Cara Mudah Edit File PDF Secara Online dan Offline Terbaru

Mau edit dokumen PDF? Berikut panduan cara edit file PDF secara offline dan online, beserta cara mengedit file PDF ke Word.

Mungkin di antara kita masih banyak yang belum mengetahui cara edit file PDF sehingga kita menganggap jika file PDF sudah tidak bisa di edit kembali.

Apakah kamu termasuk orang yang berpikiran seperti itu?

Sebenarnya file PDF bukanlah bentuk akhir suatu dokumen file yang tidak bisa diedit kembali. Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam software seperti Nitro PDF, Foxit Reader, dan lain sebagainya untuk mengedit file PDF dan menyimpannya.

Dengan memanfaatkan bantuan software tersebut, maka kamu bisa melakukan beberapa proses editing, seperti halnya; mengubah teks, memisahkan halaman, menggabungkan file PDF, hingga mengkompres file PDF.

Sehingga kamu tidak akan kesulitan jika terpaksa harus mengedit dokumen file PDF ke depannya

Buat kamu yang masih bingung dengan cara mengedit file PDF, berikut Ubixlo berikan panduan lengkap cara edit file PDF baik dengan software maupun tanpa software:

Cara Edit File PDF Secara Offline

Ada berbagai macam software yang bisa kamu manfaatkan untuk mengedit file PDF. Ada Foxit Reader, Nitro PDF dan masih banyak lagi.

Nah dari berbagai software edit PDF yang ada, kami merekomendasikan software Nitro Pro. Dengan memanfaatkan software ini kamu bisa mengekstrak, mengubah format PDF ke Word, menggabungkan, sampai bahkan mengubah atau mengedit teks di dalam file berformat PDF.

Yang kami sukai dari software ini adalah dapat mengubah teks yang ada di dalam file PDF sehingga kami tidak perlu mengconvert File PDF terlebih dahulu menjadi file dokumen dalam bentuk Word.

Berikut ini cara edit file PDF secara offline dengan menggunakan software Nitro Pro:

Langkah #1: Download dan install software Nitro PDF. Setelah itu, buka software Nitro PDF.

Langkah #2: Selanjutnya buka file PDF yang ingin diedit. Caranya adalah pilih tab File > beralih ke menu Open > pilih Komputer > lalu klik tombol Browser untuk mencari dimana file PDF disimpan > klik File PDF yang akan di edit > dan klik Open.

Langkah #3: Sekarang kamu bisa mengedit file PDF yang dipilih tadi. Untuk mengubah teks, pada tab Home klik tombol Edit.

Langkah #4: Selanjutnya arahkan kursor ke teks yang ingin diedit dan lakukan edit sesuai dengan kebutuhan.

Langkah #5: Jika sudah selesai mengedit, simpanlah file PDF dengan cara klik pada tombol Save atau menekan kombinasi tombol CTRL+S pada keyboard. 

Setelah melihat langkah-langkah atau tahapannya ternyata cukup mudah, bukan?

Hanya saja di dalam Nitro Pro ini kamu tidak akan bisa mengedit dokumen yang sudah di-scan dan dibuat format PDF. 

Jadi aplikasi ini hanya support untuk mengedit file PDF hasil convert dari software Microsoft atau sejenisnya, bukan file hasil scan yang dibuat dalam format PDF.

Nah buat kamu yang tertarik dengan aplikasinya, kamu bisa men-download-nya di situs resminya. Kamu bisa menikmati Nitro Pro versi trialnya. Hanya saja ada beberapa fitur yang mungkin akan sangat berbeda jauh dengan versi premiumnya.

Untuk versi premium Nitro Pro, kamu perlu membeli lisensinya yang dibanderol seharga Rp 2.799.160. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencobanya?

Cara Edit File PDF Secara Online

Selain dengan menggunakan software, kamu juga bisa mengedit file PDF tanpa aplikasi. Caranya adalah dengan melakukan edit file PDF secara online.

Ada berbagai macam situs yang menyediakan jasa edit file PDF. Ada Smallpdf, Sedja, Ilovepdf dan masih banyak lagi.

Ada sedikit keuntungan jika kamu mengedit file PDF secara online, selain caranya yang lebih mudah, dan juga tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan Laptop, kamu juga  bisa menghemat biaya karena situs-situs ini bisa diakses secara gratis.

Hanya saja cara ini mengharuskan kamu untuk terus terhubung dengan koneksi internet. Akan tetapi, bagi kami hal itu bukan menjadi persoalan yang cukup serius kok

Nah dari berbagai macam situs tersebut, salah satunya yang mudah digunakan dan tidak ribet adalah Sedja.com.

Langsung saja, berikut ini adalah cara edit file PDF secara online dengan Sedja.com:

Langkah #1: Langkah yang pertama kamu buka browser yang biasa kamu pakai, misal Chrome, lalu ketik situs resminya di https://www.sejda.com/id agar bahasanya menjadi bahasa Indonesia.

Langkah #2: Selanjutnya kamu klik Edit a PDF document, kemudian situs akan menuju ke https://www.sejda.com/pdf-editor yang digunakan buat edit file PDF.

Langkah #3: Setelah itu upload file PDF yang akan kamu edit dengan cara klik tombol Upload PDF file > pilih Komputer, cari filenya > klik Open dan secara otomatis file PDF kamu akan terbuka.

Langkah #4: Jika file sudah terbuka, kamu bisa mengedit teks di di dalam file dengan alat-alat pendukung editing file yang tersedia.

Langkah #5. Jika proses edit file PDF dirasa sudah cukup, klik tombol Apply changes kemudian tunggu hingga proses perubahan selesai.

Langkah #6: Jika proses perubahan sudah selesai, langkah terakhir klik tombol Download untuk mengunduh file PDF yang sudah kamu edit tadi.

Nah itu tadi cara edit file PDF dengan sedja.com. Caranya cukup mudah bukan? Kamu bisa memanfaatkan sedja.com buat edit file PDF tanpa harus ribet menginstal software lagi. 

Kamu juga bisa mengakses sedja.com dengan menggunakan Android. Sehingga kamu tidak perlu ribet-ribet membuka Laptop atau menyalakan PC terlebih dahulu. Terlebih lagi buat kamu yang dituntut buat edit file PDF dengan cara cepat.

Selain itu, sedja.com juga tersedia secara gratis dan tanpa perlu berlangganan. Hanya saja penggunaannya dibatasi hingga 3 file per jam dan ukuran maksimal file PDF-nya adalah 50 MB.

Nah jika kamu masih kurang puas, kamu bisa meng-upgrade akun sedja kamu dengan cara daftar terlebih dahulu kemudian kamu bisa berlangganan mingguan, bulanan maupun tahunan. 

Untuk harga yang ditawarkan sendiri mulai dari $5 hingga $63 per tahunnya. Kamu bisa melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit maupun Paypall.

Cara Edit File PDF ke Word

Selain dengan memanfaatkan software Nitro Pro maupun dengan cara online, kamu juga bisa melakukan edit file PDF dengan menggunakan software Microsoft Word. 

Kamu semua pasti sudah memiliki software yang satu ini. Akan tetapi mungkin ada di antara kamu yang belum mengetahui cara memaksimalkan kegunaannya. 

Sebenarnya selain berguna untuk menulis dokumen pada umumnya, kamu juga bisa memanfaatkan Microsoft Word untuk mengedit file PDF. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli lisensi aplikasi edit PDF atau yang lainnya.

Hanya saja untuk bisa mengedit file PDF, setidaknya kamu harus menggunakan Word 2013, Word 2016, atau Microsoft Office 365 yang memiliki lisensi. 

Jadi buat kamu yang masih menggunakan Word 2010 ke bawah, kami sarankan untuk meng-upgrade-nya terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk mengedit file PDF.

Berikut cara edit file PDF ke Word:

Langkah #1: Pertama kamu buka Microsoft Word terlebih dahulu.

Langkah #2: Setelah itu kamu pilih Open Other Documents > masuk ke menu Open > klik tombol Computer > pilih Browse untuk mencari file PDF yang akan diedit.

Langkah #3: Jika file PDF yang akan kamu edit sudah kamu temukan, selanjutnya klik tombol Open.

Langkah #4: Secara otomatis file PDF akan terbuka dan kamu bisa mengeditnya sesuai kebutuhan.

Langkah #5: Setelah proses editing dirasa cukup, klik tombol F12 pada keyboard atau klik Save As dan pada format dokumen pilih PDF.

Nah itu tadi cara edit file PDF ke Word yang bisa kamu terapkan. Kamu juga bisa mengatur ukuran file PDF dengan ukuran standar maupun ukuran minimum. 

Ada sedikit catatan yang perlu kamu ketahui terkait cara edit file PDF ini. File PDF yang dapat kamu edit merupakan file hasil convert dari Word ke PDF. Bukan file PDF hasil scan dari file berkas yang sudah di print menjadi file PDF.

Perlu kamu ketahui jika file hasil convert dari Word ke PDF itu berbeda dengan file hasil scan dari berkas yang sudah di print menjadi PDF.

File hasil scan itu sendiri sebenarnya akan otomatis menjadi sebuah foto, walaupun diubah menjadi format PDF, tetap saja tulisan yang ada di dalam file PDF tidak bisa diubah. Inilah yang menjadi perbedaan antara file hasil convert Word ke PDF dengan file berkas yang di-scan menjadi format PDF.

File yang sudah dicetak merupakan bentuk final dan kamu tidak bisa mengubahnya kecuali mendapatkan file aslinya, bukan dengan men-scan berkas dan mengubah format menjadi PDF lalu mengeditnya.


Nah itu tadi cara edit file PDF baik secara offline maupun online. Kamu bisa memilih mana yang paling cocok buat kamu. Jika memang kamu berada di tempat yang koneksi internetnya buruk, maka akan lebih baik jika kamu memanfaatkan cara edit file PDF secara offline saja.

Kemudian jika kamu sudah mempunyai Word 2013 ke atas, kamu bisa memanfaatkannya untuk edit file PDF ke Word tanpa takut akan mengubah file aslinya.

Atau mungkin jika kamu tidak sempat membuka laptop maupun PC, kamu bisa memanfaatkan Android kamu buat edit file PDF secara online. Jika memang tempat kamu koneksi internetnya lancar, dan membutuhkan cara yang praktis, maka akan lebih baik jika kamu mengedit file PDF dengan cara online saja.

Cara mana yang paling cocok dan sesuai buat kamu? Atau kamu punya cara lain? Boleh sharing-sharing di komentar yah.

Tinggalkan komentar