Cara Mengatasi Google Chrome yang Tidak Bisa Dibuka

Panduan lengkap mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka di semua perangkat (PC, Android dan iOS).

Google Chrome merupakan aplikasi peramban web yang sangat popupler saat ini. Menurut data dari statcounter.com, saat ini Chrome digunakan oleh 63.54% pengguna di seluruh dunia. Dengan jumlah basis pengguna yang besar tersebut, bisa dibilang Chrome merupakan aplikasi wajib di setiap PC maupun smartphone.

Nah, sebagai aplikasi yang wajib ada, tentu kita akan mengalami kebingungan jika Google Chrome yang terinstal di perangkat kita tidak bisa dibuka. Terlebih jika kita sedang dihadapkan dengan tumpukan pekerjaan yang membutuhkan bantuan Google Chrome untuk mengakses web dan mengumpulkan informasi.

Untuk itulah Ubixlo akan mencoba merangkum beberapa cara untuk mengatasi Google Chrome yang tidak bisa dibuka.

Penyebab Google Chrome Tidak Bisa Dibuka

Memahami penyebab Google Chrome tidak bisa dibuka menjadi poin yang sangat penting. Dengan memahami penyebab yang pasti, Anda juga akan lebih mudah dalam menemukan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Berikut adalah beberapa penyebab Google Chrome tidak bisa dibuka:

  1. RAM penuh
  2. Menggunakan Google Chrome versi lama
  3. Perangkat Anda terinfeksi virus atau malware

Nah, setelah mengetahui 3 penyebab diatas, mari kita lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Mengatasi Google Chrome yang Tidak Bisa Dibuka di PC dan HP

1. Bersihkan RAM

Seperti kita ketahui bersama, bahwa sebuah aplikasi baik di smartphone maupun PC membutuhkan RAM untuk bisa berjalan. RAM yang penuh bisa menyebabkan sebuah aplikasi tidak bisa berjalan maksimal.

Jadi langkah pertama yang bisa Anda coba adalah menutup semua aplikasi atau game yang terbuka di PC atau smartphone Anda. Utamanya aplikasi atau game yang membutuhkan RAM yang cukup besar.

Jika cara membersihkan RAM dengan cara menutup aplikasi atau game yang sedang berjalan tidak bekerja, mungkin Anda perlu restart komputer atau smartphone Anda.

2. Update Chrome ke Versi Terbaru

Versi terbaru tentunya dihadirkan untuk meningkatkan kinerja dari sebuah aplikasi. Jika Anda masih menggunakan Chrome versi lama, Anda bisa mencoba mengupdatenya ke versi yang terbaru.

Untuk Chrome di PC, Anda dapat mengunduh versi terbaru melalui website resmi Google Chrome. Sementara untuk smartphone Android dan iOS, Anda dapat melakukan pembaruan melalui Playstore dan App Store.

3. Instal Ulang Chrome

Cara ini bisa dilakukan jika Google Chrome mengalami corrupt akibat terinfeksi virus. Anda bisa mencoba menghapus Chrome yang sebelumnya telah terinstal dan menginstalnya ulang untuk memastikan semua file yang corrupt kembali seperti sedia kala.

4. Instal Ulang Perangkat

Sudah mencoba cara-cara diatas namun tetap tidak berhasil? Besar kemungkinan perangkat PC atau smartphone Anda terinfeksi virus yang membandel. Dengan demikian, install ulang Windows 10 di PC Anda atau reset smartphone Anda ke pengaturan pabrik menjadi solusi terakhir yang harus Anda lakukan.

Perlu diperhatikan sebelum melakukan instal ulang atau reset ke pengaturan pabrik, pastikan Anda sudah membackup data-data penting yang tersimpan. Hal ini dikarenakan proses ini akan menghapus semua data yang tersimpan di perangkat Anda.

Apa Itu Chromium? Kenali Perbedaannya dengan Chrome

Penasaran apa itu Chromium? Berikut pengertian Chromium, bahaya Chromium dan perbedaan Chromium dengan Google Chrome.

Selengkapnya

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome (Android dan PC)

Terganggu dengan keberadaan iklan di Google Chrome? Simak artikel cara menghilangkan iklan di Chrome Android dan PC berikut ini.

Selengkapnya

Cara Menghilangkan Iklan di Google Chrome (Android dan PC)

Terganggu dengan keberadaan iklan di Google Chrome? Simak artikel cara menghilangkan iklan di Chrome Android dan PC berikut ini.

Selengkapnya

Apa Itu Chromium? Kenali Perbedaannya dengan Chrome

Penasaran apa itu Chromium? Berikut pengertian Chromium, bahaya Chromium dan perbedaan Chromium dengan Google Chrome.

Selengkapnya

Apa Itu Server? Cara Kerja, Jenis-Jenis, dan Fungsinya

Sering mendengar istilah “server”? Apa itu server? Berikut pengertian server, cara kerja, serta jenis-jenis dan fungsinya.

Selengkapnya

Cara Reset Windows 10 Seperti Baru Tanpa Hilang Data

Mau reset ulang laptop/PC Windows 10 yang ada masalah? Berikut cara factory reset Windows 10 supaya jadi seperti baru lagi.

Selengkapnya

8 HP Gaming Murah dengan Performa Mumpuni (2021)

Lagi cari HP Gaming murah namun memiliki performa yang tetap mumpuni di tahun 2021? Simak rekomendasin lengkapnya berikut ini.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar