7 Cara Menggabungkan File PDF (Online dan Offline)

Ingin menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu? Simak 7 cara menggabungkan PDF berikut ini.

Apakah kalian pernah memiliki kendala dalam mengelola atau membuat dokumen berformat PDF? Misalnya, seperti menggabungkan susunan file skripsi yang terpisah di masing-masing BAB, atau kalian diminta untuk mengirim berkas lamaran kerja yang terdiri dari berbagai macam dokumen lalu digabungkan menjadi satu dalam format PDF. 

Nah, dalam contoh kasus tersebut dan juga berbagai kasus lainnya, menggabungkan PDF bisa dibilang sebagai salah satu alternatif daripada kita membuat dokumennya secara manual dari awal hingga akhir.

Lantas, bagaimana cara menggabungkan file PDF? 

Kalian tak perlu cemas dan khawatir. Cara untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, cukup mudah dan tidak membutuhkan effort yang berlebih. Sehingga kalian bisa menghemat waktu dan tenaga untuk melakukan hal lainnya.

Kabar baiknya adalah ada berbagai cara dan tools yang bisa kita manfaatkan dan gunakan untuk menggabungkan PDF menjadi satu kesatuan dokumen yang utuh.

Lebih lengkapnya, berikut Ubixlo sediakan beberapa cara menggabungkan PDF baik online maupun offline:

5 Cara Menggabungkan File PDF Secara Online

  1. Menggunakan Smallpdf
  2. Menggunakan ILOVEPDF
  3. Menggunakan PDF Joiner
  4. Menggunakan PDF Converter
  5. Menggunakan PDF Candy

Salah satu alternatif yang digunakan untuk menggabungkan file PDF adalah dengan memanfaatkan berbagai tools yang tersedia di Internet. Ya, apabila kita memilih cara ini, tentu saja membutuhkan koneksi internet alias online

Untuk mempermudah kalian, berikut ini beberapa cara menggabungkan file PDF secara online yang dapat kalian lakukan:

1. Menggunakan Smallpdf

Cara yang pertama, kita akan menggunakan salah satu website yang sering digunakan oleh banyak orang untuk menggabungkan PDF, yaitu Smallpdf. Ya, selain mudah diakses dan digunakan, fitur yang disediakan oleh Smallpdf tidak berbayar alias gratis.
Oke langsung saja, berikut cara menggabungkan pdf dengan Smallpdf:

Langkah #1: Buka website Smallpdf lalu pilih menu Merge PDF, atau agar lebih cepat kalian bisa klik di sini.

Langkah #2: Setelah halaman Merge PDF terbuka, kalian bisa klik Choose Files atau langsung Drop beberapa file PDF yang ingin kalian gabungkan.

Langkah #3: Tunggu proses upload selesai, setelah upload file berhasil, disini akan dua option untuk menggabungkan PDF, yaitu Merge Files dan Merge Pages (versi PRO – berbayar).

Kalian bisa memilih opsi Merge Files dan lanjut dengan klik Choose Option.

Langkah #4: Selanjutnya akan muncul preview dari dua file yang kalian upload. Pada langkah ini kalian bisa mengatur urutan file PDF yang ingin digabungkan dengan cara drag and drop.

Langkah #5: Setelah selesai mengurutkan file, kalian bisa klik tombol Merge PDF. Lalu tunggu proses hingga selesai.

Langkah #6: Setelah proses penggabungan PDF selesai, maka akan tampil preview dari hasil penggabungan PDF yang kalian lakukan. 

Langkah #7: Lalu klik tombol Download untuk mengunduh file PDF yang telah digabungkan.

Selesai.

2. Menggunakan ILOVEPDF

Selain Smallpdf, situs lain yang bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF adalah ILOVEPDF. Sama halnya dengan SmallPDF, ILOVEPDF simpel dan juga mudah untuk digunakan. Bagusnya lagi situs ini dapat membantu tugas kalian secara gratis.

Berikut cara menggabungkan PDF dengan ILOVEPDF:

Langkah #1: Buka situs ILOVEPDF lalu pilih Merge PDF, agar lebih cepat kalian bisa klik disini.

Langkah #2: Klik tombol “Select PDF files” atau kalian bisa langsung drag and drop beberapa file PDF yang ingin digabungkan.

Langkah #3: Jika proses upload telah berhasil, maka akan tampil preview dari file PDF yang kalian upload.

Disini kalian bisa mengurutkan file sesuai keinginan kalian. Apabila sudah sesuai, selanjutnya klik “Merge PDF”, dan tunggu proses hingga beberapa saat

Langkah #4: Setelah proses merger sudah selesai, maka akan muncul tombol “Download merged PDF”, klik tombol tersebut untuk langsung mengunduh hasil file PDF yang kalian gabungkan.

Selesai.

3. Menggunakan PDF Joiner

Cara menggabungkan file PDF yang ketiga yaitu dengan menggunakan PDF Joiner. Sama halnya dengan kedua cara sebelumnya, pada cara ini kita akan menggunakan tools yang disediakan oleh website PDF Joiner.

Urutan lengkapnya, kalian bisa simak beberapa langkah di bawah ini:

Langkah #1: Kunjungi situs PDF Joiner atau kalian bisa klik disini.

Langkah #2: Setelah berhasil masuk di website tersebut, untuk menggabungkan PDF silahkan klik “UPLOAD FILES”, atau kalian juga bisa drag and drop beberapa file PDF yang ingin digabungkan.

Langkah #3: Setelah memilih beberapa file, lalu upload file tersebut dan tunggu proses upload hingga selesai.

Pada langkah ini kalian juga bisa memindah-mindahkan file berdasarkan urutan file yang ingin kalian gabungkan.

Langkah #4: Jika sudah sesuai, kalian bisa klik tombol “JOIN FILES”, dan tunggu beberapa saat lalu file PDF yang digabungkan akan otomatis terunduh ke perangkat milik kalian (HP/Laptop).

Selesai.

4. Menggunakan PDF Converter

Next, cara menggabungkan file PDF selanjutnya adalah dengan menggunakan PDF Converter. DI cara yang keempat ini kita juga akan menggunakan salah satu website yang menyediakan tools penggabungan PDF secara gratis.

Berikut ini beberapa tahap menggabungkan PDF dengan menggunakan PDF Converter:

Langkah #1: Buka website PDF Converter dengan cara klik di sini.

Langkah #2: Selanjutnya akan tampil tombol upload untuk mengunggah beberapa file PDF yang ingin kalian gabungkan.

Klik tombol tersebut dan akan tampil jendela Folder Explorer, lalu pilih beberapa file PDF sesuai keinginan kalian, lalu klik Open.

Langkah #3: Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.

Langkah #4: Setelah proses upload selesai, maka akan tampil preview dari file PDF yang kalian upload. Disini kalian bisa mengurutkan beberapa file tersebut sesuai keinginan kalian.

Jika dirasa sudah oke, selanjutnya klik “Merge PDF”.

Langkah #5: Lalu, tunggu beberapa saat hingga proses penggabungan selesai. Jika proses sudah selesai, maka akan tampil preview dari file PDF yang berhasil digabungkan.

Langkah #6: Klik Tombol Download untuk menyimpan hasil pekerjaan kalian.

Selesai.

5. Menggunakan PDF Candy

Cara yang kelima, kita tetap akan menggunakan salah satu website yang menyediakan fitur penggabungan PDF secara gratis. Ya, pada cara ini kita akan menggunakan PDF Candy. Lebih lengkapnya, ikuti panduan di bawah ini:

Langkah #1: Buka website PDF Candy, atau agar lebih mudah silahkan klik di sini.

Langkah #2: Setelah berhasil masuk ke halaman penggabungan PDF dari PDF Candy, silahkan klik tombol “+ Add file(s)”.

Langkah #3: Setelah itu, jendela Folder Explorer akan terbuka, dan kalian bisa memilih beberapa file PDF yang ingin digabungkan. Lalu klik Open.

Langkah #4: Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai. Jika upload berhasil, maka akan tampil preview dari file yang kalian unggah.

Nah pada tahap ini, kalian bisa mengurutkan file-file tersebut sesuai dengan keinginan kalian dengan cara “drag and drop”.

Langkah #5: Jika sudah sesuai, klik “…Merge Files”, dan tunggu hingga proses selesai.

Langkah #6: Setelah proses penggabungan PDF selesai, maka akan muncul notifikasi dan tombol download.

Klik tombol download tersebut untuk menyimpan file PDF yang sudah berhasil digabungkan.

Selesai.

Beberapa cara menggabungkan file PDF yang telah kita bahas di atas adalah cara yang sering digunakan oleh kebanyakan orang. Namun, cara-cara tersebut memerlukan koneksi internet alias Online untuk menggunakannya.

Nah, perlu kalian ketahui bahwa ada cara lain yang bisa digunakan meskipun tanpa terhubung dengan koneksi internet alias Offline.

2 Cara Menggabungkan File PDF Secara Offline

  1. Menggunakan Wondershare PDFelement
  2. Menggunakan PDFSam

Pada cara ini, kita akan memanfaatkan beberapa aplikasi di Windows yang dapat digunakan untuk menggabungkan file PDF secara offline. Sama halnya dengan cara-cara yang sebelumnya, untuk melakukan penggabungan PDF secara offline juga sangat mudah dan simpel.

Berikut beberapa cara menggabungkan file PDF secara offline yang dapat kalian gunakan:

1. Menggunakan Wondershare PDFelement

Wondershare PDFelement merupakan aplikasi “pengolah” PDF yang cukup familiar. Aplikasi ini dapat kalian gunakan secara gratis dan mudah untuk digunakan.

Namun, sebelum kalian memulai untuk menggunakan Wondershare PDFelement, kalian perlu mengunduh/download aplikasi tersebut dengan klik link ini.

Jika proses download telah selesai, maka install aplikasi tersebut dan kita akan bahas langkah-langkah menggabungkan PDF dengan menggunakan Wondershare PDFelement. 

Berikut pembahasan lengkapnya:

Langkah #1: Buka aplikasi Wondershare PDFelement.

Langkah #2: Setelah aplikasi terbuka, maka akan tampil beberapa menu yang disediakan oleh Wondershare PDFelement. Di sini kalian pilih “Combine PDF”.

Langkah #3: Lalu akan terbuka jendela untuk memilih beberapa file PDF yang akan digabungkan. Disini kalian klik tombol “Choose file”.

Langkah #4: Selanjutnya, akan terbuka jendela file explorer untuk memilih beberapa file PDF yang ingin digabungkan. 

Langkah #5: Setelah selesai memilih file, akan tampil jendela pengaturan penggabungan PDF. 

Disini kalian dapat mengatur urutan file dan folder tujuan untuk menyimpan hasil PDF yang digabungkan.

Jika sudah sesuai, maka klik “Apply”.

Langkah #6: Tunggu beberapa saat hingga proses penggabungan selesai. Setelah selesai, maka akan tampil hasil dari file PDF yang digabungkan.

Lalu, untuk menyimpan hasil pekerjaan kalian, klik File lalu Save.

Selesai.

2. Menggunakan PDFSam

Selain Wondershare PDFelement, ada juga aplikasi untuk Windows yang dapat digunakan untuk menggabungkan PDF secara gratis, yaitu PDFSam.

Sama halnya dengan Wondershare PDFelement, sebelum kalian menggunakan aplikasi ini, kalian perlu mengunduh dan menginstal aplikasi PDFSam terlebih dahulu.

Klik disini untuk mulai download PDFSam, dan berikut langkah-langkah menggabungkan file PDF dengan menggunakan PDFSam:

Langkah #1: Setelah PDFSam berhasil diinstal, maka buka aplikasi tersebut.

Langkah #2: Setelah aplikasi terbuka, maka akan tampil beberapa menu atau fitur yang disediakan oleh PDFSam. Disini kalian pilih dan klik “Merge”.

Langkah #3: Selanjutnya akan terbuka halaman untuk penggabungan PDF, disini kalian bisa memilih untuk drag and drop file PDF atau klik “Add” untuk menambahkan beberapa file PDF yang ingin digabungkan.

Langkah #4: Setelah selesai menambahkan beberapa file, pada langkah ini kalian bisa mengatur urutan file PDF dengan cara klik dan tahan lalu geser file sesuai keingin kalian.

Selain itu, kalian juga dapat mengatur folder tujuan dan versi format PDF.

Jika sudah sesuai, maka kalian bisa klik “Run” untuk memulai proses penggabungan file PDF.

Langkah #5: Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, jika sudah selesai maka akan tampil tombol Open dan status Completed pada bagian bawah aplikasi.

Selesai.

Jika dibandingkan dengan Wondershare PDFelement, PDFSam memiliki fitur yang lebih banyak dan lebih mudah untuk digunakan. Namun, semua itu kembali lagi pada kebutuhan kalian masing-masing.

Itulah beberapa cara menggabungkan file PDF secara online maupun offline. Jika kalian ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar