Cara Membuat Google Form untuk Berbagai Keperluan

Panduan lengkap membuat Google Form dengan mudah dan cepat. Dari template kosong hingga pengolahan data.

Saat ini, telah banyak platform penyedia formulir online yang mudah digunakan. Mungkin banyak dari kalian yang sudah pernah mengisi formulir pendaftaran, kuesioner, hingga soal ujian dengan menggunakan form online. Dari berbagai jenis form tersebut, banyak diantaranya menggunakan Google Form. 

Ya, fasilitas formulir dari Google ini memang sangat populer dikalangan banyak orang. Selain mudah digunakan, pun juga mudah untuk membuatnya. Ada dua cara yang bisa kalian gunakan dalam membuat Google Form. Pertama, kalian bisa membuatnya mulai dengan scratch alias dari nol, dan kedua kalian bisa membuatnya dengan menggunakan template formulir yang sudah disediakan.

Bagusnya lagi, data atau jawaban yang dikirim oleh user/responden pun akan tertata rapi. Sehingga kalian akan lebih mudah untuk memahami dan mengolah data  yang kalian dapat dari Google Form.

Nah, disini kita akan bahas secara lengkap bagaimana cara membuat Google Form hingga pengelolaan data yang dikirim responden. 

Sekilas Tentang Google Form

Google mengawali sebuah platform formulir online pada tahun 2008. Awalnya, formulir tersebut masih menjadi satu dalam fitur Google Sheets. Saat itu, jika kalian ingin membuat formulir, maka yang perlu kalian lakukan adalah membuatnya melalui Sheets.

Berbeda dengan sekarang, Google Form telah berkembang pesat dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Tepatnya pada tahun 2016, Google secara resmi merilis platform formulir online yang kita kenal seperti sekarang.

Kalian tak akan kesulitan seperti dulu lagi, dengan User Interface yang menarik, simpel, dan praktis, tentunya akan memudahkan pekerjaan kalian dalam menyusun dan mengolah formulir online.

Selain itu, hadirnya User Interface yang demikian, tentu akan membawa pengalaman pengguna pada sesuatu yang lebih jauh lagi. Pasalnya, telah tersedia berbagai fitur dan template siap pakai yang bisa kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian. Terlebih lagi, semua hal tersebut akan kalian dapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Maka tidak mengherankan, jika saat ini banyak beredar berbagai jenis formulir online yang menggunakan Google Form. Mulai dari kuesioner, daftar hadir, formulir pendaftaran acara, hingga soal ujian sekalipun.

Nah, itulah beberapa hal seputar Google Form yang perlu kalian ketahui. Selanjutnya, kita bisa langsung mulai untuk membuat salah satu contoh form menggunakan Google Form. Simak langkah-langkah berikut ini:

5 Langkah Mudah Membuat Google Form

  1. Buka Situs Google Form
  2. Menentukan Template dan Menyusun Google Form
  3. Mempercantik Tampilan Google Form
  4. Membagikan Google Form
  5. Melihat dan Mengolah Data User/Responden

1. Buka Situs Google Form

Sebelum membuat Google Form, pastikan kalian sudah memiliki konsep dan rencana terkait formulir apa yang ingin kalian buat. Rencana dan konsep tersebut bisa dimulai dengan memilih dan menentukan poin-poin pertanyaan yang ingin diajukan. Termasuk juga beberapa pilihan jawaban jika diperlukan.

Nah, lebih lengkapnya kalian bisa simak beberapa poin berikut ini yang perlu kalian siapkan dalam menentukan konsep untuk membuat Google Form:

  • Maksud dan tujuan pembuatan formulir
  • Susunan dan urutan pertanyaan
  • Jenis pertanyaan
  • Daftar pertanyaan
  • Jenis jawaban (sesuai dengan jenis pertanyaan)
  • Pilihan jawaban (sesuai model pertanyaan, misal: pertanyaan pilihan ganda, maka perlu menyiapkan pilihan jawaban)

Setelah beberapa poin di atas sudah kalian siapkan, maka proses selanjutnya pun akan lebih mudah. Dengan begitu, kita bisa langsung memulainya dengan mengakses situs Google Form. Kalian bisa membukanya dengan ketik “docs.google.com/forms” di browser kalian atau langsung saja dengan klik di sini.

2. Menentukan Template dan Menyusun Google Form

Setelah kalian membuka situs Google Form, maka akan tampil beberapa pilihan template yang tersedia dan langsung bisa kalian gunakan. Mulai dari template kosong, formulir registrasi, formulir kontak, hingga undangan pesta. 

Nah, agar kalian lebih leluasa dan bisa mengimplementasikan konsep yang telah dibuat. Maka disarankan untuk memilih menggunakan template kosong dan memulai membuatnya dari nol. Dengan begitu, kalian bisa eksplore lebih jauh fitur dari Google Form, pun juga bisa mengatur pertanyaan dan jawaban sesuai dengan keinginan kalian.

Lebih detailnya, silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Memulai dengan template kosong

Setelah kalian memilih template kosong, kalian akan diarahkan pada halaman untuk membuat Google Form dari nol hingga siap untuk digunakan.

Di sini, kalian bisa memulainya dengan memberi nama formulir yang kalian buat, dengan cara klik di bagian pojok kiri atas. Hal ini dimaksudkan untuk memberi identitas formulir agar lebih mudah untuk dikelola.

Langkah #2: Selanjutnya, isi judul dan deskripsi formulir. 

Judul formulir dimaksudkan untuk memudahkan user mengenali bahwa mereka sedang mengisi atau menjawab formulir yang dimaksud. 

Sedangkan pada kolom deskripsi dimaksudkan untuk menjelaskan seputar formulir. Bahkan, juga bisa kalian isi dengan petunjuk pengisian formulir, peraturan pengisian, dan penjelasan lainnya yang berkaitan.

Langkah #3: Membuat pertanyaan dan jawaban

Setelah memberi judul dan deskripsi pada formulir, selanjutnya kita bisa memulai dengan membuat beberapa poin pertanyaan beserta jawaban yang sudah kita siapkan di awal.

Pada contoh ini, Ubixlo akan mencoba membuat sebuah kuesioner dengan menggunakan Google Form. Jika kalian ingin membuat jenis formulir yang lain, secara konsep tidak jauh berbeda. Dengan demikian, kalian tetap bisa mengikuti tata cara membuat Google Form kali ini.

Dalam tahap ini, kalian bisa memulainya dengan mengisi kolom pertanyaan yang akan diajukan kepada responden atau user. Disini kami akan mencontohkan dengan membuat pertanyaan yang memiliki jenis jawaban pilihan ganda.

Terkait jenis jawaban, Google Form telah menyediakan setidaknya 11 jenis jawaban yang ingin kalian dapatkan dari user/responden.

Setelah membuat pertanyaan pertama, kalian bisa menduplikasi pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan selanjutnya. Sehingga, kalian akan lebih menghemat waktu dalam pembuatan Google Form. Untuk menduplikasi pertanyaan yang sudah dibuat, kalian bisa klik icon Copy (Duplicate) pada bagian bawah. 

Namun, sebelum kalian memutuskan untuk menduplikasi pertanyaan yang sudah ada, pastikan bahwa pertanyaan selanjutnya memiliki model pertanyaan dan jawaban yang sama. Entah pilihan ganda, jawaban singkat, dan yang lainnya. 

Apabila kalian tidak menginginkan duplikasi pertanyaan dan membuat model pertanyaan yang baru dan berbeda, kalian bisa menambahkan pertanyaan selanjutnya dengan klik icon Plus (+) di sebelah kanan.

Dengan begitu, kalian bisa melanjutkan beberapa pertanyaan selanjutnya sesuai dengan konsep yang telah kalian buat di awal.

3. Mempercantik Tampilan Google Form

Setelah selesai membuat beberapa pertanyaan, langkah selanjutnya adalah mempercantik tampilan dari Google Form yang telah kita buat. Pada langkah ini hanya bersifat opsional alias tidak wajib, sehingga kalian bisa langsung lanjut ke tahap selanjutnya.

Namun, jika kalian ingin membuat Google Form yang menarik, kalian perlu menyimak dan mempraktekannya pada tahap ini.

Untuk merubah tampilan Google Form, kalian bisa klik icon Pallet di bagian atas. 

Pada opsi ini, kalian bisa mengubah header, warna tema, warna latar belakang, dan juga font yang ingin digunakan. Dalam hal ini, kalian bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan dan selera kalian.

*) Catatan: Pastikan kalian menggunakan font yang nyaman dan enak untuk dibaca.

4. Membagikan Google Form

Jika dari segi tampilan sudah sesuai dan dirasa pantas, maka langkah selanjutnya adalah mengirim atau membagikan Google Form yang dibuat kepada user/responden.

Untuk memulainya, kalian bisa klik tombol Kirim di bagian pojok kanan atas.

Nah, disini kalian akan diberikan tiga metode share atau pengiriman. Mulai dari kirim via email, via URL/Link, via Sosial Media maupun iframe HTML. 

Pada tahap ini, kami akan memberikan contoh berbagi Google Form dengan menggunakan URL/Link. Karena, dengan metode tersebut sangat mudah dan praktis untuk menjangkau user/responden. 

Setelah URL/Link berhasil dibuat, maka kalian langsung bisa membagikannya kepada user/responden dengan beberapa cara. Mulai dari share via Whatsapp, Sosial Media, maupun secara langsung apabila kalian akan bertatap muka secara langsung dengan user/responden.

5. Melihat dan Mengolah Data User/Responden

Setelah beberapa saat kalian mengirimkan dan membagikan Google Form yang telah dibuat kepada user/responden. Maka selanjutnya kita langsung bisa melihat data atau jawaban dari user/responden secara langsung.

Untuk melihat dan mengolah data tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Melihat data atau jawaban

Tab “Respon” dapat kalian jumpai di bagian atas Google Form. Setelah kalian klik, maka kalian akan diarahkan pada halaman Tanggapan, dimana pada halaman ini akan tampil seluruh data atau jawaban yang telah diisi oleh user/responden di Google Form yang telah kalian buat.

Langkah #2: Memulai pengolahan data

Salah satu kelebihan dari Google Form adalah dapat terintegrasi secara langsung dengan Google Spreadsheet. Sehingga, kalian dapat memasukan dan mengolahnya secara langsung melalui Google Spreadsheet. 

Untuk melakukannya, silahkan klik tombol icon Spreadsheet di bagian atas tampilan data. Maka selanjutnya akan muncul jendela peraturan untuk impor data ke Spreadsheet. 

Disini kalian bisa memilih untuk membuat Spreadsheet baru atau memasukkannya ke Spreadsheet yang sudah ada.

Jika kalian telah memilih, maka kalian akan dialihkan ke halaman Spreadsheet yang berisikan data dari para user/responden.

Selesai.

Banyak kelebihan dan keuntungan yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan Google Form untuk berbagai kepentingan. Selain mudah dan praktis, tentu masih banyak kelebihan dan keuntungan lainnya yang bisa kalian dapat.

Kelebihan dan keuntungan tersebut di antaranya adalah:

  1. Gratis
  2. Mudah digunakan
  3. Data terpusat
  4. Terintegrasi dengan Google Spreadsheet
  5. Respon yang real time
  6. Metode share yang mudah dan praktis, dan masih banyak lagi

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tentunya kita akan sangat dimudahkan dalam hal pembuatan formulir pun juga pengolahan datanya.


Sekian pembahasan kita seputar cara membuat Google Form, semoga bermanfaat dan terima kasih.

6 Cara Mengubah Word ke PDF Secara Online dan Offline

Perlu mengubah file Word ke PDF? Berikut cara konversi Word ke PDF dengan mudah di laptop atau HP secara online dan offline.

Selengkapnya

Cara Mengatasi Limit Download di Google Drive dengan Mudah

Mau download file di Google Drive tapi kena limit? Tenang, berikut Ubixlo kasih tahu cara mengatasi limit download di Google Drive.

Selengkapnya

Apa Itu Cache? Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Jenisnya

Mau tahu apa itu cache? Berikut penjelasan lengkap tentang cache meliputi pengertian, fungsi, manfaat, dan jenis-jenis cache.

Selengkapnya

Apa Itu Daring? Pengertian, Tipe, dan Jenis Komunikasi

Sering mendengar istilah daring akhir-akhir ini? Lalu apa itu daring? Berikut pengertian daring, tipe, dan jenis-jenis komunikasinya

Selengkapnya

Apa Itu Server? Cara Kerja, Jenis-Jenis, dan Fungsinya

Sering mendengar istilah “server”? Apa itu server? Berikut pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenis dan fungsinya.

Selengkapnya

6 Cara Mengubah Word ke PDF Secara Online dan Offline

Perlu mengubah file Word ke PDF? Berikut cara konversi Word ke PDF dengan mudah di laptop atau HP secara online dan offline.

Selengkapnya

12 Aplikasi Perekam Layar Terbaik untuk Android dan iOS

Daftar rekomendasi aplikasi perekam layar terbaik untuk smartphone Android dan iOS dari yang gratis hingga yang berbayar.

Selengkapnya

Cara Mudah Mengubah Ukuran Pas Foto (2×3, 3×4, 4×6)

Panduan mudah mengubah ukuran pas foto menjadi 2×3, 3×4 dan 4×6 sesuai dengan standar studio foto.

Selengkapnya

Cara Aktivasi Windows 10 (Pro dan Home) Secara Permanen

Mau tahu bagaimana cara melakukan aktivasi Windows 10 (Pro atau Home) dengan lisensi original? Simak panduan lengkap berikut ini.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar