10 Game Memasak untuk Android dan iOS (Offline & Online)

Daftar rekomendasi game memasak untuk Android dan iOS yang dapat dimainkan secara online dan offline.

Permainan masak-masakan selalu menjadi stereotype atau identik dengan gender perempuan. Padahal tidak melulu demikian, toh baik laki-laki maupun perempuan sah-sah saja apabila bermain masak-masakan.

Sayangnya, saat ini sudah jarang orang-orang bermain permainan memasak secara langsung. Melainkan, mereka lebih gemar bermain game memasak di gawai milik mereka.

Tidak salah dengan fenomena tersebut, justru seiring dengan berkembangnya teknologi hari ini, hal demikian merupakan sebuah keniscayaan.

Terlebih lagi, berbagai jenis game memasak yang ada di smartphone kini semakin beragam. Dari permainan yang sekedar simulasi memasak hingga pada simulasi menjalankan bisnis restoran. 

Dengan hadirnya berbagai game memasak tersebut, tentunya tetap dapat membantu kita dalam “menyalurkan” dan mengekspresikan imajinasi tentang memasak dan makanan melalui sebuah game di smartphone.

Penasaran dengan game memasak yang seru dimainkan di Android dan iOS? Simak beberapa rekomendasi terbaik Ubixlo berikut ini:

1. Diner Dash Adventure

Game tentang dunia permasakan yang pertama adalah Diner Dash Adventure. Dimana game ini merupakan versi “pengembangan” terbaru dari versi lawasnya yaitu Diner Dash.

Pengembangan yang dilakukan oleh Glu, selaku pengembang sekaligus publisher terdiri dari beberapa hal. Diantaranya;

  • Terdapat hingga ratusan level dengan tantangan beragam
  • Bisa menyesuaikan makanan, resep, dan menu sesuai keinginan kalian
  • Mengusung tema fun cooking dimana kalian dapat membuat donat, burger, milkshake, dan masih banyak lagi
  • Dapat bekerjasama dengan koki top di kota lain untuk mengalahkan “Tuan Besar” dan pesaing lainnya

Dan tentunya masih banyak hal baru yang terdapat dari Diner Dash Adventure ini.

Namun, ada 1 hal yang tentunya tidak asing lagi untuk kalian yang pernah bermain Diner Dash (versi awal). Dimana, pada game ini kalian juga akan memainkan karakter wanita bernama Flo, yang menjadi ciri khas dari Diner Dash.

Penasaran dengan keseruan Diner Dash Adventure, langsung saja unduh dan mainkan game ini melalui link di bawah ini.

2. Cooking Mama: Let’s Cook!

Pada awal perilisannya, Cooking Mama: Let’s Cook merupakan game memasak yang tersedia hanya untuk platform konsol. Namun, seiring pengembangannya kini Cooking mama: Let’s Cook dapat kalian mainkan di platform mobile.

Keunikan dari game ini yang tidak dapat ditemukan di game lain sejenis adalah, sebelum memasak kalian dapat memulainya dengan berbelanja terlebih dahulu. Sehingga, kalian dapat memilih bahan-bahan masakan sesuai dengan selera kalian.

Ditambah lagi, Cooking Mama: Let’s Cook! memiliki grafis yang menawan dan terkesan lembut dari segi animasinya. Sehingga akan membuat kalian “lebih nyaman” pada saat memainkannya.

Sebagai salah satu game memasak terbaik di Android, saat ini Cooking Mama: Let’s Cook! telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna Android.

3. Restaurant Story

Dikembangkan dan dirilis oleh Storm8 Studios, Restaurant Story juga termasuk sebagai salah satu game memasak yang cukup seru dimainkan. Bagaimana tidak? Pasalnya, pada game ini kalian bisa melakukan berbagai eksperimen dengan berbagai menu masakan dari ratusan resep yang berbeda.

Restaurant Story bisa dikategorikan sebagai salah satu game ringan di Android, toh game ini hanya memiliki ukuran yang cukup kecil, yakni 21 MB. Tentunya bagi kalian yang memiliki Smartphone berspesifikasi “minimal”, juga dapat menikmati permainan dari Restaurant Story.

Sebelum kalian dapat memasak berbagai menu masakan di Restaurant Story, tentunya kalian harus menyelesaikan setiap tantangan dari setiap level. Hal tersebut dimaksudkan untuk “mengumpulkan” point XP agar dapat membuka berbagai menu masakan yang tersedia.

Satu hal yang perlu kalian ketahui, bahwa game ini hanya dapat dimainkan secara online, alias membutuhkan koneksi internet. Jika tertarik ingin memainkan Restaurant Story, unduh dan mainkan game ini melalui link di bawah ini.

4. Cooking Fever

Game memasak selanjutnya datang dari Cooking Fever, dimana game ini dikembangkan dan rilis langsung oleh Nordcurrent.

Dalam game ini, kalian sebagai pemain mempunyai misi utama yaitu mengelola berbagai restoran. Tentunya tidak sekedar pengelolaan yang biasa, melainkan kalian diharuskan untuk membuat makanan dan minuman, melayani pelanggan, dan menghasilkan uang.

Bagusnya lagi, kalian dapat melakukan beberapa peningkatan pada peralatan dapur dan fitur interior restoran untuk menyelesaikan misi dan mencapai level yang lebih tinggi.

Saat ini, Cooking Fever telah diunduh oleh lebih dari 100 Juta pengguna Android. Tentunya, hal ini belum termasuk dengan pengguna dari iPhone. Sebuah angka yang fantastis, bukan?

Kelebihan dari Cooking Fever adalah, dimana Nordcurrent selaku “pemilik” telah bekerja sama dengan Coca Cola untuk menayangkan produk Coca Cola di dalam game. Dengan demikian, kalian sebagai pemain dapat menjual berbagai produk minuman Coca Cola di Cooking Fever.

Dengan berbagai pencapaian tersebut, mungkin bisa dibilang, bahwa Cooking Fever merupakan game nomor 1 di dunia di kategori game memasak.

5. Cooking Tycoon

Berbeda dengan game memasak sebelumnya, Cooking Tycoon agaknya memiliki tampilan dan gameplay yang lebih sederhana. Dimana pada game ini, kalian hanya ditunjukan sebuah tampilan visual dari sebuah dapur, dengan karakter animasi seorang koki yang akan memandu kalian pada saat memasak.

Meskipun demikian, fitur-fitur yang ada pada game ini cukup lengkap loh. Terbukti dengan peralatan dapur dan menu makanan yang sangat beragam. Selain itu, ada juga fitur lain, diantaranya;

  • Tersedia 7 jenis masakan yang bisa dimasak, seperti halnya; Makanan siap saji, masakan Jepang, masakan Perancis, Italia, Dessert, dan juga berbagai jenis minuman
  • Terdapat setidaknya 40 resep makanan yang dapat dibuat dan disajikan kepada pelanggan
  • Tampilan grafis yang lembut dan menawan
  • Multitasking game, dimana kalian dapat memasak, menyajikan, sekaligus beres-beres.

Sekilas, dari segi gameplay game ini lebih mirip dengan Diner Dash, dimana kalian akan memasak sebuah makanan kemudian menyajikannya pada pelanggan.

6. World Chef

Game memasak selanjutnya adalah World Chef, dimana game ini dikembangkan oleh Social Point. World Chef telah diunduh sebanyak lebih dari 10 Juta pengguna Android. Tentunya, jumlah tersebut belum termasuk dari para pengguna iPhone.

Dengan demikian, World Chef bisa dibilang sebagai salah satu game memasak yang cukup laris di kalangan pecinta game.

Pada game ini, kalian akan memainkan sebuah simulasi bisnis restoran yang sangat menarik. Dengan berbagai tantangan yang ada, kalian akan dituntut untuk memuaskan pelanggan dan mengembangkan restoran menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, juga terdapat berbagai fitur seru yang bisa kalian temukan pada World Chef, diantaranya:

  • Kalian dapat membuat, menghias, dan mengelola bisnis restoran fine dining  milik kalian sendiri
  • Tersedia dekorasi eksklusif di Studio Desain yang dapat mempercantik tampilan restoran
  • Dapat membeli dan menukar bahan-bahan segar sebagai bahan masakan
  • Dapat membangun dermaga, yang akan berfungsi untuk mengimpor bahan-bahan masakan yang eksotis
  • Dapat meningkatkan popularitas restoran, sehingga pelanggan VIP bisa menjadi pelanggan tetap

Pun juga, World Chef juga dilengkapi dengan tampilan grafis yang smooth dan menawan. Sehingga akan menambah sensasi seru saat bermain game ini. Penasaran dengan berbagai keseruan yang ada di World Chef? Langsung saja unduh dan mainkan game ini dengan klik link di bawah ini.

7. Food Truck Chef

Berbeda dengan beberapa game memasak sebelumnya yang mengelola restoran. Food Truck Chef hadir dengan konsep yang anti-mainstream, dimana kalian akan mengelola sebuah “restoran” yang dikonsep dengan menggunakan sebuah kendaraan.

Memang sesuai dengan namanya, disini kalian akan berperan sebagai seorang pemilik bisnis dari Food Truck ini. Dimana kalian akan “berkeliling dunia” untuk mengembangkan dan memperkenalkan Food Truck yang kalian rintis.

Layaknya game Dash, gameplay dari Food Truck Chef bisa dibilang sederhana namun sangat seru untuk dimainkan. Pasalnya, tersedia berbagai tantangan dan level yang perlu kalian selesaikan.

Dari segi fitur game, disini kalian bisa memasak berbagai makanan dan minuman. Mulai dari Burger, French Fries, BBQ, Sandwich, Pizza, Kopi, dan masih banyak lagi.

Serunya lagi adalah, pada game ini kalian juga bisa “memodifikasi” Truk yang kalian jadikan sebagai restoran ini. Dengan demikian, kalian dapat mempercantik tampilan restoran milik kalian. Penasaran bagaimana keseruannya? Yuk download dan mainkan game ini.

8. Cooking Day

Dikembangkan sekaligus dirilis oleh Big Alpha Games, hingga tulisan ini dirilis Cooking Day telah diunduh sebanyak lebih dari 1 Juta kali di Play Store. Meskipun demikian, Cooking Day tetap menjadi salah satu rekomendasi game memasak yang perlu kalian coba.

Dari segi gameplay, disini kalian akan diminta memasak sesuai dengan request pelanggan. Meskipun sederhana, namun sangat seru loh untuk dimainkan.

Pasalnya, pada game ini memiliki berbagai fitur dan tantangan yang sangat seru untuk diselesaikan. Apa saja fiturnya? Salah satunya adalah tersedia beberapa jenis makanan yang bisa kalian masak untuk disajikan kepada pelanggan. Diantaranya ada; Steak, Sandwich, berbagai macam Dessert dan minuman, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalian juga dapat memanfaatkan poin yang kalian dapatkan untuk meng-upgrade kualitas dan peralatan dapur milik kalian.

Dari segi grafik, game ini memiliki tampilan yang smooth dan detail yang cukup jelas. Sehingga akan menambah keseruan saat menyelesaikan berbagai tantangan yang ada di dalam game.

9. Asian Cooking Star

Sekilas, game memasak besutan TheAppGuruz ini memiliki tampilan yang mirip dengan Cooking Day. Dengan desain interior dapur dan alur permainan yang bahkan bisa dibilang sangat mirip.

Dimana kalian akan memasak berbagai jenis masakan yang sesuai dengan keinginan para pelanggan. Namun, ada sedikit perbedaan yang terdapat pada Asian Cooking Star, dimana kalian akan memasak jenis makanan dari berbagai negara Asia.

Seperti masakan India, masakan Jepang, masakan China, masakan Arab, dan berbagai jenis masakan dari negara Asia lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa “berjelajah” ke berbagai negara Asia untuk menyelesaikan tantangan yang ada dalam game. Dengan demikian, akan menambah pengalaman kalian seputar dunia kuliner dari negara-negara Asia yang kalian kunjungi.

Sama halnya dengan Cooking Day, game ini juga sudah diunduh sebanyak lebih dari 1 Juta pengguna Android. Apakah kalian akan menjadi salah satunya? Langsung saja, unduh dan mainkan game ini.

10. Cooking Madness

Jika kalian senang dengan berbagai misi dan tantangan yang seru, mungkin Cooking Madness bisa menjadi salah satu pilihan. Pasalnya, di game ini kalian akan terus diminta untuk memasak, memasak, dan memasak dengan cepat karena pelanggan yang tak ada habisnya.

Keseruan lain yang bisa kalian temukan pada game ini adalah “membuka” restoran baru yang ada di setiap level. Untuk mendapatkan hal ini, tentunya ada syarat atau pencapaian yang perlu kalian raih, yakni pendapatan dari penjualan makanan yang harus diatas batas minimal.

Maka dari itu, jangan sampai kalian mengecewakan pelanggan dengan membuatnya menunggu terlalu lama. Namun, kalian tak perlu khawatir. Pada game ini sudah tersedia berbagai fitur menarik yang dapat menunjang aktivitas memasak kalian menjadi lebih optimal.

Salah satunya adalah kalian dapat meng-upgrade peralatan masak sehingga proses memasak dan kualitas makanan akan menjadi lebih baik lagi.

Apakah kalian memiliki referensi lain seputar game memasak yang lebih baik lagi? Jika ada, jangan ragu untuk share pengalaman kalian melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Komentar