Cara Kompres File PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Punya kendala dengan ukuran PDF yang terlalu besar? Simak cara kompres file PDF sesuai ukuran yang diinginkan berikut ini.

PDF merupakan salah satu jenis file yang biasa digunakan untuk mengerjakan tugas, misalnya saja tugas para mahasiswa. Umumnya tugas dalam bentuk pdf ini akan dikumpulkan dengan cara mengunggahnya ke website kampus.

Namun terkadang kita mengalami beberapa hambatan ketika hendak mengungah file pdf ini ke website kampus. Masalah tersebut adalah adanya batas maksimal ukuran file yang dapat diunggah. Alhasil, kita harus memperkecil ukuran file PDF kita dengan cara mengompresnya.

Lantas bagaimana cara kompres file PDF sesuai ukuran yang kita inginkan? Langsung saja simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Cara Kompres File PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan dengan ilovepdf.com

1. Buka situs ilovepdf.com

Situs ini merupakan situs yang menyediakan banyak alat untuk file PDF. Tidak hanya bisa digunakan untuk kompres PDF, ilovepdf.com juga dapat digunakan untuk menggabungkan file PDF dan lain sebagainya.

2. Unggah File PDF

Langkah berikutnya unggah file PDF dengan cara klik tombol Select PDF File.

3. Pilih Compression Level

Selanjutnya, kalian akan diberi 3 pilihan level kompresi, yakni Extreme Compression, Recommended Compression dan Less Compression.

Kalian dapat memilih Recommended Compression atau Extreme Compression jika menginginkan ukuran file PDF yang sangat kecil. Selanjutnya klik tombol Compress PDF untuk memulai proses kompresi file PDF.

4. Download PDF yang Sudah Terkompres

Selanjutnya, untuk mendownload file PDF yang sudah terkompres, silahkan klik tombol Download compressed PDF.

Sebagai contoh, pada gambar di atas kami mengompres PDF berukuran lebih dari 1 MB menjadi 200 KB.

Cara Kompres File PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan dengan PDF Candy

Selain ilovepdf, ada juga website lain yang dapat digunakan untuk kompres PDF, yakni PDF Candy.  Selain itu, fitur yang ditawarkan pada website ini pun juga banyak, diantaranya; edit PDF, penomoran halaman, watermark, menggabungkan PDF dan masih banyak lagi.

Nah, untuk melakukan kompresi PDF dengan PDF Candy, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka situs PDF Candy

Untuk mengakses tools kompres PDF dari PDF Candy, kalian dapat mengaksesnya melalui link ini. Setelah halaman website terbuka, selanjutnya unggah file PDF yang kalian inginkan.

2. Unggah File PDF

Pada tahap ini, kalian dapat memulainya dengan klik tombol Tambah File atau kalian juga dapat melakukan unggah file dengan cara drag and drop file PDF yang diinginkan pada tempat yang tersedia.

3. Atur Tingkat Kompresi 

Langkah ini dimaksudkan untuk mempermudah kalian dalam hal mengatur tingkat kompresi yang diinginkan. Pada PDF Candy, kompresi PDF hanya dapat disediakan dengan 3 level, yakni kompresi minimum, kompresi yang disarankan, dan kompresi maksimum.

Setiap level kompresi tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir PDF yang kalian unggah. Dengan demikian, kalian dapat menyesuaikan dengan besaran ukuran file (memori) pada file PDF yang kalian unggah berdasarkan tingkat kompresi yang dipilih.

4. Memulai Kompresi

Setelah selesai memilih tingkat kompresi, selanjutnya klik tombol Kompres untuk memulai proses kompres PDF. 

Tunggu beberapa saat hingga proses kompresi selesai, setelah selesai kalian dapat mengunduh file PDF yang sudah terkompres dengan klik tombol Unduh File.

Pada gambar di bawah ini, dapat kalian lihat bahwa dengan tingkat kompresi maksimum, PDF Candy mampu membuat file PDF berukuran 1.3MB menjadi 561KB.

Cara Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan dengan Microsoft Word

Perlu kalian tahu bahwa Microsoft Word bukan sekedar aplikasi untuk mengolah kata saja. Melainkan juga dapat digunakan untuk edit file PDF hingga mengkompres PDF.

Namun untuk menikmati fitur tersebut, versi Microsoft Word yang digunakan setidaknya versi 2013 ke atas. Selain versi tersebut, sayangnya belum mendukung fitur-fitur untuk mengolah file PDF.

Lantas bagaimana melakukan kompresi PDF dengan Microsoft Word? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Microsoft Word

Langkah pertama, buka Microsoft Word kemudian klik File lalu pilih Open

Selanjutnya pilih file PDF yang kalian inginkan, lalu klik Open

Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa file PDF akan ter-convert menjadi Word, disini kalian klik OK.

2. Save As PDF

Setelah file PDF kalian menjadi Word, langkah berikutnya adalah klik menu File kemudian pilih Save As.

Disini kalian dapat memilih beberapa format file untuk menyimpan file PDF yang tadi kalian pilih, namun untuk mengkompres PDF kalian tetap pilih format PDF atau juga dapat dilakukan dengan Save As Type: PDF.

3. Optimize for: Minimum Size

Setelah kalian memilih format PDF, maka pilih juga opsi Optimize for: Minimum Size. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkecil ukuran PDF yang telah kalian pilih.

Terakhir, klik Save.Cukup mudah, bukan?

Cara Kompres PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan dengan PDF Compressor

Cara yang ke-4 tidak jauh berbeda dengan dua cara awal di atas. Dimana kita dapat memanfaatkan fitur gratis dari website yang menyediakan tools untuk mengkompres PDF.

Website yang akan kita gunakan pada cara ini adalah PDF Compressor, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Buka situs PDF Compressor

Untuk mengakses fitur kompres PDF dari PDF Compressor, kalian dapat mengunjunginya dengan klik link ini.

Setelah halaman situs terbuka, kalian akan dihadapkan dengan beberapa fitur lain yang juga dapat kalian manfaatkan untuk mengolah file PDF.

2. Unggah File PDF

Untuk memulai kompresi PDF, selanjutnya kalian klik tombol Upload Files. Selain itu, kalian juga dapat melakukannya dengan drag and drop file PDF pada area yang disediakan.

Setelah kalian berhasil mengunggah file PDF, maka secara otomatis proses kompresi akan berjalan. Namun, hasil kompres PDF yang kalian dapatkan merupakan saran dari PDF Compressor. 

Tidak seperti IlovePDF maupun PDF Candy, PDF Compressor tidak mendukung jenis kompresi yang dilakukan. Dengan demikian, ukuran file yang kalian dapatkan merupakan hasil kompresi mutlak dari PDF Compressor.

3. Download File PDF

Setelah dirasa cukup, kalian dapat mengunduh hasil kompresi PDF yang telah dilakukan dengan klik tombol Download.

Dalam hal memperkecil ukuran PDF, kalian bisa menggunakan salah satu cara dari berbagai cara di atas. Kembali pada selera dan kebutuhan kalian masing-masing.


Jika dirasa tutorial kompres PDF di atas belum jelas, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini. Pun juga, jika kalian memiliki referensi cara lain untuk mengkompres PDF, jangan sungkan untuk berbagi kepada kami.

Tinggalkan komentar