3 Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Cepat dan Mudah

Mau ngecilin foto yang ukurannya kegedean? Berikut cara mengecilkan ukuran foto di HP, laptop, dan secara online dengan mudah.

Ukuran foto yang terlalu besar memang dapat mempersulit kita dalam kebutuhan pekerjaan maupun administrasi, misalnya seperti ketika kita ingin meng-upload foto pada sebuah website. Tentunya jika ukuran fotonya terlalu besar, maka akan susah untuk meng-upload file foto tersebut.

Tapi tenang saja, karena ada solusi untuk memperkecil ukuran foto yaitu dengan cara mengkompresnya baik itu menggunakan aplikasi maupun secara online. Mengkompres foto dapat dilakukan pada perangkat PC maupun smartphone dengan cara praktis dan mudah, tanpa mengubah kualitasnya.

Penasaran? Berikut Ubixlo ulas 3 cara mengecilkan ukuran foto di smartphone dan PC secara Online.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP

Salah satu aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di HP adalah Photo Compress & Resize, ukuran aplikasi ini cukup ringan untuk diinstal, yaitu hanya sekitar 3,2MB saja. Aplikasi yang dikembangkan oleh Lit Photo ini memiliki fitur unggulan multi compress. Dengan fitur tersebut Anda dapat mengkompress ukuran berbagai format foto dengan cepat dan praktis.

Berikut langkah-langkah mengekecilkan ukuran foto di HP menggunakan aplikasi Compress & Resize:

Langkah 1: Download dan instal aplikasi Photo Compress & Resize di Google Play Store atau App Store.

Langkah 2: Buka aplikasinya dan pilih Compress Photos.

Langkah 3: Tersedia dua mode kompresi, yaitu berdasarkan kualitas dan ukuran. Pilih salah satu dan klik tombol START COMPRESSING.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop

Untuk mengecilkan ukuran foto di laptop, Anda bisa menggunakan aplikasi edit foto Adobe Photoshop. Bagi Anda yang sering bergelut dengan dunia desain grafis atau fotografi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan software Adobe Photosop ini, bukan? Adobe Photoshop dibuat khusus untuk berbagai keperluan edit foto atau gambar, termasuk untuk mengecilkan ukuran foto. Lantas bagaimana caranya?

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengecilkan ukuran foto di laptop:

Langkah 1: Instal dan buka aplikasi Adobe Photoshop.

Langkah 2: Buka menu File > Open atau tekan kombinasi tombol CTRL+O.

Langkah 3: Pilih foto yang ingin dikompress dan klik tombol OK.

Langkah 4: Buka lagi menu File >Export > Saeve for Web (Legacy).

Langkah 5: Atur kualitas dan ukuran foto yang diinginkan.

  • Petunjuk 1: Untuk menentukan kualitas gambar mulai dari Low, Medium, hingga High.
  • Petunjuk 2: Untuk mengatur persentase kualitas gambar.
  • Petunjuk 3: untuk memperbesar/memperkecil tampilan gambar.

Langkah 6: Klik tombol Save dan beri nama untuk foto tersebut.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Secara Online

Selain dapat menggunakan software aplikasi, Anda juga dapat memperkecil ukuran foto secara online yaitu dengan menggunakan situs-situs kompres foto yang bisa diakses secara gratis. Cara ini sangat mudah dan praktis tanpa banyak membuang waktu, karena Anda tidak perlu pusing-pusing menginstal dan membuka aplikasi, yang Anda butuhkan hanyalah akses internet dan browser untuk membuka situsnya.

Terdapat banyak situs kompresi foto yang tersedia, salah satunya adalah imagecompressor.com. Di situs ini, Anda bisa langsung mengecilkan ukuran hingga 20 foto sekaligus secara bersamaan. Cara penggunaannya juga sangat mudah, langsung saja simak tutorialnya di baah ini.

Berikut cara memperkecil ukuran foto secara online di compressjpeg.com:

Langkah 1: Buka situs imagecompressor.com

Langkah 2: Klik tombol Upload Files.

Langkah 3: Pilih foto yang ingin diperkecil ukurannya. Anda bisa memilih lebih dari satu foto sekaligus.

Langkah 4: Tunggu sampai prosesnya selesai.

Langkah 5: Klik tombol Download untuk mengunduh hasilnya.


Nah itulah tiga cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah dan praktis, bisa dilakukan baik di HP maupun laptop/PC. Silakan pilih cara yang paling mudah bagi Anda. Nah apabila Anda mengetahui cara lainnya, coba beritahu di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar