Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

Muncul pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing saat membuka aplikasi di Windows? Berikut cara mengatasinya!

Sebagian besar aplikasi yang kamu jalankan di Windows, biasanya butuh file sistem tambahan. Dan perlu kamu ketahui, setiap file sistem tambahan tersebut tidak selalu tersedia secara default atau bawaan. Ada juga yang perlu kamu pasang sendiri.

Ketika file sistem yang dibutuhkan suatu aplikasi hilang, maka aplikasinya tidak akan bisa dibuka dan malah akan menampilkan sebuah pesan error. Salah satu pesan error yang paling sering muncul akibat dari file sistem sebuah aplikasi/program tidak ada adalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing.

Nah apakah pesan error ini muncul juga di PC Windows kamu ketika ingin membuka sebuah aplikasi? Alih-alih Windows menjalankan aplikasinya malah pesan error ini yang kamu dapatkan. Menyebalkan, bukan? Nah tenang saja, karena ini bisa diatasi dengan mudah kok!

Berikut Ubixlo jelaskan penyebab error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing dan cara mengatasinya.

Apa Itu File Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll?

DLL (Dynamic-Link Libraries) adalah file internal yang dibutuhkan oleh program-program tertentu supaya bisa bekerja. Di dalamnya berisi berbagai kode untuk membuat skema atau arahan agar program bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Nah, api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll pada dasarnya juga demikian. Hanya saja pemakaian dari file ini lebih luas dari file DLL biasa. Contoh sebagai salah satu resource driver hingga untuk resource aplikasi bawaan sistem.

Penyebab Error Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

  • Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll memiliki versi berbeda dari yang dibutuhkan program
  • Kode untuk skema program tidak ditemukan pada file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll
  • Windows tidak memiliki file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll di folder sistemnya
  • Terdapat kerusakan pada file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll

Cara Mengatasi Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

  1. Dengan Memasang File DLL
  2. Dengan Install Visual C++
  3. Install Ulang Aplikasinya
  4. Update Windows
  5. Reset Windows

1. Dengan Memasang File DLL

Pesan missing menunjukkan bahwa file DLL yang dibutuhkan tidak ada. Di sini sederhananya kamu hanya perlu memasang file DLL tersebut.

Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll memiliki beberapa versi. Setiap program mungkin membutuhkan versi yang berbeda-beda. Tapi kamu bisa coba dulu pakai file original di bawah ini. File api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll di bawah sudah tested dan terbukti berhasil mengatasi masalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing hampir di semua aplikasi.

Nah langsung saja download filenya di bawah ini:

Link DownloadPassword
File api-ms-crt-runtime-l1-1-0.dllwww.ubixlo.com

Kalau file di atas sudah kamu download, maka ikuti cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing berikut ini:

Langkah #1: Pertama silakan extract terlebih dulu file yang sudah di-download tadi.

Langkah #2: Selanjutnya pilih versi file DLL sesuai Windows kamu (32-bit atau 64-bit).

Langkah #3: Klik kanan file DLL lalu pilih Cut.

Langkah #4: Buka direktori tempat program yang kamu jalankan bermasalah, misalnya dalam contoh ini yaitu direktori game VALORANT.

Langkah #5: Klik kanan lalu paste file DLLnya.

Selesai. Sekarang coba jalankan program yang bermasalah tadi. Seharusnya sudah tidak muncul lagi error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing. Kalau masih muncul, coba restart dulu PC-nya.

Cara yang pertama ini sebenarnya merupakan yang paling ampuh dalam mengatasi masalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing. Tapi kalau masih belum berhasil, tenang, jangan panik dulu, masih ada cara lainnya di bawah ini yang bisa kamu coba. Yuk lanjut!

2. Dengan Install Visual C++

Jika dengan cara sebelumnya tidak berhasil, kemungkinan file api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll yang dibutuhkan bersifat khusus.

Kondisi ini bisa kamu atasi dengan cara memasang program visual C++. Silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah #1: Kunjungi halaman visualstudio.microsoft.com/downloads (halaman tersebut selalu mengupdate versi Visual C++ ke yang paling baru).

Langkah #2: Geser ke bawah, buka tab Other Tools, lalu download Visual C++ sesuai versi Windows yang kamu pakai (32-bit / 64-bit).

Langkah #3: Buka aplikasi Visual C++ yang sudah didownload. Di sini kami memakai versi vc_redist.x64 karena PC kami menjalankan sistem versi 64-bit.

Langkah #4: Centang I Agree to The License Terms and Conditions, kemudian klik Install.

Langkah #5: Jika sudah selesai, restart komputer atau laptopnya.

Kalau kamu pernah melihat tutorial untuk merepair Visual C++ hal itu sebenarnya tidak perlu.

Dengan cara ini kamu sudah bisa mengganti file lama api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll dengan yang baru, sekaligus mengupdatenya.

3. Install Ulang Aplikasinya

Meski pada dasarnya api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll berasal dari Visual C++, namun untuk sebagian program tertentu, file DLL ini bisa terpasang secara otomatis.

Sehingga kalau pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing muncul, ada juga kemungkinan installer aplikasi yang kamu pakai corrupt atau rusak.

Solusinya kamu perlu memasang ulang aplikasinya. Kami sarankan untuk mendownload kembali dan mengganti source file installernya dengan versi lain.

Misalnya sebelumnya kamu pakai suatu aplikasi dengan versi 21.3.1. Coba kamu ganti ke versi berbeda, contoh 21.2.3.

4. Update Windows

Ketika Windows kamu update, secara otomatis program-program yang dibutuhkan Windows akan terpasang. Termasuk driver dan sebagian file-file sistem.

Kamu bisa mencoba update Windows untuk mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing. Berikut caranya:

Langkah #1: Pada kolom pencarian Windows, ketik Check for Updates.

Langkah #2: Lalu klik tombol Check for Updates.

Langkah #3: Jika tersedia versi terbaru yang bisa di-download dan diinstal, klik saja Download and install.

Langkah #4: Selesai diupdate, restart komputer atau laptop dengan cara klik tombol Restart now.

5. Reset Windows

Api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing bukan hanya dikarenakan filenya hilang, melainkan bisa juga disebabkan karena kerusakan pada source kodenya.

Jika kamu sudah mencoba cara-cara sebelumnya tapi tidak berhasil, kamu bisa mencoba reset Windows dengan metode Cloud Download.

Lewat metode Cloud Download file sistem yang rusak (termasuk api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll) akan digantikan dengan yang baru. Yaitu dengan mengambil data sistem langsung dari server Microsoft.

Langkah reset sendiri sangat kami rekomendasikan ketimbang instal ulang. Karena kamu memiliki opsi untuk membuat data personal tidak hilang.

Kamu bisa membaca artikel cara reset Windows 10 dari kami untuk panduan selengkapnya.


Begitulah penjelasan kami untuk mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing. Untuk kamu yang menemui pesan ini ketika:

  • Membuka game
  • Membuka aplikasi yang diinstall
  • Membuka aplikasi bawaan Windows

Diharapkan ulasan di atas bisa membantu. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang memiliki masalah sama. Dan kalau masih ada yang kurang jelas, bisa kamu tanyakan di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar