Cara Melacak Keberadaan HP yang Hilang (Android dan iOS)

HP kesayangaan milikmu hilang? Simak cara melacak keberadaan HP yang hilang (Android dan iOS) berikut ini.

Saat ini, handphone merupakan sebuah alat atau kebutuhan yang tak dipungkiri selalu dibawa kemanapun kita pergi. Ya, barang kecil ini seolah-olah tak pernah lepas dari genggaman tangan dan pandangan mata kita.

Bagaimana tidak? Kebanyakan dari aktivitas kita banyak terlibat dan atau harus membutuhkan bantuan dari handphone, terlebih lagi smartphone. Mulai dari pekerjaan, sekolah, kuliah, dan yang lainnya seolah tak lepas dengan bantuan barang satu ini.

Nah, jika suatu ketika HP kita hilang, tentunya kita akan merasa bingung, cemas dan khawatir. Namun kalian tak perlu terburu-buru untuk pasrah begitu saja. Mengapa tidak? Pasalnya banyak cara bisa kita lakukan untuk melacak HP yang hilang.

Baik Android maupun iOS, kedua handphone ini telah terhubung dengan satu akun email dimana dapat digunakan untuk mengontrol berbagai aktivitas. Dan salah satunya adalah melacak HP yang hilang.

Bagaimana detailnya? Simak cara untuk melacak HP yang hilang berikut ini:

Melacak HP Android

Kita tahu bahwa saat pertama membeli smartphone Android, sebelum dapat menggunakan semua fasilitas yang ada. Kita diminta untuk melengkapi data pribadi dengan menggunakan akun Gmail.

Nah, selain akun Gmail tersebut digunakan untuk dapat mengakses Play Store, tentunya juga dapat digunakan untuk hal lain. Benar saja, akun Gmail yang ada pada Android dapat kita manfaatkan untuk melacak keberadaan Android milik kita.

Untuk melacak Android yang hilang, kita dapat melakukannya dengan dua cara. Pertama via website, dan yang kedua via aplikasi.

Via Website 

Where is my phone merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk mencari lokasi device atau handphone yang terhubung dengan akun Gmail. Simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka Browser (Google Chrome ataupun yang lain)

Langkah #2: Kemudian cari dengan kata kunci pencarian “Where is my phone/Find my device” di Google atau klik link ini.

Langkah #3: Selanjutnya kalian akan diminta untuk login ke akun Gmail yang terhubung dengan Android kalian yang hilang. 

Langkah #4: Setelah berhasil login, maka akan tampil halaman dashboard Google Find My Device.

Pada halaman ini, akan tampil beberapa device atau perangkat (handphone) yang terhubung dengan akun email kalian.

Langkah #5: Pilih device yang terhubung dan ingin kalian lacak keberadaannya. Setelah melewati beberapa proses sesaat, akan muncul lokasi keberadaan HP kalian yang hilang.

Selesai.

Via Aplikasi – Find My Device

Selain dapat menggunakan website, fitur yang disediakan oleh Google ini juga hadir dalam bentuk aplikasi. Namun, jika kalian ingin menggunakan cara ini tentunya kalian memerlukan bantuan dengan menggunakan Android yang lain untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah di bawah ini:

Langkah #1: Apabila kalian belum memiliki aplikasi Find My Device, maka download dan instal aplikasi tersebut terlebih dahulu. Untuk download Find My Device, silahkan klik link ini.

Langkah #2: Buka aplikasi Find My Device

Langkah #3: Setelah aplikasi terbuka, login dengan akun Gmail yang terhubung dengan HP yang ingin dilacak

Langkah #4: Setelah proses login berhasil, maka akan tampil detail lokasi dan perangkat yang terhubung dengan akun Gmail yang digunakan.

Selesai

Melacak iPhone

Layaknya Android, iPhone juga menyediakan fitur untuk melacak lokasi keberadaan dari perangkat yang digunakan. Sama halnya dengan Android, di iPhone setiap device yang digunakan juga terhubung dengan yang namanya iCloud.

Nah, dengan salah satu fitur iCloud ini kita dapat menggunakannya untuk melacak iPhone yang hilang. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka wesbite iCloud.com/find atau klik link ini.

Langkah #2: Kemudian login dengan akun ID Apple yang kalian miliki (email & password).

Langkah #3: Setelah berhasil login, tunggu proses pencarian device hingga beberapa saat.

Langkah #4: Lalu, setelah proses pencarian berhasil maka akan tampil detail lokasi device/perangkat iPhone yang kalian cari.

Selesai.

Untuk melacak keberadaan iPhone, pastikan device yang ingin dicari mengaktifkan fitur Find My iPhone/Cari iPhone Saya. Jika fitur ini dimatikan, maka iPhone tidak dapat dilacak dengan menggunakan cara di atas.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Seluruh handphone yang resmi beredar di pasaran, telah dilengkapi dengan nomor identitas yang disebut dengan IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nah, selain digunakan sebagai alat identitas, IMEI juga bisa loh digunakan untuk melacak HP yang hilang.

Namun, jika kalian menghendaki untuk menempuh cara melacak HP hilang dengan IMEI, cara ini bisa dibilang sedikit membutuhkan usaha yang lebih dibandingkan dengan cara-cara lain di atas.

Mengapa demikian? Pasalnya kita harus melewati beberapa tahap untuk dapat melacak HP yang hilang. Nah, bagaimana detailnya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Pastikan kalian sudah mengetahui IMEI dari HP yang ingin dilacak, pun juga nomor telepon selular yang terpasang di HP kalian.

Apabila kalian belum mengetahui IMEI HP kalian, kalian dapat melakukan cek nomor IMEI terlebih dahulu.

Langkah #2: Langkah selanjutnya kalian dapat mempersiapkan surat keterangan hilang dari Pihak Kepolisian. Hubungi dan datangi kantor polisi terdekat dengan lokasi hilangnya HP, dan mintalah surat keterangan tersebut.

Surat keterangan ini akan digunakan atau diperuntukkan kepada provider operator seluler untuk melacak keberadaan HP.

Langkah #3: Kemudian, datang atau hubungi Provider Operator Seluler untuk melacak lokasi keberadaan HP kalian yang hilang.

Nah, pada langkah ini kalian akan dimintai surat keterangan hilang dari Pihak Kepolisian untuk melacak IMEI yang ada di HP kalian.

Bagaimana? Cukup membutuhkan effort yang lebih kan?

Sedikit tips dari kami, apabila kalian mengalami musibah kehilangan HP ada baiknya langkah pertama yang kalian lakukan adalah memberi informasi/kabar kepada orang-orang terdekat. Baik keluarga, teman, maupun sahabat. Dengan demikian, setidaknya dapat mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tinggalkan Komentar