Cara Reset Windows 10 Seperti Baru Tanpa Hilang Data

Mau reset ulang laptop/PC Windows 10 yang ada masalah? Berikut cara factory reset Windows 10 supaya jadi seperti baru lagi.

Ubixlo — Seperti yang kita ketahui bersama, Windows 10 merupakan versi Windows terbaru saat ini, tapi hal tersebut tidak menampik fakta bahwa pengguna Windows 10 belum bisa terbebas dari segala masalah atau error. Tak jarang para penggunanya mengalami masalah software seperti masalah sistem, bug, kena virus/malware, dan lain sebagainya. Apakah kamu juga mengalami hal yang sama?

Jika masalah tersebut terjadi karena sebuah aplikasi, mungkin kamu bisa dengan mudah mengatasinya dengan cara menghapus aplikasi di laptop. Namun, bagaimana jika cara tersebut ternyata tidak berhasil? Apakah kamu harus melakukan install ulang secara total? Tenang, ada cara yang lebih mudah dan sederhana, yaitu dengan mereset Windows 10.

Berbeda dengan install ulang yang notabene membutuhkan banyak waktu dan terkesan rumit, melakukan reset jauh lebih mudah dengan hanya beberapa klik dan langkah saja. Selain itu, cara reset Windows 10 ini juga efektif untuk mengatasi laptop lemot dan meningkatkan kinerja Windows 10. Karena, mereset Windows 10 artinya mengembalikan Windows 10 ke pengaturan pabrik seperti baru lagi.

Perlu kamu ketahui, cara reset Windows 10 pada artikel ini akan menghapus semua aplikasi dan data-data di PC/laptop, maka dari itu silakan lakukan backup data ke hardisk eksternal atau cloud storage terlebih dahulu.

Lantas, bagaimana caranya?

Silakan ikuti langkah-langkah reset Windows 10 berikut:

Langkah #1: Sebelumnya, pastikan PC atau komputermu tidak akan mati selama proses reset berlangsung. Bagi kamu pengguna laptop, pasanglah baterainya dan pastikan dayanya cukup, atau silakan lakukan proses reset sambil mengisi daya/charge laptop.

Langkah #2: Klik tombol Start > Settings.

Langkah #3: Buka menu Update & Security.

Langkah #4: Pindah ke tab Recovery > Reset This PC > klik tombol Get Started.

Langkah #5: Akan muncul dua pilihan reset yang tersedia, yaitu:

  • Keep my files: Hanya akan menghapus aplikasi dan mereset sistem yang ada di drive C. Tidak akan menghapus data-data pribadi yang ada di folder user seperti Documents, Downloads, Music, Pictures, dan Videos.
  • Remove everything: Menghapus semua aplikasi, data-data, dan mereset sistem yang ada di drive sehingga PC seperti baru lagi.

Supaya Windows 10 kembali ke pengaturan awal seperti baru lagi, pilih opsi Remove everything. Pastikan kamu sudah melakukan pencadangan data seperti yang sudah disampaikan sebelumnya.

Langkah #6: Klik tombol Reset untuk memulai prosesnya.

Langkah #7: Windows akan melakukan beberapa persiapan dulu. Tunggu beberapa saat sampai proses penyiapan selesai.

Langkah #8: Kemudian PC atau laptop akan melakukan restart secara otomatis dan proses reset Windows dimulai. Pada tahap ini pastikan PC tidak mati.

Langkah #9: Kamu juga akan melihat proses install ulang Windows 10 setelah reset. Pada tahap ini PC mungkin akan  melakukan restart otomatis beberapa kali, biarkan saja. Tunggu beberapa saat lagi.

Langkah #10: Selesai. PC atau laptop kamu akan kembali masuk ke desktop dan proses reset Windows 10 telah selesai.

Sebenarnya kamu bisa menyimpan file-file pribadi dengan memilih opsi Keep my files, tetapi mengapa pada panduan ini kami lebih memilih opsi remove everything? Hal ini dikarenakan supaya hasil resetnya menjadi lebih maksimal dan benar-benar membuat Windows 10 kamu menjadi seperti baru lagi. Karena bisa saja sumber penyebab masalahnya berada pada file-file pribadi yang justru kamu simpan tadi.

Sekarang, laptop kamu jadi fresh seperti baru lagi. Apabila cara reset Windows 10 di atas tidak dapat menyelesaikan masalahmu, maka mau tidak mau kamu harus menggunakan cara install ulang Windows 10.

Selanjutnya, sebaiknya kamu juga selalu melakukan update Windows 10 secara rutin demi mencegah Windows 10 kamu mendapatkan masalah atau error-error lainnya yang mengharuskan reset lagi di masa yang akan datang.


Demikian tutorial cara reset ulang Windows 10 dengan mudah. Apabila ada langkah yang kurang jelas atau ada pertanyaan yang ingin disampaikan, silakan tulis di kolom komentar berikut ya!

Dapatkan berita dan artikel terbaru terkait dunia teknologi dengan cara mengikuti Ubixlo di Google Berita.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10 dengan Rufus

Panduan lengkap untuk membuat bootable flashdisk Windows 10 dengan Rufus (disertai dengan gambar).

Selengkapnya

Cara Install (Ulang) Windows 10 dengan USB Flashdisk

Cara install ulang Windows 10 menggunakan USB flashdisk lengkap disertai dengan panduan gambar.

Selengkapnya

Cara Menghilangkan Cuaca dan Berita di Taskbar Windows 10

Cara menghilangkan cuaca (fitur news and interests) yang muncul di taskbar Windows 10 setelah update dengan mudah.

Selengkapnya

4 Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10

Mau tahu cara menonaktifkan anti virus bawaan Windows? Simak cara mematikan Windows Defender berikut ini.

Selengkapnya

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Ms. Word (Semua Versi)

Pusing untuk membuat daftar isi? Simak cara membuat daftar isi otomatis di MS Word 2007, 2010, 2013, 2016 dan semua versi berikut ini.

Selengkapnya

Tips Ampuh Mengelola Website Anda Agar Lebih Irit!

Pengelolaan website sangat penting untuk Anda lakukan sebagai pemilik website. Berikut tips ampuh mengelola website Anda agar lebih irit!

Selengkapnya

Tinggalkan komentar