Cara Mengatasi Limit Download di Google Drive dengan Mudah

Mau download file di Google Drive tapi kena limit? Tenang, berikut Ubixlo kasih tahu cara mengatasi limit download di Google Drive.

Aktivitas mengunduh dan mengunggah berbagai file telah menjadi kebiasaan kita setiap hari. Berbagai jenis file telah kita unggah dan unduh baik untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan. File yang telah kita download seringkali kita simpan ke dalam sebuah penyimpanan cloud seperti Google Drive. Di layanan itu juga banyak orang yang berbagi file yang bisa kita download dengan bebas.

Namun, Google Drive ternyata memiliki aturan batasan atau limit kuota untuk unduhan tiap pengguna dalam satu waktu. Ketika sebuah file sudah mencapai batas limit downloadnya, maka file tersebut tidak akan bisa didownload dan Google Drive malah akan menampilkan peringatan yang berbunyi “Terlalu banyak pengguna yang melihat atau mengunduh file ini baru-baru ini”.

Hal ini tentunya menjadi masalah kalau kita benar-benar sedang membutuhkan file yang harus didownload tersebut. Nah, apakah kamu juga menghadapi masalah limit download Google Drive seperti itu? Atau malah sering? Apakah ada solusinya? Tentu saja ada dong!

Berikut Ubixlo jelaskan alasan mengapa limit Google Drive bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya dengan mudah.

‌Mengapa‌ ‌Google‌ ‌Drive‌ ‌Kena‌ ‌Limit?‌‌

Umumnya limit ini terjadi karena Google Drive mendeteksi file tersebut telah mencapai batas kuota download. Hal tersebut disebabkan banyaknya orang yang telah mengunduh file tersebut dalam kurun waktu yang singkat sehingga menyebabkan traffic terhadap file tersebut terlampau tinggi.

Jika traffic sebuah file terlalu tinggi, maka sistem Google akan secara otomatis mengunci dan membuatnya tidak bisa didownload lagi selama 24 jam ke depan.

Namun, jika ternyata traffic ke file tersebut rendah, rentang waktu terkuncinya file bisa lebih singkat. Alasan utama mengapa Google melakukan inilah adalah untuk menghindari penyalahgunaan file oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. 

Cara Mengatasi Limit Google Drive

Berikut langkah-langkah mengatasi limit download Google Drive:

Langkah #1: Buka file yang terkena limit Google Drive.

Langkah #2: Lihat URL-nya di address bar. Ganti bagian “uc” dengan “open” dan hapus bagian “&export=download”. Tekan tombol Enter pada Keyboard

Langkah #3: Klik tombol dengan ikon Google Drive atau tombol Tambah pintasan ke Drive yang ada di bagian atas kanan laman.

Langkah #4: Klik dua kali menu Drive Saya dan klik tombol Tambahkan pintasan di sini. Sekarang shortcut file tersebut akan muncul di akun Google Drive kamu.

Langkah #5: Buka akun Google Drive kamu, cari dan klik kanan pada file yang kamu buat pintasannya tadi.

Langkah #6: Pilih Buat salinan, maka akan muncul file baru dengan nama “Copy – [nama file]”.

Langkah #7: Klik kanan file tersebut dan klik Download. Selesai, file yang tadinya kena limit Google Drive tersebut sekarang bisa kamu download.

Nah jika ternyata pada langkah nomor 6 proses penyalinan filenya gagal atau muncul error “Failed to Create File” maka artinya kapasitas penyimpanan Google Drive kamu sudah penuh (15GB). Jika hal ini terjadi, maka kamu perlu menghapus file-file yang sudah tidak terpakai lagi dari akun Google Drive kamu. Setelah itu, ulangi lagi dari langkah nomor 6 di atas.


Itulah cara mengatasi limit download Google Drive. Bagaimana? Mudah, kan? Dengan cara ini kamu bisa dengan mudah mengunduh file yang kamu butuhkan dan terhindari dari limit kuota download lagi. Apabila ada yang masih kurang jelas, jangan ragu untuk selalu bertanya di kolom komentar ya!

Cara Mengatasi Google Chrome yang Tidak Bisa Dibuka

Panduan lengkap mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka di semua perangkat (PC, Android dan iOS).

Selengkapnya

Apa itu SSD? Pengertian, Fungsi dan Perbedaannya dengan HDD

Masih bingung memilih SSD atau HDD? Berikut pembahasan lengkap tentang apa itu SSD, kelebihannya, beserta perbedaan SSD dan HDD.

Selengkapnya

Cara Registrasi Kartu SIM Baru dan Lama (Semua Operator)

Cara registrasi kartu SIM baru dan lama semua operator (Telkomsel, XL, 3, Axis, Indosat, Smartfren) supaya tidak diblokir pemerintah.

Selengkapnya

Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop dan Android

Sering lupa dengan password Wifi yang sudah diatur? Simak cara mengetahui password Wifi di Laptop & Android berikut ini.

Selengkapnya

Apa itu Internet? Sejarah, Fungsi, Manfaat, dan Dampaknya

Pembahasan mendalam tentang internet meliputi pengertian, sejarah perkembangan, manfaat, hingga dampak positif dan negatifnya.

Selengkapnya

Cara Mudah Mengubah Ukuran Pas Foto (2×3, 3×4, 4×6)

Panduan mudah mengubah ukuran pas foto menjadi 2×3, 3×4 dan 4×6 sesuai dengan standar studio foto.

Selengkapnya

12 Rekomendasi Aplikasi Screenshot Terbaik untuk PC

Berikut daftar rekomendasi aplikasi screenshot PC terbaik untuk mengambil tangkapan layar PC, laptop, atau komputer.

Selengkapnya

16 Game Penghasil Uang Terbaik untuk Android dan PC

Mau dapet uang dari main game? Berikut rekomendasi game penghasil uang langsung masuk ke rekening yang bisa kamu mainkan..

Selengkapnya

5 Cara Download Video Instagram Reels Secara Gratis

Mau menyimpan video dari IG Reels ke galeri HP? Ikuti lima cara download video Instagram Reels berikut ini, 100% work!

Selengkapnya

Tinggalkan komentar