Cara Pasang dan Berlangganan WiFi IndiHome di Rumah

Bingung gimana pasang WiFi IndiHome di rumah? Tenang, ikuti beberapa cara pasang dan berlangganan WiFi IndiHome berikut ini.

Hari ini, jaringan internet seolah menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan. Bagaimana tidak? Banyak aktivitas harian kita bergantung pada “perkembangan teknologi” yang satu ini. Mulai dari aktivitas pekerjaan, sekolah, komunikasi, dan masih banyak lagi.

Salah satu bentuk jaringan internet yang sering kita temui dan gunakan adalah WiFi. Seperti yang kita ketahui, bahwa WiFi merupakan jaringan nirkabel yang dapat menghubungkan kita dengan internet.

Bicara WiFi, salah satu provider WiFi ternama yang sudah cukup lama “berjasa” dalam hal internet di Indonesia adalah IndiHome. Ya, provider WiFi satu ini merupakan salah satu produk dari Telkom Indonesia yang bergerak khusus dalam ranah internet rumahan.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat kita hari ini telah banyak yang berlangganan dengan Indihome. Namun tidak sedikit juga yang belum mendaftarkan dirinya sebagai salah satu pelanggan IndiHome.

Nah, bagi kalian yang ingin berlangganan dengan provider ini, berikut Ubixlo ulas dan bahas seputar cara pasang dan berlangganan WiFi Indihome dengan mudah.

Langkah-Langkah Berlangganan WiFi Indihome

Untuk berlangganan dan memasang WiFi Indihome, dapat dilakukan dengan beberapa cara. Setidaknya ada 5 “media” yang dapat kita tempuh untuk berlangganan WiFi IndiHome.

Namun pada dasarnya, syarat dan ketentuan yang diberlakukan pun sama. Di mana setiap “media” yang dimaksud ini adalah langkah awal yang bisa kita tempuh untuk memasang WiFi Indihome.

Berikut beberapa cara untuk memulai berlangganan WiFi Indihome:

Cara Pasang WiFi IndiHome Via Website

Melalui website resmi Indihome, kita dimudahkan untuk mendaftar sebagai pelanggan Indihome. Bagaimana tidak? Pasalnya, tanpa harus pergi meninggalkan rumah, kita sudah bisa mendaftar dan mengajukan diri untuk berlangganan berbagai paket internet yang ditawarkan oleh Indihome.

Nah, untuk berlangganan dan mulai memasang WiFi Indihome via website, berikut langkah-langkah yang dapat kalian ikuti:

Langkah #1: Buka Website Resmi IndiHome

Pertama, kalian dapat mengakses website resmi Indihome untuk memulai berlangganan. Kalian dapat mengunjungi melalui link: indihome.co.id atau dengan klik link ini.

Langkah #2: Pilih Jenis Paket Untuk Berlangganan

Setelah halaman website terbuka, selanjutnya kalian dapat memilih jenis paket sesuai dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Setidaknya ada tiga jenis paket yang disediakan oleh IndiHome. Mulai dari Paket Promo, Paket 2P, dan Paket 3P. Di masing-masing jenis paket tersebut, tersedia berbagai harga dan kecepatan internet yang ditawarkan. 

Apabila kalian sudah menentukan pilihan, langkah selanjutnya klik tombol Berlangganan pada paket yang dipilih.

Langkah #3: Cek Ketersediaan Alamat

Setelah memilih jenis paket yang diinginkan, selanjutnya kalian akan dibawa ke halaman detail alamat pemasangan untuk melakukan cek ketersediaan.

Masukan detail alamat kalian pada kolom Alamat, bisa dengan nama jalan atau nama kampung/kelurahan.

Kemudian klik tombol Cari Koordinat, hal ini dimaksudkan untuk mengetahui lokasi pasti yang diinginkan. Jika dirasa sudah sesuai, maka selanjutnya klik tombol Cek Ketersediaan.

Pada tahap Cek Ketersediaan, proses ini membutuhkan waktu sedikit lama (kurang lebih 5 menit). Apabila daerah kalian tersedia jaringan IndiHome, maka kalian bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Langkah #4: Konfirmasi Jenis Paket

Pada langkah ini, kalian dapat melakukan cek ulang dengan jenis paket yang dipilih di awal. Jika paket yang dipilih sudah sesuai, maka kalian dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya dengan klik tombol Mulai Berlangganan.

Namun perlu kalian tahu, untuk lanjut ke langkah selanjutnya yaitu Melengkapi Data Personal, disini kalian akan diminta untuk login. 

Nah, bagi kalian yang sudah memiliki akun IndiHome, kalian bisa langsung login dengan akun milik kalian. Namun jika kalian belum memiliki akun IndiHome, maka kalian perlu registrasi terlebih dahulu.

Langkah #5: Lengkapi Data Personal

Dalam tahap ini, kalian akan diminta untuk melengkapi data pribadi kalian. Mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, dan juga nomor telepon. 

Jika semua kolom sudah terisi, selanjutnya klik tombol persetujuan (radio button) yang ada di bagian kanan untuk konfirmasi layanan.

Selanjutnya, klik tombol Selanjutnya.

Langkah #6: Verifikasi

Langkah terakhir, kalian akan disuguhkan dengan Surat Pernyataan Berlangganan Indihome (lihat gambar).

Pahami dengan baik setiap kata dan kalimat pada surat tersebut, jika dirasa kalian sudah paham dan menyetujui segala syarat dan ketentuannya, selanjutnya klik tombol (radio button) di sebelah pojok bawah kiri untuk menyetujui.

Terakhir, klik tombol Selanjutnya

Dengan begitu proses pendaftaran dan pengajuan berhasil. Selanjutnya tinggal menunggu petugas dari IndiHome akan menghubungi kalian perihal pemasangan WiFi IndiHome.

Cara Pasang WiFi IndiHome Via Call Center (147)

Cara berlangganan WiFi IndiHome via call center bisa dibilang lebih simpel dan mudah. Pasalnya, kalian tak perlu ribet dalam hal registrasi maupun hal-hal yang lain.

Kalian cukup dengan menghubungi call center IndiHome, kemudian sampaikan apa yang menjadi keinginan kalian, lalu selanjutnya dari pihak IndiHome yang akan menjelaskan lebih lengkap.

Nah, berikut ini penjelasan lengkap tentang cara pasang WiFi IndiHome melalui call center:

Langkah #1: Buka menu telepon pada HP kalian.

Langkah #2: Tekan 147, kemudian Panggil nomor tersebut.

Langkah #3: Kemudian, pihak IndiHome akan menanyakan terkait maksud dan tujuan kalian.
Pada langkah ini, kalian cukup sampaikan bahwasannya kalian ingin berlangganan atau memasang WiFi IndiHome.

Kemudian, pihak IndiHome akan menanyakan detail lokasi dari alamat kalian untuk kemudian dilakukan pengecekan ketersediaan lokasi.

Jika lokasi kalian memungkinkan dan terjangkau jaringan IndiHome, maka pihak IndiHome akan menanyakan terkait detail paket yang ingin kalian pilih.

Langkah #4: Pilih Paket Internet.

Langkah #5: Siapkan berkas administrasi untuk pengajuan langganan IndiHome. Berkas ini akan digunakan pada saat petugas IndiHome datang ke rumah kalian untuk melakukan instalasi jaringan.

Setelah proses pendaftaran selesai via telepon, langkah selanjutnya kalian cukup menunggu petugas IndiHome datang ke rumah kalian. Namun, perlu kalian ketahui bahwa petugas IndiHome akan melakukan pemasangan sesuai dengan nomor antrian calon pelanggan. 

Jadi, pastikan terlebih dahulu nomor antrian yang kalian dapatkan saat melakukan pendaftaran via telepon. Dan apabila sudah dua minggu kalian belum didatangi oleh petugas IndiHome, ada baiknya kalian menghubungi kembali call center di nomor 147 untuk menanyakan status dari pendaftaran.

Cara Pasang WiFi IndiHome Via Sales

Selain pendaftaran dapat dilakukan melalui call center, cara pasang WiFi IndiHome yang lebih mudah adalah melalui sales IndiHome. Nah, para sales ini dapat dengan mudah kalian jumpai di beberapa sudut kota maupun komplek perumahan.

Mengapa demikian? Pada dasarnya, para sales ini ingin memudahkan masyarakat atau calon pelanggan yang ingin melakukan proses pemasangan WiFi IndiHome.

Selain itu, para sales IndiHome juga sering melakukan promosi melalui sosial media, baik itu Instagram maupun Facebook. Dengan begitu, mereka akan memasang nomor telepon atau WhatsApp yang bisa dihubungi dengan mudah.

Pun juga untuk kalian yang ingin berlangganan WiFi IndiHome, akan dimudahkan dengan hadirnya para sales yang mudah dijangkau dan dihubungi.

Jika dirasa sudah menemukan sales yang cocok berikut harga dan paket internet yang dipilih, maka proses pendaftaran pun sudah bisa dilakukan. Dan si sales ini akan datang ke rumah kalian bersama teknisi, untuk melakukan instalasi jaringan IndiHome. Sangat simpel dan mudah, bukan?

Cara Pasang WiFi IndiHome Via Gerai IndiHome (Telkom Plaza)

Jika kalian menginginkan proses pendaftaran dan informasi yang lebih detail, maka datang ke Gerai IndiHome merupakan sebuah pilihan yang tepat. 

Bagaimana tidak? Disini kalian akan dengan mudah dipandu oleh customer service yang siap untuk menjelaskan berbagai hal seputar pemasangan WiFi IndiHome.

Nah, untuk melakukan pemasangan WiFi IndiHome melalui Gerai IndiHome, setidaknya ada beberapa tahap yang perlu kalian tahu. Berikut detailnya:

#1 Sebelum berkunjung ke Gerai IndiHome, siapkan seluruh berkas administrasi yang dibutuhkan untuk melakukan registrasi.

#2 Setelah semua berkas siap, datangi Gerai IndiHome terdekat.

#3 Ambil nomor antrian sesuai dengan pelayanan yang diinginkan, apabila sudah tiba giliran kalian, langkah selanjutnya akan dipandu oleh petugas IndiHome.

#4 Beberapa hal yang akan ditanyakan oleh petugas adalah, syarat administrasi; lokasi atau detail alamat; mengisi formulir; pengecekan jangkauan jaringan.

#5 Setelah semua hal tersebut terpenuhi, maka proses pemasangan WiFi IndiHome sudah dapat dilakukan. Dan tak lupa, sebelum proses pemasangan dilakukan, pastikan memilih paket internet yang sesuai dengan keinginan kalian.

Sangat mudah, bukan? Pun juga pastinya kalian akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan detail dengan datang langsung ke Gerai IndiHome.

Cara Pasang WiFi IndiHome Via Aplikasi myIndiHome

Cara selanjutnya, tidak berbeda dengan melakukan pendaftaran pemasangan WiFi IndiHome via website. Hanya saja, pada cara ini kita akan bahas beberapa langkah untuk melakukan pendaftaran berlangganan WiFi IndiHome menggunakan aplikasi myIndiHome.

Dengan demikian, pastikan kalian mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di handphone kalian. Aplikasi ini dapat dijumpai di PlayStore maupun App Store dengan mudah.

Setelah aplikasi myIndiHome berhasil diinstal, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah #1: Buka Aplikasi myIndiHome

Langkah #2: Login Akun IndiHome

Setelah aplikasi terbuka, selanjutnya kalian login menggunakan akun yang kalian miliki. Namun apabila belum memiliki akun IndiHome, klik tombol Register untuk melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu.

Langkah #3: Klik Menu Beli

Setelah proses login berhasil, maka akan tampil halaman depan dari aplikasi myIndiHome. 

Nah, untuk memulai proses berlangganan baru IndiHome, klik tombol Beli yang ada di bagian menu bar bawah, kemudian klik Berlangganan Baru.

Langkah #4: Cek Alamat

Proses selanjutnya adalah cek ketersediaan alamat. 

Pada langkah ini, myIndiHome akan meminta persetujuan untuk mengaktifkan fitur GPS (Pilih Ya). Selanjutnya, aplikasi akan melacak secara otomatis lokasi kalian saat ini.

Namun apabila kalian menghendaki alamat lain, kalian bisa menggunakan fitur Cek Lokasi

Jika lokasi yang diinginkan sudah sesuai, maka klik tombol Cek Ketersediaan, lalu tunggu proses berjalan untuk melakukan pengecekan.

Jika lokasi yang dipilih sudah terjangkau oleh layanan IndiHome, maka akan muncul notifikasi. Kemudian klik Lanjutkan.

Langkah #5: Pilih Paket Layanan

Selanjutnya akan tampil beberapa detail paket layanan yang tersedia, mulai dari Internet, TV Interaktif, dan juga Telepon.

Nah, pada tahap ini kalian diwajibkan memilih setidaknya dua layanan sekaligus, dengan layanan Internet sebagai layanan yang wajib dipilih. 

Pada tutorial ini, kami mempraktekan dengan memilih layanan internet sebesar Up To 30Mbps dan juga paket Telepon. Kemudian klik tombol Lihat Paket.

Selanjutnya akan tampil beberapa jenis paket yang berbeda, termasuk dengan detail harga yang ditawarkan. Pada tahap ini, kalian bebas memilih detail paket sesuai kebutuhan kalian masing-masing. 

Jika sudah menentukan pilihan, maka klik tombol Detail Paket, lalu klik tombol Berlangganan.

Langkah #6: Lengkapi Data Personal

Pada langkah ini, kalian diminta untuk melengkapi data personal yang akan digunakan untuk berlangganan IndiHome.

Scroll ke bawah untuk mengisi beberapa form yang wajib diisi. Jika semua sudah terisi, klik tombol radio button untuk menyetujui Syarat dan Ketentuan dari IndiHome.

Kemudian klik tombol Berlangganan.

Langkah #7: Surat Pernyataan Berlangganan

Setelah selesai di bagian Data Personal, langkah selanjutnya adalah menyetujui surat pernyataan berlangganan.

Pada langkah ini, kalian bisa membaca seluruh poin-poin dari surat pernyataan yang diajukan, jika dirasa sepakat dan sesuai, klik tombol Konfirmasi (radio button) yang ada di bagian bawah lalu klik tombol Selanjutnya.

Langkah #8: Kontrak Berlangganan

Pada langkah ini, hampir mirip dengan surat pernyataan di langkah sebelumnya, kalian perlu membaca setiap poin kontrak berlangganan yang diajukan.

Jika dirasa sudah sesuai dan sepakat, maka klik tombol Konfirmasi untuk menyetujui, lalu klik tombol Selanjutnya.

Langkah #9: Verifikasi

Jika semua data sudah sesuai, langkah terakhir yaitu verifikasi.

Pada langkah ini, kalian akan dimintai beberapa dokumen untuk dilakukan verifikasi data Identitas. 

Setidaknya ada tiga jenis kartu identitas yang bisa dijadikan alat untuk verifikasi, yakni KTP, SIM, dan juga Passport.

Pun juga, kalian akan dimintai foto selfie dan tanda tangan sebagai bukti verifikasi yang absah.

Jika seluruh data yang dibutuhkan sudah diisi semua, selanjutnya klik tombol Verifikasi Identitas.

Dengan demikian, proses pengajuan pemasangan WiFi Indihome sudah berhasil dilakukan. Langkah selanjutnya kalian hanya perlu menunggu untuk dihubungi oleh pihak IndiHome terkait dengan pemasangan WiFi.


Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk pasang WiFi IndiHome?

Apabila ada hal-hal yang dirasa belum jelas, jangan ragu untuk bertanya maupun berbagi pengalaman seputar pemasangan WiFi IndiHome melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar