Cara Menghilangkan Garis Merah di Word (Semua Versi)

Terganggu dengan garis merah di Word? Berikut cara menghilangkan garis merah, hijau, dan biru di Microsoft Word dengan mudah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Microsoft Word menjadi aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Desain antarmuka, cara penggunaannya yang mudah, dan beragam tools yang dimiliki software besutan Microsoft ini membuat banyak orang menyukainya.

Tetapi, tidak semua fitur dan tools Microsoft Word dapat digunakan dengan baik oleh semua orang. Beberapa fitur di antaranya malah dinilai mengganggu dan lebih baik dihilangkan saja, salah satunya adalah fitur garis merah, hijau, dan biru.

Fitur tersebut akan memunculkan garis berwarna (merah, hijau, atau biru) di bawah setiap kata yang diketik. Keberadaan garis berwarna tersebut malah mengganggu bagi sebagian orang. Tak jarang orang menjadi tidak fokus saat mengetik dokumen yang sedang dikerjakannya karena melihat garis-garis bergelombang itu.

Apakah kamu juga merasakan hal yang demikian? Jika iya, maka kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, cara menghilangkan garis merah di Word itu cukup mudah dan sederhana. Berikut Ubixlo jelaskan cara menghilangkan garis merah, hijau, dan biru di Microsoft Word 2003 hingga Microsoft Word 2019.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2013, 2016, dan 2019

Sebelumnya pastikan kamu sudah mengetahui versi Microsoft Word yang digunakan. Karena akan ada sedikit perbedaan cara dan tampilannya.

Bagi kamu yang menggunakan Microsoft Word versi 2013 ke atas, berikut cara menghilangkan garis merah, hijau, dan biru di Word.

Langkah #1: Buka software Microsoft Word.

Langkah #2: Setelah Word terbuka, pada daftar menu yang ada di sebelah kiri klik menu Options.

Langkah #3: Kemudian pada jendela Options yang terbuka, klik menu Proofing yang ada di sebelah kiri.

Langkah #4: Hilangkan tanda centang pada opsi Check spelling as you type untuk menghilangkan garis merah. Dan Hilangkan tanda centang pada opsi Mark grammar errors as you type untuk menghilangkan garis hijau.

Langkah #5: Sekarang beralih ke menu Advanced yang ada di sebelah kiri. Di menu Advanced, hilangkan tanda centang pada opsi Mark formatting inconsistencies dan Keep track of formatting untuk menghilangkan garis biru.

Langkah #6: Klik tombol Ok untuk menyimpan pengaturan.

Langkah #7: Selesai.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word 2003, 2007, dan 2010

Secara garis besar, caranya sama saja dengan cara pada Word 2013, 2016, dan 2019 di atas. Intinya adalah untuk menonaktifkan opsi Check spelling as you type. Hanya tampilan dan cara mengakses pengaturannya saja yang berbeda.

Bagi kamu pengguna Microsoft Word 2010 ke bawah, berikut cara menghilangkan garis merah.

  1. Buka aplikasi Microsoft Word atau salah satu dokumen apapun.
  2. Selanjutnya klik Office Button yang terletak di pojok kiri atas layar.
  3. Berikutnya klik tombol Word Options yang ada di paling bawah jendela Office Button.
  4. Kemudian klik menu Proofing yang ada di sebelah kiri.
  5. Beberapa opsi dan pilihan akan muncul, hapus tanda centang pada opsi Check spelling as you type untuk menghilangkan garis merah
  6. Lalu hapus juga tanda centang pada opsi Grammar errors as you type untuk menghilangkan garis hijau.
  7. Terakhir klik tombol Ok untuk menerapkan perubahan.
  8. Selesai.

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word HP

Sementara itu bagi kamu para pengguna aplikasi Microsoft Word di HP, berikut langkah-langkah menghilangkan garis merah, hijau, dan biru.

Langkah #1: Buka salah satu dokumen Word.

Langkah #2: Setelah itu, klik ikon pensil yang ada di bagian atas layar.

Langkah #3: Lalu akan muncul beberapa fungsi dan menu di bagian bawah, klik menu yang ada di pojok kanan bawah dengan ikon segitiga.

Langkah #4: Klik tulisan Home dan ganti menjadi menu Review.

Langkah #5: Kemudian asuk ke menu Proofing and Language.

Langkah #6: Terakhir, aktifkan centang pada opsi Hide All Proofing Marks.

Langkah #7: Selesai.

Fungsi Garis Berwarna di Microsoft Word

Mungkin kamu penasaran dengan fungsi sebenarnya dari fitur garis-garis berwarna dan bergelombang yang ada di Microsoft Word ini. Microsoft tentunya tidak akan membuat fitur atau tools yang tidak berguna sama sekali.

Oleh sebab itu, pada dasarnya semua alat dan fitur yang ada di Microsoft Word memiliki fungsinya masing-masing, termasuk garis merah. Lantas, apa fungsi dari garis-garis berwarna ini?

  • Garis Merah, berfungsi sebagai penanda salah ketik atau typo.
  • Garis Hijau, berfungsi untuk menandai grammar atau susunan kata yang salah dalam satu kalimat.
  • Garis Biru, berfungsi untuk menandai kata yang ditempatkan dalam konteks yang salah.

Ketika kamu salah mengetikkan kata (typo), salah grammar, atau salah menggunakan kata dalam sebuah konteks, maka fungsi garis-garis ini akan langsung menandainya secara otomatis dengan memberi garis berwarna di bawahnya.

Selain itu, garis merah, hijau, dan biru pada Word ini juga berfungsi untuk mengecek keakuratan dan ketepatan kamu dalam mengetik.

Tujuan sebenarnya dari fungsi ini malah sangat membantu, bukan? Namun, fungsi garis berwarna ini akan menyesuaikan dengan pengaturan bahasa dan regional Microsoft Word yang kamu pilih.

Contohnya, jika bahasa dan regional Word yang dipilih adalah bahasa Inggris atau US, maka secara otomatis Word juga hanya bisa mengoreksi kata-kata bahasa Inggris saja. Apabila kamu menulis kata berbahasa Indonesia, maka tentu saja setiap kata yang kamu tulis akan tetap diberi garis walaupun katanya memang benar dan tidak salah.

Hal inilah yang membuat garis merah, hijau, dan biru kehilangan fungsi aslinya. Kebanyakan orang masih menggunakan bahasa dan regional Inggris, padahal dokumen yang diketik dalam bahasa Indonesia. Sehingga menyebabkan garis merah/hijau/biru muncul setiap saat dan malah menggangu produktivitas menulis.


Demikian tutorial cara menghilangkan garis merah, hijau, dan biru di Word. Sekarang produktivitas kamu dalam menggunakan Microsoft Word tidak akan terhambat dan terganggu lagi. Dari ketiga garis berwarna tadi, mana yang paling sering muncul dan mengganggu bagi kamu? Kasih tau di kolom komentar, yuk!

Tinggalkan komentar