Cara Menggunakan Reels, Fitur Baru Instagram di Indonesia

Penasaran dan ingin mencoba fitur baru IG, Reels? Ikuti cara menggunakan Instagram Reels secara kreatif berikut ini.

Pada hari Rabu, 23 Juni 2021 kemarin Instagram merilis fitur baru di Indonesia, yaitu Reels. Sebenarnya, fitur ini sudah pernah diperkenalkan oleh Instagram pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu dan sudah diluncurkan di lebih dari 50 negara secara bertahap hingga saat ini. Hanya saja, Indonesia baru mendapatkan pembaharuan ini pada hari Rabu kemarin.

Lantas, apa sih Instagram Reels itu? Apa saja fitur-fiturnya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Instagram Reels?

Instagram Reels adalah fitur rekaman sekaligus suntingan video berdurasi singkat 15 detik atau 30 detik, mirip-mirip seperti TikTok. Bedanya, Reels terintegrasi secara penuh dengan Instagram itu sendiri. Artinya, kamu bisa menggunakan semua efek-efek dan filter yang sudah dari Instagram Stories di Instagram Reels.

Tidak hanya itu, Instagram Reels juga dibekali dengan seperangkat alat pengeditan video yang lengkap tapi tetap mudah digunakan sehingga semakin menunjang aktivitas kamu dalam membuat video yang lebih kreatif.

Instagram Reels sendiri memiiki ruang yang terpisah dari beranda Instagram. Kalau kamu pengguna TikTok, kamu pasti sudah familiar kan dengan ruang FYP? Nah ruang Instagram Reels kurang lebih mirip seperti FYP pada TikTok. Di mana kamu akan disuguhkan dengan video singkat dari akun yang kamu ikuti atau video yang sedang populer, dan cukup lakukan swipe up untuk melihat video selanjutnya.

Lokasi dari Instagram Reels ini sendiri terletak di menu bagian bawah layar, lebih tombol menu yang ada di tengah dengan ikon video. Dulunya, tombol ini digunakan untuk membuat post baru, tapi kini digantikan dengan tombol untuk mengakses ruang Reels.

Fitur-Fitur Instagram Reels

Penasaran apa saja fitur yang dibawa oleh Instagram Reels? Berikut ini adalah fitur-fitur Instagram Reels:

  • Audio, kamu bisa menambahkan musik populer melalui perpustakaan audio Reels yang sudah terintegrasi dengan lagu-lagu baik dari artis lokal maupun internasional.
  • Durasi, kamu bisa memlih durasi video antara 15 detik atau 30 detik
  • Kecepatan, kamu bisa mengatur kecepatan video Reels yang dibuat.
  • Efek, kamu bisa menggunakan semua efek yang sebelumnya sudah ada di Instagram, termasuk efek AR (Augmented Reality).
  • Sempurnakan Riasan, mirip seperti fitur percantik pada aplikasi edit foto, bisa membuat wajah kamu menjadi lebih cerah dan mulus seketika.
  • Tata Letak Video, dengan fitur ini kamu bisa merekam beberapa video dan menggabungkannya.
  • Penunjuk Waktu, memungkinkan kamu untuk menyetop video di tengah-tengah, lalu melanjutkannya lagi, jika fitur ini diaktifkan, maka sebelum video direkam, kamu juga bisa mengaktifkan hitung mundur.

Bagaimana? Keren, kan? Sudah nggak sabar mau cobain fitur baru ini? Berikut Ubixlo berikan tutorial menggunakan Instagram Reels.

Pastikan kamu sudah meng-update aplikasi Instagram kamu ke versi terbaru di Google Play Store atau App Store.

Cara Menggunakan Instagram Reels di Android dan iOS

Langkah #1: Buka aplikasi Instagram versi terbaru.

Langkah #2: Tap ikon Reels yang ada di bagian tengah bawah layar.

Langkah #3: Tap ikon kamera yang ada di pojok kanan atas.

Langkah #4: Atur audio, durasi video, kecepatan, efek, dan juga pengaturan lainya.

Langkah #5: Kalau sudah siap klik tombol lingkaran besar yang ada di bawah tengah untuk mulai merekam video.

Langkah #6: Setelah video selesai direkam, kamu masih bisa menyuntingnya. Kamu bisa mengatur volume audio, menambahkan rekaman audio sendiri, menambahkan stiker, teks, dan lain-lain.

Langkah #7: Klik Berikutnya.

Langkah #8: Sekarang tulis keterangan atau caption video.

Langkah #9 :Klik pada preview video atau teks tutupi untuk menambahkan gambar sampul Reels.

Langkah #10: Aktifkan opsi Juga Bagikan ke Beranda jika kamu ingin membagikannya ke beranda Instagram juga.

Langkah #11: Kamu juga bisa menandai orang yang ada di dalam video.

Langkah #12: Klik tombol Selanjutnya untuk memposting video atau klik Simpan Draf untuk menyimpan video di draf dan mempostingnya di lain waktu.

Langkah #13: Klik tombol Bagikan.

Selesai. Itulah cara membuat dan menggunakan Instagram Reels, fitur baru Instagram di Indonesia. Selain bisa mengunggah di ruang Reels, kamu juga bisa memposting Reels kamu ke Stories dan ke pengguna lain melalui Direct Message. Namun, Reels yang diunggah ke Stories dan Direct Message akan hilang dalam waktu 24 jam dan tidak akan bisa ditemukan lagi di profil Anda.

Perlu kamu ketahui juga, jika akun Instagram kamu publik, maka Reels yang kamu bagikan juga bisa muncul di ruang Reels orang lain dan bisa dibagikan ulang. Orang-orang bisa menemukan Reels kamu entah dari ruang Reels, efek, tagar, atau bahkan audio yang kamu gunakan. Mereka juga bisa menggunakan audio asli kamu. Karena inilah cara kerja Reels membuat seseorang viral dan meraih banyak penonton.

Tetapi, tenang saja, kalau kamu tidak ingin hal tersebut terjadi, kamu bisa beralih ke akun private atau pribadi. Dengan begitu, Reels yang kamu buat hanya akan muncul di orang-orang yang mengikutimu saja, layaknya Post dan Stories.


Demikianlah pembahasan mengenai apa itu Instagram Reels dan cara menggunakannya. Sekilas memang mirip seperti TikTok yah. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik mencobanya? Atau kamu malah sudah lebih dulu menggunakannya? Tulis di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar