3 Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri dengan Mudah

Mau buat stiker sendiri di WA? Berikut cara membuat stiker di WhatsApp dengan foto sendiri baik menggunakan Android maupun PC.

Ubixlo — Pada saat ini sudah banyak aplikasi chatting yang digunakan oleh banyak orang salah satunya adalah aplikasi WhatsApp. WhatsApp memungkinkan kamu untuk saling mengirim pesan dengan teman dan keluarga baik itu pesan teks, pesan suara atau yang lainnya.

Pada 2018 silam, WhatsApp telah meluncurkan fitur baru yaitu stiker. Di mana kita tahu, bahwa stiker pada WhatsApp menampilkan beberapa fitur yang unik dan menarik.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk saling mengirim dan menerima stiker antarpengguna WhatsApp. Mulai dari stiker yang sudah tersedia dalam paket bawaan hingga stiker buatan kamu sendiri.

Lantas, bagaimana cara membuat stiker WA sendiri? Apakah caranya sulit?

Tenang, pasalnya membuat stiker WhatsApp itu tidak terlalu sulit, kok. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah di bawah saja. Berikut Ubixlo jelaskan cara membuat stiker di WA (WhatsApp).

Cara Membuat Stiker WA dengan Aplikasi

Cara paling mudah untuk membuat stiker WhatsApp adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sekarang ini sendiri sudah tersedia banyak sekali aplikasi pembuat stiker WA baik untuk platform Android maupun iOS. Dan bagusnya lagi, berbagai aplikasi tersebut bisa di-download dan digunakan secara gratis.

Salah satu aplikasi pembuat stiker WA terbaik di Android adalah Wemoji. Berikut di bawah ini cara membuat stiker di WA dengan aplikasi Wemoji.

Langkah 1: Download aplikasi Wemoji – WhatsApp Sticker Maker di Google Play Store.

Langkah 2: Setelah proses download selesai, buka aplikasinya. Kamu akan melihat dua menu yang tersedia, klik pada menu Create Sticker untuk membuat stiker baru.

Langkah 3: Kemudian lembar kerja untuk membuat stiker akan ditampilkan. Di bagian bawah layar, tersedia beberapa menu yang bisa dipilih. Klik pada menu Photo untuk memasukkan foto kamu sendiri.

Langkah 4: Pilih foto yang ingin dijadikan stiker. Lalu atur ukuran foto dengan menggunakan tombol-tombol yang ada di sisi dan pojok foto.

Langkah 5: Selanjutnya kamu juga bisa menambahkan teks atau emoji. Untuk menambahkan teks, klik pada menu Text yang ada di menu bagian bawah.

Lalu tulis teks yang ingin ditambahkan, pilih font, dan atur ketebalan stroke pada teksnya. Setelah selesai, klik tombol ceklis berwarna hijau yang ada di pojok kanan atas.

Langkah 6: Kamu masih bisa terus mengedit stiker yang akan kamu buat dengan memanfaatkan tools-tools yang tersedia.

Langkah 7: Jika sudah selesai, klik tombol Save yang terletak di pojok kanan atas. Jika muncul konfirmasi Save Image? klik Yes.

Langkah 8: Pilih sticker pack mana yang akan menyimpan stiker tersebut. Jika sebelumnya kamu sudah pernah membuat stiker pada aplikasi ini, daftar sticker pack yang pernah kamu buat akan ditampilkan. Kalau belum, klik tombol + warna hijau untuk membuat sticker pack baru. Beri nama sticker pack dan klik tombol Save.

Langkah 9: Notifikasi pop-up akan muncul, klik tombol Add untuk menambahkan stiker yang kamu buat ke WhatsApp.

Langkah 10: Stiker WA buatan kamu sendiri sudah bisa dipakai.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Bergerak

Jika kamu ingin membuat stiker WhatsApp yang dapat bergerak atau animasi GIF, maka kamu bisa menggunakan aplikasi Animated Sticker Maker for WA Sticker Apps. Untuk aplikasi seperti ini ukurannya juga tidak besar dan dapat kamu download langsung di Google Play Store, kok.

Aplikasi buatan dari Let Sticker Team ini sudah dipakai oleh lebih 1 juta pengguna Android, yang mana dapat menjadi jaminan keberhasilan ketika digunakan.

Jika kamu sudah men-download aplikasi tersebut, berikut ini adalah cara membuat stiker animasi WhatsApp bergerak:

  1. Langkah pertama siapkan media format GIF terlebih dahulu, kamu dapat mengunduhnya di Tenor.com.
  2. Berikutnya buka aplikasi Animated Sticker Maker for WA Sticker Apps, kemudian pilih Buat Sticker pack baru untuk WhatsApp dan juga isikan Nama Sticker Pack dan Pembuat kemudian klik Buat.
  3. Di halaman berikutnya Anda klik +, lalu pilih Dari Galeri dan kemudian pilih media format GIF yang sudah disiapkan dan pilih Done untuk mengunggahnya.
  4. Setelah semua media kamu upload, klik Tambahkan ke WhatsApp dan tunggu beberapa saat sampai semua media diproses.
  5. Selesai, sekarang kamu bisa memakai stiker animasi yang dibuat di atas ketika chatting di WhatsApp.

Cara Membuat Stiker WhatsApp di PC

Selain bisa dilakukan melalui smartphone, kamu juga bisa membuat stiker WA dengan bantuan aplikasi di PC atau laptop.

Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Photoshop. Pasalnya, Photoshop adalah salah satu jenis aplikasi edit foto terbaik yang dapat digunakan untuk membuat stiker WA.

Software ini nantinya dapat dipakai untuk resize ukuran foto, menghilangkan background ,dan juga menambahkan teks.

Cara membuat stiker WhatsApp di Photoshop juga tidak serumit yang kamu bayangkan, walaupun aplikasi ini memang cenderung diperuntukkan untuk profesional.

Tanpa basa-basi lagi, berikut ini cara membuat stiker WA di PC/laptop:

  1. Pertama buka aplikasi Photoshop kemudian ambil foto yang ingin kamu jadikan stiker.
  2. Berikutnya lakukan seleksi pada foto memakai fitur Pen Tool, agar nantinya terpisah dari background kemudian klik kanan dan pilih Make Selection.
  3. Berikutnya buat layer baru yang akan dipakai sebagai background transparan, aturannya 500 x 500 piksel untuk tinggi dan lebar, lalu di opsi Background Content pilih Transparent.
  4. Jika sudah, sekarang beralih ke foto yang kamu edit barusan supaya background-nya transparan, klik Save atau klik CTRL + S untuk menyimpannya.
  5. Sekarang transfer foto-foto yang kamu edit tersebut ke smartphone.
  6. Berikutnya download aplikasi Personal Sticker for WhatsApp untuk dapat menambahkan stiker yang sudah kamu buat tadi di Photoshop.
  7. Setelah terpasang, buka aplikasinya kemudian klik Add untuk bisa menambahkan stiker ke WhatsApp.
  8. Setelah selesai, jika kamu ingin menambahkan stiker WhatsApp yang ada tulisannya, maka bisa mengeditnya menggunakan aplikasi PicsArt di smartphone.

Nah itulah 3 cara membuat stiker WA sendiri. Kini kamu bisa membuat stiker WA bahkan dengan foto kamu sendiri yang akan membuat sensasi chatting jadi makin seru dan asik lagi. Kamu ada pertanyaan? Jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar ya!

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti Ubixlo di Google Berita.

5 Cara Mengatasi Fitur Instagram Music yang Tidak Muncul

Fitur music di InstaStory kamu nggak ada? Baca lima cara mengatasi fitur Instagram Music yang tidak muncul berikut ini.

Selengkapnya

Cara Download Video di Facebook Tercepat Tanpa Aplikasi

Mau download video Facebook tapi nggak tau caranya? Berikut cara download video dari Facebook lewat HP dan PC tanpa aplikasi.

Selengkapnya

5 Cara Download Video Instagram Reels Secara Gratis

Mau menyimpan video dari IG Reels ke galeri HP? Ikuti lima cara download video Instagram Reels berikut ini, 100% work!

Selengkapnya

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

Panduan lengkap untuk membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus (disertai dengan gambar).

Selengkapnya

8 Cara Mengatasi Laptop Windows 10 yang Lemot

Sistem operasi Windows 10 di laptop kamu berjalan lambat/lemot? 8 cara di bawah ini bisa mempercepat kinerja laptop kamu.

Selengkapnya

10 Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau PC di Windows 10

Laptop atau PC kamu mulai terasa lambat performanya? Simak 10 cara mempercepat performa laptop Windows 10 berikut ini.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar