4 Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan Mudah

4 cara masuk safe mode di Windows 10 untuk mendiagnostik error yang terjadi pada sistem operasi yang berjalan di komputer.

Windows 10 merupakan sistem operasi besutan Microsoft termutakhir saat ini. Meskipun tersedia dalam berbagai versi, namun tidak banyak perbedaan yang mencolok di setiap versinya.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Windows 10 adalah tersedianya fitur Safe Mode. Dimana fitur ini biasa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas perbaikan (troubleshooting) maupun recovery pada sistem operasi yang digunakan. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Safe Mode pada Windows 10? 

Sebelum menggunakan fitur Safe Mode, kalian perlu sign in ke Windows dengan memasuki “mode aman” ini.

Cara masuk ke Safe Mode Windows 10 cukuplah mudah, terdapat beberapa cara yang dapat “ditempuh” untuk masuk ke Safe Mode. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara-cara masuk Safe Mode di Windows, kita akan ulik sedikit “Apa sih Safe Mode itu?”.

Apa itu Safe Mode?

Safe Mode merupakan fitur “bawaan” Windows yang biasa digunakan untuk melakukan troubleshooting apabila Windows memiliki masalah. Dalam mode ini, memungkinkan pengguna memasuki “mode” Windows yang minimalis.

Minimalis yang dimaksud adalah, pada Safe Mode ini tidak semua software, file, dan juga driver akan digunakan/diaktifkan. Melainkan hanya beberapa diantaranya yang dinilai penting dan mendukung aktivitas recovery maupun troubleshooting.

Saat kalian memasuki Safe Mode, tampilan Windows milik kalian akan lebih sederhana dan tampak “jadul”. Namun, hal inilah yang membuat laptop kalian akan lebih cepat dan terasa ringan saat diakses.

Untuk mengakses Safe Mode, terdapat beberapa cara yang bisa digunakan. Berikut Ubixlo rangkum beberapa cara masuk Safe Mode di Windows 10 yang mudah dilakukan.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan Fitur Recovery

Cara masuk ke Safe Mode Windows 10 yang pertama, kita bisa memanfaatkan fitur dari Recovery Windows. Dengan beberapa langkah menggunakan fitur ini, kita dapat dengan mudah masuk ke Safe Mode Windows tanpa berbelit-belit.

Untuk menggunakan cara ini, kalian bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

Langkah #1: Klik tombol Start Menu, lalu masuk ke menu Settings

Langkah #2: Selanjutnya pilih menu Update & Security

Langkah #3: Setelah menu Update & Security terbuka, klik menu Recovery yang terletak di jendela bagian kiri.

Kemudian pada bagian Advanced Startup, klik tombol Restart Now.

Langkah #4: Kemudian akan muncul jendela Recovery Mode, pada jendela ini terdapat tiga opsi untuk melakukan Recovery, yaitu Continue, Use a device, Troubleshoot, dan Turn Off Your PC.

Pada bagian ini, kalian pilih Troubleshoot.

Langkah #5: Selanjutnya, pilih menu Advanced Option

Langkah #6: Kemudian pilih menu Startup Settings.

Langkah #7: Setelah pilih Startup Settings, akan muncul notifikasi bahwa Windows akan melakukan restart yang kemudian mengizinkan kita untuk melakukan beberapa “perubahan” pada pengaturan, termasuk untuk memasuki Safe Mode.

Langkah #8: Setelah proses restart selesai, kalian akan diantar pada jendela Startup Settings, lalu kalian bisa klik menu Safe Mode (pilih no 4) untuk masuk ke Safe Mode Windows.

Selesai.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan Shortcut Shift+Restart

Pada cara yang kedua ini, tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama. Hanya saja, kita akan melakukannya dengan bantuan shortcut atau jalan pintas untuk mempercepat proses masuk ke Safe Mode.

Hanya dengan menekan satu tombol dan klik menu Restart pada Windows, kalian sudah bisa “menggunakan” menu Safe Mode. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah #1: Klik menu Start pada Windows, kemudian klik icon Power.

Langkah #2: Lalu tekan tombol Shift pada keyboard, dibarengi dengan klik menu Restart pada laptop kalian.

Langkah #3: Selanjutnya, laptop akan melakukan restart.

Langkah #4: Setelah proses restart selesai, kalian akan diantar pada jendela Recovery Mode, dan ikuti langkah-langkahnya seperti pada cara pertama di atas pada Langkah #4.

Selesai.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan Tombol “F8”

Cara masuk Safe Mode di Windows 10 yang ketiga adalah memanfaatkan tombol F8 di keyboard laptop. Ya, hanya dengan menekan tombol tersebut kalian sudah bisa masuk ke Safe Mode. Sangat mudah bukan?

Namun, perlu kalian ketahui bahwa tidak serta merta kita menekan tombol F8 lantas bisa masuk ke Safe Mode Windows 10 begitu saja. Melainkan, ada timing saat kalian menekan tombol F8 tersebut. 

Detailnya, bisa kalian simak langkah-langkah di bawah ini:

Langkah #1: Apabila laptop kalian dalam keadaan menyala, alangkah baiknya kalian restart terlebih dahulu.

Langkah #2: Setelah masuk ke proses booting, di waktu ini kalian menekan tombol F8 di keyboard beberapa kali hingga berhasil masuk ke Safe Mode.

Namun sayangnya, tidak seperti versi Windows sebelumnya, pada Windows 10 fitur ini telah dinonaktifkan. Sehingga kalian tidak dapat menggunakan bantuan tombol F8 begitu saja.

Tapi tenang, fitur ini dapat kalian aktifkan kembali sehingga tetap bisa masuk ke Safe Mode dengan mudah. Untuk mengaktifkannya, kita cukup menggunakan bantuan Command Prompt. Simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka CMD atau Command Prompt dan masuk sebagai admin. Caranya: klik menu Start lalu cari CMD, selanjutnya klik kanan dan pilih Run as Administrator, lalu muncul jendela konfirmasi pilih Yes.

Langkah #2: Setelah jendela Command Prompt terbuka, lalu masukan perintah:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy legacy

Langkah #3: Ketika proses berhasil, maka akan tampil notifikasi “The operation completed successfully”.

Dengan perintah tersebut, kita sudah bisa masuk ke Safe Mode hanya dengan menggunakan tombol F8 saat proses booting berjalan. 

Apabila kalian ingin mengembalikan ke settingan awal, alias menonaktifkan fitur F8 ini. Kalian bisa memasukan perintah di CMD sama seperti tadi dengan perintah:

bcdedit /set {default} bootmenupolicy standard

Selesai.

Cara Masuk Safe Mode di Windows 10 dengan System Configuration (msconfig)

Selain tiga cara di atas, masih ada satu cara lagi untuk masuk ke Safe Mode di Windows 10. Bisa dibilang, cara ini cukup simpel dan sederhana ketimbang  Cara 1 dan 2.

Pada cara ini, kita akan memanfaatkan fitur msconfig untuk masuk ke Safe Mode. Bagaimana detailnya? Simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka aplikasi Run, dengan cara tekan tombol Windows + R di keyboard kalian.

Langkah #2: Setelah aplikasi Run terbuka, masukan “msconfig” lalu tekan Enter.

Langkah #3: Selanjutnya jendela System Configuration (Msconfig) akan terbuka. Disini kalian masuk ke tab menu Boot, lalu centang pada bagian Safe Boot. Lalu klik OK.

Catatan:

  • Safe Boot – Minimal: Menjalankan Safe Mode dengan driver dan service yang diperlukan saja, dari segi tampilan juga sangat minimalis (hanya memanfaatkan Windows GUI)
  • Safe Boot – Alternate Shell: Lebih ringan dari Minimal, namun diperlukan skill terkait perintah-perintah Command Shell, sehingga diperlukan keahlian khusus untuk masuk ke Safe Mode Alternate Shell
  • Safe Boot – Active Directory repair: Memasuki Safe Mode untuk melakukan checking pada bagian hardware laptop/PC. Sehingga akan muncul berbagai informasi seputar hardware yang digunakan
  • Safe Boot – Network: Menjalankan Safe Mode [sama seperti] layaknya Minimal, yakni menggunakan tampilan Windows GUI. Namun, driver dan service yang disediakan hanya untuk mengakses jaringan

Langkah #4: Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk me-restart PC/Laptop. Nah, disini kalian bisa langsung restart atau menyimpan tanpa langsung restart.

Jika kalian sudah melakukan restart, maka laptop/PC kalian akan menyala kembali dengan masuk ke Safe Mode. Cukup mudah bukan?

Nah, apabila kalian ingin mengembalikan ke konfigurasi awal (tanpa masuk ke Safe Mode). Maka, kalian bisa membuka msconfig kembali lalu hilangkan centang pada checkbox Safe Boot. Karena, jika fitur/checkbox ini selalu dicentang maka kalian akan selalu diarahkan untuk masuk ke Safe Mode.

Selesai.

Bagaimana, apakah kalian masih bingung untuk masuk ke Safe Mode Windows 10? Tentunya cara-cara di atas bisa langsung kalian praktekan dengan menggunakan laptop kalian. 

Selain dapat digunakan untuk recovery atau melakukan trobleshooting, biasanya Safe Mode juga dapat digunakan untuk mengatasi laptop yang lemot di Windows 10.

Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ya. Sekian pembahasan kita seputar cara masuk Safe Mode Windows 10, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar