Cara Merekam Layar Laptop atau PC dengan Mudah

Mau merekam layar laptop? Berikut 3 cara merekam layar di laptop atau PC Windows 7, Windows 8, dan Windows 10.

Apabila kamu ingin membagikan informasi yang ada di layar monitor laptop ke orang lain, maka kamu bisa melakukannya dengan cara screenshot di laptop. Namun, bagaimana jika ternyata screenshot sebuah gambar saja tidak cukup untuk menyampaikan informasinya? Kalau begitu maka kamu harus merekam layar laptop kamu tersebut.

Lantas apakah kamu sudah tahu caranya merekam layar laptop?

Kalau belum, maka nggak usah khawatir. Karena ternyata cara merekam layar laptop tuh nggak sulit. Bahkan bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi sekalipun, alias hanya memanfaatkan fitur screen record bawaan laptop.

Tanpa basa-basi lagi, berikut Ubixlo jelaskan tutorial cara meekam layar laptop dengan mudah di Windows 7, 8, dan 10.

Cara Merekam Layar dengan Xbox Game Bar

Sebagai versi terbaru dari sistem operasi Windows, Windows 10 hadir dengan membawa segudang fitur baru, salah satunya adalah fitur screen record. Dengan fitur ini, kamu bisa merekam layar laptop tanpa perlu menginstall aplikasi atau software tambahan apapun. Fitur yang dimaksud merupakan fitur built-in pada aplikasi bawaan yaitu Xbox Game Bar.

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini sebenarnya diperuntukkan bagi para gamers yang ingin mendapatkan pengalaman bermain game lebih baik sekaligus bisa berbagi ke media sosial dengan lebih mudah. Namun, aplikasi ini juga memiliki fitur screen recording yang bisa kamu gunakan untuk merekam segala aktivitas yang ada di layar laptop kamu.

Berikut cara merekam layar laptop di Windows 10 dengan Xbox Game Bar:

Langkah #1: Pertama-tama, kamu harus mengaktifkan fitur Xbox Game Bar-nya terlebih dahulu. Caranya klik tombol Start dan buka menu Settings.

Langkah #2: Lalu, ketikkan “gaming” di kolom pencarian, kemudian pilih Record game clips, screenshots, and broadcast using Game bar.

Setting Xbox Game Bar

Langkah #3: Jendela Game bar akan muncul. Klik tombol switch di bagian Record game clips, screenshots, and broadcast using Game bar supaya berubah menjadi ON dan untuk mengaktifkan Game bar. Kemudian di bawahnya juga terlihat beberapa shortcut yang bisa kamu manfaatkan untuk menggunakan Game Bar tersebut.

Shortcut yang perlu kamu ingat adalah untuk Open Game Bar dan shortcut untuk Start/stop recording. Karena dua shortcut inilah yang nanti paling sering kamu gunakan.

Setting Xbox Game Bar

Langkah #4: Setelah Xbox Game Bar aktif, selanjutnya kamu bisa langusng mulai merekam layar laptop. Caranya tinggal tekan tombol Win+G pada keyboard. Maka layar laptop akan meredup, kemudian muncul Game bar di bagian atas layar.

Langkah #5: Berikutnya klik tombol Capture yang ada di urutan pertama pada Game bar, lalu klik tombol Start Record yang memiliki ikon putih bulat. Layar laptop akan mulai direkam secara otomatis. Untuk menghentikan rekaman, klik kombinasi tombol Win+Alt+R dan hasil record akan otomatis tersimpan dalam folder penyimpanan di laptop kamu.

Tampilan Xbox Game Bar
Memulai Record dengan Xbox Game Bar

Cara Merekam Layar dengan OBS Studio

Bagi kamu pengguna versi Windows 7 dan 8, maka jangan bersedih. Pasalnya, meskipun versi Windows ini tidak memiliki fitur screen record bawaan, kamu tetap bisa merekam layar laptop dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Ada banyak aplikasi perekam layar PC yang bisa kamu gunakan, salah satu yang paling populer dan sering digunakan adalah OBS Studio.

Berikut cara merekam layar laptop Windows 7 dengan OBS Studio.

Langkah #1: Download dan install aplikasi OBS Studio terlebih dahulu.

Langkah #2: Jalankan Auto-Configuration. Pada jendela baru yang muncul, pilih opsi Optimize just for recording, I will not be streaming dan klik tombol Next.

Langkah #3: Jika perlu, ubah juga pengaturan resolusi dan FPS-nya. Klik tombol Next lagi.

Langkah #4: Di sini, klik tombol Apply Settings untuk menerapkan pengaturan yang sudah kamu atur tadi.

Langkah #6: Kalau sudah, buka OBS Studio. Pada tahap ini yang perlu kamu lakukan adalah melakukan setting sumber perekaman layar di OBS Studio. Caranya klik tanda + yang ada di pojok kiri bawah. Setelah itu pilih menu Display Capture untuk menampilkan sumber perekaman dari layar laptop. Akan muncul jendela baru yang meminta kamu memilih Create New atau Add Existing. Di sini pilih Create New dan beri nama filenya, lalu klik Ok.

Langkah #7: Akan muncul jendela preview-nya. Di sini kamu bisa memilih untuk menampilkan kursor mouse di layar atau tidak, jika iya maka pastikan kamu mencentang opsi Capture Cursor, lalu klik Ok.

Langkah #8: Supaya video hasil rekaman layar tidak patah-patah, sebaiknya nonaktifkan opsi Enable Preview.

Langkah #9: Setelah semuanya siap, klik tombol Start Recording yang ada di bagian Controls untuk memulai perekaman layar. Sekarang kamu bisa me-minimize jendela OBS dan memulai aktivitas perekaman.

Langkah #10: Jika sudah selesai, kembalilah ke jendela OBS dan klik tombol Stop Recording. Video hasil rekaman kamu akan disimpan di folder Videos.

Cara Merekam Layar dengan VLC Player

Kamu mungkin mengenal aplikasi VLC Player sebagai aplikasi pemutar video PC. Namun, siapa sangka ternyata aplikasi ini juga memiliki fitur screen recording yang mudah digunakan. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang sudah biasa menonton video di laptop dengan VLC, karena nggak perlu install aplikasi tambahan lainnya untuk merekam layar.

Berikut cara merekam layar laptop dengan aplikasi VLC Player.

Langkah #1: Download dan install aplikasi VLC Player. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis di internet, ukurannya juga cukup ringan, hanya sekitar 38,9 MB saja sehingga tidak akan memberatkan laptop kamu.

Langkah #2: Buka aplikasi VLC Player. Bisa melalui tombol Start, maupun melalui shortcut.

Langkah #3: Klik menu Media kemudian klik Open Capture Device… Selanjutnya akan muncul jendela baru untuk melakukan setting capture.

Merekam Layar dengan VLC

Langkah #4: ubah settingan Capture Mode menjadi Desktop. Dan klik tombol Play yang ada di pojok kanan bawah, maka proses merekam layar desktop sudah dimulai.

Merekam Layar Laptop dengan Aplikasi VLC

Langkah #5: Silakan klik tombol Stop kapanpun kamu mau untuk mengakhiri proses perekaman layar.

Nah demikianlah cara merekam layar laptop atau PC. Mudah sekali, bukan? Silakan pilih cara yang paling mudah dan kamu sukai. Punya pertanyaan atau ingin merekomendasikan cara lainnya? Beritahu kami di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar