7 Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan Mudah

Sering merasa terganggu dengan notifikasi auto update di Windows 10? Ini dia cara disable auto update di Windows 10.

Hingga saat ini, Microsoft masih saja mengupayakan berbagai perbaikan untuk menyempurnakan Windows 10. Dimana kita tahu, seri OS Windows ini merupakan yang terbaru dan belum ada versi selanjutnya.

Berbagai upaya perbaikan yang dilakukan dimaksudkan untuk membenahi dan melengkapi bilamana masih terdapat berbagai bug maupun error. Pun juga memberikan  berbagai fitur baru jika dibutuhkan. Berbagai usaha dari Microsoft untuk “menyempurnakan” produknya tadi, biasa kita kenal dengan istilah Windows Update.

Terkadang, banyak pengguna yang merasa terganggu dengan upaya pembaharuan ini. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari kuota internet, besarnya memori/ukuran update, dan masih banyak lagi. Sehingga banyak dari kalangan pengguna yang menghendaki untuk mematikan auto update Windows 10 tersebut.

Lantas, bagaimana sih caranya? Pada artikel ini, Ubixlo akan bahas berbagai cara untuk mematikan auto update Windows 10 sesuai dengan kebutuhan kalian.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Melalui Registry Editor (regedit)

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan fitur Registry Editor atau yang biasa dikenal dengan istilah regedit

Nah, untuk mematikan auto update tersebut, ikuti beberapa langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka jendela Registry Editor, kalian bisa membukanya dengan dua cara, yakni bisa melalui Run (Windows+R) atau langsung melalui pencarian dari taskbar Windows.

Langkah #2: Setelah Registry Editor terbuka, selanjutnya cari “HKEY_LOCAL_MACHINE → SOFTWARE → Policies → Microsoft → Windows

Langkah #3: Selanjutnya, klik kanan pada folder Windows kemudian pilih New Key dan beri nama Key tersebut “WindowsUpdate”.

Langkah #4: Lalu, buatlah Key lagi di WindowsUpdate dengan cara yang sama seperti sebelumnya, dan beri nama “AU”.

Langkah #5: Selanjutnya, klik kanan pada Jendela bagian kanan dan pilih New DWORD (32-bit) value, isilah dengan nama “NoAutoUpdate”.

Langkah #6: Lalu, double-click pada NoAutoUpdate yang baru saja kita buat, dan isi value pada kolom Value data dengan angka 1. 

Langkah #7: Lalu klik OK, kemudian restart PC kalian.

Selesai.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Melalui Windows Services (services.msc)

Cara mematikan auto update Windows 10 selanjutnya bisa kalian lakukan dengan fitur Windows Services. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah #1: Buka jendela Windows Services, kalian bisa membukanya dengan dua cara, pertama bisa dengan Run (Windows+R) atau langsung melalui pencarian dengan kata kunci “Services dari taskbar Windows.

Langkah #2: Setelah jendela Services terbuka, selanjutnya cari dan double-click Windows Update.

Langkah #3: Setelah muncul jendela Windows Update, ubah pada bagian Startup type menjadi Disabled, lalu klik Stop dan tunggu proses hingga selesai.

Langkah #4: Setelah proses selesai, klik Apply OK, kemudian Restart PC kalian.

Selesai.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Melalui Group Policy Editor (gpedit.msc)

Cara selanjutnya juga bisa dilakukan dengan Local Group Policy Editor atau yang biasa dikenal dengan istilah gpedit.msc. Nah, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Pertama, buka jendela Local Group Policy Editor dengan cara masuk melalui fitur Run seperti dua cara sebelumnya. Ketikkan “gpedit.msc” lalu tekan Enter.

Langkah #2: Setelah jendela Local Group Policy Editor terbuka, selanjutnya pilih Local Computer Policy  Computer Configuration  Administrative Templates melalui jendela bagian kiri dan pilih (doubled-click) Windows Component.

Langkah #3: Setelah muncul daftar folder dari Windows Component, selanjutnya pilih (double-click) Windows Update

Langkah #4: Lalu akan muncul daftar setting pada jendela bagian kanan dan pilih Configure Automatic Updates.

Langkah #5: Setelah muncul jendela Configure Automatic Updates, kemudian ubah Not Configured menjadi Enable. Dan pada bagian options → Configure automatic updating, pilih Notify for download and auto install.

Langkah #6: Lalu klik Apply, kemudian klik OK lalu Restart PC Kalian

Selesai

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Menggunakan Aplikasi Win Update Stop

Setelah empat cara di atas kita memanfaatkan berbagai fitur yang sudah ada di Windows 10. Nah, cara selanjutnya bisa dibilang merupakan cara yang paling mudah dibandingkan dengan empat cara sebelumnya.

Cara ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu Win Update Stop. Aplikasi besutan Novirusthanks ini dapat digunakan untuk menonaktifkan atau mengaktifkan pembaruan Windows 10 dengan otomatis.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah #1: Download aplikasi Win Update Stop disini.

Langkah #2: Setelah download berhasil, selanjutnya install aplikasi tersebut pada PC kalian.

Langkah #3: Buka aplikasi Win Update Stop, lalu klik “Disable” untuk mematikan update otomatis Windows 10 (Jika ingin menyalakan update otomatis, maka kalian klik Enable)

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Melalui Command Prompt

Cara yang keempat, bisa kalian lakukan dengan menggunakan Command Prompt atau yang lebih populer dengan nama CMD.

Untuk mematikan auto update Windows 10 melalui Command Prompt, bisa kalian lakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka Command Prompt dan masuk sebagai admin. Caranya dengan klik Pencarian di taskbar Windows, lalu ketik “Command Prompt”, klik kanan dan Run as administrator.

Langkah #2: Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik dan enter beberapa perintah di bawah ini secara bertahap dan satu per satu:

  1. net stop wuauserv
  2. net stop bits
  3. net stop dosvc

Setelah kalian memasukkan ketiga perintah tersebut, dan masing-masingnya berjalan dengan lancar (terdapat keterangan “…successfully”), maka proses mematikan auto update Windows 10 telah berhasil.

Langkah #3: Selanjutnya, restart PC kalian.

Selesai

Apabila kalian ingin mengaktifkan/menyalakan auto update Windows 10 lagi, kalian bisa memasukkan perintah di Command Prompt sama seperti cara di atas dengan perintah sebagai berikut:

  1. net start wuauserv
  2. net start bits
  3. net start dosvc

Dengan cara di atas, kalian telah mematikan auto update Windows 10 secara permanen. Apabila suatu saat kalian ingin melakukan Update, kalian bisa melakukannya dengan manual, dengan cara masuk ke menu Setting Update & Security Windows Update Check for updates.

Jika kelima cara sebelumnya untuk mematikan auto update Windows 10 dengan permanen. Selanjutnya kita akan bahas beberapa cara mematikan auto update Windows 10 hanya dalam waktu sementara atau sesuai dengan keinginan kalian.

Berikut detail lengkapnya:

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Menggunakan Fitur Pause Updates (Defer Upgrade)

Sudah kita sebutkan di awal, bahwa cara ini tidak benar-benar mematikan auto update Windows 10. Melainkan hanya menunda hingga waktu yang sudah ditentukan, untuk melakukannya di Windows 10 telah menyediakan fitur Pause Updates

Cara melakukannya pun sangat mudah, hanya dengan beberapa langkah saja, kalian sudah bisa mematikan update Windows hingga waktu yang kalian tentukan.

Berikut cara lengkapnya:

Langkah #1: Buka menu Setting di Windows kalian

Langkah #2: Lalu pilih Update & Security

Langkah #3: Setelah jendela Update & Security terbuka, pilih menu Windows Update pada jendela bagian kiri, kemudian pilih Advanced Options pada jendela bagian kanan.

Langkah #4: Setelah Advanced Options terbuka, scroll ke bawah dan cari Pause Updates. Disini kalian bisa menentukan waktu hingga kapan update Windows 10 akan dimatikan.

Selesai

Perlu kalian ketahui, bahwa untuk menunda atau mematikan update Windows 10 sementara ini hanya memiliki jangka waktu maksimal selama 35 hari

Jika kalian ingin menunda dengan jangka waktu yang lebih lama atau bahkan ingin mematikannya secara permanen, gunakan beberapa cara lain yang sudah kita bahas di atas.

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 Menggunakan Fitur Metered Connection

Cara selanjutnya juga bisa kalian lakukan tanpa bantuan aplikasi, alias di Windows 10 telah menyediakan fitur Metered Connection yang sudah bisa langsung digunakan.

Konsep dari Metered Connection ini juga tidak bisa mematikan auto update Windows secara permanen. Melainkan, hanya membatasi penggunaan internet atau bandwidth pada jaringan tertentu. Misalkan tethering jaringan dari smartphone dan lain sebagainya sesuai kondisi kalian.

Untuk melakukannya pun juga sangat mudah. Ikuti beberapa tahapan untuk menggunakan Metered Connection di bawah ini:

Langkah #1: Masuk ke menu Setting pada Windows kalian, lalu pilih Network & Internet.

Langkah #2: Selanjutnya, masuk ke menu WiFi pada tab menu bagian kiri

Langkah #3: Pilih dan klik nama jaringan yang akan kalian atur dengan menggunakan Metered Connection. Pastikan kalian sudah pernah atau sedang terhubung dengan jaringan tersebut.

Langkah #4: Setelah muncul jendela Pengaturan Jaringan, scroll ke bawah dan cari fitur Metered Connection, lalu pada bagian “Set as metered connection” ubah menjadi “on”.

Langkah #5: Selanjutnya, kalian juga bisa mengatur limit/batas penggunaan data pada jaringan yang kalian pilih, dengan cara klik tombol “Set data limit to help control data usage on this network”.

Langkah #6: Lalu kalian akan dialihkan ke jendela Network Status, selanjutnya pilih Data Usage.

#Langkah 7: Pada bagian Data limit, klik Enter Limit untuk mengatur pembatasan penggunaan data. Disini kalian bisa mengatur penggunaan data berdasarkan penggunaan Bulanan, Sekali Waktu, atau tanpa Batasan.

#Langkah 8: Masukan batasan data limit sesuai keinginan kalian, dan klik Save.

Selesai

Dalam kasus update otomatis Windows 10, sebenarnya dikembalikan pada masing-masing pengguna. Apakah merasa perlu atau tidak, jika tidak perlu pembaharuan maka bisa mematikan fitur auto update tersebut.

Namun, jika dirasa butuh pembaharuan Windows 10, maka biarkan saja berjalan sebagaimana mestinya. Karena, Microsoft sebagai penyedia pasti menginginkan produknya berguna dan bermanfaat bagi para penggunanya dengan fitur dan layanan termutakhir.

Sekian pembahasan seputar cara mematikan auto update Windows 10. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Komentar