4 Cara Mudah Mengubah JPG ke PDF (Offline dan Online)

Bingung bagaimana mengubah JPG ke PDF? Tenang, Ubixlo punya solusinya. Berikut cara mengubah file JPG ke PDF di Android dan PC.

PDF merupakan salah satu ekstensi file paling populer di dunia, hal ini menjadi wajar karena kemampuan file ekstensi PDF yang luar biasa dalam hal kompatibilitas di semua perangkat dari PC, laptop bahkan smartphone.

Popularitas file PDF sebagai file dokumen membuat jumlah PDF di dunia mencapai 2,5 triliun lebih, hal ini membuat PDF menjadi standar baru yang mengharuskan pengguna mengubah berbagai file termasuk di dalamnya JPG menjadi PDF terlebih dahulu.

Lalu, aplikasi converter terbaik apa yang digunakan untuk melakukan pekerjaan ini? Sementara ada banyak sekali jumlah aplikasi di luar sana mulai dari aplikasi online maupun offline, dan software PC maupun aplikasi android.

Bergembiralah, berikut Ubixlo rangkum cara mengubah file JPG ke PDF dengan mudah:

Cara Mengubah JPG ke PDF secara Offline

  1. Notebloc (Android)
  2. Microsoft Word (Laptop/PC)

1. Notebloc (Android)

Notebloc menjadi pilihan pertama kami dalam melakukan pekerjaan konversi file JPG menjadi PDF. Notebloc sendiri sudah merilis aplikasinya sejak tahun 2013 dan sampai saat ini mereka masih bertahan serta melakukan update aplikasi untuk fitur terbaru.

Kelebihan Aplikasi Notebloc:

  • Gratis tanpa harus membeli aplikasi versi pro.
  • Sinkronisasi otomatis dengan Google Drive, sehingga tidak khawatir jika harus berpindah perangkat.
  • Otomatis mendeteksi sisi foto, sehingga mempercepat dalam merapikan hasil potongan foto.

Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalah banyaknya iklan yang terdapat didalamnya, Solusi untuk mengurangi iklan adalah mematikan koneksi internet saat sedang melakukan konversi file.

Berikut tutorial mengubah JPG ke PDF menggunakan Noteblock:

  1. Download dan buka aplikasi Notebloc di Google Play Store.
  2. Klik ikon “galeri” yang ada dalam aplikasi ini.
  3. Selanjutnya pilih foto yang ingin diubah, disini kalian bisa memilih hanya satu foto atau banyak foto dengan cara mengklik foto lain (pastikan urutan fotonya benar, sesuai dengan yang diinginkan).
  4. Disini akan muncul pengaturan “pemrosesan batch”, pastikan mencentang opsi “penyesuain batas” agar aplikasi otomatis mendeteksi dalam proses crop. kalian bisa memilih filter dan warna yang diinginkan (kami memilih pengaturan bawaan).
  1. Selanjutnya pada proses “penyesuain batas” kita dapat melakukan berbagai hal seperti rotate, setelah dianggap selesai bisa melanjutkan proses dengan klik ikon centang.
  2. Untuk mengubahnya JPG menjadi PDF klik “simpan ke penyimpanan”, pada pengaturan “bagikan sebagai” pilih menjadi .pdf, selanjutnya sesuaikan nama berkas yang diharapkan dan pada pengaturan “ukuran berkas” bisa memilih (aktual, medium, kecil dan terkecil) dan untuk mengeksekusi klik “simpan ke penyimpanan”.
  1. Akan ada notifikasi berhasil yang bertuliskan “saved to Notebloc_PDF”, selanjutnya untuk membuka PDF dapat dibuka di Folder “Notebloc_PDF”
  2. Selamat kalian berhasil.

2. Microsoft Word (Laptop/PC)

Microsoft Word merupakan aplikasi yang sangat populer, dan hampir semua laptop memiliki aplikasi ini sebagai software olah kata yang dapat diandalkan. Alasan utama kami menyertakan Microsoft Word adalah sebagian besar dari kita yang sudah terbiasa dengan tampilan Word sehingga akan mempermudah tutorial ini.

Kelebihan Microsoft Word:

  • Tampilan Word yang ramah pengguna.
  • Maksimal dijalankan oleh pengguna sistem operasi Windows.

Kekurangan dari Microsoft Word ini adalah berbayar, karena kita harus memiliki license untuk menggunakan aplikasi ini.

Disini kami menggunakan Word 2019, berikut cara mengubah file JPG ke PDF menggunakan Microsoft Word secara offline:

  1. Pastikan sudah memiliki software Microsoft Word yang terinstall di PC atau laptop, selanjutnya buka aplikasi word, dan pilih “blank document”
  1. Pilih pada menu “insert”, klik pada “picture”, selanjutnya pilih “this device”.
  1. Jendela baru akan muncul, pilih file JPG yang ingin dikonversi (untuk memilih lebih dari satu file, tekan dan tahan tombol “ctrl” dan klik file-file yang diinginkan) lalu klik “insert”
  1. Pada “layout option” foto, selanjutnya klik “in line with text” (ini bertujuan untuk merapikan foto, agar tidak ada yang tumpang tindih)
  1. Setelah dokumen dirasa rapi, klik menu “file” selanjutnya “save as”, klik folder yang diinginkan (disini kami memilih folder “download”), dan terakhir pada “save as type” ganti menjadi “PDF”, setelah itu bisa diklik save.
  1. File PDF anda sudah berhasil dibuat, selamat.

Cara Mengubah JPG ke PDF secara Online

  1. IlovePDF (Android)
  2. SmallPDF (PC)

1. IlovePDF (Android)

IlovePDF merupakan aplikasi serbaguna dalam melakukan pekerjaan khusus file PDF, hampir semua fitur ada didalam aplikasi ini tidak terkecuali  aplikasi untuk mengubah JPG menjadi PDF. Kelebihan lain adalah disini kita bisa sinkron file kita yang berada di Google Drive dan Dropbox.

Fitur unggulan di aplikasi ini adalah terdapat OCR (Optical Character Recognition) yaitu fitur yang memungkinkan untuk mengubah teks hasil pemindaian menjadi file yang dapat diedit, dan dari pengalaman kami akurasi OCR di IlovePDF sudah mumpuni. Kekurangan dari aplikasi ini adalah terdapat batasan untuk pengguna gratis, namun dari pengamatan kami dengan versi gratis sudah cukup untuk melakukan pekerjaan normal.

Disini kami menggunakan browser Google Chrome, berikut tutorial mengubah JPG ke PDF menggunakan IlovePDF:

  1. Langsung buka situs JPG ke PDF, Selanjutnya klik “select JPG images”.
  2. Akan muncul jendela baru untuk memilih foto yang diinginkan (kita bisa memilih lebih dari satu file) selanjutnya klik “selesai”.
  1. Langkah selanjutnya adalah menentukan pengaturan dasar hasil PDF kita nantinya
  • Pengaturan umum mencakup orientasi, ukuran halaman, jarak margin dan opsi untuk menggabung semua gambar ke satu PDF.
  • Ikon “tambah” berfungsi untuk menambah gambar, jika pada proses lupa belum kalian masukan.
  • Pengaturan khusus halaman, bisa  melakukan rotasi dan mengurutkan halaman jika dirasa belum sesuai dengan cara tahan dan lepas.

Klik “convert to PDF” dan tunggu prosesnya sebentar.

  1. Klik “download PDF” lihat pada notifikasi apakah file sudah berhasil terdownload.
  1. Selamat File PDF berhasil didapatkan.

2. SmallPDF (PC)

SmallPDF menawarkan fitur yang hampir sama dengan IlovePDF, memiliki sangat banyak fitur tentang PDF, selain itu terdapat SSO Google dan Facebook yang mempermudah pendaftaran di situs ini.

Kelebihan situs ini yang memiliki tampilan sangat mudah dan sederhana, selain itu situs ini juga ringan saat diakses. Sedangkan untuk kekurangan dari SmallPDF adalah batasan ketat yang diberikan kepada pengguna gratis, salah satu contohnya adalah pengguna gratis hanya bisa memproses dua dokumen setiap harinya, dan menurut kami batasan ini dapat menghambat pengguna gratis.

Berikut tutorial menggunakan SmallPDF dalam mengubah JPG menjadi PDF:

  1. Pertama buka situs SmallPDF dibagian JPG to PDF, lalu klik “pilih file” (kalian juga bisa menggunakan cara drag and drop file atau mengambil file dari cloud drive kalian).
  1. akan muncul jendela baru, Pilih file gambar yang dimaksud (untuk memilih lebih dari satu file, tekan dan tahan tombol “ctrl” dan klik file-file yang diinginkan), selanjutnya klik “open”.
  1. Akan muncul pengaturan dasar sebelum dilakukan pengubahan, disini kita bisa memilih ukuran dokumen, orientasi dan margin (pengaturan default sudah menyesuaikan dokumen kita secara otomatis), klik “mengubah”.
  1. Selanjutnya pada preview terakhir, pastikan semua sudah sesuai dengan keinginan, klik “unduh” dan file kalian akan terdownload.
  1. File berhasil diubah, selamat.

Dari beberapa tutorial yang kami sampaikan di atas, cara mana yang menurut kalian paling mudah? Ayo beritahu kami dengan komentar di bawah ini ya!

Cara Kompres File PDF Sesuai Ukuran yang Diinginkan

Punya kendala dengan ukuran PDF yang terlalu besar? Simak cara kompres file PDF sesuai ukuran yang diinginkan berikut ini.

Selengkapnya

7 Cara Menggabungkan File PDF (Online dan Offline)

Ingin menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu? Simak 7 cara menggabungkan PDF berikut ini.

Selengkapnya

Cara Mudah Edit File PDF Secara Online dan Offline Terbaru

Mau edit dokumen PDF? Berikut panduan cara edit file PDF secara offline dan online, beserta cara mengedit file PDF ke Word.

Selengkapnya

4 Cara Translate File PDF Semua Bahasa dengan Mudah

Mau baca file PDF bahasa Inggris tapi nggak ngerti bahasanya? Berikut cara translate PDF berbahasa asing disertai dengan gambar.

Selengkapnya

6 Cara Mengubah Word ke PDF Secara Online dan Offline

Perlu mengubah file Word ke PDF? Berikut cara konversi Word ke PDF dengan mudah di laptop atau HP secara online dan offline.

Selengkapnya

10 Rekomendasi Aplikasi Edit PDF Online Gratis untuk PC

Butuh aplikasi untuk edit file PDF? Berikut rekomendasi aplikasi edit PDF terbaik yang bisa kamu gunakan secara online di PC.

Selengkapnya

16 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Android dan IOS

Kumpulan aplikasi belajar bahasa Inggris terpopuler dengan lebih dari 1.000.000 instalasi untuk anak dan dewasa gratis di Android dan IOS.

Selengkapnya

10 Game Membangun Kota Terbaik untuk Android dan iOS

Daftar rekomendasi game simulasi membangun kota impian terbaik untuk perangkat smartphone Android dan iOS.

Selengkapnya

5 Cara Memperbesar Ukuran Foto (Online dan Offline)

Mau tau cara memperbesar ukuran foto dengan mudah? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar