10 Aplikasi Penguat Sinyal HP Android Terbaik (4G dan 3G)

Sinyal HP lemah atau sering hilang? Cobalah rekomendasi aplikasi penguat sinyal HP berikut ini, bisa untuk segala merk Android.

Sinyal HP yang lemah merupakan salah satu masalah yang paling banyak dialami oleh kita sebagai pengguna smartphone Android. Meskipun sudah menggunakan perangkat Android terbaru dengan spek tinggi dan kartu SIM 4G, akan tetapi semua itu terasa sia-sia jika tidak dibarengi dengan sinyal yang kuat.

Pasalnya, hampir segala aktivitas di smartphone Android membutuhkan sinyal dan koneksi internet yang stabil. Jika sinyalnya lemah, jangankan browsing dan bermain game online, melakukan panggilan dan mengirim SMS pun menjadi sulit.

Tak ayal masalah ini dapat menghambat berbagai aktivitas kita dalam menggunakan smartphone seperti meeting online, belajar daring, mendengarkan musik, hingga streaming film.

Lantas, bagaimana mengatasinya?

Ada berbagai macam cara mengatasi sinyal smartphone yang lemah, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi-aplikasi berikut ini dapat mengoptimalkan penerimaan sinyal HP hingga membantu kamu memilih jaringan yang paling stabil pada perangkat.

Berikut Ubixlo berikan daftar rekomendasi aplikasi penguat sinyal HP Android.

10 Aplikasi Penguat Sinyal HP Android

  1. OpenSignal
  2. Connection Stabilizer Boost
  3. Network Signal Speed Booster
  4. 4G LTE Signal Booster Network
  5. WiFi Analyzer
  6. Network Booster Free
  7. Signal Guard Free
  8. Network Signal Refresher Lite
  9. HSPA+ Optimizer

1. OpenSignal

Sering berpindah-pindah tempat dan mengelilingi rumah hanya untuk menemukan tempat dengan sinyal yang kuat? Say no more. Aplikasi OpenSignal secara cerdas akan membantu kamu menemukan tempat dengan sinyal yang paling kuat di sekitar lingkungan.

Cara kerja OpenSignal adalah dengan menampilkan peta yang menunjukkan posisi lokasi tower BTS terdekat. Dengan begitu, kamu hanya perlu mendekat ke posisi tower tersebut untuk memperoleh kualitas sinyal yang lebih baik.

Tidak hanya menampilkan peta berisi lokasi tower BTS, OpenSignal juga memiliki kemampuan untuk melakukan tes kecepatan dan melacak koneksi WiFi gratis terdekat. Untuk mulai menggunakannya, langsung saja download aplikasinya secara gratis di Google Play Store.

2. Connection Stabilizer Boost

Aplikasi penguat sinyal HP berikutnya adalah Connection Stabilizer Booster. Sesuai dengan namanya, aplikasi besutan developer Supersonic Software ini akan membuat koneksi internet dan jaringanmu tetap stabil.

Terdapat dua opsi pengaturan yang ditawarkan oleh aplikasi ini, yaitu Active Keep Alive dan Active Reconnect. Opsi pertama akan memaksa koneksi internet kamu terus berjalan sepanjang waktu walaupun kamu sedang tidak menggunakannya.Fitur ini cocok bagi kamu dengan sinyal yang lemah dan sering tersendat-sendat.

Sementara opsi kedua akan berusaha mengkoneksikan kembali jaringan internet ke ISP apabila terputus sewaktu-waktu. Lebih cocok bagi kamu yang berbagi jaringan dengan pengguna yang banyak. Sayangnya, opsi kedua ini memerlukan akses root pada perangkat Android 5 ke atas.

Kamu bisa segera pergi ke Play Store untuk mulai mengunduh dan menggunakan Connection Stabilizer Booster ini.

3. Network Signal Speed Booster

Network Signal Speed Booster bekerja dengan cara me-refresh sinyal perangkat Android kamu dan menghubungkannya dengan tower IPS terdekat yang kualitas sinyalnya lebih dekat.

Penggunaannya juga sangat mudah dan simpel. Kamu hanya cukup membuka aplikasinya dengan satu ketukan, dan biarkan Network Signal Speed Booster bekerja secara otomatis. Kamu bisa mendapatkan aplikasi gratis ini di Google Play Store.

4. 4G LTE Signal Booster Network

Aplikasi berikutnya dikhususkan bagi kamu para pengguna kartu SIM yang sudah 4G. Sesuai dengan namanya, 4G LTE Signal Booster Network adalah aplikasi penguat sinyal HP 4G yang juga bisa mempercepat koneksi internet.

Salah satu keunggulannya dibandingkan aplikasi lain adalah terdapat tools yang bisa melakukan ping otomatis untuk melihat seberapa cepat koneksi internet pada perangkat.

Selain itu, 4G LTE Signal Booster Network juga bisa berfungsi sebagai aplikasi VPN. Jadi daripada kamu menginstal aplikasi VPN tambahan lainnya, cukup gunakan satu aplikas ini saja.

Namun, kinerja aplikasi ini bisa dibilang cukup berat sehingga hanya bisa dijalankan pada perangkat Android menengah ke atas saja. Dan aplikasinya sudah tidak tersedia lagi di Google Play Store. Jadi, bagi kamu yang ingin menginstalnya harus mencarinya sendiri di Google.

5. WiFi Analyzer

Aplikasi kelima ini diperuntukkan bagi kamu para pengguna WiFi. WiFi Analyzer berguna untuk menganalis dan mendeteksi jaringan WiFi mana dengan sinyal terkuat. Tidak hanya menampilkan sinyal WiFi yang ada di rumah kamu, aplikasi ini bahkan juga menampilkan sinyal WiFi dari rumah terdekat atau tetangga.

WiFi Analyzer memungkinkan kamu memilih jaringan WiFi terbaik dengan menampilkan informasi rinci tentang jaringan WiFi yang tersedia dan apa ada kemacetan lalu lintas jaringan di dalamnya.

Dengan berbekal informasi ini, kamu bisa menyesuaikan pengaturan router WiFi kamu untuk bisa menggunakan saluran yang lebih lancar lalu lintasnya. Kalau kamu lupa password WiFi-nya, silakan baca tutorial cara mengetahui password WiFi.

Kemudian selain informasi yang diberikan lengkap dan relatif mudah digunakan, WiFi Analyzer juga sering mendapatkan pembaruan dari developernya. Yang artinya, aplikasi penguat sinyal HP Android ini masih terus dirawar dan mendapat dukungan.

Penasaran? Langsung saja download aplikasinya melalui Google Play Store.

6. Network Cell Info Lite

Dengan fungsi yang mirip-mirip seperti aplikasi sebelumnya, Network Cell Info Lite akan membantu kamu menemukan tower jaringan terdekat yang ada di sekitar.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga akan memperhitungkan estimasi jarak posisi kamu sekarang dengan tower tersebut. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pastikan kamu menggunakan jaringan seluler GSM dan CDMA.

Network Cell Info Lite juga sudah mendukung dual-SIM dan jaringan 4G LTE sehingga cocok sekali digunakan pada perangkat-perangkat Android zaman sekarang.

Aplikasi ini tersedia secara gratis. Namun, bagi kamu yang membutuhkan tambahan fitur maka bisa membeli versi pro-nya yang dihargai sekitar $1,49. Kamu bisa mengunduh aplikasi dengan lebih dari 60 ribu pengguna ini di Google Play Store.

7. Network Booster Free

Network Signal Booster merupakan “pemain lama” dalam hal aplikasi penguat sinyal ponsel. Aplikasi ini sudah memiliki banyak sekali pengguna dan memberikan kinerja yang tidak usah diragukan lagi. Dengan sekali tap saja, Network Signal Booster akan me-refresh sinyal pada perangkat Android kamu dan menghubungkannya dengan tower BTS terdekat.

Pengembangnya bahkan mengklaim bahwa aplikasinya ini bisa menguatkan sinyal pada perangkat yang berada di daerah-daerah dengan jangkauan sinyal kecil. Tak hanya itu, pengembangnya juga menawarkan ketersediaannya untuk dihubungi apabila kamu menemukan masalah pada aplikasinya.

Sayangnya, Network Signal Booster sudah tidak lagi tersedia di Google Play Store. Yang berarti kamu harus mencarinya di Google apabila ingin mengunduh dan mencobanya.

8. Signal Guard Free

Signal Guard Free merupakan salah satu aplikasi penguat sinyal smartphone selanjutnya. Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi jaringan tower terdekat dan menguncinya. Jadi, sinyal Android kamu akan terkunci pada tower dengan sinyal terkuat tersebut secara otomatis dan tidak akan berpindah ke jaringan tower yang lain.

Kemampuan lainnya dari aplikasi Signal Guard Free adalah kunci baseband, kamu bisa memilih ingin menggunakan dan mengunci sinyal pada baseband 2G, 3G, atau 4G saja.

Tidak hanya menyediakan fungsi untuk jaringan data seluler, Signal Guard Free juga membawa fitur WiFI Management dan diagnosa Channel WiFi. Jadi, aplikasi ini cocok dipakai baik oleh kamu pengguna data seluler maupun pengguna WiFi.

Sang developer, kevin.zhang bahkan mengungkapkan bahwa beberapa kasus sinyal hilang pada perangkat Android sukses diatasi dengan aplikasi ini, di antaranya masalah sinyal pada ponsel Motorola 4G dan Samsung S3. Penasaran dengan aplikasi ini? Langsung saja donwload di Google Play Store.

9. Network Signal Refresher Lite

Aplikasi penguat jaringan HP kali ini cock buat kamu para pengguna HP low-end atau spek pas-pasan. Pasalnya, Network Signal Refresher Lite membutuhkan spesifikasi minimum yang ringan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan. Ukuran aplikasinya bahkan kurang dari 4 MB sehingga benar-benar tidak akan memberatkan HP kamu.

Meskipun diperuntukkan bagi HP dengan spek minim, penggunaan Network Signal Refresher Lite tetap mudah. Cukup dengan sekali klik saja, aplikasi ini akan bekerja untuk membuat jaringan HP kamu menjadi lebih baik.

Selain itu, Network Signal Refresher Lite bahkan juga terintegrasi dengan bar notifikasi dan menyediakan widgetnya sendiri. Kecil-kecil bukan cabe rawit, nih. Tentu pantaskan Network Signal Refresher Lite mendapatkan predikat salah satu aplikasi penguat jaringan HP Android terbaik?

Sayang sekali, Google Play Store tidak menyediakan aplikasi yang satu ini. Oleh karena itu kamu harus mencarinya di sumber lain yang ada di internet.

10. HSPA+ Optimizer

Dan aplikasi penguat sinyal HP yang terakhir ini diperuntukkan khusus bagi kamu yang masih menggunakan HP Android 3G atau H+, dalam kata lain HP-nya belum support jaringan 4G. Bukan hanya pengguna HP 4G saja yang dapat menikmati aplikasi penguat jaringan, kamu yang HP-nya masih H+ juga bisa, dong!

Cukup klik satu kali saja, HSPA+ Optimizer akan menstabilkan koneksi sinyal HP kamu secara otomatis dan rasakan perbedaannya. Selain itu, aplikasi ini juga akan mencegah turun menjadi drop ke jaringan 2G atau bahkan Edge. Aplikasi ini cocok untuk smartphone Android zaman dulu yang masih eksis hingga sekarang.

Untuk bisa menikmati fitur-fiturnya, langsung saja download aplikasi ini secara gratis di Google Play Store.


Kesepuluh aplikasi penguat sinyal HP di atas kompatibel dengan segala merk smartphone, baik itu Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Realme, maupun merk-merk lainnya. Semoga setelah mencoba aplikasi-aplikasi di atas, sinyal di HP Android kamu menjadi lebih kuat dan stabil. Apakah kamu punya rekomendasi aplikasi atau cara lain? Share di komentar, ya!

Tinggalkan Komentar