12 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android dan iOS

Pada dasarnya smartphone saat ini telah dibekali aplikasi bawaan untuk merekam layar yang disematkan ke dalam sistem operasi. Namun sayangnya, aplikasi bawaan tersebut umumnya hanya mengusung fitur terbatas yang belum mampu memenuhi kebutuhan perekaman layar yang kompleks.

Terbatasnya fitur yang ada di aplikasi perekam layar bawaan tak ayal membuat banyak pengguna lebih memilih menggunakan aplikasi perekam layar pihak ketiga. Alasannya jelas karena aplikasi besutan pihak ketiga menawarkan fitur yang jauh lebih maksimal dibandingkan dengan aplikasi bawaan.

Fitur ekstra yang dimaksud antara lain mampu menghasilkan rekaman layar berkualitas HD dan tanpa watermark. Selain itu suara internal dan eksternal saat bermain game dapat direkam melalui fitur tambahan yang ada pada aplikasi pihak ketiga.

Nah, berikut ini rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik untuk Android dan iOS yang bisa digunakan secara gratis dan juga berbayar:

1. Screen Recorder

Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar tanpa watermark yang memiliki desain minimalis dan navigasinya sangat mudah digunakan.

Selain itu, ukuran aplikasi ini cukup kecil sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan Android serta memiliki kinerja yang ringan sehingga mampu berjalan dengan lancar pada smartphone dengan RAM yang terbatas.

Aplikasi ini dapat berjalan tanpa memerlukan akses root pada sistem operasi Android Lolipop keatas. Sedangkan, smartphone yang menggunakan sistem operasi Android Kitkat kebawah memerlukan akses root untuk menjalankan aplikasinya.

Aplikasi besutan NLL ini menawarkan beberapa fitur untuk pengguna Gratis dan Berbayar. Fitur tersebut antara lain:

  1. Unlimited waktu perekaman
  2. Rekam audio (Pro)
  3. Tema Material
  4. Gesture goyang dan matikan layar untuk menghentikan rekaman
  5. Penundaan rekaman sebelum memulainya
  6. Facecam

2. Oneshot

OneShot merupakan aplikasi tangkapan layar berupa gambar dan video yang memiliki tampilan antarmuka sederhana dan cocok untuk pemula.

Alasannya jelas bahwa aplikasi ini mempunyai tombol navigasi yang mudah, terutama pada bagian menu tangkapan layar gambar dan video yang diletakkan secara terpisah.

Selain itu, keunggulan lainnya terletak pada fitur “Berhenti Merekam” yang bisa menghentikan perekaman layar dengan cara menggoyangkan Hp. Fitur lainnya yang ditawarkan Altamirasoft antara lain:

  1. Screenshot layar
  2. Menyeleksi bagian mana yang ingin di screenschot
  3. Memberikan coretan dengan warna
  4. Pemotongan video dapat berlangsung didalam aplikasi

3. Mobizen

Aplikasi Mobizen mendapatkan penghargaan untuk kategori aplikasi perekam layar terbaik pada tahun 2016. Alasannya karena aplikasi ini mendukung perekaman layar beresolusi tinggi hingga 1080p dan kualitasnya mencapai 12Mbps.

Selain itu, Mobizen juga memiliki fitur menarik yang membuat pengguna selalu ingin menggunakan aplikasi ini. Beberapa fitur tersebut antara lain merekam layar dengan frame rate tinggi di angka 60 FPS, merekam suara internal dan eksternal serta Anda bisa mengaktifkan facecam ke dalam rekaman. Fitur tersebut sangat cocok untuk Anda yang hobinya bikin konten tentang video game dengan genre apapun.

Sayangnya aplikasi Mobizen versi gratis menyertakan watermark ke dalam hasil rekaman yang diletakkan di sudut kanan bawah video. Untuk menghapus watermark itu Anda perlu menjadi anggota premium dengan berlangganan minimal sebulan dan maksimal 12 bulan dengan harga terjangkau.

4. Lollipop Screen Recorder

Lollipop Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar hp ukuran kecil yang mampu berjalan pada Android 5.0 tanpa rooting.

Aplikasi ini menawarkan fitur premium yang bisa diaktifkan hanya dengan menonton iklannya. Beberapa fitur premium yang diperoleh antara lain, Recording Start Delay, Stop Recording on screen Off, Lokasi Penyimpanan ke SD Card dan Facecam.

Selain fiturnya, di sisi kualitas rekaman, aplikasi ini sanggup merekam layar beresolusi tinggi hingga 1520×720 dengan bitrate maksimal 10 Mbps.

Sayangnya aplikasi ini memiliki satu iklan berukuran kecil di bagian bawah layar. Walaupun begitu, iklannya tidak akan mengganggu pengguna selama mengoperasikan alat perekamnya.

5. Rec

Aplikasi Rec mengusung antarmuka sederhana, modern dan mudah dipahami bagi pemula. Disisi lain, aplikasi ini telah menyematkan fitur yang bisa disesuaikan oleh penggunanya.

Fitur yang dimaksud adalah penyesuaian ukuran resolusi layar, kualitas bitrate dan durasi rekaman.

Namun, aplikasi Rec membatasi durasi rekamannya paling lama 1 jam. Walaupun begitu, pembatasan durasi selama itu sudah bisa mencukupi kebutuhan Anda.

Tidak lupa juga bahwa aplikasi ini menawarkan keunggulan lainnya seperti mengubah nama file sesuai keinginan sebelum memulainya proses rekaman layar.

6. AZ Screen Recorder

Aplikasi AZ Screen Recorder memiliki fitur canggih yang bisa menambahkan watermark ke dalam rekaman layar sesuai keinginan. Penambahan watermark ini bisa Anda tentukan dari jenisnya yang berupa Teks maupun Logo.

Selain itu, fitur lainnya yang tak kalah penting dari aplikasi AZ Screen Recorder yaitu pengaturan kecepatan video, fix green screen, hitungan mundur sebelum mulainya rekaman dan opsi Berhenti.

Pada fitur Berhenti ini, Anda bisa memilih opsi Gesture yang diinginkan untuk menghentikan proses rekamannya. Gesture yang dimaksud adalah berhenti merekam ketika layar mati, menggoyangkan hp dan penentuan durasi rekaman.

Disisi lain, AZ Screen Recorder diperuntukan untuk pengguna yang sering bikin konten tentang game. Alasannya jelas karena aplikasi ini juga menyematkan fitur untuk Live Streaming yang telah diintegrasikan ke platform Facebook dan YouTube.

7. Go Record

Aplikasi Go Record dirancang khusus untuk pemula yang baru pertama kali merekam layar iOS. Oleh karenanya, aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam sistem navigasi serta memiliki tampilan antarmuka yang sederhana.

Selain itu, fitur aplikasi buatan Alloy Studios ini pun sangat lengkap, mulai dari fitur facecam, rekam audio, menu edit hasil rekaman dan menu berbagi yang terdiri dari berbagai platform pilihan.

Sayangnya, aplikasi Go Record memerlukan versi sistem operasi minimal iOS 11 dan kabar baiknya aplikasi ini kompatibel dengan iPod touch, iPhone dan iPad.

8. Ultra Recorder

Ultra Recorder adalah aplikasi perekam layar untuk iOS yang sanggup merekam layar HD mencapai resolusi 2K, frame rate 60 FPS dan bitrate 10Mbps.

Saat rekaman layar berlangsung, Anda juga bisa memberikan komentar berupa suara melalui mikrofon dan menampilkan wajah melalui fitur face cam yang telah disediakan.

Selain fitur rekamannya yang unggul, Ultra Recorder pun telah menyematkan fitur editing video yang handal serta mendukung berbagai macam platform live streaming seperti Youtube, Twitch dan Facebook.

Aplikasi ini pun juga menawarkan fitur premium kepada Anda yang dapat membantu kebutuhan Anda. Tentu perbedaan fitur premium dan gratis sangat signifikan, berikut perbedaannya:

  1. Terdapat iklan (Gratis)
  2. Tidak ada iklan (Premium)
  3. Penyesuaian kecepatan video (Premium)
  4. Merekam layar dengan Resolution/Bit rate/Frame rate yang tinggi (Premium)

9. Record Now!

Aplikasi Record Now! menawarkan beragam fitur canggih yang bisa Anda gunakan untuk keperluan rekaman layar iPhone.

Fitur dalam aplikasi ini lebih unggul daripada aplikasi serupa lainnya, terutama pada bagian fitur editingnya yang menampilkan item super lengkap.

Item yang dimaksud adalah terdapat berbagai macam jenis font yang jumlahnya mencapai lebih dari 200 font, ratusan stiker lucu dan 90 filter yang dapat mempercantik video Anda.

Sayangnya aplikasi yang ditawarkan oleh SOLUCIONES DE COMUNICACION EMPRESARIAL SL ini hanya kompatibel dengan iPhone yang ditenagai oleh sistem operasi iOS minimal versi 11.

10. Display

Aplikasi Display rancangan Loi Nguyen Van memiliki fitur yang tak kalah canggih dari aplikasi serupa lainnya.

Salah satu fitur yang menjadi favorit adalah pemotongan video rekaman yang dilakukan langsung dari menu Editing di dalam aplikasi Displaynya.

Fitur lainnya yang juga tak kalah penting adalah bahwa aplikasi ini mengusung fitur Rename file rekaman dan pengelolaan file dipermudah dengan hadirnya pilihan menu Urutkan yang bisa diatur sesuai keinginan Anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan fitur tambahan, Anda dapat meningkatkan aplikasinya dari versi gratis ke versi premium. Harganya pun tergolong murah karena pembayaran aplikasi premiumnya cukup $9.99 sekali dalam setahun.

11. TechSmith Capture

TechSmith Capture rancangan TechSmith Corporation mengusung tampilan antarmuka sederhana dan modern. Selain tampilannya, TechSmith Corporation juga menyematkan fitur yang belum ada di aplikasi perekam layar di iOS.

Salah satu fiturnya adalah bisa berbagi file rekaman ke aplikasi Camtasia dan ke akun Screencast atau TechSmith secara langsung melalui jaringan Wifi.

Tidak hanya itu saja, aplikasi TechSmith Capture juga sanggup merekam audio secara internal. Artinya suara yang dihasilkan dari dalam hp iPhone akan direkam oleh aplikasi tersebut.

Selain itu, pengembangnya juga telah menyematkan format file MP4 untuk digunakan saat Anda ingin menyimpan video. Format ini identik dengan ukurannya yang kecil sehingga tidak memenuhi ruang penyimpanan.

12. Record.TV

Record.TV merupakan aplikasi perekam layar dan suara untuk iPhone yang dirancang khusus untuk pengguna yang sering membuat konten gaming.

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang cukup populer, alasannya karena Polymath telah menyematkan fitur recording audio eksternal melalui microphone. Jadi, Anda bisa menambahkan reaksi berupa suara ke dalam rekamannya.

Selain fitur tersebut, ada juga menu untuk mengedit hasil rekaman yang dilengkapi dengan fitur – fitur menarik. Fitur yang dimaksud adalah Trim Video, Rotasi Video dan Filter Video.

Itu tadi rekomendasi aplikasi perekam layar untuk Android dan iOS terbaik yang bisa Anda pilih salah satunya untuk digunakan di ponsel. Jika Anda memiliki rekomendasi aplikasi perekam layar HP yang lain, jangan sungkan untuk menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar