Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop dan Android

Sering lupa dengan password Wifi yang sudah diatur? Simak cara mengetahui password Wifi di Laptop & Android berikut ini.

Wifi seolah menjadi kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih lagi dengan keadaan yang seperti sekarang, dimana berbagai aktivitas kerja kantoran maupun belajar dilakukan di rumah, tentunya Wifi dapat menunjang atau bahkan sangat membantu untuk berbagai aktivitas tersebut.

Nah, dalam menggunakan Wifi tentunya keamanan menjadi salah satu faktor yang tak bisa diabaikan. Pasalnya, untuk mencegah berbagai hal yang tak diinginkan, keamanan pada suatu Wifi perlu dijaga, khususnya password Wifi.

Bicara password Wifi, tentu kita tak boleh lupa dengan kode yang telah diatur. Lantas, bagaimana jika lupa dengan passwordnya? Tenang, banyak cara untuk mengetahui password Wifi di berbagai device, baik di handphone maupun di laptop.

Cara ini dilakukan untuk membantu kalian yang sering lupa dengan kode/sandi yang sudah dibuat. Dan tentunya cara ini digunakan untuk melihat password Wifi yang sudah pernah terhubung dengan perangkat milik kalian.

Berikut ini Ubixlo berikan beberapa tips dan cara melihat password Wifi sesuai kebutuhan kalian:

Via Command Prompt (CMD)

Untuk melihat password Wifi di laptop, khususnya di Windows 10, kalian bisa memanfaatkan fitur bawaan Windows yaitu Command Prompt (CMD).

Dengan menggunakan cara ini, kalian bisa mengetahui password Wifi hanya dengan memasukkan dua perintah saja. Bagaimana caranya? Berikut urutan langkahnya:

Langkah #1: Buka Command Prompt kalian dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan. Maka aplikasi Run akan terbuka, lalu kalian masukkan “cmd” kemudian tekan Enter.

Langkah #2: Setelah Command Prompt terbuka, selanjutnya masukkan perintah pertama, yaitu:

netsh wlan show profile

Setelah memasukan perintah di atas, maka akan tampil semua daftar Wifi yang pernah terhubung dengan laptop kalian. 

Langkah #3: Nah, untuk mengetahui password Wifi yang kalian inginkan, selanjutnya masukkan perintah yang kedua:

netsh wlan show profile (nama WiFi yang dipilih) key=clear

Selanjutnya, akan tampil detail lengkap tentang Wifi yang dipilih. Untuk melihat password Wifi tersebut, kalian bisa scroll ke bawah, dan cari pada bagian Security Setting, dan lihat pada baris Key Content.

Selesai.

Via Control Panel

Jika cara yang pertama dirasa sulit menggunakan Command Prompt, maka kalian bisa menggunakan cara yang kedua ini. Dimana kalian akan memanfaatkan fitur dari Network Setting di Control Panel. Berikut tahapannya:

Langkah #1: Buka Control Panel melalui pencarian di taskbar Windows (pojok kiri bawah). Lalu masukkan kata “Control Panel”.

Langkah #2: Setelah jendela Control Panel terbuka, selanjutnya pada bagian Network and Internet, kalian klik “View network status and tasks”.

Langkah 3#: Selanjutnya akan tampil jendela dari detail jaringan yang sedang terhubung dengan perangkat kalian. Nah, langkah berikutnya kalian klik pada bagian Connections, tepatnya nama Wifi yang sedang terhubung dengan perangkat kalian.

Langkah #4: Kemudian jendela Wifi Status akan terbuka, pada bagian ini kalian pilih Wireless Properties

Langkah #5: Selanjutnya akan terbuka jendela baru tentang detail jaringan Wifi yang tadi kalian pilih. Kemudian klik pada tab Security, lalu pada bagian Network security key, kalian centang pada kotak “Show characters”. 

Jika dimintai persetujuan, klik Yes. Apabila tidak, maka password Wifi langsung dapat dilihat pada kolom Network security key.

Selesai.

Via Android

Selanjutnya, untuk mengetahui password Wifi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Android. Dalam cara ini, dilakukan dengan dua tahap yaitu dengan pengaturan di Android lalu yang kedua dengan aplikasi QR Code scanner.

Nah, berikut ini beberapa tahap untuk melihat password Wifi dengan Android:

Langkah #1: Buka pengaturan Android, lalu masuk ke menu Wifi.

Pada bagian ini, kalian akan melihat beberapa Wifi yang pernah terhubung dan sedang terhubung dengan perangkat kalian.

Nah, pilih salah satunya untuk melihat password yang telah diatur. Disini kami menggunakan Wifi yang sedang terhubung dengan perangkat Android. Lalu ketuk pada bagian Wifi untuk melihat QR Code password Wifi.

Langkah #2: Screenshot QR Code Wifi. 

QR Code tersebut akan kita scan menggunakan aplikasi QR Code Scanner untuk melihat password Wifi.

Langkah #3: Buka Aplikasi QR Code Scanner.

Apabila kalian sudah memiliki aplikasi QR Code Scanner, kalian bisa langsung menggunakannya. Namun, jika kalian belum memiliki aplikasi tersebut, kalian bisa menginstalnya melalui Google Play Store.

Langkah #4: Scan QR Code

Setelah aplikasi QR Code Scanner terbuka, selanjutnya upload hasil screenshot QR Code tadi di aplikasi QR Code Scanner.

Setelah proses upload berhasil, maka password Wifi akan tampil dan terlihat (lihat gambar).

Cukup mudah bukan? Ketiga cara melihat password Wifi di atas dapat kalian gunakan sesuai kebutuhan kalian. Apabila kalian menemukan kendala maupun kesulitan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar