Cara Download File di Scribd Gratis dan Tanpa Login

Secara sederhana, Scribd merupakan sebuah situs yang menyediakan berbagai “produk akademik” berupa dokumen online. Dengan demikian, banyak dari para praktisi pendidikan, mulai dari pelajar hingga pengajar, bahkan masyarakat umum sering bersinggungan dengan Scribd.

Namun terkadang, kita menemui beberapa kendala bahkan kesulitan untuk menyimpan file yang ada di Scribd. Mungkin karena kita diharuskan untuk daftar dan login terlebih dahulu.

Namun Anda tak perlu khawatir, ada cara yang bisa dilakukan untuk download file di Scribd meskipun tanpa login. Terlebih lagi, Anda tak perlu merogoh kantong untuk menyimpan dokumen-dokumen yang ada di Scribd. Meskipun beberapa diantaranya, terdapat file di Scribd yang berbayar.

Oleh karena itu, kita akan bahas cara download file di Scribd tanpa login dan gratis dengan menggunakan Scribd Downloader. 

Namun, sebelum memulai ke pembahasan inti, ada baiknya Anda mengenal berbagai tools Scribd Downloader yang bisa digunakan. 

Daftar Situs Scribd Downloader Gratis

1. dlscrib.com

Dlscrib.com merupakan salah satu tools/situs gratis yang dapat digunakan untuk menyimpan file atau dokumen dari Scribd. Selain itu, situs ini juga dibuat untuk mendownload berbagai dokumen online dari platform lainnya.

2. docdownloader.com

Selanjutnya, Doc Downloader juga merupakan situs yang dapat digunakan untuk download file dari scribd secara gratis. Selain scribd, docdownloader juga dapat digunakan untuk mendownload berbagai dokumen dari issuu, academia, dan juga slideshare.

3. scribddown.com

Untuk yang satu ini, tidak seperti Dlscrib maupun Doc Downloader. Namun, scribddown hanya dapat digunakan untuk mengunduh dokumen yang berasal dari Scribd. 

4. downloader.la

Terakhir, ada donwloader.la yang merupakan situs multi downloader. Artinya, situs ini dapat digunakan untuk mengunduh berbagai file yang tersedia di berbagai platform. Tidak hanya dokumen saja tentunya, namun juga termasuk gambar, foto, video, hingga aplikasi Android.

Selanjutnya, setelah mengetahui berbagai tools atau situs yang dapat digunakan untuk mendownload file dari Scribd, selanjutnya kita akan bahas urutan cara download file di Scribd tanpa harus login terlebih dahulu.

Pada artikel ini, kita akan menggunakan Doc Downloader sebagai tools-nya. Berikut langkah-langkahnya:

5 Langkah Mudah Download File di Scribd

  1. Pilih Dokumen di Scribd
  2. Buka Situs Scribd Downloader
  3. Masukan URL
  4. Klik “Get Link”
  5. Download File

1. Pilih Dokumen di Scribd

Pertama, buka website Scribd dan cari dokumen yang ingin Anda download. Setelah menemukan dokumen yang dikehendaki, maka langkah selanjutnya cukup copy link/URL dari dokumen tersebut.

Jika Anda menggunakan HP, untuk meng-copy link/URL ini dapat dilakukan dengan klik titik tiga yang ada di pojok kanan layar HP untuk Android atau klik tombol Share di bagian bawah untuk iPhone.

Selanjutnya, pilih menu Share/Bagikan yang ada pada menu tersebut. Kemudian pilih, salin URL/Copy Link.

2. Buka Situs Scribd Downloader

Setelah berhasil meng-copy link/URL, maka Anda bisa melanjutkannya dengan membuka salah satu situs Scribd Downloader yang telah disebutkan di atas.

Pada tutorial ini, kami menggunakan docdownloader.com sebagai contoh. Anda bebas menggunakan situs mana saja sesuai selera, karena secara prinsip ke-4 situs yang disebutkan diatas memiliki prinsip kerja yang serupa.

3. Masukan URL

Jika website berhasil diakses, maka akan tampil halaman utama dari Doc Downloader (lihat gambar). 

Nah, disana terdapat sebuah form yang akan digunakan untuk memasukan/mem-paste link/URL file Scribd yang sudah disalin. Langsung saja, paste link/URL yang telah disalin dari Scribd tadi disini.

Langkah selanjutnya, klik tombol “Get Link” yang ada di bawah form. Kemudian Anda akan dialihkan pada halaman download untuk menyimpan file yang Anda inginkan.

5. Download File

Pada halaman download, kalian akan menemukan tombol “Download PDF”. Namun, sebelum Anda dapat mengunduhnya, kalian perlu melakukan verifikasi Captcha yang tersedia.

Klik checkbox di bagian “Saya Bukan Robot”, lalu ikuti prosedur yang ada. Setelah proses verifikasi berhasil (ditandai dengan checkbox yang tercentang), maka Anda langsung bisa mendownload file tersebut dengan klik tombol “Download PDF”.

Setelah itu, Anda akan dialihkan ke halaman baru untuk menyimpan PDF ke device yang Anda gunakan. Scroll ke bawah hingga Anda menemukan judul file/dokumen yang ingin didownload, kemudian klik “Download PDF“.

Disini, Anda juga akan diminta untuk verifikasi Captcha, lakukan hal yang sama seperti yang telah dilakukan di atas tadi. Kemudian, tekan tombol Download, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Apabila proses Download sudah selesai, maka dokumen dari Scribd yang telah diunduh akan terbuka di web browser yang Anda gunakan.

Dengan adanya berbagai tools gratis di atas, tentunya menjadi sangat mudah untuk download file dari Scribd tanpa login.

Satu hal lagi, apabila Anda menemui dokumen yang tidak gratis alias berbayar. Mengunduh dokumen tersebut tentu tidak disarankan dengan menggunakan cara ini. Pasalnya, kita perlu menghargai setiap karya dari orang lain. Maka dari itu, gunakan cara ini dengan bijak.

Apabila Anda memiliki berbagai pertanyaan seputar tutorial ini, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar