Cara Membuat Instagram Music dan Mengunggahnya di IG Story

Mau bikin InstaStory dengan Instagram Music? Berikut cara membuat dan menggunakan Instagram Music di IG Story.

Bagi para Instagram addict, fitur Instagram Music merupakan salah satu fitur Instagram yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, fitur satu ini tidak serta merta dirilis untuk seluruh pengguna Instagram di dunia, melainkan hanya diperuntukkan kepada pengguna di beberapa negara saja.

Namun kini, ada kabar baik untuk para pengguna Instagram di Indonesia. Mulai Rabu, 23 Juni 2021 kemarin, fitur Instagram Music sudah mulai bisa dinikmati dan digunakan di Indonesia.

Bahkan, di awal kehadirannya, Instagram Music di Indonesia ini sempat menjadi trending topic di Twitter dengan total lebih dari 10.000 cuitan netizen di platform tersebut. Tentu bisa kita simpulkan bahwa banyak para pengguna sosial media kita, yang menanti kehadiran Instagram Music.

Salah satunya adalah cuitan si Yuyun ini:

Apa Itu Instagram Music?

Seperti yang kami kutip dari laman resmi Instagram, Instagram Music adalah sebuah fitur Instagram Story terbaru, dimana para user dapat membuat sebuah postingan story dengan diiringi lagu/soundtrack berdurasi 15 detik.

Meski sesederhana itu, namun faktanya fitur ini sangat digemari dan mulai banyak ditemukan di jajaran feeds dan stories Instagram kita.

Sebenarnya, fitur ini sudah dirilis resmi oleh Instagram sejak 2018 silam. Seperti yang disebutkan di awal tadi, untuk pengguna di Indonesia sendiri baru dapat menikmati fitur ini di bulan Juni 2021.

Sehingga membuat fitur unik ini cukup sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna Instagram di Indonesia.

Untuk menggunakan Instagram Music, pengguna Instagram bisa menggunakan sebuah foto, gambar, hingga video untuk ditampilkan. Bilamana menggunakan video, maka durasi video yang digunakan pun juga hanya berlangsung selama 15 detik saja.

Namun, yang menjadi daya tarik dari fitur ini adalah pada saat video/foto berhasil dibuat menggunakan Instagram Music, akan muncul detail lirik dari lagu/soundtrack yang digunakan. Cukup unik bukan?

Cara Membuat Instagram Story dengan Instagram Music

Tak berbeda dengan membuat story-story Instagram pada umumnya, membuat InstaStory menggunakan Instagram Music juga sangat mudah dan simpel.

Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat Instagram Story dengan Instagram Music:

Langkah #1: Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang sudah pasti harus dilakukan adalah membuka aplikasi Instagram pada smartphone kalian.

Langkah #2: Swipe Layar ke Kanan untuk Memulai Membuat InstaStory

Setelah Instagram sudah terbuka, geser/swipe layar ke kanan untuk membuka dan memulai Instagram Story.

Langkah #3: Pilih Foto/Video atau langsung Potret/Rekam

Nah, untuk memulai membuat Instagram Music, selanjutnya pilih foto atau video yang diinginkan melalui fitur Unggah yang ada di pojok kiri bawah layar smartphone kalian.

Namun, jika kalian menginginkan memotret/merekam objek secara langsung, kalian bisa menggunakan fitur potret dan rekam yang telah disediakan Instagram.

Cara menggunakannya pun juga sama seperti saat kalian ingin membuat Instastory secara langsung.

Langkah #4: Aktifkan Fitur Instagram Music

Setelah mendapatan foto/video yang ingin dijadikan Instastory, langkah selanjutnya adalah memilih fitur Instagram Music.

Untuk memulainya, geser layar ke atas atau swipe up, kemudian cari dan pilih menu “Musik” pada fitur yang tersedia.

Langkah #5: Pilih Lagu/Soundtrack

Setelah memilih fitur Musik, akan tampil daftar lagu yang bisa digunakan untuk Instagram Story dengan Instagram Music.

Jika daftar lagu yang tampil tidak sesuai keinginan kalian, kalian bisa mencari dan memilih lagu berdasarkan judul lagu yang diinginkan. Sangat mudah bukan?

Langkah #6: Sesuaikan Potongan Lagu dan Edit Tampilan Lirik

Selanjutnya, kalian bisa menyesuaikan bagian lagu berdasarkan durasi yang telah ditentukan. Geser-geser slider musiknya yang ada di bagian bawah layar untuk memilih bagian lagu mana yang ingin dipilih. Seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa Instagram Music hanya mendukung durasi selama 15 detik saja.

Kemudian kalian juga bisa mengubah tampilan lirik lagunya. Terdapat beberapa fitur pengeditan seperti ganti font lirik, ganti warna, atau menampilkan poster lagu alih-alih menampilkan liriknya.

Kalau kalian sudah selesai menyesuaikan potongan lirik dan mengedit tampilannya, tap pada ikon centang yang ada di pojok kanan atas untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah #7: Kustomisasi Tampilan

Ketika sudah berhasil memilih dan menyesuaikan durasi lagu yang kalian pilih, maka akan muncul preview lirik lagu di objek foto/video yang ingin kalian unggah di Instagram Story.

Nah, pada langkah ini kalian bisa menyesuikan tampilan font, filter, dan memasukan hal-hal lain seperti sticker untuk menambah “warna” pada Instagram Story milik kalian.

Langkah #8: Unggah InstaStory

Setelah semua hal dirasa sudah cukup dan sesuai selera kalian, maka yang terakhir kalian bisa mengunggah foto/video tadi ke Instagram Story milik kalian. Caranya, klik Kirim Ke lalu klik Bagikan di Cerita Anda untuk mengunggahnya ke Story. Terakhir, klik Selesai.

Contoh InstaStory dengan Instagram Music

Bagaimana? Sangat seru dan menyenangkan bukan?

Itu tadi hal-hal yang berkaitan dengan Instagram Music dan juga cara membuatnya. Apabila kalian memiliki pertanyaan atau informasi lain seputar Instagram Music, jangan ragu untuk menyampaikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar