10 Game Online Terbaik untuk PC dan Android

Mau main game online? Berikut beberapa pilihan game online terbaik tahun 2021 yang layak kamu mainkan baik di PC maupun Android.

Seiring tahun mengikuti perkembangan teknologi, dunia game juga terus berkembang. Sejak beberapa tahun ke belakang, tren game mulai bertransformasi ke game online, yang mana ini adalah sesuatu yang baru karena kita bisa bermain dengan orang lain secara online dan real-time.

Tak butuh waktu lama bagi game-game online untuk merebut pasar dan mendominasi. Hal ini tidak mengherankan mengingat game online mampu menghadirkan sensasi bermain yang lebih asyik dan seru, yang tidak bisa diberikan oleh game-game offline kepada para pemainnya. Beberapa game online bahkan mampu membuat sebuah genre baru, contohnya MOBA dan battle royale.

Jadi cukup wajar kalau hampir semua gamer yang ada di dunia sekarang pasti bermainnya game online. Nah, lantas dari sekian banyaknya game online yang ada sekarang ini, apa game online terbaik yang banyak dimainkan orang-orang ya? Penasaran?

Nah berikut Ubixlo buat daftar game online terbaik di PC dan Android:

Game Online Terbaik di PC

  1. DOTA 2
  2. FORTNITE
  3. APEX LEGENDS
  4. COUNTER STRIKE: GLOBAL OFFENSIVE
  5. MINECRAFT

1. DOTA 2

Game online terbaik nomor 1 untuk PC adalah DOTA 2 yang merupakan game online pertarungan di arena dan dilakukan secara langsung oleh beberapa orang pemain secara gratis. Game ini bisa dimainkan pada PC dengan sistem operasi LInux, Microsoft, WIndows,  dan OS X.

Pengembang dari game online DOTA 2 adalah Valve Corporation yang dirancang IceFrog yang kemudian diterbitkan oleh Valve Corporation, Perfect World, Nexon Co. Ltd dan di rilis pada tanggal 9 Juli 2013.

Cara Bermain DOTA 2:

  • Permainan ini dimainkan oleh 2 tim yang dari masing-masing tim beranggotakan 5 orang yang tugasnya mengamankan bangunan pada markas mereka dan menghancurkan bangunan pada markas lawan. Bangunan itu harus dilindungi untuk memenangkan game yang mereka mainkan, bangunan itu disebut Ancient.
  • Setiap pemain hanya bisa mengontrol satu hero yang memiliki misi menaikkan level kekuatannya dengan mengumpulkan gold untuk membeli item kekuatan agar bisa menang melawan tim musuhnya.
  • Dalam permainan ini terdapat 3 jalur atau lanes yang bisa dilalui yaitu offlane, mid lane & bottom lane. Pada lane tersebut juga dilalui creeps tiap 30 detik sekali yang akan membantu dalam menghancurkan Ancient lawan. Selain itu setiap lane terdapat 3 barracks yang apabila barrack yang terakhir hancur maka creeps lawan akan semakin kuat.

Kamu bisa mendapatkan game online DOTA 2 di Steam, jadi kamu harus download terlebih dahulu software Steam baru bisa mendapatkan DOTA 2. Namun sebelum kamu mendownload pastikan dahulu apakah PC kamu spesifikasinya cukup untuk menginstall Steam dan DOTA 2.

2. FORTNITE

Game online terbaik nomor 2 untuk PC adalah FORTNITE yang merupakan game MMO (massive multiplayer online) secara gratis. Game ini bisa dimainkan oleh para pengguna PS4, PC, Xbox One, serta perangkat portable Apple lainnya.

FORTNITE dikembangkan Fargo Corporation yang kemudian diterbitkan oleh Epic Games pada tahun 2017.

Cara Bermain FORTNITE:

  • Save the World, adalah mode permainan dalam game online FORTNITE yang melibatkan 4 pemain yang mempunyai misi mempertahankan benteng yang mereka bangun dengan melawan zombie yang berusaha menghancurkan.
  • Fortnite Battle Royale, adalah mode permainan yang melibatkan 100 pemain yang melakukan pertarungan pada area yang luasnya semakin mengecil untuk berupaya agar menjadi satu-satunya pemain yang selamat.
  • Fortnite Creative, adalah mode permainan yang didalamnya para pemain bisa melakukan kebebasan untuk menciptakan area pertempuran dan dunia FORTNITE.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mendownload game ini adalah perhatikan dahulu spesifikasi PC milikmu apakah sudah mumpuni atau belum, agar ketika memainkan tidak mengalami gangguan. Setelah melakukan pengecekan spesifikasi, dan yakin bahwa spek PC kamu sudah di atas spek minimal game-nya, silahkan download FORTNITE di situs resminya yaitu https://www.epicgames.com/fortnite/en-US/.

3. APEX LEGENDS

Game online terbaik no 3 untuk PC adalah APEX LEGENDS yang merupakan permainan battle royale tembak menembak secara gratis. Game online ini bisa dimainkan pada platform Microsoft, Windows, Xbox One, maupun pada PS4.

APEX LEGENDS dikembangkan oleh Respawn Entertainment yang kemudian diterbitkan oleh Electronics Arts pada tanggal rilisnya 4 Februari 2019.

Cara Bermain FORTNITE:

  • Melakukan terjun bersama teman kemudian mendarat ditempat yang berpisah untuk mendapatkan loot di tempat yang berbeda dengan temannya. Tapi jaraknya tetap tidak terlalu jauh hanya terpisah saja.
  • Mengambil item-item penting terlebih dahulu untuk melakukan pertempuran seperti helm, armor, senjata dan amunisi. Sedangkan untuk item pendukung lainnya bisa diambil belakangan atau menyusul.
  • Ketika bermain latih keakuratan headshot dengan selalu memperbaiki akurasi mengarahkan tembakan. Karena efek damage dari headshot begitu besar dalam game ini, karena keberadaan shield serta armor di badan cukup menyulitkan.
  • Jika mengetahui lawan yang knockout jangan nafsu, karena mereka masih mempunyai perlindungan darurat. Karena sering sekali lawan menjadikan teman yang sekarat untuk umpan bagi mereka yang nafsu untuk melakukan kill dan mengincar loot. Lebih baik tunggu sampai kawan lawan yang sekarat datang baru serang sampai tak tersisa.
  • Kenali warna petunjuk pada armor untuk mengetahui spesialisasi yang berbeda.

Sama seperti halnya Steam untuk mendownload DOTA 2, agar bisa mendapatkan game online APEX Legends ini kamu harus kunjungi dan download Origin client terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu cari APEX LEGENDS, download dan install di PC kamu. 

4. COUNTER STRIKE: GLOBAL OFFENSIVE

Game online terbaik nomor 4 untuk PC adalah COUNTER STRIKE: GLOBAL OFFENSIVE yang merupakan permainan dengan mode FPS (First-Person Shooting) atau penembak orang pertama. Game yang biasa disebut CS:GO ini bisa dimainkan pada platform Linux, MIcrosoft, WIndows, macOS, Xbox 360 dan PS3.

COUNTER STRIKE: GLOBAL OFFENSIVE dikembangkan oleh Valve dan Hidden Part Entertainment yang kemudian diterbitkan oleh Valve pada tanggal rilis 21 Agustus 2012. 

Cara Bermain COUNTER STRIKE: GLOBAL OFFENSIVE:

  • Sebelum memulai permainan alangkah baiknya kamu setting fitur Crosshair yang merupakan pointer pada layar untuk menunjukkan arah peluru ketika permainan dimulai. Fitur ini penting settingannya sesuai dengan kenyamanan si pemain agar tembakannya tepat sasaran.
  • Setelah melakukan penyetingan yang dirasa nyaman jangan ubah-ubah lagi settingannya karena untuk bermain game ini perlu pengulangan agar otot seorang gamers terlatih. Sehingga kecepatan dan refleknya akan meningkat dalam menghadapi musuh.
  • Mengenali berbagai macam senjata di CSGO yang fungsinya bermacam-macam untuk menaklukkan musuh dengan baik.
  • Mengenali MAP CSGO itu penting saat melakukan permainan agar tau spot mana yang bagus untuk bersembunyi dan berlindung.
  • Rileks ketika bermain karena game itu untuk bersenang-senang bukan untuk marah-marah.

Dapatkan game tembak-tembakan PC ini di platform Steam ya!

5. MINECRAFT

Game online terbaik nomor 5 untuk PC adalah MINECRAFT yang merupakan permainan bergenre kreatif dan bertahan hidup yang dimainkan dengan mode tunggal maupun multipemain. Permainan ini hanya bisa dimainkan pada platform Windows, macOS, dan Linux.

MINECRAFT dikembangkan Mojang yang kemudian diterbitkan oleh Mojang, Microsoft Studios, dan Sony Computer Entertainment pada tanggal rilisnya 18 November 2011.

Cara Bermain MINECRAFT:

  • Hal awal yang mesti dilakukan adalah mencari kayu dengan cara menghancurkan pepohonan setidaknya 25 kayu. Kemudian masuk ke inventory dan jadikan kayu-kayu yang sudah dikumpulkan menjadi papan kayu baru dibawa ke crafting table. Pada crafting table kamu buat beliung, kapak dari papa dan stik kayu yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Dalam game ini perubahan siang ke malam berjarak waktu 10 menit begitu pula sebaliknya. Sehingga disaat malam cari tempat tinggal sementara, karena di waktu itu mobs atau monster bermunculan. Kamu bisa bertempat tinggal di batu yang sudah diukir atau kamu ukir.
  • Mencari batu bara di antara bebatuan yang telah mau hancurkan atau bolongi. Batubara ini penting terutama digunakan ketika memasak makanan untuk dijadikan obor.
  • Setelah kamu mempunyai tempat perlindungan buat beberapa perabotan penting seperti peti, kompor, tempat tidur.
  • Mencari makanan merupakan salah satu hal yang penting agar tidak kelaparan dalam game ini dan akhirnya mati. Ketika sudah mendapatkan makanan ingat jangan dimakan mentah-mentah, harus dimasak terlebih dahulu agar meningkatkan banyak HP.

Untuk mendapatkan MINECRAFT kamu harus memakai launcher bernama Mineshafter kemudian silahkan ikuti petunjuk download di situ.

Game Online Terbaik di Android

  1. PUBG Mobile
  2. Call of Duty: Mobile
  3. Mobile Legends: Bang Bang
  4. Arena of Valor
  5. GARENA FREE FIRE

1. PUBG Mobile

Game online terbaik no 1 untuk Android adalah PlayerUnknown’s Battlegrounds atau sering disingkat PUBG merupakan game battle royale yang bisa dimainkan solo player maupun multiplayer. Permainan ini bisa dimainkan pada platform Microsoft, Windows, Xbox One, Android dan iOS.

PUBG atau PlayerUnknown’s Battlegrounds dikembangkan PUBG Corporation yang kemudian diterbitkan oleh Microsoft Studios, PUBG Corporation, dan Tencent Games. Rilis pertama kali game ini pada tanggal 20 Desember 2017 pada Microsoft WIndows, kemudian disusul pada Android dan iOS pada 9 Februari 2018.

Bermodalkan grafisnya yang cukup memuaskan dan gameplaynya yang apik, tidak butuh waktu lama bagi game besutan Tencent dkk ini untuk memuncaki daftar game terpopuler di dunia.

Cara Bermain PUBG Mobile:

  • Ketika memasuki game kamu akan berada dalam pesawat yang membawa ke suatu pulau dan wajib mendarat di sana untuk melakukan pertempuran. Ketika mendarat sebaiknya tidak di sembarang tempat, karena memiliki resiko agar tidak mati sia-sia dalam permainan. Misalnya mendarat di tempat ramai pemain dan kamu belum sempat melakukan looting, tentu akan dijadikan incaran empuk musuh. Maka sebaiknya cari tempat yang sepi dari musuh dan lakukan looting baru bertempur.
  • Ketika sudah berhasil mendarat di tempat yang sekiranya aman lakukan looting equipment yang dibutuhkan seperti senjata, helm, armor, dan lain sebagainya di bangunan-bangunan rumah sekitar kamu mendarat.
  • Pastika kamu mengetahui jenis senjata apa yang kamu looting, agar memudahkan ketika melakukan pertempuran.
  • Kenali mini map untuk mengetahui arah dari tembakan musuh serta mendengar suara-suara jejak kaki musuh.
  • Perhatikan safe zone yang semakin mengecil agar tidak mati sia-sia.

Kamu bisa mendapatkan game online terbaik ini pada aplikasi Play Store yang ada pada HP Android kamu.

2. Call of Duty: Mobile

Game online terbaik nomor 2 untuk Android adalah Call of Duty: Mobile yang merupakan permainan tembak-tembakan yang bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain itu game online terbaik ini bisa kamu mainkan pada platform Android dan iOS.

Call of Duty: Mobile dikembangkan perusahaan Tencent Games yang kemudian diterbitkan oleh Activision pada yang pada awal rilisnya bulan Juli 2019.

Cara Bermain Call of Duty: Mobile:

  • Kuasai sebuah senjata dengan melawan bot sampai dapat feelnya, jika sudah silahkan masuk ke match reguler dan bila sudah benar-benar ahli mainlah di mode rank. Tahapan itu mesti dilakukan agar tidak keteteran saat melakukan match.
  • Tingkatkan level karakter kamu dengan cepat pada mode game domination karena bisa mendapatkan kill lebih banyak.
  • Tidak perlu takut jika jatuh di battle royale Call of Duty: Mobile karena kamu bisa menggunakan wingsuit agar tetap aman ketika mendarat. Karena hal ini akan memudahkan kamu menuju bangunan tujuan lebih cepat.

Untuk mendapatkan game ini kamu bisa mendownload pada aplikasi Play Store di HP Android kamu. 

3. Mobile Legends: Bang Bang

Game online terbaik nomor 3 untuk Android adalah Mobile Legends: Bang Bang yang merupakan game arena pertarungan multipemain dalam jaringan. Permainan ini bisa dimainkan pada platform iOS dan Android.

Moonton selaku developer sekaligus publisher dari Mobile Legend bisa dibilang sukses dalam “menciptakan” game MOBA satu ini.

Bagaimana tidak? Pasalnya, sejak tulisan ini dirilis, Mobile Legends telah mendapatkan sebuah predikat sebagai salah satu game terbaik di Indonesia.

Cara Bermain Mobile Legends:

  • Kuasai 1 hero terlebih dahulu yang dirasa paling mudah dalam menggunakannya sampai memahami karakter hero tersebut. Karena karakter setiap hero pada Mobile Legend berbeda-beda.
  • Setelah mampu menguasai hero kalian, sebaiknya kuasai item yang akan dipakai pada hero kalian.
  • Jangan main sendirian, karena dibutuhkan kerjasama tim untuk menghancurkan base lawan agar tidak mati konyol.
  • Gunakan mini map untuk mengetahui lokasi kawan maupun lawan agar mengetahui apa yang harus dilakukan, membantu kawan misalnya.
  • Upgrade emblem kalian untuk meningkatkan kekuatan hero kalian.

Download game online Mobile Legends pada aplikasi Play Store yang ada di HP Android kamu. 

4. Arena of Valor

Game online terbaik no 4 untuk Android adalah AOV atau Arena of Valor yang merupakan game arena pertarungan daring multipemain. Permainan ini bisa kamu mainkan pada platform iOS, Android, dan Nintendo Switch.

AOV dikembangkan perusahan Timi Studio Group yang kemudian diterbitkan oleh Tencent Games pada tanggal rilis 26 November 2015.

Cara Bermain Arena of Valor:

  • Dalam permulaan sebaiknya mainkan 1 hero saja terlebih dahulu untuk dikuasai skill kemampuannya. Karena beda hero juga beda skill kemampuan yang dimiliki sehingga user hero tersebut harus menyesuaikan diri.
  • Pilih item serta built hero kamu dengan tepat sesuai kemampuannya sebagai hero magic, fighter, tank atau support.
  • Pilih arcana yang tepat sesuai dengan karakter hero yang kamu pakai.
  • Gunakan talent yang tepat sesuai kebutuhan dan bagaimana lawan.
  • Jangan suka main sendirian dan jika memang sendirian maka berlindung di belakang tower.
  • Perhatikan map dengan baik ketika permainan.
  • Saling komunikasi dengan teman 1 tim agar terjalin kekompakan dalam pertempuran.
  • Hancurkan tower lawan untuk mendapatkan kemenangan.

Jika kamu ingin mendapatkan game online terbaik ini, kunjungi Playstore kemudian cari AOV dan download di HP Android kamu.

5. GARENA FREE FIRE

Dan game online terbaik terakhir di Android adalah GARENA FREE FIRE yang merupakan game battle royale tembak-tembakan dengan mode multipemain. Permainan ini bisa kamu mainkan pada platform Android dan iOS secara gratis.

Meski terkenal sebagai game burik 8 bit, namun game yang dirilis oleh Garena pada tanggal 30 September 2017 ini berhasil mendapatkan predikat game mobile yang paling banyak diunduh pada tahun 2019, loh! Tidak hanya itu, saat ini FF juga memuncaki daftar game nomor 1 di Play Store kategori Top Grossing. Lumayan menakjubkan bukan penghargaan-penghargaan yang diraihnya?

Cara Bermain Free Fire:

  • Kuasai peta dengan baik untuk memudahkanmu dalam memenangkan pertempuran, karena di game  Free FIre tempat persembunyian sangat penting untuk melakukan penyerangan.
  • Jangan terlalu banyak looting, karena terlalu banyak looting belum tentu membuat menang. Namun sebaiknya kamu paham senjata apa yang bagus serta item apa yang dibawa agar lebih efisien dan memudahkanmu.
  • Sebaiknya tidak nafsu untuk kill musuhmu, sebab kemampuan menembak yang bar-bar dan belum ada apa-apanya malah akan menjadi makan empuk untuk musuh menyerang.

Download game online terbaik ini di aplikasi Google Play Store pada HP Androidmu secara gratis.


Demikian daftar game online terbaik untuk PC dan Android yang terdiri dari bermacam-macam genre. Dari daftar game di atas, adakah game yang sudah kamu mainkan? Atau kamu punya pilihan game lainnya? Kasih tau di kolom komentar ya!

Tinggalkan Komentar