10 Game Terpopuler dan Terbaik di Indonesia Tahun 2021

Penasaran apa saja game terbaik dan paling laku di Indonesia? Simak daftar game nomor 1 sampai 10 di Indonesia berikut ini.

Perkembangan dunia hiburan dan game terus meningkat dari tahun ke tahun. Bagaimana tidak? Game-game menarik dari berbagai genre dan kategori terus bermunculan dengan membawa kualitas grafis dan fitur yang lebih seru. Hal ini tentunya membuat jumlah gamers atau pemain game juga terus mengalami peningkatan.

Tidak hanya dalam skala internasional, peningkatan jumlah gamers ini juga dapat kita rasakan di Indonesia. Dari data yang diungkapkan oleh Grid.id, pada tahun 2019 yang lalu, tercatat jumlah gamers di Indonesia mencapai angka 52 juta orang. Kamu juga mungkin salah satu di antaranya.

Nah, kira-kira game apa saja yang dimainkan oleh para gamers Indonesia tersebut ya? Dari sekian banyaknya game yang ada, tentu beberapa di antaranya menjadi game pilihan para gamers sehingga terbentuklah daftar game terbaik yang paling banyak dimainkan di Indonesia. Penasaran apa saja game-game tersebut?

Berikut Ubixlo berikan daftar game nomor 1 sampai 10 di Indonesia yang dihimpun berdasarkan data top grossing (paling laku) dari Google Play Store Indonesia:

  1. Free Fire
  2. Mobile Legends: Bang Bang
  3. Higgs Domino Island
  4. Rise of Kingdoms: Lost Crusade
  5. Clash of Clans
  6. Genshin Impact
  7. State of Survival: Survive The Zombie Apocalypse
  8. Roblox
  9. PUBG Mobile
  10. Coin Monster

Daftar Game Nomor 1 – Nomor 10 di Indonesia (2021)

Nomor 1: Free Fire

Tahta game nomor 1 di Indonesia dimenangi oleh Free Fire. Meskipun sering kali dibanding-bandingkan dengan PUBG Mobile dan terkenal sebagai game burik 8-bit karena kualitas grafisnya yang kurang bagus, namun Free Fire terbukti berhasil memuncaki daftar game terbaik di Indonesia.

Harus diakui memang Free Fire kalah bagus dalam masalah grafis dengan PUBG Mobile, namun dengan grafis yang seadanya membuat Free Fire sangat enteng untuk dimainkan. Hal itu juga menjadi keuntungan tersendiri mengingat di Indonesia masih banyak gamer menggunakan handphone spesifikasi lama. Inilah alasan mengapa Free Fire lebih laku daripada PUBG Mobile di sini.

Sama seperti game battle royale lainnya, inti dari permainan Free Fire adalah bertahan hidup di zona permainan dan berusaha menjadi satu-satunya orang atau tim yang hidup dalam zona tersebut.

Perbedaannya dengan PUBG Mobile, dalam 1 zona permainan Free Fire hanya memberi batas maksimal 50 orang berbeda dengan PUBG Mobile yang 100 orang, namun keuntungannya dengan 50 orang maka zona atau map permainan bisa diperkecil dan membuat game lebih enteng.

Tidak mau kalah dengan saingannya yaitu PUBG Mobile, Free Fire juga seringkali mengadakan turnamen yang berhadiah puluhan hingga ratusan juta.

Bahkan, bintang sepak bola dunia yaitu Cristiano Ronaldo menjadi sponsor dalam permainan Free Fire, hal itu bukti nyata betapa suksesnya Free Fire dan membuatnya layak menjadi game nomor 1 terbaik di Indonesia.

Dalam hal jumlah unduhan, game yang juga merupakan game nomor 1 di PlayStore ini diunduh sebanyak 500 juta lebih, berbanding jauh dengan PUBG Mobile yang hanya 100 juta lebih, tertarik memainkannya? game ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Play Store atau App Store.

Nomor 2: Mobile Legends: Bang Bang

Beralih ke game MOBA, sudah jelas Mobile Legends menguasai dalam persaingan game-game bertemakan MOBA.

Sejak awal perilisannya game ini memang langsung menarik perhatian banyak orang, dengan teknik pemasarannya yang bagus membuat Mobile Legends kini menjadi salah satu game paling laris di Play Store maupun Apple Store.

Simple dan indah, 2 kata itu melekat dalam permainan Mobile Legends, bahkan tidak jarang banyak para perempuan yang memainkan game tersebut karena memang cukup mudah untuk dimainkan.

Kamu tidak perlu berlatih cukup lama dalam permainan ini, tidak seperti game bertemakan battle royale yang cukup ribet karena harus belajar akurasi tembakan dan masih banyak lagi lainnya.

Namun di MOBA kamu cukup menghafalkan skill-skill yang sudah disediakan untuk masing-masing karakternya, hal itu membuat game ini bisa dimainkan oleh semua orang.

Ditambah lagi ada beberapa tokoh legenda Indonesia yang menjadi karakter dalam game tersebut salah satunya adalah Gatotkaca, dengan adanya Gatotkaca menjadi daya tarik tersendiri bagi para masyarakat Indonesia.

Ramainya antusias dari para pemain Mobile Legends membuat game tersebut seringkali menggelar turnamen-turnamen bergengsi setiap tahunnya, tentu dengan hadiah yang sangat banyak dari puluhan hingga ratusan juta.

Kompetisi tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain Mobile Legends, dengan hadiah yang besar membuat para pemain ingin mendapatkannya dan tentunya akan semakin sering bermain game tersebut.

Sama seperti PUBG Mobile, game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah diunduh sebanyak 100 juta lebih, jika ingin memainkannya kamu bisa langsung unduh di App Store atau Play Store secara gratis.

Nomor 3: Higgs Domino Island

Game yang akhir-akhir ini booming di Indonesia adalah Higgs Domino Island, game yang menyajikan permainan simple dan mudah dimainkan membuat siapapun bisa memainkan game tersebut.

Dalam game Higgs Domino Island para pemain berharap besar pada keberuntungan, game-game yang disuguhkan adalah game kartu, game dadu dan game lotre.

Keseruan dalam game ini kamu bisa memberi emoticon-emoticon lucu kepada lawan mainmu, selain itu ada juga bonus harian yang membuat para pemain ingin membuka game tersebut setiap hari.

Tidak banyak yang bisa dibahas untuk game Higgs Domino, tampilan yang simple namun mewah cukup membuat betah para pemainnya, dari segi permainan game ini sangat mengandalkan keberuntungan dari para pemainnya.

Jika dilihat dari pola permainannya, game ini cukup membuat candu banyak orang bahkan tidak sedikit juga yang mengeluarkan uangnya demi game ini.

Di tahun 2021, game Higgs Domino Island sudah mendapatkan unduhan sebanyak 10 juta lebih, kamu bisa mengunduh game tersebut di Play Store maupun App Store apabila tertarik memainkannya.

Nomor 4: Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Rise of Kingdoms: Lost Crusade kini mencuri perhatian banyak orang sejak dirilis tahun 2018, kehadirannya membuat Clash of Clans tersisihkan karena Rise Of Kingdoms memberikan fitur-fitur semuanya gratis atau bisa dibilang free to play.

Contoh yang paling terlihat adalah waktu boost time, di Clash of Clans untuk mempersingkat waktu kamu harus memiliki gems yang didapatkan dari hasil beli atau hadiah waktu event, namun di Rise of Kingdoms kamu bisa mempersingkat waktu dengan menyelesaikan quest-quest ringan.

Game Rise of Kingdoms total mendapatkan 10 juta unduhan, tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan Clash of Clans namun mengingat rilisnya yang terbilang masih baru hal itu menjadi wajar.

Jika tertarik dengan game Rise of Kingdoms kamu bisa mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Nomor 5: Clash of Clans

Game yang tidak termakan oleh jaman yaitu Clash of Clans rasanya tidak boleh luput dari game terbaik di Indonesia.

Meski sudah dirilis cukup lama tepatnya pada tanggal 2 Agustus 2012, namun game ini hingga sekarang masih banyak dimainkan, update-update terbarunya selalu ditunggu oleh para pemainnya.

Cukup simple dan mudah untuk dimainkan membuat Clash of Clans bisa dimainkan oleh semua orang, game berbentuk simulasi ini juga memiliki area bertarung namun tidak secara bersamaan layaknya game-game battle royale.

Di Clash of Clans pertarungannya adalah menyerang base lawan, oleh karena itu base yang kita punya harus diperkuat dengan senjata dan jebakan-jebakan yang tepat agar lawan kesulitan untuk menyerangnya.

Berbagai turnamen Clash of Clans juga masih banyak digelar setiap tahunnya, namun di Indonesia sendiri turnamen game tersebut cukup sulit untuk ditemukan dibandingkan 3 PUBG Mobile, Free Fire dan Mobile Legends.

Dalam jumlah unduhan, game Clash of Clans menyamai Free Fire dengan jumlah 500 juta lebih, dan itu menjadi bukti nyata betapa layaknya game Clash of Clans masuk dalam 10 game terbaik di Indonesia.

Jika kamu ingin memainkannya, kamu bisa dapatkan secara gratis di Play Store atau App Store.

Nomor 6: Genshin Impact

Gamer jaman now tentunya tau game Genshin Impact, dirilis pada tanggal 24 september 2020 game ini sudah mendapatkan 10 juta unduhan di Play Store.

Bukan tanpa alasan Genshin Impact menduduki nomor 6 di top grossing Play Store, game yang mengusung tema RPG tersebut menyajikan cerita yang menarik dan grafis yang sangat indah yang bisa membuatmu betah memainkan game tersebut.

Sebagai game bertemakan RPG, Genshin Impact memberikan fitur-fitur yang cukup detail diantaranya karakter bisa memanjat, terbang, berenang bahkan bisa memasak.

Untuk ukuran game android rasanya sudah sangat bagus dan memang layak untuk masuk 10 besar game terbaik di Indonesia.

Game Genshin Impact bisa kamu dapatkan di Play Store maupun App Store.

Nomor 7: State of Survival: Survive The Zombie Apocalypse

Cukup menarik melihat game State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse masuk dalam top grossing Play Store, karena seperti yang sudah-sudah game shooter selalu memberikan gameplay yang membosankan dan cenderung buruk dalam segi cerita.

Namun berbeda dengan game State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse, game yang satu ini memberikan cerita yang menarik dan strategi-strategi yang cukup membuat kita berpikir sejenak.

Meski lawannya adalah zombie, game ini tidak membuat para pemainnya ketakutan dan tidak ada jumpscare dalam game ini.

Di Play Store game State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse sudah mendapatkan 50 juta lebih unduhan, jika ingin memainkan game tersebut kamu bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store ataupun App Store.

Nomor 8: Roblox

Meski grafis yang biasa aja, game ini unggul dalam mode multiplayernya dan diisi berbagai permainan yang bisa dimainkan secara online.

Berbeda dengan game-game lainnya yang hanya memberikan 1 tema permainan entah itu tembak-tembakan atau lainnya, di Roblox tersedia banyak tema yang bisa kamu mainkan kapan saja.

Seperti Minecraft, game Roblox bisa mengatur avatarnya sesuai keinginan dari para pemain dan itu harus diakui menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang terutama untuk anak-anak kecil yang sangat suka berimajinasi.

Meski rilis pada tahun 2014 di android, namun game ini berhasil mendapatkan pusat perhatian pada tahun 2020-2021 bahkan sudah mencapai 100 juta lebih unduhan, tertarik memainkannya? Kamu bisa langsung mengunduhnya di App Store atay Play Store.

Nomor 9: PUBG Mobile

Akhir-akhir ini game-game bertemakan battle royale banyak disukai oleh game Indonesia, menyuguhkan permainan yang seru dan menantang membuat para pemainnya semakin tertarik untuk memainkannya lagi dan lagi.

Dan game battle roayle terbaik di Indonesia setelah Free Fire adalah saingannya, yaitu PUBG Mobile. Selain masuk ke dalam jajaran game terbaik nomor 1 sampai 10 di Indonesia, PUBG Mobile juga merupakan pemilik tahta game terpopuler di dunia saat ini dengan total unduhan lebih dari 100 juta kali. ini merupakan bukti nyata betapa menariknya game multiplayer besutan Tencent yang satu ini.

Mode multiplayer yang diusung PUBG Mobile membuat para pemainnya bisa menentukan akan bermain dengan siapa untuk menjadi tim. Ditambah lagi, multiplayer dalam game ini cukup adil karena akan dipertemukan sesuai pangkatnya.

Dari segi pemasaran, game ini juga sangat cerdas, salah satunya dengan mengadakan turnamen-turnamen bergengsi dengan hadiah puluhan bahkan ratusan juta.

Hal itu menjadi acuan untuk banyak orang agar lebih serius lagi dalam bermain game, jika dirasa berat untuk memenangkan turnamen kamu juga bisa mendapatkan uang dari bermain game dengan mengunggahnya ke Youtube atau platform streaming seperti Twitch.

Selain itu, PUBG Mobile juga menyuguhkan grafis yang indah dan membuat kamu semakin betah dalam memainkannya, dengan grafis yang indah membuat kamu harus mempunyai spesifikasi hp yang cukup tinggi agar bisa lancar memainkannya.

Beberapa usulan dan laporan dari para pemain juga ditanggapi dengan cepat, hal itu membuat para pemain lebih tenang karena semua orang bermain dengan jujur dan sportif, dengan kata lain tidak adanya kecurangan dalam permainan tersebut.

Perawatan yang baik dan update-update yang semakin menarik membuat PUBG Mobile pernah memenangkan nominasi Mobile Game of The Year di ajang 36th Golden Stick Award pada tahun 2018.

Sudah grafis bagus dan bisa dimainkan dimana saja karena hanya mengandalkan handphone membuat PUBG Mobile layak menjadi game terbaik nomor 1 di Indonesia.

Ingin memainkannya? kamu bisa mendapatkan game tersebut secara gratis di Play Store atau App Store.

Nomor 10: Coin Monster

Nomor 10 top grossing di Google Play Store diisi oleh game rilisan tahun 2015 bernama Coin Monster.

Mirip-mirip dengan Clash of Clans yang menjadi game simulasi membangun desa dan bisa menyerang desa lawan, yang berbeda adalah di game Coin Monster kamu akan mengandalkan spin untuk mendapatkan uang maupun menyerang desa lawan.

Tidak banyak yang bisa di-review dari game satu ini, permainan yang simple dan bikin nagih karena mengandalkan spin membuat game ini cukup populer di Google Play Store.

Bahkan di Google Play Store game Coin Monster sudah diunduh sebanyak 100 juta lebih, kamu juga bisa memainkannya secara gratis, game ini tersedia di Play Store dan App Store.


Nah itulah 10 game terbaik yang paling laku atau paling banyak dimainkan oleh para gamer Indonesia. Apakah kamu juga memainkan salah satu game di atas? Dan apakah menurut kamu ada game lain yang lebih pantas untuk masuk daftar game terbaik nomor 1-10 di Indonesia? Tulis di kolom komentar, ya!

Tinggalkan Komentar