4 Cara Translate File PDF Semua Bahasa dengan Mudah

Mau baca file PDF bahasa Inggris tapi nggak ngerti bahasanya? Berikut cara translate PDF berbahasa asing disertai dengan gambar.

Mau baca PDF tapi nggak ngerti bahasanya? Pasti kesal banget bukan? Bagaimana tidak? File PDF yang kamu butuhkan ternyata berbahasa asing dan sulit untuk dimengerti.

Tapi, tenang saja. Perkembangan zaman dan teknologi yang kian canggih terus memanjakan kita dan membuat hidup semakin mudah, salah satunya dalam masalah PDF berbahasa asing tadi. Kini, mentranslate PDF bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia bukanlah hal yang mustahil.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut Ubixlo berikan tutorial cara translate PDF dengan mudah.

1. Translate File PDF Secara Online Melalui Website Online Doc Translator

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mentranslate file PDF secara online:

Langkah #1: Buka website onlinedocstranslator.com

Langkah #2: Klik tombol Translate Now.

Langkah #3: Klik tombol Upload file.

Langkah #4: Pilih file PDF yang akan ditranslate dan klik Open.

Langkah #5: Selesaikan captcha dengan memilih gambar sesuai perintah dan klik tombol Verify.

Langkah #6: Sekarang pilih akan mentranslate dari bahasa apa ke bahasa apa. Misal dalam contoh ini kami menerjemahkan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, maka pada opsi bahasa pertama kami pilih English dan di opsi bahasa kedua kami pilih Indonesian. Dan jangan lupa klik tombol Translate.

Langkah #7: Tunggu proses penerjemahannya sampai selesai yang ditandai dengan tulisan All done!

Langkah #8: Tunggu beberapa saat dan secara otomatis file PDF hasil translate akan didownload secara otomatis.

2. Translate File PDF dengan Bantuan Google Drive

Apabila kurang cocok dengan cara yang pertama, kamu juga bisa mentranslate file PDF melalui Google Drive, berikut caranya.

Langkah #1: Buka drive.google.com/drive/my-drive

Langkah #2: Klik Baru.

Langkah #3: Klik Upload file

Langkah #4: Pilih file PDF yang akan di translatekan, setelah itu klik Open.

Langkah #5: Pastikan file sudah berhasil di upload

Langkah #6: Cari file yang sudah di upload, apabila tidak ditemukan kamu bisa refresh halaman terlebih dahulu. Setelah ketemu, klik kanan file tersebut dan klik Buka dengan lalu pilih Google Dokumen.

Langkah #7: Secara otomatis Google Drive akan membuka tab baru untuk membuka file PDF kita menggunakan Google dokumen, setelah itu klik Alat lalu klik Terjemahkan dokumen.

Langkah #8: Setelah itu kamu akan disuruh memilih file PDF nya akan diterjemahkan dalam bahasa apa, disini kami mencontohkan dengan menerjemahkan file PDF ini menjadi bahasa Indonesia, setelah memilih bahasa apa yang akan dituju, selanjutnya kamu klik Terjemahkan.

Langkah #9: Terjemahan berhasil.

Langkah #10: Kamu bisa download file PDF yang sudah diterjemahkan tadi dengan cara klik File, terus klik Download dan langkah terakhir klik Microsoft Word (.docx).

3. Translate File PDF di Microsoft Word

Selama ini kamu menggunakan Microsoft Word cuma untuk mengetik? Wah sayang banget, padahal di Microsoft Word kamu juga bisa mentranslate dokumen termasuk file PDF.

Berikut cara translate PDF di Microsoft Word:

Langkah #1: Cari file yang ingin di translatekan.

Langkah #2: Klik kanan pada file yang dituju, pilih Open with lalu klik Word 2016. Perlu diketahui bahwa mungkin ada perbedaan tahun pada Word, kamu bisa menghafalkannya melalui icon Microsoft Word saja agar tidak bingung dalam membuka file tersebut.

.Langkah #3: Setelah file terbuka, klik Review, lalu klik Translate dan pilih Translate Document

Langkah #4: Nah disini kamu tentukan bahwa file PDF mu awalnya bahasa apa dan mau dirubah ke bahasa apa, disini kami mencontohkan mau di translate menjadi bahasa Indonesia, apabila sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka klik OK.

Langkah #5: Jika ada pemberitahuan seperti gambar dibawah ini, silahkan klik Yes.

Langkah #6: Dan Microsoft Word akan membuka halaman dari browser yang kalian gunakan untuk memperlihatkan hasilnya, dan itu menandakan bahwa translate sudah berhasil.

4. Translate File PDF di Google Translate

Selama ini menggunakan Google Translate hanya untuk mengartikan beberapa kalimat saja ya? Wah padahal di Google Translate kamu bisa mentranslate dokumen termasuk file PDF.

Penasaran bagaimana caranya? Simak tutorial dibawah ini.

Langkah #1: Buka website translate.google.co.id

Langkah #2: Klik Dokumen dan tentukan bahasa yang dibutuhkan, disini kami mencontohkan file kami bahasa Inggris dan ingin diubah menjadi bahasa Indonesia

Langkah #3: Setelah setting bahasa sudah selesai, lalu klik Jelajahi komputer dan cari file yang akan diterjemahkan.

Langkah #4: Apabila file sudah dipilih, maka klik Terjemahkan.

Langkah #5: Tunggu loading hingga selesai maka otomatis halaman akan memunculkan hasil file yang sudah diterjemahkan tadi, dan translate berhasil.


Ada kesulitan saat menerapkan 4 cara translate file PDF di atas? Silahkan komentar di bawah ya agar bisa kami bantu.

Tinggalkan Komentar