6 Cara Masuk FYP di TikTok Agar Video Trending dan Viral

Pengen video TikTok-mu Trending dan Viral? Gampang, pelajari dan ikuti cara masuk FYP TikTok berikut ini.

Hari ini, konten-konten yang beredar di TikTok menjadi suatu hiburan tersendiri bagi masyarakat. Terlebih lagi, beragam video menarik sering bermunculan di beranda utama kita. Mulai dari video lucu, edukatif, hingga video gak jelas pun ada.

Bahkan, tak jarang banyak “pedagang” yang mempromosikan berbagai produk dagangannya melalui platform satu ini. Mengapa tidak? Pasalnya, dengan TikTok, mereka mudah menjangkau target konsumennya dengan video-video promosi yang menarik.

Terlebih lagi, jika konten yang mereka publish dapat masuk ke FYP atau beranda orang lain (viral). Dengan demikian, impressi yang mereka dapat pun tinggi. Pun juga konten yang mereka buat pun, dapat disaksikan oleh banyak orang tanpa harus orang lain mengikuti (follow) akun TikTok mereka.

Nah, usut punya usut, ada strategi atau cara untuk masuk ke FYP TikTok ini loh. Sehingga, dengan beberapa langkah, kalian dapat membuat sebuah konten viral yang dapat menjangkau banyak orang.

Namun, sebelum kita beranjak kesana, kira-kira kalian sudah tahu apa itu FYP TikTok? Jika belum, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu FYP TikTok?

Apabila merujuk pada kepanjangan FYP yaitu For Your Page (Untuk Halamanmu). Maka, FYP TikTok adalah sebuah keadaan dimana konten yang diunggah di TikTok menjadi viral, dengan demikian, kita dapat menonton beragam konten milik orang lain yang tersaji di layar beranda kita tanpa perlu follow akun tersebut.

Bahkan, video-video tersebut terkadang tayang di urutan pertama pada saat kita membuka aplikasi TikTok. Dengan begitu, video tersebut mampu mendapatkan jumlah tayangan atau view yang sangat banyak.

Nah, hal tersebut bisa terjadi karena algoritma TikTok mampu memilah dan memilih konten yang sedang trending dan dirasa pantas untuk masuk ke FYP tersebut.

Lantas, bagaimana konten kita dapat terpilih untuk masuk ke FYP? Tentunya, ada beberapa cara dan strategi yang dapat kita lakukan.

Ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti 6 cara untuk masuk di FYP TikTok berikut ini: 

Tips #1: Mengikuti Trend yang Sedang Terjadi

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah mengamati trend yang sedang terjadi. Dengan begitu, kita dapat mengetahui dan mengikuti trend tersebut.

Setelah kita mengetahui trend yang sedang terjadi, langkah selanjutnya pun kita dapat membuat konten atau video yang sesuai.

Dengan berbekal konten yang sesuai dengan trend tersebut, video yang telah dibuat pun berpotensi lebih tinggi untuk masuk ke FYP TikTok dibandingkan konten atau video-video lain.

Tips #2: Buat Caption Menarik

Jangan pernah menyepelekan caption, pasalnya caption yang menarik dan mengundang orang untuk berkomentar mampu meningkatkan engagement dari konten yang kalian buat.

Bagaimana tidak? Dengan video yang memiliki interaksi tinggi, tentunya akan berpengaruh pada potensi untuk masuk ke FYP, dengan begitu video yang dibuat pun memiliki peluang yang lebih tinggi untuk menjadi sebuah konten yang viral.

Dengan demikian, buatlah sebuah caption yang menarik. Bisa berupa pertanyaan, statement unik, atau apapun itu yang mengundang orang lain untuk berkomentar pada video TikTok yang kalian unggah.

Tips #3: Buat Konten Unik 

Konten unik yang dimaksud adalah konten yang mampu meningkatkan engagement antara kalian si pembuat konten dengan follower atau pemirsa lain.

Lantas, apa ciri-ciri sebuah konten dapat dikatakan unik dan berpotensi meningkatkan engagement? Pertama, buatlah konten yang original, bukan dari hasil menjiplak konten orang lain.

Kedua, kalian bisa membuat sebuah video lucu, atau hal-hal yang bersifat seru. Dimana video tersebut cukup asyik ditonton oleh orang lain.

Ketiga, perhatikan kualitas video maupun audio yang kalian buat. Pasalnya, kualitas video yang jernih dan jelas akan berpengaruh pada perilaku penonton. Pun juga, kualitas audio yang kalian gunakan.

Suara atau audio yang jelas, juga intonasi dan artikulasi yang jelas, dapat membuat penonton lebih nyaman saat menyaksikan video yang kalian buat.

Tips #4: Optimasi Hashtag

Tidak dapat dipungkiri, bahwa hashtag menjadi salah satu “upaya” yang paling mudah dibandingkan beberapa tips lain. 

Bagaimana tidak? Kalian cukup berbekal sebuah kata yang diawali dengan tanda pagar alias “#”, sudah dapat meningkatkan peluang untuk masuk ke FYP TikTok.

Namun, sebelum membuat hashtag, ada hal-hal yang perlu kalian tahu. Salah satunya adalah, jangan asal dalam membuat hashtag. Pasalnya, hashtag tersebut digunakan untuk mempermudah orang lain untuk mencari dan menjangkau konten orang lain.

Dengan demikian, buat dan gunakan hashtag yang sedang viral. Bahkan, tak jarang orang juga menggunakan hashtag seperti “#FYP, #foryourpage, #foryou” untuk masuk ke FYP TikTok. 

Tips #5: Gunakan Musik yang Populer

Mengenai kualitas audio, telah kita singgung sedikit di atas. Nah, selain faktor tersebut, untuk mengusahakan konte yang dibuat dapat masuk ke FYP TikTok, kita juga bisa menggunakan musik atau lagu-lagu TikTok yang sedang populer.

Lagu atau musik yang sedang populer tersebut dapat kita jumpai melalui fitur musik/suara pada saat sebelum mengunggah video TikTok yang dibuat.

Nah, dengan berbekal lagu yang populer tersebut, sudah dapat meningkatkan peluang konte kita untuk masuk di FYP. Simpel dan mudah, bukan?

Tips #6: Pilih Waktu Terbaik untuk Posting

Waktu saat mengunggah konten merupakan salah satu faktor penting untuk membuat sebuah video menjadi viral.  Pasalnya, banyak orang menggunakan gadget-nya di waktu-waktu tertentu.

Terlebih lagi seperti para pelajar, mahasiswa, hingga pekerja sekalipun. Mereka memiliki waktu-waktu terbaik dalam menggunakan gadget. 

Nah, di waktu-waktu terbaik tersebut, banyak orang juga mulai membuka aplikasi TikTok untuk sekedar mencari hiburan. Dengan demikian, pilihlah rentang waktu yang “pas” untuk mengunggah video, sehingga momentum yang kalian dapat pun pas dengan banyak orang yang sedang mengakses TikTok secara bersamaan.

Lantas, waktu terbaik untuk masuk FYP TikTok ada di jam berapa?

Tenang, berikut kita bagikan informasi seputar jam-jam terbaik untuk masuk di FYP TikTok. Namun kalian perlu tahu, bahwa berbeda hari, berbeda pula perilaku orang saat mengakses video. 

Dengan demikian, kita sajikan tabel waktu terbaik untuk mengunggah video TikTok berdasarkan hari.

NoHariJam Terbaik untuk FYP TikTok
1Senin10:00 – 12:00 & 16:00 – 18:00
2Selasa15:00 – 16:00
3Rabu10:00 – 11:00 & 19:00 – 21:00
4Kamis10:00 – 12:00 & 16:00 – 18:00 & 19:00 – 21:00
5Jumat10:00 – 11:00 & 16:00 – 18:00
6Sabtu09:00 – 10:00 & 14:00 – 15:00
7Minggu08:00 – 12:00 & 19:00 – 21:00

Enam tips di atas dapat kalian pelajari dan lakukan sebisa mungkin. Pasalnya, FYP TikTok merupakan sebuah algoritma rahasia yang disusun oleh pengembang TikTok. Sehingga, tidak serta merta kita mengetahui berbagai rahasia dan strategi sepenuhnya.

Namun, semua hal yang berkaitan dengan FYP tentunya dapat kita pelajari. Mulai dari mengamati perilaku dan pola dari berbagai konten di TikTok yang disajikan.

Dan, setidaknya ada 6 cara di atas yang bisa “mendekatkan” konten kalian untuk masuk di FYP TikTok.

Mungkin terkesan sepele, namun apabila konten yang kita miliki bisa masuk di FYP TikTok, tentunya kita bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Mulai dari impressi yang tinggi, potensi follower bertambah, hingga akun kita dikenal oleh banyak orang lain yang kemudian dapat menjadikan kita sebagai Seleb TikTok.

Selain itu, video-video yang kita unggah pun dapat didownload oleh orang lain. Dengan begitu, potensi untuk menjangkau banyak orang pun bisa kita dapatkan dengan mudah.

By the way, jika kalian ingin mendownload video dari Tiktok, kalian bisa mengikuti berbagai cara download video TikTok dari Ubixlo ini.

Terakhir, apabila kalian memiliki tips dan pendapat lain, jangan ragu untuk berbagi maupun bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar