan di upload atau dikirim.

Aplikasi pemotong video yang beredar di PlayStore pun sangat banyak jumlahnya, dari yang berbayar hingga gratisan. Nah, agar kalian bisa lebih selektif dalam memilih aplikasi yang sesuai dan benar-benar efektif untuk dapat memotong video. Maka, kita akan bahas tuntas seputar aplikasi pemotong video di Android yang pas dan digunakan banyak orang.

Berbagai rekomendasi aplikasi ini dapat kalian download dan gunakan dengan gratis. Mau tahu apa saja aplikasinya? Simak daftar lengkapnya berikut ini:

1. YouCut

Bagi kalian yang gemar mengedit video untuk diunggah di YouTube maupun snapgram, YouCut merupakan aplikasi yang cocok. Selain dikenal sebagai aplikasi pemotong video, disini kalian juga bisa mengedit videonya secara langsung.

Mulai dari memberikan efek transisi, menambahkan musik, hingga memberi filter effect yang akan menambah kesan “cantik” pada video.

Meskipun gratis, berbagai fitur yang ada pada aplikasi ini sangat mumpuni dan berguna untuk memenuhi kebutuhan editing video loh. Bagaimana tidak? Dengan berbagai fitur (gratis) yang ada, kalian dapat membuat dan mengedit video hingga menjadi video yang “siap” dikonsumsi oleh publik.

Berbagai fitur yang dapat kalian nikmati, diantaranya:

  • Dapat memangkas/memotong video
  • Dapat menggabungkan beberapa video yang dipotong
  • Menambahkan musik
  • Tersedia lebih dari 30 efek transisi yang siap digunakan
  • Output video dengan beberapa format (AVI, MP4, 3GP, dan lain sebagainya)
  • Dapat digunakan untuk mengkompres video

Sangat lengkap, bukan? Langsung unduh dan instal YouCut dengan klik link di bawah ini.

2. VivaCut

Selain YouCut, aplikasi pemotong video lain yang sama populer adalah VivaCut. Pasalnya, hingga tulisan ini dirilis, VivaCut telah diunduh lebih dari 10 Juta pengguna Android.

Bahkan, menurut deskripsi aplikasi ini di PlayStore, VivaCut diklaim sebagai aplikasi edit video yang profesional. Dan benar saja, disini kalian dapat menggunakan berbagai fitur canggih untuk mengolah sebuah video, lebih dari sekedar memotong video begitu saja.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini yang belum tentu ada di aplikasi lain adalah fitur picture in picture. Dimana memungkinkan kalian untuk dapat membuat kolase video. Cukup menarik, bukan?

Selain itu, ada juga berbagai fitur lain yang tak kalah apik untuk membuat video kalian jadi lebih bagus lagi. Diantaranya:

  • Fitur Overlay, dimana kalian dapat mengkustomisasi layer dengan tools opacity dan blending
  • Blend Videos, dengan fitur ini kalian dapat menggabungkan beberapa video dengan metode Color Burn, Multiply, Screen, Soft Light, Hard Light yang akan membuat tampilan video kalian jadi lebih apik
  • Slideshow, dengan ini kalian dapat membuat video slide dengan iringan musik sesuai dengan selera kalian
  • Speed control, sesuai dengan namanya kalian bisa mengatur kecepatan video kalian sesuka hati
  • Split video, dengan fitur ini kalian dapat memotong dan memisahkan video milik kalian hingga menjadi beberapa bagian
  • Dan masih banyak lagi

Bagaimana? Tertarik mencoba VivaCut?

3. AndroVid

AndroVid adalah salah satu aplikasi edit video yang juga dapat digunakan untuk memotong video. Seperti yang dijelaskan pada deskripsi dari aplikasi ini, AndroVid dapat digunakan untuk membuat dan mengedit video dengan fitur lengkap yang mudah digunakan. 

Nah, kemudahan lain dari aplikasi ini adalah kalian bisa langsung membagikan hasil video kalian ke YouTube, Instagram, Tik Tok, Facebook, dan media sosial lainnya.

Sama halnya dengan VivaCut, AndroVid juga salah satu aplikasi yang populer dan digunakan banyak orang loh. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan jumlah download aplikasi ini di PlayStore, dimana aplikasi ini telah diunduh dan diinstal oleh lebih dari 10 Juta pengguna Android.

Namun kelebihan dari aplikasi ini dibanding dengan VivaCut yaitu dari segi ukurannya. Dimana AndroVid memiliki size yang lebih kecil, sehingga akan lebih menghemat memori dari smartphone milik kalian.

Namun tunggu dulu, ada lagi kelebihan lain yang tidak ditemui di aplikasi lain. Disini kalian bisa melakukan convert video ke berbagai format. Seperti halnya, GIF, 3GP, AVI, FLV, MP4, MPG, MOV, WMV dan juga VOB.

4. VidTrim

Meskipun memiliki tampilan yang sangat sederhana, VidTrim layak disebut sebagai salah satu aplikasi pemotong video terbaik untuk Android.

Hal tersebut tentunya sesuai dengan fungsi dan manfaat dari aplikasi ini, dimana kalian dapat melakukan pemotongan video dengan mudah dan cepat.

Selain sekedar untuk memotong video, dengan VidTrim kalian juga dapat melakukan berbagai aktivitas lain. Seperti, penggabungan video, frame grabbing, menambahkan efek video, melakukan convert ke MP3, pun juga mengkompres dan mengubah video menjadi MP4.

Namun sayangnya, jika kalian menggunakan versi gratis dari aplikasi ini, beberapa fitur yang ada akan dibatasi. Pun juga, hasil video yang telah diedit dengan menggunakan VidTrim, akan memiliki watermark di dalamnya.

Jika kalian ingin menikmati semua fitur yang ada di VidTrim, maka kalian perlu membeli versi PRO dari aplikasi ini. Harganya pun tidak terlalu mahal, yakni sekitar Rp 42.000 ($2.99).

5. Easy Video Cutter

Selanjutnya, ada Easy Video Cutter. Dimana, aplikasi ini juga cukup recommended untuk digunakan sebagai “pemotong video”. Dan kalian bisa tenang, untuk aplikasi yang satu ini, dapat kalian dapatkan dengan gratis kok.

Meskipun gratis, dengan aplikasi ini kalian bisa menggunakan berbagai fitur yang dapat mendukung aktivitas editing video, dan tidak sekedar memotong atau memangkas video begitu saja.

Agar kalian lebih “mengenal” dengan aplikasi ini, berikut fitur utama yang ada pada aplikasi ini:

  • Cut Video: Dengan ini kalian dapat “mengambil” bagian tertentu dari sebuah video atau audio
  • Merge Video: Fitur ini digunakan untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu
  • Extract MP3: Dengan ini kalian bisa “mengambil” audio atau MP3 dari video yang kalian edit
  • Mute Video: Fitur ini memungkinkan kalian untuk “mematikan” suara atau audio dari video yang diedit
  • Kalian dapat melakukan rotasi layar video, mulai dari 90, 180, hingga 270 derajat
  • Kecepatan Video: Dengan ini kalian dapat mengatur tingkat kecepatan video hingga 10x
  • Video Gif: Fitur ini digunakan untuk mengubah video menjadi file GIF animasi 
  • Tersedia berbagai efek video yang bisa digunakan secara gratis
  • Easy Video Cutter juga dapat digunakan untuk mengkompres ukuran video menjadi lebih kecil

Bagusnya lagi, aplikasi ini “dikemas” dengan ukuran yang sangat kecil loh. Hanya sekitar 12 MB saja, dengan demikian kalian tak perlu khawatir dengan memori yang berlebih dari aplikasi ini.

6. VEdit Video Cutter and Merger

Aplikasi selanjutnya adalah VEdit Video Cutter and Merger. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memiliki dua fungsi utama yaitu untuk memotong dan menggabungkan video.

Selain dua fungsi utama ini, tentunya ada fitur lain yang ada di VEdit Video Cutter and Merger. Diantaranya adalah:

  • Video Trimmer, dimana dengan fitur ini kalian dapat memotong bagian dari sebuah video sesuai keinginan kalian
  • Video Merger, dengan fitur ini kalian dapat menggabungkan beberapa video yang berbeda menjadi satu, atau juga menggabungkan video yang telah dipangkas
  • Video to Audio Converter, fitur ini memungkinkan kalian untuk mengubah format video menjadi audio MP3
  • Dengan VEdit, kalian juga dapat mengubah backsound dari video yang kalian pilih
  • Menurut informasi pada deskripsi, aplikasi ini support dengan berbagai jenis dan format video
  • Dan bagusnya lagi, VEdit Video Cutter and Merger ini tidak memberikan watermark pada hasil video yang telah diedit

Cukup mumpuni, bukan?

Sejak tulisan ini dirilis, aplikasi besutan Clogica ini sudah diunduh lebih dari 5 Juta pengguna Android. Nah, dari angka tersebut dapat kita simpulkan bahwa aplikasi ini cukup laris dan digunakan banyak orang.

7. Smart Video Crop

Selain VEdit Video Cutter and Merger, Clogica selaku pengembang sekaligus publisher juga memiliki aplikasi lain yang dapat digunakan untuk memotong video loh. Ya, Smart Video Crop merupakan salah satu aplikasi pemotong video yang juga dirilis oleh Clogica.

Meskipun tidak “selaris” VEdit, namun aplikasi ini cukup dikenal dengan baik dalam menjalankan tugasnya. Dimana, dengan menggunakan aplikasi ini kalian dapat memangkas dan melakukan crop video dengan resolusi tertentu.

Selain itu, aplikasi ini juga compatible dengan beberapa format video, seperti MP4, 3GP dan AVI. 

Nah, saat ini Smart Video Crop telah diunduh lebih dari 1 Juta pengguna Android. Dan bagusnya lagi, rating dari aplikasi ini di PlayStore cukup bagus loh.

Penasaran bagaimana detailnya? Langsung saja unduh dan instal aplikasi ini dengan klik link dibawah ini.

8. CuteCut

Ada lagi aplikasi pemotong video yang cukup populer di PlayStore, yaitu CuteCut. Dimana aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 Juta pengguna Android. Cukup menarik bukan?

Pun juga, aplikasi besutan dari MobiVio Solutions ini memiliki rating yang cukup baik (4.3/5.0).

Nah di aplikasi ini tersedia beragam fitur menarik yang dapat memudahkan kalian untuk melakukan editing video. Tentunya tidak sekedar memotong video saja, disini kalian juga dapat melakukan proses edit video lain yang dapat menambah kualitas video.

Bagusnya lagi, layaknya aplikasi edit video professional, CuteCut memiliki tampilan User Interface yang elegan dan tidak membingungkan. Dimana kalian dapat “menggarap” sebuah video dengan fitur layer yang lebih memudahkan.

Namun sayangnya, output video dari CuteCut akan memiliki watermark di dalamnya. Mungkin saja bagi beberapa orang hal tersebut tentunya bisa mengganggu dan mengurangi estetika dari video yang dihasilkan.

Tapi tenang, kalian dapat menghilangkan watermark tersebut dengan cara meng-upgradenya ke versi CuteCut Pro.

9. Crop & Trim Video

Crop & Trim Video merupakan salah satu aplikasi dari sekian aplikasi pemotong video gratis yang ada di PlayStore. Jika dengan CuteCut video akan memiliki watermark, nah dengan Crop & Trim Video kalian tak perlu khawatir dengan watermark tersebut.

Pasalnya, setiap video yang kalian edit disini tidak terdapat watermark dari aplikasi Crop & Trim Video. Dan tentunya, kalian tak perlu meng-upgrade aplikasi ini menjadi versi Pro.

Meskipun gratis, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur menarik yang dapat membantu kalian untuk mempermudah proses editing video. Diantaranya:

  • Dapat mengatur posisi cropping maupun blur sesuai keinginan kalian 
  • Bisa mengatur interval atau durasi video yang ingin dipangkas

Selain itu, untuk menggunakan Crop & Trim Video juga sangat mudah. Karena aplikasi ini memiliki tampilan UI yang simpel dan sederhana. Sehingga tak akan membuat kalian bingung dalam menggunakannya.

10. YouCam Cut

Aplikasi pemotong video yang terakhir dan gratis tentunya, adalah YouCam Cut. Meskipun aplikasi ini belum begitu familiar, namun fungsinya pun juga dapat digunakan untuk mengolah berbagai format video.

Saat ini, YouCam Cut telah diunduh lebih dari 1 Juta pengguna Android. Ya, jika dibandingkan dengan berbagai aplikasi yang telah dibahas sebelumnya, agaknya YouCam Cut belum begitu laris.

Akan tetapi, tidak ada salahnya kalian mencoba aplikasi ini untuk memotong bagian video yang kalian kehendaki. Terlebih lagi, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas editing.

Selain itu, dari segi tampilan aplikasi ini juga sangat user friendly. Bagaimana tidak? Pasalnya, berbagai fungsi atau fitur yang tersedia tidak akan membuat kita bingung untuk menggunakannya.

Seperti halnya, menambahkan backsound musik untuk video yang kita edit, atau menambah efek filter untuk mempercantik tampilan video. Dan satu lagi, setelah melakukan proses editing terhadap video, kalian dapat meng-ekspornya dengan format HD loh.

Jika kalian memiliki referensi lain seputar aplikasi edit video di Android yang dapat digunakan untuk memotong/memangkas video, maka jangan ragu untuk berbagai pengalaman melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar