10 Cara Menonton TV di Laptop Secara Offline dan Online

Mau nonton TV di laptop tapi nggak tahu caranya? Berikut cara nonton TV di laptop secara legal baik offline maupun online.

Ubixlo — Sudah sejak lama menonton televisi menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia. menonton TV merupakan sarana yang praktis untuk melepas penat setelah lelah bekerja dan beraktivitas seharian. 

Meskipun saat ini banyak bermunculan layanan hiburan baru seperti YouTube, Netflix, Disney Plus, akan tetapi, masih ada sebagian orang yang tetap setia dengan media hiburan televisi.

Selain mudah dan murah, televisi menyediakan ragam pilihan tayangan hiburan sehingga penonton bisa bebas memilih acara tontonan dan tidak mudah bosan.

Dan tahukah Anda? Seiring berkembangnya teknologi sekarang, kita dapat menonton televisi dengan fleksibel di manapun kita berada tanpa harus melalui televisi langsung. Nah, pada kesempatan kali ini Ubixlo akan memberikan tutorial bagaimana cara menonton TV di laptop dengan mudah.

Cara Menonton TV di Laptop Secara Offline dengan TV Tuner

Anda bisa menonton TV di laptop secara offline alias tanpa koneksi internet sama sekali dengan cara menambahkan sebuah perangkat tambahan bernama TV Tuner. Alat ini memungkinkan Anda untuk bisa menonton TV di laptop atau PC dengan memanfaatkan antena indoor yang dimilikinya. Dan Anda dapat membeli TV Tuner di toko elektronik terdekat atau membeli di online shop.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menonton TV di laptop menggunakan TV Tuner:

  1. Colokkan TV Tuner pada port USB laptop.
  2. Kemudian masukkan kabel-kabel pendukung lainnya, seperti jack audio & video, kabel antena, dan kabel ekstensi USB.
  3. Masukkan CD Driver TV Tuner-nya.
  4. Instal TV Tuner di laptop.
  5. Selesai. Sekarang Anda bisa menonton TV di laptop dengan berbagai pilihan channel yang tersedia.

Cara Menonton TV di Laptop Secara Online

1. MIVO TV

Bagi Anda yang suka dengan cara atau aplikasi gratisan, MIVO TV merupakan rekomendasi situs menonton TV terbaik dari kami. Pasalnya pengguna MIVO tak hanya dapat menikmati siaran dalam negeri saja, melainkan juga dapat menikmati siaran internasional. Sampai saat ini, sudah lebih dari 50 channel tersedia di MIVO TV yang bisa Anda tonton secara gratis.

Selain bisa untuk streaming TV, MIVO TV juga menyediakan fitur upload video dari pengguna, GIG Influencer, bahkan marketplace. Untuk bisa menonton tv melalui MIVO TV, Anda bisa langsung mengunduh aplikasinya di Google Play Store/App Store atau melalui situs resminya yaitu mivotv.com

Karena MIVO TV merupakan layanan situs streaming TV dan aplikasi nonton TV online, jadi Anda memerlukan koneksi internet untuk dapat menggunakannya. Paling tidak dengan kecepatan 1Mbps, Anda sudah bisa menikmati siaran TV dengan kualitas standar atau SD.

Berikut adalah daftar channel yang bisa Anda tonton di MIMO TV:

  1. ANTV
  2. TRANS 7
  3. TRANS TV
  4. METRO TV
  5. TV ONE
  6. NET. TV
  7. RTV
  8. KOMPAS TV
  9. BERITA SATU
  10. ANTARA TV
  11. GLOBAL TV
  12. iNews TV
  13. JAK TV
  14. JTV
  15. MNC TV
  16. RCTI
  17. Spacetoon
  18. TV Edukasi
  19. TVRI Nasional
  20. TVRI Jakarta
  21. TVRI Budaya
  22. TVRI Olahraga

2. UseeTV

Bagi Anda yang menggunakan layanan IndiHome, jangan sia-siakan layanan streaming TV yang telah disediakan oleh pihak IndiHome ini, yaitu UseeTV. Dengan UseeTV, Anda akan mendapatkan akses menonton streaming berbagai stasiun lokal dan channel internasional, seperti Al Jazeera, Golf Channel, beIN Sports, dan masih banyak lagi.

UseeTV sendiri adalah layanan televisi interaktif pertama di Indonesia dari IndiHome. Layanan televisi berbayar yang memberikan sensasi pengalaman baru, pemirsa tidak hanya bisa menonton siaran televisi saja, melainkan dapat memegang kendali sepenuhnya.

Selain tayangannya yang berkualitas, terdapat berbagai macam fitur yang tidak ada di penyedia layanan TV kabel lainnya, seperti fitur pause & rewind, video on demand, dan video recorder. Sampai saat ini, total channel televisi yang ada sebanyak 101 saluran, yang terdiri 19 saluran televisi lokal dan 81 saluran televisi internasional. Anda bisa mengaksesnya langsung via aplikasi atau laman resminya di useetv.com

Berikut adalah daftar beberapa channel lokal yang bisa Anda tonton di UseeTV:

  1. ANTV
  2. INDOSIAR
  3. TRANS 7
  4. TRANS TV
  5. METRO TV
  6. TV ONE
  7. RAJAWALI TV
  8. NET. TV
  9. ANTARA
  10. BALI TV
  11. TV MUI
  12. KOMPAS TV
  13. BERITA SATU
  14. ANTARA TV
  15. JAK TV
  16. JTV
  17. TV Edukasi
  18. TVRI

3. YouTube

Mungkin masih banyak yang belum tahu, bahwa Anda dapat menonton siaran langsung televisi secara legal di YouTube. Pasalnya, banyak stasiun televisi di Indonesia dan dunia yang menayangkan acaranya secara live di channel YouTube mereka. Bahkan, ada beberapa stasiun yang menayangkannya live 24 jam.

Ikut langkah-langkah berikut ini untuk menonton TV di YouTube:

  1. Buka aplikasi YouTube atau situs youtube.com
  2. Masukkan streaming TV pada kotak pencarian dan klik tombol cari.
  3. Klik tombol Filter dan pada bagian Fitur centang opsi Live. Maka hanya tayangan yang sedang live saja yang akan ditampilkan.
  4. Pilih acara TV yang ingin ditonton.

4. Vidio.com

Vidio.com adalah sebuah layanan pengaliran video di bawah naungan PT Surya Citra Medika TBK. Dengan slogan “Nonton Gak Pake Ribet”, Vidio.com sudah membuktikan bahwa layanannya ini memang mudah digunakan untuk menonton TV secara online di laptop. Anda bahkan tidak perlu membuat akun jika hanya ingin menonton. Kecuali jika ingin ikut berinteraksi di kolom komentar, maka Anda wajib membuat akun.

Selain menayangkan siaran televisi dari berbagai channel, Vidio.com juga menyediakan berbagai konten video lainnya, seperti film, drama, dan reality show yang tak kalah menarik untuk ditonton. Namun, sayangnya fitur tersebut hanya bisa Anda nikmati jika telah berlangganan vidio premier dengan harga mulai dari 19rb saja.

Kunjungi vidio.com/live untuk menonton tayangan TV yang sedang live saat ini di layanan vidio.com

5. Vision+

Vision+ merupakan sebuah layanan media streaming digital live TV dan Video on Demand (VoD) di bawah naungan MNC Group. Vision+ menjadi salah satu situs streaming gratis yang kami rekomendasikan. Tanpa harus mendaftar akun, Anda sudah dapat menonton tayangan TV lokal Indonesia.

Selain menayangkan channel TV lokal, masih banyak fitur lainnya yang disediakan oleh Vision+, seperti: film-film premiere, TV channel luar negeri, channel sports, drama. Sayangnya, fitur-fitur dan tayangan tersebut hanya tersedia untuk pelanggan yang berlangganan. Untuk menonton TV di laptop atau PC melalui Vision+, Anda bisa langsung mengunjungi situs resminya di visionplus.id

6. VLC Media Player

Anda pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. VLC Media Player biasa digunakan sebagai media player pada PC atau laptop. Namun, siapa sangka aplikasi ini ternyata dapat digunakan juga untuk menonton TV secara gratis di laptop atau PC Anda.

Hanya berbekal IP TV streaming-nya, Anda dapat menonton Berbagai macam pilihan channel lokal maupun dunia melalui aplikasi ini. Untuk bisa mengetahui IP TV streaming stasiun TV, Anda bisa mencarinya di Google.

Berikut cara menonton TV di laptop secara online dengan VLC Media Player:

  1. Download VLC Media Player dari situs resminya yaitu videolan.org kemudian instal di laptop atau PC.
  2. Buka aplikasi VLC Media Player.
  3. Kemudian, buka kolom media dan klik open network stream.
  4. Masukan alamat IP atau URL TV yang ingin Anda tonton pada kolom please enter a network URL.
  5. Klik Play untuk mulai menonton.

7. Max Stream

Maxstream adalah sebuah situs streaming video, yang menawarkan berbagai macam jenis video, mulai dari siaran televisi, video on demand, movies & entertainment, kids & education, sports & hobby, dll.

Channel TV yang tersedia pun tidak terbatas pada TV lokal saja, terdapat beberapa siaran luar negeri seperti, Nick Jr, WB TV, Cartoon Network. 

8. SopCast

Cara menonton TV di laptop yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan software tambahan bernama SopCast. SopCast adalah perangkat lunak pada laptop yang menyediakan layanan siaran langsung berbasis peer to peer atau point to point (P2P) yang membuat bandwith relatif lebih stabil. Ketahuilah apa itu bandwidth?

Dengan bantuan aplikasi ini, Anda dapat menonton video di internet, mendengarkan saluran radio, menonton TV, bahkan mengirim video dan audio. Jika ingin mendownload aplikasinya, bisa langsung mengunjungi situs resminya di sopcast.id

9. Melalui Situs Resmi Stasiun TV

Selain dari situs penyedia layanan streaming yang sudah kami sebutkan di atas, Anda juga dapat menonton siaran televisi di laptop langsung dari situs resmi stasiun televisinya. Saat ini, hampir seluruh stasiun TV menayangkan siarannya secara live dari websitenya masing-masing (nggak tau website? Baca artikel kami yang berjudul apa itu website?).

Untuk caranya sendiri, langsung saja buka situs resmi stasiun TV yang ingin Anda tonton acaranya.

Berikut adalah daftar situs resmi stasiun TV Indonesia:

  1. TVRI – tvri.go.id
  2. MNCTV – mnctv.com
  3. RCTI – rctiplus.com
  4. SCTV – sctv.co.id
  5. Indosiar – indosiar.com
  6. ANTV – antvklik.com
  7. tvOne – tvonenews.com
  8. MetroTV – metrotvnews.com
  9. TransTV – transtv.co.id
  10. Trans7 – trans7.co.id
  11. KompasTV – kompas.tv
  12. NET. – netmedia.co.id

Nah, demikianlah berbagai cara menonton TV di laptop secara gratis. Kini, menonton TV tidak harus melulu menontonnya langsung dari televisi.  Hanya berbekal kuota internet, sekarang Anda sudah bisa menonton saluran TV kesayangan di manapun dan kapanpun.

Dari sekian banyak cara di atas, cara mana yang ingin kamu coba pertama kali? Jawab di kolom komentar ya!

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti Ubixlo di Google Berita.

Cara Pasang dan Berlangganan WiFi IndiHome di Rumah

Bingung gimana pasang WiFi IndiHome di rumah? Tenang, ikuti beberapa cara pasang dan berlangganan WiFi IndiHome berikut ini.

Selengkapnya

Apa Itu Server? Cara Kerja, Jenis-Jenis, dan Fungsinya

Sering mendengar istilah “server”? Apa itu server? Berikut pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenis dan fungsinya.

Selengkapnya

4 Cara Translate File PDF Semua Bahasa dengan Mudah

Mau baca file PDF bahasa Inggris tapi nggak ngerti bahasanya? Berikut cara translate PDF berbahasa asing disertai dengan gambar.

Selengkapnya

Cara Download File di Scribd Gratis dan Tanpa Login

Mau download file di Scribd? Simak panduan download file di Scribd secara gratis tanpa harus login berikut ini.

Selengkapnya

12 Rekomendasi Aplikasi Screenshot Terbaik untuk PC

Berikut daftar rekomendasi aplikasi screenshot PC terbaik untuk mengambil tangkapan layar PC, laptop, atau komputer.

Selengkapnya

Apa Itu OEM? Perbedaannya dengan KW, Ori, dan Aftermarket

Mau beli barang OEM tapi takut KW? Eits, ketahui dulu apa itu OEM dan perbedaannya dengan KW, ori, aftermarket berikut ini.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar