Cara Mudah Mengubah Ukuran Pas Foto (2×3, 3×4, 4×6)

Panduan mudah mengubah ukuran pas foto menjadi 2x3, 3x4 dan 4x6 sesuai dengan standar studio foto.

Tahukah kalian bahwa banyak “kebutuhan” administrasi yang menggunakan pas foto sebagai salah satu syarat utamanya? Ya, seperti pendaftaran sekolah/kuliah, melamar pekerjaan, pembuatan paspor, pembuatan SKCK, keperluan menikah, dan masih banyak lagi.

Dan ukuran pas foto yang paling sering digunakan untuk berbagai kebutuhan administrasi tersebut adalah ukuran foto 4×6. Mengapa demikian? Belum diketahui alasan yang jelas, mengapa berbagai instansi menentukan ukuran tersebut.

Dengan berbagai ketentuan tersebut, mungkin banyak dari kita sering mengalami kebingungan terkait ukuran foto. Sehingga sering menggunakan jasa untuk menggarap berbagai hal seputar pas foto. Mulai dari pemotretan, editing, hingga pencetakan. Padahal, kita bisa loh menghemat waktu maupun biaya dalam pembuatan pas foto.

Satu hal yang dapat kita upayakan adalah kita bisa memotret dan juga mengubah ukuran pas foto yang akan dicetak. Dengan demikian, kita tak perlu menambah biaya pemotretan maupun “harus” menunggu proses editing terlebih dahulu.

Nah, cara mengubah ukuran pas foto pun cukup mudah dan simpel, baik untuk ukuran 2×3, 3×4, maupun 4×6. Pada dasarnya cara dan alat yang digunakan pun sama.

Sebelum kita membahas tahap dan urutan caranya, perhatikan tabel ukuran pas foto di bawah ini sebagai referensi kalian untuk mengubah ukuran foto.

Dengan demikian, kalian dapat menyesuaikan kebutuhan ukuran pas foto yang kalian inginkan.

Tabel Ukuran Pas Foto

UkuranInchCMPixel
2×30.87 x 1.062.2 x 2.7260 x 320
3×41.10 x 1.502.8 x 3.8330 x 450
4×61.50 x 2.203.8 x 5.6450 x 660

Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa masing-masing ukuran foto memiliki nilai konversi yang berbeda, nah agar lebih paham berikut penjelasannya:

  • Ukuran foto 2×3, jika dikonversi menjadi satuan inci, maka memiliki panjang 0.87 dan lebar 1.06. Apabila dikonversi menjadi satuan centimeter, maka memiliki panjang 2.2cm dan lebar 2.7cm. Sedangkan dalam satuan pixel, ukuran foto 2×3 memiliki panjang 260px dan lebar 320px
  • Ukuran foto 3×4, jika dikonversi menjadi satuan inci, maka memiliki panjang 1.10 dan lebar 1.50. Apabila dikonversi menjadi satuan centimeter, maka memiliki panjang 2.8cm dan lebar 3.8cm. Sedangkan dalam satuan pixel, ukuran foto 3×4 memiliki panjang 330px dan lebar 450
  • Ukuran foto 4×6, jika dikonversi menjadi satuan inci, maka memiliki panjang 1.50 dan lebar 2.20. Apabila dikonversi menjadi satuan centimeter, maka memiliki panjang 3.8cm dan lebar 5.6cm. Sedangkan dalam satuan pixel, ukuran foto 4×6 memiliki panjang 450px dan lebar 660px

Setelah kalian tahu detail dari masing-masing ukuran foto, maka selanjutnya kalian dapat mengubah ukuran foto sesuai keinginan kalian. 

Lantas, bagaimana cara mengubah ukuran foto sesuai standar? Berikut ini kita akan bahas dua cara mudah yang bisa kalian gunakan, simak pembahasan lengkapnya:

Cara Mengubah Ukuran Pas Foto Secara Online

  1. Buka website Imageresizer.org
  2. Upload Foto
  3. Sesuaikan Ukuran Pas Foto
  4. Sesuaikan Area
  5. Crop Image
  6. Resize Image
  7. Finishing

1. Buka website Imageresizer.org

Untuk mengubah ukuran pas foto secara online, kalian bisa menggunakan tools dari website imageresizer.org. Langsung saja, klik link ini untuk mengunjungi website tersebut.

2. Upload Foto

Setelah halaman website terbuka, maka langkah selanjutnya adalah upload pas foto yang ingin kalian ubah ukurannya. Disini, kita akan menggunakan contoh untuk mengubah ukuran pas foto 4×6.

Untuk mulai mengupload foto, kalian bisa melakukan drag and drop maupun klik tombol Select File.

3. Sesuaikan Ukuran Pas Foto

Setelah foto berhasil diupload, langkah selanjut sesuaikan ukuran “pemotongan”. Hal ini dimaksudkan agar ukuran pas foto sesuai dengan keinginan kita. 

Dan untuk ukuran foto 4×6, kalian bisa atur pada bagian width menjadi 450 dan bagian height menjadi 660.

4. Sesuaikan Area

Setelah ukuran crop sudah sesuai, maka selanjutnya kita menyesuaikan area yang akan kita potong dan menjadi pas foto.

Pada saat menyesuaikan area, kalian perlu menekan tombol Shift + Klik (kiri) dan geser sesuai keinginan kalian.

Nah, pada saat menyesuaikan area, akan terjadi perubahan angka pada bagian kolom width & height. Tapi kalian khawatir, pada bagian width & height yang berubah dihiraukan saja.

5. Crop Image

Setelah area sudah sesuai, maka selanjutnya klik Crop Image. Sampai di tahap ini belum selesai, kalian masih perlu menyesuaikan “ukuran asli” dari pas foto yang ingin kalian buat.

6. Resize Image

Langkah selanjutnya setelah gambar berhasil dipotong, maka kita perlu mengatur ukuran pas foto yang asli dan sesuai keinginan kita. 

Pertama-tama klik tombol Resize Image yang ada di bagian bawah tombol Download. Kemudian, klik icon gembok untuk membuka “maintain ratio”.

Agar lebih mudah, kalian perlu mengubah unit menjadi cm, kemudian atur ukurannya menjadi 3.8cm x 5.6cm

Lalu hilangkan centang pada bagian Fill Color, dan agar kualitas foto tetap terjaga maka atur DPI menjadi 300

Kemudian klik Resize Image Now →.

7. Finishing

Langkah terakhir, setelah langkah 6 sudah dilakukan semua, maka selanjutnya akan tampil halaman Download untuk mengunduh hasil foto yang telah kita ubah ukurannya.

Disini kalian bisa melihat bahwa ukuran pas foto sudah sesuai keinginan kita. Dimana untuk ukuran foto 4×6 menghasilkan dimensi 450px dan 660px (atau mendekati). Lalu klik Download untuk menyimpan hasil foto ke device yang kalian gunakan.

Nah itulah cara mengubah ukuran pas foto dengan mudah versi Ubixlo. Kamu punya cara lain? Kasih tahu di komentar, yuk!

Tinggalkan Komentar