5 Cara Memperbesar Ukuran Foto (Online dan Offline)

Mau tau cara memperbesar ukuran foto dengan mudah? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pernahkah kalian mengalami masalah saat mengunggah sebuah foto atau gambar ke website maupun formulir online? Nah, beberapa kendala atau masalah yang sering terjadi adalah ukuran foto yang tidak sesuai. 

Ukuran foto atau gambar memang menjadi salah satu standar yang sering digunakan di website maupun formulir online. Dan masalah yang sering terjadi adalah ukuran foto yang terlalu kecil. 

Padahal ukuran foto juga dapat dibesarkan loh. Biasanya, tujuan untuk memperbesar sebuah foto adalah agar resolusi dari foto tersebut semakin tinggi dan dapat dilihat dengan jelas. Cara memperbesar ukuran foto pun cukup mudah dan sangat sederhana.

Dengan memperbesar ukuran foto, selain memenuhi standar yang dibutuhkan pun juga akan membuatnya terlihat lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut ini Ubixlo sajikan beberapa cara dan tips yang dapat kalian lakukan untuk memperbesar ukuran foto secara online maupun offline.

  1. Menggunakan Resizeimage.net
  2. Menggunakan Let’s Enhance
  3. Menggunakan ILoveIMG
  4. Menggunakan Paint
  5. Menggunakan Aplikasi Photo & Picture Resizer

1. Menggunakan Resizeimage.net

Di cara yang pertama, kita akan menggunakan salah satu tools online untuk memperbesar ukuran foto, yaitu Resize Image.

Resize Image adalah salah satu tools atau website yang dapat kalian gunakan untuk mengubah ukuran foto baik menguranginya atau memperbesarnya. 

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan Resizeimage.net untuk memperbesar ukuran foto.

Langkah #1: Buka web browser kalian lalu kunjungi resizeimage.net, atau kalian bisa klik disini.

Langkah #2: Setelah kalian berhasil mengunjungi Resize Image, kalian akan disajikan beberapa fitur atau fasilitas yang disediakan oleh situs ini.

Diantaranya adalah:

  • Crop your image, digunakan untuk memotong bagian foto.
  • Rotate your image, digunakan untuk memutar posisi dari foto.
  • Resize your image, digunakan untuk mengubah ukuran dari foto. Karena ingin memperbesanya, kalian dapat menggeser garis ke arah kanan.
  • Select output image format, digunakan untuk mengatur format foto yang akan disimpan.
  • Optimize your image, digunakan untuk mengatur kualitas dari foto tersebut.

Langkah #3: Nah, sebelum kalian mulai, kalian perlu meng-upload foto/gambar yang ingin kalian perbesar. Disini kalian klik Upload Image.

Setelah itu, pilih foto/gambar yang ingin kalian perbesar. Lalu, tunggu hingga proses upload berhasil, dan tampil preview dari foto yang kalian upload.

Langkah #4: Nah, untuk memperbesar ukuran foto, pilih dan gunakan fitur Resize your image. Kemudian atur ukuran foto/gambar sesuai dengan keinginan kalian.

Langkah #5: Jika semua pengaturan sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah klik tombol “Resize Image” di bagian bawah.

Langkah #6: Lalu, kalian dapat menunggu beberapa saat hingga proses mengubah ukuran foto berhasil dilakukan. Jika proses sudah selesai, maka akan tersedia sebuah link untuk mengunduh hasil dari foto yang telah diperbesar.

Selesai.

2. Menggunakan Let’s Enhance

Selain Resize Image, kalian juga dapat menggunakan situs lain, seperti halnya Let’s Enhance.

Let’s Enhance memiliki satu kelebihan dibandingkan Resize Image. Dimana aplikasi ini dapat mengubah ukuran foto menjadi jauh lebih baik dibandingkan ukuran sebelumnya, layaknya mengubah kualitas gambar HD menjadi Full HD.

Namun sayangnya, di Let’s Enhance kalian tidak bisa menggunakannya begitu saja seperti di Resize Image. Akan tetapi, kalian perlu melakukan registrasi terlebih dahulu.  

Berikut ini adalah beberapa langkah memperbesar ukuran foto dengan menggunakan Let’s Enhance:

Langkah #1: Langkah pertama adalah kunjungi Let’s Enhance (klik disini) lalu lakukan registrasi terlebih dahulu, atau kalian langsung bisa login dengan menggunakan akun Google/Facebook yang kalian miliki.

Langkah #2: Setelah kalian berhasil login, selanjutnya kalian bisa mengupload foto yang ingin kalian perbesar ukurannya.

Setelah foto berhasil diupload, maka akan tampil detail dan preview dari foto milik kalian di bagian Image To Process.

Langkah #3: Dibagian sidebar kanan, kalian dapat memperbesar ukuran foto berdasarkan “Upscale Type” dan “Upscale Size“/. Let’s Enhance mampu memperbesar ukuran foto hingga 16x lipat dan juga tersedia kustomisasi ukuran sesuai keinginan. 

Langkah #4: Setelah kalian menentukan ukuran foto yang ingin kalian perbesar, langkah selanjutnya cukup klik “Start Processing”.

Langkah #5: Lalu foto kalian akan diproses di bagian “Processed Images”.

Setelah selesai akan muncul icon download” sehingga kalian langsung bisa mengunduh foto yang telah berhasil diperbesar ukurannya.

Selesai

3. Menggunakan ILoveIMG

Selain Resize Image dan Let’s Enhance, ada juga website lain yang banyak digunakan untuk memperbesar ukuran foto, yaitu ILoveIMG. Bagusnya lagi, website ini tidak hanya digunakan untuk memperbesar ukuran foto saja. 

Akan tetapi, juga memiliki beberapa layanan lain yang banyak dibutuhkan. Mulai dari convert JPG, compress, crop, dan masih banyak lagi.

Bahkan, jika kalian menggunakan ILoveIMG, kalian dapat mengatur resolusinya secara manual. Sehingga foto yang kalian ubah ukurannya pun akan memiliki kualitas yang maksimal. 

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memperbesar ukuran foto dengan ILoveIMG:

Langkah #1: Buka website ILoveIMG atau kalian dapat mengaksesnya melalui link ini

Langkah #2: Setelah berhasil masuk ke halaman untuk merubah ukuran foto, klik tombol “Select images” untuk memilih foto yang ingin diperbesar ukurannya.

Langkah #3: Setelah foto berhasil diupload, maka akan tampil preview di bagian kiri dan juga jendela pengaturan di sebelah kanan.

Kemudian kalian dapat mengatur kolom Width (Lebar) dan Height (Tinggi) sesuai keinginan untuk diperbesar ukurannya. 

Langkah #4: Jika semua kolom sudah diatur, langkah selanjutnya yaitu klik tombol Resize Images.

Langkah #5: Lalu, kalian dapat menunggu beberapa saat hingga proses mengubah ukuran foto selesai.

Jika prosesnya sudah selesai, kalian dapat klik tombol Download Resize Images.

Selesai

4. Menggunakan Paint

Setelah kita bahas beberapa cara memperbesar ukuran foto dengan menggunakan website atau online. Pada cara ini kita akan bahas beberapa cara tanpa harus dengan menggunakan website, alias offline.

Nah, pertama kita akan menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Paint. Selain dapat digunakan untuk menggambar atau mengedit foto, Paint juga dapat digunakan untuk mengubah ukuran sebuah foto. 

Berikut ini beberapa langkah untuk memperbesar ukuran foto menggunakan Paint.

Langkah #1: Buka aplikasi Paint di perangkat PC/laptop kalian.

Langkah #2: Setelah aplikasi Paint terbuka, maka selanjutnya buka dan pilih foto yang ingin kalian perbesar ukurannya. Caranya, cukup klik File → Open, cari dan pilih foto sesuai keinginan kalian. 

Langkah #3: Selanjutnya, klik menu Resize yang terdapat di bagian atas lembar kerja.

Langkah #4: Lalu, akan muncul kotak dialog “Resize and Skew”. Disini kalian dapat memilih menu Pixels lalu mengubah nilai pixel yang terdapat di kolom menjadi lebih besar dibandingkan nilai awalnya, selanjutnya klik OK.

Langkah #5: Setelah foto berhasil diperbesar, kalian bisa menyimpan foto tersebut dengan klik menu File lalu pilih Save as.

Disini kalian dapat memilih format gambar sesuai keinginan kalian, mulai dari JPG maupun PNG.

Selesai

5. Menggunakan Aplikasi Photo & Picture Resizer

Photo & Picture Resizer merupakan sebuah aplikasi mobile yang biasa digunakan untuk mengubah ukuran foto. Dengan demikian, kalian dapat memperbesar ukuran foto dengan menggunakan aplikasi ini.

Untuk memperbesar ukuran foto dengan menggunakan aplikasi Photo & Picture Resizer, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Download dan install aplikasi Photo & Picture Resizer yang telah tersedia di Google Play Store dan App Store.

Langkah #2: Jika aplikasi sudah diinstal, maka langkah selanjutnya yaitu membuka aplikasi tersebut.

Langkah #3: Setelah aplikasi terbuka, pada halaman utama kalian dapat memilih opsi “Select Photos”.

 Langkah #4: Lalu, cari dan pilih foto yang ingin kalian ubah ukurannya pada perangkat kalian.

Langkah #4: Jika foto sudah dipilih, maka langkah selanjutnya yaitu tap tombol Resize yang terdapat di bagian bawah layar.

Langkah #5: Setelah itu kalian bisa tap menu sesuaikan dan mengatur ukuran resolusi yang diinginkan.

Langkah #6: Langkah selanjutnya yaitu tunggu hingga prosesnya selesai dan foto berhasil tersimpan di perangkat kalian.

Selesai.


Bagaimana, cukup mudah bukan? Kalian bisa langsung mempraktekan beberapa cara memperbesar ukuran foto di atas sesuai dengan kebutuhan kalian.

Toh, cara-cara tersebut bisa dibilang mudah dan simpel. Sehingga tidak membutuhkan effort lebih untuk “mengutak-atik” ukuran foto.

Sekian pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar