Panduan Cloud Server: Pengertian dan Fungsinya

Anda sedang mencari tahu informasi seputar Cloud server mulai dari fungsi, kelebihan dan memilih layanan terbaik? Berikut ulasan selengkapnya!

Layanan cloud server Indonesia dari Niagahoster dapat memberikan berbagai kemudahan guna menaikkan sekaligus menurunkan resource server seperti jumlah RAM maupun jumlah core CPU sesuai dengan keperluan alias On Demand. Kini, layanan tersebut mulai diminati karena memiliki fungsi dan keunggulan dibandingkan VPS.

Meskipun demikian, Anda perlu berhati-hati terhadap layanan yang mengaku cloud server namun tidak dapat memberikan fasilitas On Demand. Hal tersebut karena teknologi ini berbeda dengan VPS. 

Pada layanan cloud server, Anda dapat membeli satu server dengan harga cenderung sedikit mahal. Meskipun demikian, kualitas infrastrukturnya lebih baik dan terdiri atas beberapa server saling backup.

Apa Itu Cloud Server

Cloud server merupakan server virtual yang beroperasi berada di lingkungan cloud computing guna menyimpan, membangun dan melakukan pengiriman tiap data melalui sebuah platform cloud computing internet. Selain itu, cloud ini mempunyai keseluruhan software yang diperlukan dalam pengoperasiannya  dan mampu dioperasikan sebagai unit independen.

Sedangkan, cloud adalah penggunaan istilah yang mewakili arti dari beberapa server saling bersambungan dengan layanan internet yang disewa menjadi software maupun aplikasi. Layanan dengan basis cloud dapat terdiri atas software, data hosting dan web hosting.

Cloud juga berhubungan dengan cloud computing, di mana beberapa server saling tersambung dalam pembagian data dalam bentuk satu kesatuan. Hal tersebut menunjukkan dibandingkan memakai satu server, sebuah proses yang kompleks alias rumit dapat didistribusikan melalui komputer yang lebih kecil.

Fungsi Cloud Server

Fungsi dari cloud server lebih cenderung sebagai alat media simpanan data yang mampu diakses secara realtime kapanpun. Tentu saja syarat untuk mengaksesnya, Anda harus terhubung dengan koneksi internet. Hal itu karena sistem teknologi pada cloud server memang bekerja secara online dan kontinu via jaringan internet.

Tentunya, segala kegiatan akan memusat pada komputer server. Selain itu, setiap data yang diproses akan secara otomatis tersimpan dan siap pakai dimanapun dan kapanpun. Berikut beberapa fungsi cloud server:

1. Memperkecil Kehilangan Data

Sudah berapa banyak data Anda saat ini yang telah hilang dan tidak dapat dipanggil kembali lantaran harddisk, media penyimpanan maupun flashdisk? Anda tidak perlu khawatir, hal itu tidak akan terjadi apabila Anda menggunakan cloud server sebagai tempat penyimpanan data. 

Hal tersebut karena cloud server mampu memperkecil kemungkinan adanya kerusakan dan hilangnya data, sehingga data Ana menjadi lebih aman maupun rusak.

2. Tidak Perlu Beli Media Penyimpanan

Tentunya, Anda tahu berapa harga harddisk eksternal maupun flashdisk sekarang? Harga media penyimpanan tersebut mulai dari kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah bukan? Perlu Anda ketahui, keberadaan cloud server sangat membantu Anda menghemat biaya karena tidak perlu membeli media storage dengan harga tinggi. 

Selain itu, harga investasi yang perlu Anda bayar jauh lebih murah saat memakai media penyimpanan ini. Tidak hanya itu, Anda tidak perlu repot memakai flashdisk maupun hardisk.

3. Upgrade Cepat

Tentunya, upgrade sumber daya yang Anda miliki sangat penting untuk menjaga mutu. Dengan memakainya, proses upgrade yang Anda lakukan terbilang cepat, bahkan Anda tidak perlu reboot. Hal tersebut sangat menghemat waktu.

4. Praktis

Tidak hanya fungsi praktis dari layanan penyimpanan ini cenderung mudah sebagai media penyimpanan data. Anda tidak perlu membawa media storage fisik. Pemanfaatan keunggulannya sama halnya pilihan, saat Anda harus membawa uang cash maupun membawa kartu ATM.

Kelebihan yang Diberikan Cloud Server

kenapa harus memilih layanan ini sebagai media penyimpanan data Anda? Sebelum Anda menentukan pilihan untuk memakai layanan cloud . pemakaian jenis penyimpanan tersebut bergantung dengan kebutuhan sebuah organisasi maupun perusahaan. Berikut beberapa kelebihan dari penggunaan layanan ini:

1. Kemudahan Akses

Salah satu hal yang sangat menguntungkan dari pemakaian layanan ini adalah kemudahan akses. Anda dapat dengan mudah melakukan akses ke aplikasi maupun data. Selain itu, proses akses aplikasi maupun data tidak perlu memakai komputer yang sama. Aplikasi maupun data dapat dengan mudah diakses dimanapun dan kapanpun dengan server.

2. Fleksibilitas

Apabila Anda memakai layanan ini, Anda tidak memerlukan proses pengadaan komputer yang banyak menyita waktu. Anda hanya perlu melakukan self-provisioning, maka kapasitas yang dibutuhkan siap pakai.

3. Hemat Biaya

Apabila organisasi maupun perusahaan Anda memakainya, maka hal itu dapat membantu Anda dalam pengurangan biaya yang wajib dikeluarkan oleh perusahaan, terutama operasional komputer hardware. Tentunya, perusahaan tidak perlu menghabiskan pemakaian dana untuk maintenance. Maka dari itu, pilihan pemakaian media digital ini adalah solusi terbaik apabila Anda ingin hemat biaya dibandingkan dengan layanan yang sama.

4. Kemudahan dalam Mengatur Cloud Server

Keberadaan penyimpanan digital tersebut dapat membuat pengaturan server menjadi lebih mudah karena terhubung dengan website secara langsung. Apabila Anda berkeinginan untuk mengetahui status global server, maka pemakai dapat melihatnya dari dashboard. Pelayanan media penyimpanan ini juga menyediakan berbagai tools yang tersedia secara otomatis.

5. Ketersediaan Data

Sistem penyimpanan digital ini umumnya dirancang dengan desain high availability. Sistem demikian memang berada di data center dengan ketersediaan listrik, keamanan, pendingin ruangan dan lainnya. Hal tersebut dapat menjamin operasi secara maksimal 24 jam sehari.

6. Downtime Kecil

Apabila node mengalami kegagalan maka secara otomatis akan pindah ke node fungsional. Hal inilah yang menjadikan media penyimpanan ini unggul dan dapat digunakan. Hal tersebut dapat memperkecil downtime apabila dibandingkan dengan VPS.

Selain itu, Anda dapat melakukan skala media penyimpanan apabila perlu disesuaikan dengan sumber daya. Anda tidak perlu melakukan penjadwalan maintenance untuk pengaturan skalabilitas cloud. Anda hanya perlu perlu melakukan beberapa klik pada Control Panel dan siap.

Bingung Cari Cloud Server Terbaik? Cloud VPS Hosting di Niagahoster Aja!

Anda sudah memahami perihal cloud server di atas ? cloud  sangat membantu Anda dalam penyimpanan data dan mudah digunakan. Selain itu, Anda tidak perlu tambahan karyawan dan melatihnya. Tentu secara bersamaan, keberadaan media penyimpanan tersebut secara efektif dapat memanajemen traffic tanpa Anda perlu mengcover bandwith maupun resource tambahan.

Anda tertarik cloud server dengan kualitas dan performa terbaik pilihannya adalah clouds VPS Hosting di Niagahoster. Tentu saja, kami memberikan kualitas layanan handal, kinerja tinggi dan aman untuk data Anda. Apalagi didukung dengan pemenuhan private cloud  untuk keperluan internal perusahaan.

Niagahoster merupakan penyedia hosting dan domain terbaik, terpercaya dan berkualitas untuk kebutuhan website Anda. Terdapat banyak pilihan fitur seperti, server cepat, kemudahan pembayaran, pilihan paket menarik dan lainnya. Segera ambil kesempatan menggunakan layanan cloud server dari Cloud VPS Hosting dari Niagahoster dengan pilihan terbaik.

Tinggalkan komentar