Cara Menampilkan Layar HP ke PC/Laptop via USB dan Wifi

Mau menampilkan layar HP ke PC? Berikut tutorial cara menampilkan layar HP ke laptop dengan kabel data USB atau WiFi.

Teknologi saat ini semakin canggih, terbukti kini pengguna HP dapat menampilkan layar HP-nya ke laptop. Namun hanya sedikit orang yang mengetahuinya. Bahkan banyak yang mengira hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan. Apakah kamu juga mengira hal yang demikian?

Padahal, cara untuk menampilkan layar HP ke laptop terbilang cukup mudah. Hal tersebut sangat berguna jika kamu ingin menampilkan layar HP ke proyektor yang sudah terhubung ke laptop yang akan digunakan untuk presentasi.

Buat kamu yang belum tahu, simak cara menampilkan layar HP ke laptop dari Ubixlo berikut ini.

Aplikasi Menampilkan Layar HP ke Laptop (Aplikasi Screen Mirroring)

Ada berbagai macam cara menampilkan layar smartphone ke laptop, mulai dari menggunakan aplikasi, kabel USB, hingga WiFi. Untuk cara yang menggunakan aplikasi, maka tentu saja kamu membutuhkan aplikasi penampil layarnya.

Lantas, apa saja aplikasinya? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi screen mirroring terbaik:

  1. ApowerMirror
  2. LetsView
  3. ApowerManager
  4. AirDroid
  5. Mobizen

1. ApowerMirror

Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play dan App Store, selain itu sangat kompatibel untuk berbagai platform, termasuk Android, iPhone, Windows, dan Mac. 

Dengan menggunakan aplikasi ApowerMirror, kini kamu bisa memainkan game tanpa harus menggunakan emulator atau melakukan rooting di HP kamu.

Salah satu kelebihan yang dimiliki aplikasi ini yaitu kamu dapat merekam layar dan juga mengambil screenshot. Aplikasi ApowerMirror juga dapat mengontrol HP Android kamu menggunakan mouse dan keyboard pada laptop.

Cara menggunakan aplikasi ini di Android adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Google Play lalu download ApowerMirror.
  2. Hubungkan kabel USB pada laptop dan HP, lalu nyalakan USB debugging.
  3. Setelah USB sudah saling terhubung, kamu akan mendapatkan pemberitahuan untuk meminta izin instal aplikasi pada HP, tekan Terima.

USB sudah terhubung dan aplikasi sudah aktif maka akan muncul pop up pemberitahuan, lalu geser kotak kecil di sebelah tulisan Jangan tampilkan lagi dan pilih opsi Start Now.

2. LetsView

LetsView menjadi salah satu pilihan jika kamu mencari aplikasi screen mirroring gratis namun sangat kompatibel untuk Android dan iPhone. Aplikasi ini sangat sederhana dan cara penggunaannya juga cukup mudah

Kelebihan dari fitur aplikasi ini yaitu pengguna dapat mengambil screenshot, merekam layar, dan juga mengontrol laptop dari ponsel kamu.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk presentasi baik saat bekerja maupun kuliah. Berikut cara menggunakan aplikasi ini:

  1. Buka Google Play atau App Store lalu download aplikasi LetsView.
  2. Kemudian hubungkan ponsel kamu dan laptop pada WiFi yang sama.
  3. Setelah kedua perangkat terhubung, buka aplikasi yang sudah di-download pada ponsel.
  4. Kemudian pilih perangkat yang ingin di-mirroring. Secara otomatis layar ponsel kamu akan langsung tampil di laptop tersebut.

3. ApowerManager

Jika ingin menampilkan layar HP ke laptop dengan alat yang profesional, kamu bisa menggunakan aplikasi ApowerManager. Aplikasi tersebut bisa mentransfer data ponsel dan laptop kamu, selain itu dapat membuat cadangan file seluler.

ApowerManager memiliki kelebihan yaitu dapat memulihkan konten dari cadangan sebelumnya, mengelola konten multimedia, dan masih banyak lagi. 

Yuk simak cara menggunakan aplikasinya di bawah ini:

  1. Pertama, instal ApowerManager pada Windows atau Mac kamu.
  2. Kedua, instal juga aplikasi ApowerManager di HP kamu.
  3. Ketiga, hubungkan HP dan laptop dengan kabel USB.
  4. Keempat, tekan ikon Reflect, maka akan muncul kotak notifikasi permitaan izin menampilkan HP pada layar laptop.
  5. Terakhir, pilih Mulai Sekarang, dan otomatis layar HP akan muncul di laptop kamu.

4. AirDroid

Aplikasi AirDroid sengaja dibuat secara khusus untuk ponsel Android yang kompatibel dengan desktop Windows atau Mac.

Aplikasi Screen Mirroring ini dapat juga untuk mentransfer gambar, video, dan file dari HP Android kamu ke desktop Windows atau Mac tanpa kabel USB. Berikut cara menggunakan aplikasi AirDroid:

  1. Buka Google Play Store lalu download dan instal AirDroid secara gratis.
  2. Setelah aplikasi terinstal, selanjutnya kamu perlu mendaftar (untuk membuat nama pengguna dan password). Setelah itu, login ke akun yang sudah terdaftar.
  3. Kemudian pilih opsi Perangkat Saya (Setelahnya kamu akan menemukan alamat IP Web). Berikutnya masukkan alamat IP tadi ke browser PC atau Mac.
  4. Langkah selanjutnya, akan muncul jendela pop-up yang meminta izin untuk melihat semua aplikasi dan notifikasi dari HP Android kamu di PC secara real time. 
  5. Langkah terakhir, Pilih opsi Aktifkan, sekarang kamu sudah bisa mengontrol smartphone Android dengan menggunakan mouse dan keyboard.

5. Mobizen

Aplikasi terakhir yang dapat digunakan untuk menampilkan layar HP ke laptop yaitu Mobizen. Aplikasi ini sangat kompatibel dengan browser Google Chrome, Firefox, Mozilla, Internet Explorer, dan Safari. Berikut cara menggunakannya:

  1. Download aplikasi Mobizen pada laptop atau PC.
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut pada laptop (ketika mau instalasi, otomatis akan diminta untuk men-download juga aplikasi tersebut pada ponsel Android kamu). Download Mobizen melalui Google Play Store.
  3. Setelah terdownload, buka Mobizen di ponsel, nanti akan muncul permintaan pengaturan secara otomatis di layar, yang perlu kamu lakukan adalah memilih opsi Selanjutnya beberapa kali.
  4. Setelahnya klik tulisan Accept untuk menerima semua syarat, kebijakan, dan ketentuan privasi dari aplikasi tersebut.
  5. Pilih alamat dan buat password untuk mendaftar akun di aplikasi Mobizen.
  6. Setelah sudah mendaftar, gunakan email dan password tadi untuk login ke aplikasi tersebut di HP dan laptop.
  7. Pilih nama ponsel kamu yang muncul di layar laptop, terakhir ketuk opsi Ok atau Yes. Sekarang layar HP kamu sudah terkoneksi dengan layar laptop.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan USB

  1. Aktifkan Opsi Pengembang
  2. Masuk Opsi Pengembang
  3. Aktifkan Debugging USB 
  4. Pasang dan Aktifkan Ekstensi Vysor Google Chrome di Laptop
  5. Mulai Hubungkan Perangkat
  6. Pilih Perangkat yang Terhubung
  7. Mirroring Android ke Laptop Berhasil

Mirroring layar HP yaitu suatu cara untuk dapat menampilkan layar HP ke laptop ataupun komputer. Jadi dengan melakukan mirroring kamu dapat menampilkan layar serta mengontrol HP kamu melalui laptop dengan menggunakan kabel data USB.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut, cara menampilkan layar HP ke laptop dengan kabel USB.

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Pertama masuk ke bagian menu Pengaturan lalu pilih Tentang Ponsel, kemudian klik 7 kali atau lebih secara cepat di bagian Nomor Bentukan.

2. Masuk Opsi Pengembang

Setelah itu kembali ke menu pengaturan, nah kemudian masuk ke bagian menu Pengaturan Tambahan, scroll ke bagian bawah, masuk ke menu Opsi Pengembang, jika diperlukan, masukkan verifikasi huruf lalu lalu klik Gunakan.

3. Aktifkan Debugging USB 

Di menu Opsi Pengembang, scroll ke bawah dan aktifkan opsi Debugging USB. 

4. Pasang dan Aktifkan Ekstensi Vysor Google Chrome di Laptop

Untuk tahap selanjutnya mari kita beralih ke laptop, nah di sini kita membutuhkan ekstensi Google Chrome yang bernama Vysor. Ketikkan Vysor Chrome di kotak pencarian, lalu dari hasil pencarian yang muncul, pilih pada Vysor – Chrome Web Store dan install ekstensinya.

5. Mulai Hubungkan Perangkat

Setelah ekstensi aktif maka secara otomatis di bagian beranda Google Chrome akan terdapat sebuah icon yang bernama Vysor,setelah itu hubungkan HP android kamu ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

6. Pilih Perangkat yang Terhubung

Setelah HP terhubung ke laptop mulai klik di bagian menu Vysor, maka akan terdapat jendela baru dari Vysor, kamu tinggal klik tombol Find Devices yang terletak di bagian atas, pilih nama perangkat HP yang ingin di-mirroring ke PC dan klik tombol Select.

Maka pada HP tersebut akan muncul notifikasi izinkan debugging USB, nah di bagian sini pilih Izinkan.

7. Mirroring Android ke Laptop Berhasil

Selesai, dengan ini layar HP Android sudah berhasil tampil di laptop, dan kini kamu sudah bisa mengontrolnya melalui laptop.

Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop dengan WiFi

Selain memakai kabel USB ternyata ada cara lain untuk menampilkan layar HP ke laptop, yaitu dengan menggunakan WiFi dan bantuan software Connect. Dan hebatnya lagi cara ini tidak membutuhkan tambahan aplikasi apapun karena software Connect ini merupakan software bawaan Windows.

Tetapi kamu harus memastikan bahwa kedua perangkat (HP dan Laptop) terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Jika kedua perangkat yang akan di-mirroring sudah terhubung pada jaringan WiFi yang sama, ikuti langkah-langkah cara menampilkan layar HP ke laptop dengan WiFi berikut ini:

  1. Tekan tombol Start di laptop, kemudian ketik Connect.
  2. Pada hasil pencarian yang muncul, pilih di hasil paling atas.
  3. Jendela software Connect akan terbuka dan akan muncul tulisan “…… is ready for you to connect wirelessly” di layar laptop kamu.
  4. Selanjutnya aktifkan fitur Screen Mirroring di ponsel kamu. Untuk kamu para pengguna iPhone atau Samsung maka caranya adalah dengan swipe up Control Center dan beralih ke menu Screen Mirroring atau Smart View. Sementara untuk HP Android merk lainnya, caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Wireless & Networks > Wireless Display > Smart View.
  5. Tunggu beberapa saat sampai nama HP kamu terdeteksi di laptop. Kalau sudah muncul, klik nama HP kamu tersebut maka layar HP akan ditampilkan di laptop secara otomatis.

Nah demikianlah berbagai cara menampilkan layar HP ke laptop, dari mulai menggunakan aplikasi hingga WiFi. Cara mana yang paling mudah dan sesuai buat kamu? Jawab di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar