Kumpulan Game PPSSPP Terbaik dan Terpopuler untuk Android

Mau bernostalgia dengan game PSP? kumpulan game berikut bisa kalian mainkan di Android menggunakan emulator PPSSPP.

PSP (Portable PlayStation) merupakan konsol portabel besutan Sony yang dirilis tahun 2004 dan dihentikan produksinya pada tahun 2014. Konsol yang satu ini merupakan salah satu konsol portabel paling laris di pasaran.

Nah, bagi kalian penggemar PSP yang ingin bernostalgia dengan keseruan gamenya, kini kalian bisa memainkannya kembali game-game di PSP melalui smartphone Android. Untuk memainkannya melalui smartphone Android, kalian membutuhkan emulator PSP yang bernama PPSSPP.

PPSSPP (PlayStation Portable Simulator Suitable for Playing Portably) adalah emulator PSP yang dikembangkan oleh Henrik Rydgard untuk berbagai macam OS seperti Android, iOS, Windows, Macos dan Linux. Emulator ini bisa dibilang emulator terbaik karena terbukti sudah didownload 100 juta lebih pengguna dan jarang terjadi error ketika digunakan.

Nah, bagi kalian pengguna smartphone Android, kalian bisa download emulator ini secara langsung melalui Google Play Store.

Setelah emulator PPSSPP terdownload dan terinstal di smartphone Android, selanjutnya kalian perlu mendownload file game PSP yang ingin kalian mainkan. Untuk format file game PSP ini ada 2 jenis: ISO dan CSO.

File ISO merupakan format asli dari file game PSP, sementara file CSO merupakan file hasil kompresan format ISO, sehingga wajar jika format CSO ukuran filenya lebih kecil dibanding format ISO. Meski memiliki kelebihan berupa ukuran file yang kecil, namun memainkan game PSP menggunakan file CSO tidak sehalus jika kalian menggunakan format file ISO.

Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan penggunaan file ISO dan CSO, kalian bisa lebih bijak dalam menentukan mana di antara kedua file tersebut yang akan digunakan untuk memainkan game PPSSPP.

Ok, sudah tidak sabar menikmati sensasi serunya main game PPSSPP? Di bawah ini Ubixlo berikan daftar rekomendasi game PPSSPP populer yang dapat kalian mainkan di Android.

  1. God Of War: Chains of Olympus
  2. Grand Theft Auto: Chinatown Wars
  3. Pro Evolution Soccer (PES) 14
  4. WWE SmackDown! vs. Raw 2006
  5. Def Jam: Fight for NY The Takeover
  6. Harvest Moon: Hero of Leaf Valley
  7. Sengoku Basara: Battle Heroes
  8. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Impact
  9. Dragon Ball Z: Shin Budokai
  10. Tekken 5: Dark Resurrection
  11. Patapon
  12. Monster Hunter Freedom Unite
  13. Final Fantasy Tactics: The War Of The Lions
  14. Need For Speed Most Wanted 5-1-0
  15. The Warriors

1. God Of War: Chains of Olympus

Game ini merupakan salah satu game PSP paling populer, pernah menyabet Game of The Year 2008 versi situs Metacritic dan hingga saat ini tiap tahun didownload lebih dari 5 Juta kali.

God of War: Chain of Olympus merupakan sekuel keempat dari rangkaian franchise God of War. Cerita game ini berdasarkan mitologi Yunani kuno, dengan Kratos sebagai tokoh utamanya.

Di sekuel Chain of Olympus, tugas kalian sebagai game player adalah mengendalikan Kratos untuk menyelesaikan misi-misi dari  para Dewa Olympus seperti: Melawan invasi pasukan Persia, Menemukan Helios (Dewa Matahari), Membunuh Persephone (Dewi Neraka).

Dalam menjalankan misinya, Kratos harus berhasil melewati berbagai medan yang penuh rintangan dan para musuh yang menghadang. Untuk membunuh musuh-musuhnya, Kratos dibekali senjata berupa 2 pedang bermata ganda yang dihubungkan dengan rantai besi.

2. Grand Theft Auto: Chinatown Wars

Grand Theft Auto atau yang populer dengan singkatan GTA adalah game keluaran Rockstar tahun 2009 yang bergenre aksi petualangan open world. Saat artikel ini diterbitkan, total ada 15 seri game GTA. Salah satu seri GTA yang banyak penggemarnya adalah  GTA Chinatown Wars.

Seri ini mengisahkan perjuangan Huang Lee untuk menemukan pembunuh ayahnya, seorang pemimpin salah satu kelompok Triad yang terbunuh secara misterius. Demi menemukan pembunuh ayahnya, Huang Lee harus melakukan berbagai tindak kejahatan yang ditugaskan oleh para pemimpin kelompok Triad lainnya yang ada di kota Liberty City.

Nah, dalam game ini kalian akan memainkan peran Huang Lee untuk melakukan berbagai aksi-aksi kriminal khas anggota gangster seperti kejar-kejaran dan baku tembak dengan polisi, mencuri mobil, pembunuhan hingga perdagangan obat terlarang.

Awalnya game ini ditujukan untuk pengguna PSP dan Nintendo DS. Namun di tahun 2014, pihak Rockstar mengeluarkan versi Androidnya. Sayang, di Google Play Store game ini tidak gratis, kalian harus membayar jika ingin mengunduhnya.

Namun tenang saja, bila kalian ingin versi gratisnya, kalian bisa menggunakan file ISO ataupun CSO game ini untuk kalian mainkan di Android menggunakan emulator PPSSPP.

3. Pro Evolution Soccer (PES) 14

Konami sebagai pengembang game ini mengeluarkan edisi pertama Pro Evolution Soccer (PES) di tahun 2001 dan kemudian memunculkan edisi terbaru tiap tahunnya hingga edisi yang paling akhir di tahun 2020 dengan nama e-Football PES 2020.

Dari sekian banyak seri, ada 3 edisi game PES yang bisa dimainkan di konsol PSP, yaitu: PES 6 (atau Winning Eleven Pro Evolution 7), PES 8 dan yang terbaru adalah PES 2014. Di antara ketiganya, PES 2014 dianggap yang terbaik oleh para kritikus game. Bahkan situs Videogamer menahbiskan PES 2014 sebagai game bola terbaik dari semua game bola yang pernah ada untuk konsol PSP.

4. WWE SmackDown! vs. Raw 2006

Bagi kalian penggemar olahraga gulat berusia 25-30an tentu familiar dengan tayangan TV WWE SmackDown. Acara ini sudah meramaikan jagat hiburan olahraga Tanah Air sejak tahun 2000, sebelum akhirnya dilarang tayang di akhir 2006.

Selain sukses sebagai tayangan TV, WWE SmackDown juga cukup berhasil di industri game. Seri-seri Game WWE SmackDown digandrungi gamer Tanah Air. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga banyak yang memainkan game gulat ini.

Salah satu seri yang populer adalah seri WWE SmackDown vs Raw 2006, yang dirilis di tahun 2006 untuk PS2 dan konsol PSP. Hal yang menonjol dalam seri ini dibanding seri lainnya adalah gameplay-nya terkesan lebih realistis, memberi pengalaman bertarung layaknya di dunia nyata.

Jika kalian salah satu fans game WWE SmackDown yang ingin merasakan serunya seri ini, tentu tidak ada salahnya segera mencoba memainkannya di smartphone kalian. 

5. Def Jam: Fight for NY The Takeover

Def Jam merupakan game bergenre fighting yang terbilang unik dibanding game fighting lainnya. Pasalnya di game ini melibatkan para rapper legendaris seperti Snoop Dogg, Ludacris, Mobb Deep, Sean paul, Lil Kim dan beberapa rapper lainnya. Para rapper tersebut menjadi pengisi suara sekaligus dijadikan karakter utama untuk game ini.

Game keluaran EA Games ini memiliki 3 Edisi: Def Jam: Vendetta, Def Jam: Fight for NY dan Def Jam: Icon. Seri Fight for NY dirilis di tahun 2004 untuk PS 2, Xbox dan GameCube. Kemudian di tahun 2006 rilis untuk versi PSP dengan tambahan nama menjadi Def Jam: Fight for NY The Takeover.

Di seri Def Jam: Fight for NY Takeover, kalian bisa menentukan nama dan karakter sendiri. Diiringi berbagai intrik politik, kalian akan bertarung satu lawan satu menghadapi pentolan-pentolan gangster untuk menjadi gangster terkuat di kota New York.

Pertarungan dilangsungkan di berbagai arena, dari mulai ring tinju atau MMA hingga di jalanan dengan dikelilingi para penonton yang kadang usil ikut ngerecokin jalannya pertarungan. Dalam bertarung kalian bisa menggunakan berbagai gaya seperti tinju, street fighting, pertarungan gaya bebas ala MMA dan kalian bisa juga menggunakan teknik gulat.

Yang membuat game ini makin seru adalah adanya teriakan para penonton dan iringan musik hip hop penuh semangat.

Minat menjadi gangster terkuat di kota New York ? segera mainkan game Def Jam: Fight for NY The Takeover di Android kalian. 

6. Harvest Moon: Hero of Leaf Valley

Harvest Moon: Hero of Leaf Valley adalah salah satu dari sekian banyak serial game Harvest Moon. Seri ini di-launching oleh Natsume di tahun 2009 untuk konsol PSP.

Meski sudah 10 tahun lebih, game ini masih asyik dimainkan hingga saat ini. Game ini akan membawamu berimajinasi menjadi seorang petani hebat dengan lahan luas dipenuhi berbagai macam tanaman pangan dan hewan ternak. Pasalnya di game ini kalian akan berperan sebagai seorang anak yang  mengolah lahan pertanian warisan kakeknya di sebuah desa yang bernama Leaf Valley.

Dalam seri Hero of Leaf Valley, misi utama kalian adalah menjadi Hero dengan menyelamatkan desa Leaf Valley dari usaha kontraktor besar bernama Funland, yang ingin mengubahnya menjadi taman hiburan.

Untuk mencegahnya, kalian harus menyelesaikan 2 misi dengan batas waktu maksimal 2 tahun. Kedua misi tersebut yaitu: 

  1. Mengumpulkan uang sebanyak 50.000G untuk dibayarkan ke Funland 
  2. Membuat desa Leaf Valley menjadi terkenal

Ada 16 cerita/ event yang bisa kalian ikuti untuk mendapatkan 50.000G dan membuat desa jadi terkenal. Selain mengikuti event, kalian jika bisa melakukan berbagai macam kegiatan harian khas seorang petani, seperti bercocok tanam, beternak sapi, memerah susu, beternak ayam, memelihara kuda dan anjing. 

Bagaimana ? Siap menjadi seorang petani ?

7. Sengoku Basara: Battle Heroes

Dulu jamannya rental PS masih ramai-ramainya, Sengoku Basara menjadi salah satu game PS2 yang paling sering dimainkan. Jika kalian anak tahun 90an, mungkin dulu juga pernah memainkan game ini bersama teman-teman di rental PS.

Sebetulnya tak hanya untuk PlayStation, Capcom selaku publisher game ini, juga merilis serialnya untuk berbagai konsol seperti Nintendo, Wii, Arcade dan bahkan ada yang dijadikan game bawaan untuk beberapa ponsel kala itu.

Dari total seri Sengoku Basara, ada 2 seri yang bisa dimainkan di PSP, yaitu: Sengoku Basara:Battle Heroes dan Chronicle Heroes. Masing-masing seri tersebut rilis tahun 2009 dan 2011. Meski dari segi karakter pemain sama, namun seri Chronicle Heroes dianggap lebih bagus. Alasannya karena genre di seri ini tidak hanya mengusung genre fighting saja, melainkan ada sisi petualangannya.

Bagi kalian mantan penggemar game-game Sengoku Basara, silakan coba untuk memainkan seri Chronicle Heroes ini di ponsel Android kalian. 

8. Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Impact

Bicara kepopuleran Naruto, tentu sudah tidak perlu kita perdebatkan lagi. Untuk manga-nya saja menjadi salah satu yang terlaris sepanjang masa, sementara anime-nya disiarkan berbagai stasiun TV di lebih 60 negara.

Kepopuleran Naruto tersebut menarik minat perusahaan-perusahaan pengembang game, di antaranya Cyberconnect dan Namco Bandai. Kerjasama kedua perusahaan tersebut menghasilkan Naruto Ultimate Ninja yang pertama kali rilis tahun 2003 dan hingga saat ini total sudah ada 17 seri yang dirilis.

Dari 17 seri tersebut, ada 4 seri yang bisa dimainkan di PSP. Seri Ultimate Ninja Impact yang dirilis tahun 2011 menjadi seri terakhir untuk PSP. Dibanding 3 seri pendahulunya, seri Ultimate Ninja Impact ini memiliki user rating tertinggi versi situs Metacritic.

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Impact menawarkan permainan fighting seperti seri Naruto yang lain. Tetapi ada sedikit keunikan pada seri ini, yaitu gameplay-nya mirip game Dynasty Warrior namun dengan karakter- karakter yang ada di serial Naruto.

Dalam game ini kalian akan bertempur melawan ratusan musuh dan terakhir kalian akan menghadapi bos musuh sebagai lawan terkuat.

Kalian sebagai fans naruto bisa memainkan game ini di Android menggunakan emulator PPSSPP. Namun kalian harus memiliki file ISO atau CSO gamenya terlebih dahulu dan untuk mendapatkan file tersebut kalian bisa mencarinya di forum-forum atau situs-situs game. 

9. Dragon Ball Z: Shin Budokai

Bagi kalian generasi 90an tentu agak aneh kalau tidak pernah mendengar kartun Dragon Ball. Karena kartun yang bergenre action ini merupakan salah satu anime Jepang paling populer, yang digilai anak-anak dan remaja Tanah Air. Ditayangkan oleh salah satu TV nasional sejak pertengahan 90 an, film kartunnya setia menghiasi layar kaca hingga tahun 2015.

Sebagaimana filmnya, game-game Dragon Ball yang hadir di berbagai perangkat juga mendapatkan respon positif dari publik Tanah Air. Jika kalian salah satu penggemar serial kartun Dragon Ball yang sekarang ingin memainkan game-nya, kami merekomendasikan Dragon Ball Z: Shin Budokai.

Dragon Ball Z: Shin Budokai merupakan salah satu seri dari total 8 seri Dragon Ball Z Budokai. Seri ini dirilis Bandai Namco tahun 2006 dengan alur cerita mengambil cerita film Dragon Ball Z: Fusion Reborn.

Dalam game ini tersedia 18 karakter yang bisa kalian mainkan untuk berbagai story mode. Dragon Road adalah mode utama dari permainan ini yang diadaptasi dari film Dragon Ball Z: Fusion Reborn. Untuk mode lain yang bisa kalian mainkan adalah arcade, single player, survival, time attack dan training mode. 

Sudah tidak sabar mengeluarkan jurus kamehame-nya Goku, Gallick Gun-nya Bejita atau Death Beam-nya Frieza ? ayo buruan mainkan game ini di smartphone Android kalian.

10. Tekken 5: Dark Resurrection

Salah satu game terbaik yang pernah dirilis Bandai Namco adalah Tekken. Serial game-game Tekken ini menjadi salah satu primadona di konsol sony PlayStation dan PlayStation 2 untuk kategori game bergenre fighting.

Setelah sebelumnya berhasil sukses dengan 5 serial Tekken untuk konsol PlayStation dan PlayStation 2, pada tahun 2005 Bandai Namco merilis Tekken 5: Dark Resurrection untuk konsol PSP. Sama dengan 5 seri  pendahulunya, seri ini juga terbilang cukup sukses dan mendapatkan penilaian sangat baik dari berbagai situs review game. Situs IGN menahbiskan game ini sebagai game fighting terbaik untuk konsol PSP. Selain itu situs Gamespot memberikan rating 9.2 dan situs gamezone memberinya skor 9.1.

Karakter yang bisa kalian mainkan di seri Dark Resurrection ini hampir sama dengan Tekken 5 untuk konsol PlayStation 2. Hanya saja ada 2 tambahan karakter baru yaitu: Lili Rochefort dan Sergei Dragunov. Kisah Lili yang berusaha mengalahkan Mishima Zaibatsu dan Dragunov yang ingin menangkap Jin Kazama menjadi alur cerita utama di game ini.

Bagi kalian yang sudah penasaran, kalian bisa googling untuk mencari file ISO PPSSPP Tekken 5: Dark Resurrection, kemudian setelah mendapatkannya segera mainkan di Android kalian menggunakan emulator PPSSPP.

11. Patapon

Sesuai namanya yang kedengaran unik, semua aspek dari game ini juga benar-benar unik. Dari segi karakter, genre, gameplay dan grafisnya, semua benar-benar unik dan jauh berbeda dari game-game lainnya.

Keunikan tersebut tergambar dari karakter di game ini berupa makhluk tidak jelas berupa 1 bola mata dengan dua kaki dan dua tangan, berwarna monokrom. Selain itu genrenya juga terbilang unik, di mana di game ini tidak hanya mengusung satu genre, tetapi 4 genre sekaligus, yaitu: genre perang, rhythm, petualangan dan strategi.

Secara grafis, game ini terhitung amat sederhana. Namun, kesederhanaan ini justru sangat cocok dengan karakter dan gameplay-nya.

Di game ini, sebagai player kalian akan menjadi dewa atau “Al-Mighty” bagi suku Patapon. Kalian bertugas memimpin mereka untuk menemukan sebuah objek yang dinamai “IT”. Obyek ini diyakini akan memberikan suku Patapon keselamatan dan kebahagiaan abadi.

Namun untuk menemukan “IT”, para Patapon harus berpetualang dan bertarung melawan hadangan makhluk dari Empire Zigoton. Dalam memimpin perang melawan makhluk Zigoton, kalian sebagai dewa harus memberi instruksi kepada mereka melalui 4 kombinasi bunyi gendang/ drum yang berbeda, yaitu: Pata, Pon, Chaka dan Don.

Contoh instruksi untuk pasukan patapon:

  • Pata-Pata-Pata-Pon: Kalian menyuruh mereka untuk bergerak.
  • Pon-Pon-Pata-Pon: Kalian menyuruh mereka untuk menyerang.

Tantangan utama di game ini adalah, kalian harus memencet tombol gendang/ drum dengan tepat sesuai irama yang muncul. Jika kalian salah atau telat memencet tombol sehingga tidak sesuai dengan irama, maka para Patapon akan bingung dan tidak akan mengikuti instruksi kalian.

Bagaimana? Sangat unik bukan?

Itu baru sedikit gambaran keunikan dari game ini. Untuk benar-benar bisa merasakan sensasi keunikan game PSP yang dirilis oleh Japan Studio di tahun 2007 ini, sekarang kalian bisa memainkannya di Android. 

12. Monster Hunter Freedom Unite

Dua seri pertama dari Monster Hunter yang dirilis Capcom untuk PS2 kurang begitu laris di pasaran. Penjualan serial Monster Hunter mulai meledak pada saat perilisan seri ketiga, yaitu Monster Hunter Freedom Unite untuk PSP di tahun 2008. Di hari pertama peluncurannya saja, seri ini berhasil terjual 670.000 kopi dan hingga saat ini total sudah terjual 3.8 Juta kopi.

Seri Monster Hunter Freedom Unite ini bisa dikatakan sebagai titik awal kesuksesan dari seri-seri setelahnya. Sebab setelah kehadiran seri ini, hampir semua seri sesudahnya selalu sukses di pasaran dan berhasil mengantarkan serial Monster Hunter menjadi game tersukses no. 2 keluaran Capcom setelah Resident Evil.

Jika di 2008 pemilik Nintendo kena demam Pokemon, maka pemilik PSP keranjingan dengan hadirnya Monster Hunter Freedom Unite. Gameplay di Monster Hunter Freedom Unite rada mirip dengan Pokemon, dengan misi utama sama-sama menangkap monster. Hanya saja monster yang ada di Monster Hunter Freedom Unite lebih seram, lebih garang dan memiliki cakar yang lebih besar, sehingga terasa lebih mengerikan plus menantang.

Jika kalian dulu pemain Pokemon yang ingin merasakan sensasi berbeda dalam memburu monster, juga kalian yang ingin mengenang sensasi serunya menangkap monster besar nan sangar, saat ini kalian bisa memainkan game Monster Hunter Freedom Unite di Android.

Install emulator PPSSPP di Android kalian, cari dan unduh file game ini, selanjutnya nikmati serunya game ini di Android kalian.

13. Final Fantasy Tactics: The War Of The Lions

Awalnya Final Fantasy Tactics dirilis oleh Square Enix di tahun 2007 untuk konsol PS1. Kemudian di tahun 2007, game bergenre RPG Strategy ini di-remake dan dirilis untuk PSP dengan nama Final Fantasy Tactics: The War Of The Lions.

Sejak dirilis untuk PSP, game ini mendapatkan banyak review positip dari berbagai kalangan, di antaranya adalah situs Metacritic yang memberinya predikat PSP sebagai Game of The Year 2007 dan situs IGN memberinya skor 9.0, yang termasuk penilaian dengan kategori amazing.

Seri The War of The Lions sering direkomendasikan oleh gamer-gamer dengan alasan alur ceritanya yang sangat bagus dan strategi bermain yang cukup kompleks sehingga membawamu ke banyak eksperimen seru untuk memenangkan pertempuran.

Saat memainkan game ini, kalian akan dibawa ke dalam konflik di dunia Ivalice. Di mana di dunia Ivalice ini kalian akan berperan sebagai Ramza yang bertempur melawan Delita, mantan sahabatnya yang kemudian berselisih hingga akhirnya terjadi perang saudara antar keduanya.

Kalian bisa mendownload game ini di Google Play Store, karena di tahun 2013 Square Enix sudah merilis game ini untuk perangkat Android. Sayangnya tidak gratis, Square Enix membandrol game ini dengan harga Rp.159.000.

Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa memainkannya secara gratis. Cukup cari file game Final Fantasy Tactics: The War Of The Lions yang bertebaran di internet dan selanjutnya tinggal kalian mainkan game ini di Android menggunakan emulator PPSSPP.

14. Need For Speed Most Wanted 5-1-0

Need for Speed Most Wanted merupakan game balapan open world yang dirilis EA di tahun 2005. Game yang menjadi seri ke 9 dari rangkain seri Need for Speed ini dimainkan untuk berbagai macam konsol. Sementara khusus untuk konsol PSP, di tahun yang sama EA meluncurkan versi tambahan dengan nama Need For Speed Most Wanted 5-1-0.

Secara garis besar fokus game ini  adalah adu balap liar di jalanan umum dan kejar-kejaran dengan polisi. Ada 75 event balapan yang kalian bisa ikuti. Setiap kali memenangkan balapan, peringkat klasemen kalian akan meningkat. Di papan klasemen kalian bersaing dengan 15 pembalap liar lainnya.

Tertantang menjadi pembalap liar yang siap dikejar-kejar polisi ? buruan mainkan game ini di smartphone kalian.

15. The Warriors

Game ini dirilis Rockstar pertama kali di tahun 2005 untuk konsol PlayStation 2 dan Xbox, kemudian di tahun 2007 dirilis untuk versi PSP.

Game bergenre beat em up ini merupakan hasil adaptasi langsung dari film aksi klasik Hollywood tahun 1979 dengan judul yang sama, The Warriors. Kisah utama film ini tentang kehidupan geng jalanan di kota New York pada era 70an.

Alur ceritanya berawal dari Cyrus, pemimpin geng Gramercy Riffs, yang mengumpulkan semua anggota geng dari berbagai kelompok yang ada di kota New York untuk diajak bersatu. Ketika Cyrus sedang berpidato di depan, tiba-tiba ada salah satu anggota geng dari dalam kerumunan yang menembaknya hingga tewas.

Pelaku penembakan yang sebenarnya adalah Luther (pemimpin geng Rogue) yang kemudian malah menuduh Cleon (pemimpin The Warriors) sebagai pelakunya.

Para anggota geng yang hadir pun segera mengeroyok Cleon hingga tewas dan kemudian mengejar para anggota The Warriors yang lain, yang  berusaha melarikan diri menuju wilayah kekuasaannya di Coney Island.

Di sinilah kalian mulai memainkan peran sebagai anggota The Warriors yang sedang berusaha kabur menuju Coney Island. Kalian harus bertarung di jalanan, melawan semua anggota gang kota New York yang mengejar dan menghadang. Dalam game ini, pertarungan dilakukan dengan tangan kosong dan senjata tumpul berupa stik bisbol.

Itulah daftar game PPSSPP populer yang bisa kalian mainkan di Android. Jika game PPSSPP favoritmu tidak masuk list diatas, silahkan share di kolom komentar.

13 Rekomendasi Game Ringan Terbaik untuk Laptop dan PC

Daftar rekomendasi game PC ringan yang bisa dimainkan dengan lancar di komputer atau laptop dengan spesifikasi low-end.

Selengkapnya

6 Perbedaan Antara PUBG: New State dan PUBG Mobile

Akan segera rilis, apa saja perbedaan antara PUBG: New State dengan PUBG Mobile? Simak ulasan lengkapnya di sini.

Selengkapnya

10 Game Memasak untuk Android dan iOS (Offline & Online)

Daftar rekomendasi game memasak untuk Android dan iOS yang dapat dimainkan secara online dan offline.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar